5 Cara Meditasi yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Cara Meditasi – Meditasi adalah sebuah metode yang dilakukan seseorang untuk melatih dirinya dalam memiliki sikap lebih baik dan bermanfaat. Banyak sikap yang dijadikan cita-cita bagi orang yang melakukan meditasi.

Cita-cita yang diharapkan adalah keadaan jiwa yang lebih santai dan rileks, tidak mudah tegang dalam menghadapi berbagai situasi dan juga tidak mudah risau.

Cara meditasi ini sebaiknya dilakukan secara berulang-ulang agar bisa menciptakan suasana batin seperti yang diharapkan.

cara meditasi

reps-id.com

Ikhlas adalah tentang ketulusan untuk melepas dan ridha adalah tentang kerelaan memegang.

Meditasi itu tentang memegang tanpa merasa memiliki. Tentang kerelaan, bukan tentang merasa kehilangan. Memegang janji pada diri kita sendiri, yakni hidup sekali wajib baik hati. Memegang prinsip darma pada diri kita sendiri, bahwa kebaikan kembali pada kebaikan itu sendiri.

Meditasi bukan tentang kapan hendak kau mulai. Melainkan lebih tentang kapan kau akan selesai. Tentang ketulusan melepaskan. Apakah ketika itu kau sudah benar-benar selesai dengan dirimu? Dengan rasa sedih, khawatir, takut, putus asa yang merongrong kehidupanmu. Jika belum, jangan berhenti bermeditasi.

Tapi meditasi itu bukan tentang duduk bersila, menegakkan garis punggung, mengatur nafas dan memejamkan mata. Meditasi itu tentang mempertautkan waktu dan usia dalam kebahagiaan hidup. Tak dipercaya oleh kesibukan duniawi, tidak pula diburu oleh hasrat bendawi. Sungguh, inilah surgawi.

–Candra Malik

Manfaat Meditasi Bagi Tubuh

cara meditasi

pixabay.com

Banyak sekali manfaat meditasi jika kita melakukannya dengan konsisten. Salah satu manfaat tersebut adalah kesembuhan yang kita peroleh, jika kita menderita sakit tertentu.

Dari sudut pandang fisiologis, meditasi adalah anti-stres yang paling baik. Saat kamu mengalami stres, denyut jantung dan tekanan darah akan meningkat, pernafasan menjadi cepat dan pendek. Dan kelenjar adrenalin akan memompa hormon-hormon stres.

Selama kita bermeditasi, detak jantung melambat, tekanan darah menjadi normal, pernafasan menjadi tenang dan tingkat hormon stres menurun.

Ketika bermeditasi, lama-kelamaan kamu bisa mendengarkan denyut jantungmu, bahkan lebih lanjut lagi kamu dapat mengkoordinasikan denyut jantung dengan irama keluar masuknya nafas.

Dr. Herbert Benson, seorang ahli jantung dari Universitas Harvard menjelaskan secara ilmiah manfaat bermeditasi yang telah dipraktikkan orang selama berabad-abad. Antara lain:

  • Apabila kamu secara rutin bermeditasi, organ-organ tubuh dan sel tubuh akan mengalami keadaan baik dan bekerja lebih teratur
  • Meningkatkan konsentrasi berpikir
  • Membuang memori yang buruk
  • Mampu mengerti orang lain dan memaafkannya
  • Selalu tekun untuk menjalani hidup lebih baik
  • Meningkatkan kebijaksanaan
  • Mampu menerima kebahagiaan dan permasalahan hidup dengan baik

Dimana Tempat Bermeditasi?

Dimana saja kita dapat bermeditasi. Cara meditasi yang benar bagi pemula menggunakann tempat yang bersih, udara alami, tidak terganggu oleh suara bising atau orang yang lalu lalang tentu saja lebih baik. Tetapi, kalau pikiran sudah terlatih hal tersebut sudah tidak menjadi halangan lagi.

Kapan Waktu Bermeditasi?

Meditasi dapat dilakukan kapan saja. Untuk pemula dianjurkan melakukan meditasi di pagi hari, karena pikiran belum disibukkan oleh berbagai kegiatan. Tapi waktu pagi bukan sebuah keharusan kok, malam menjelang tidur juga boleh.

Usahakan sebelum bermeditasi perut dalam keadaan yang biasa saja. Tidak terlalu lapar dan tidak terlalu kenyang. Boleh juga juga dilakukan satu jam setelah makan.

Persiapan Sebelum Bermeditasi

Persiapan sangat penting dilakukan agar latihan meditasi kita berjalan dengan maksimal. Berikut ini beberapa hal yang yang sebaiknya kamu persiapkan.

1. Gunakan Alas Duduk Selama Bermeditasi

zafu alas duduk meditasi

Zafu alas duduk meditasi

Alas duduk untuk meditasi disebut juga zafu, yaitu bantal bundar sebagai alas duduk untuk bermeditasi. Jika tidak ada zafu, gunakan bantal sofa atau bantal yang lain untuk memastikan kedua lutut bisa menyentuh lantai dan tubuh kita tidak terasa pegal karena bersila terlalu lama.

2. Gunakan Pakaian yang Nyaman

cara meditasi

sehatplus.com

Pakaian olahraga ataupun pakaian yang longgar adalah pilihan terbaik. Buatlah diri kamu senyaman mungkin. Jangan biarkan apapun mengganggu pikiran kita saat meditasi berlangsung.

3. Siapkan Timer di Dekat Kita

timer untuk mempermudah meditasi

500px.com

Untuk memastikan bahwa kamu bisa melakukan cara meditasi yang benar dengan cukup lama tanpa harus mengganggu konsentrasi dengan mengecek waktu, pasanglah timer sesuai yang kita inginkan.

Sekarang dengan kecanggilan teknologi dengan timer ponsel saja sudah cukup. Atau bisa juga dengan menginstall aplikasi daring yang bisa kita gunakan untuk mengatur waktu. Contoh: Insight timer di play store.

Pilihlah Posisi Duduk

Cara meditasi dapat dilakukan dengan duduk, berdiri, berbaring atau berjalan. Untuk pemula di anjurkan melakukan posisi duduk, karena pikiran belum terlatih. Dengan posisi duduk yang benar banyak manfaat yang akan kita dapatkan.

Ada tiga posisi duduk yang cukup familiar dikalangan meditator. Pilihlah posisi yang menurut kamu paling nyaman.

1. Posisi Teratai Penuh

cara duduk meditasi

Duduk meditasi teratai penuh

Posisi duduk ini dilakukan dengan meletakkan tumit kaki kiri di pangkal paha kaki kanan, lalu angkat kaki kanan dan letakkan di paha kaki kiri.

Kemudian angkat kaki kiri dan letakkan di atas paha kaki kanan dengan kedua telapak kaki menghadap ke atas.
Tempatkan kedua telapak tangan diatas paha, dengan telapak kanan berada di bawah telapak tangan kiri dan biarkan kedua ibu jari bersentuhan. Atau lakukan sebaliknya tergantung dengan kenyamanan kita. Untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas.

2. Posisi Setengah Teratai

cara duduk meditasi

Duduk meditasi setengah teratai

Posisi duduk ini dilakukan dengan meletakkan tumit kaki kiri di pangkal paha kaki kanan, lalu angkat kaki kanan dan letakkan di paha kaki kiri.

Kemudian tempatkan kedua telapak tangan diatas paha, dengan telapak kanan berada di bawah telapak tangan kiri dan biarkan kedua ibu jari bersentuhan. Atau lakukan sebaliknya tergantung dengan kenyamanan kita. Untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas.

3.Posisi Duduk Biasa

cara duduk meditasi

Duduk meditasi biasa

Posisi duduk ini adalah yang paling mudah. Posisi ini dilakukan dengan meletakkan tumit kaki kiri di pangkal paha kaki kanan. Lalu tempatkan kaki kanan di depan kaki kiri.

Kemudian tempatkan kedua telapak tangan diatas paha, dengan telapak kanan berada di bawah telapak tangan kiri dan biarkan kedua ibu jari bersentuhan. Atau lakukan sebaliknya tergantung dengan kenyamanan kita. Untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas.

Bagaimana Cara Meditasi yang Baik dan Benar?

Langkah-langkah cara meditasi

500px.com

Duduklah di atas alas meditasi, lalu pilihlah posisi duduk yang menurut kamu paling nyaman. Kemudian pasang timer sesuai yang kita inginkan.

Setiap bermeditasi jangan lupa berdoa sesuai dengan keyakinan kita masing-masing, lalu pejamkan mata dan mulailah merasakan dada. Setelah itu ucapkan dalam hati “Semoga semua hidup berbagia” atau kalimat lain yang mempunyai arti menguatkan pikiran cinta kasih kita.

Cara meditasi sebenarnya cukup sederhana. Ketika nafas masuk melalui hidung, rasakan prosesnya lalu hitung satu, nafas keluar melalui hidung rasakan sensainya lalu hitung dua. Nafas masuk rasakan, kemudian hitung tiga. Nafas keluar, rasakan lalu hitung empat. Lanjutkan sampai hitungan sepuluh. Dan setiap sampai pada hitungan sepuluh di ulang dari awal lagi.

Teorinya mudah tapi sebenarnya cukup sulit. Dalam pelaksanaan, pikiran tidak mau diam dan menuruti instruksi. Mungkin baru hitungan ketujuh pikiran melamun, mengingat kejadian kejadian yang sudah lewat atau menghayalkan sesuatu yang terjadi di masa mendatang.

Indikasinya setiap kita lupa sampai hitungan keberapa atau salah menempatkan hitungan. Ulangi prosesnya dari awal, sampai timer menunjukkan tandanya untuk berhenti.

Jangan putus asa, marah atau khawatir karena hal tersebut wajar saja. Pikiran yang belum terlatih masih lemah dan liar.

Teruskan latihan secara secara bertahap mulai dari sepuluh menit sampai dengan satu jam. Lakukan meditasi setiap hari secara teratur. Dan rasakan manfaatnya.

Ringkasan Cara Meditasi :

1. Duduklah dengan rileks sesuai dengan posisi duduk yang dipilih.

2. Berdoalah sesuai dengan keyakinan masing-masing.

3. Mulailah merasakan dada dan ucapkan dalam hati “Semoga semua hidup berbahagia” sebanyak tiga kali.

4. Rasakan nafas masuk dan keluar dengan menggunakan hitungan satu sampai dengan sepuluh. Lakukan bertahap mulai dari 10 menit hingga kuat mencapai 1 jam.

5. Tutup latihan meditasi dengan mengucapkan “Semoga semua hidup berbahagia”.

Itulah langkah-langkah cara meditasi bagi pemula. Sekali lagi untuk mendapatkan manfaat yang besar dari meditasi dibutuhkan kesabaran dan konsistensi. Semoga Bermanfaat!!

Leave a Reply