Teks Eksplanasi: Pengertian, Kaidah Kebahasaan, Tujuan dan Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi – Kita tentunya sering membaca suatu artikel di majalah, koran ataupun media online tentang fenomena alam, pertunjukan budaya ataupun berita mengenai penemuan sesuatu oleh para ilmuan. Itulah salah satu contoh teks eksplanasi.

Mau tau bagaimana cara membuatnya? Namun sebelum itu kita juga harus tau semua hal yang terkait dengan teks eksplanasi, baik pengertian, tujuan, kaidah kebahasaan dan strukturnya. Dan untuk lebih jelasnya akan dipaparkan di bawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi ialah teks yang berisi tentang proses ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’ mengenai suatu topik yang berhubungan dengan fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Semua kejadian tersebut selalu memiliki hubungan sebab akibat dan juga ada proses di dalamnya.

Tujuan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi mempunyai tujuan untuk memberikan informasi yang jelas kepada para pembaca agar dapat memahami tentang suatu fenomena yang sedang terjadi.

Artikel Terkait : 5 Contoh Teks Deskripsi : Pengertian, jenis, ciri-ciri dan Strukturnya

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplaasi

pexels.com

Untuk mempermudah kita dalam membuat teks eksplanasi, kita harus mengetahui apa saja yang menjadi struktur pembentukannya. Berikut adalah penjelasan mengenai struktur teks eksplanasi tersebut, antara lain :

1. Bagian Pembuka Contoh Teks Eksplanasi

Pada bagian pembuka ini berisi pernyataan umum si penulis mengenai topik yang diangkat, yakni menjabarkan tentang dimana terjadinya dan juga bagaimana proses terjadinya suatu peristiwa. Untuk pernyataan umum ini bisa Anda lihat contoh di bawah ini.

“Pengangguran merupakan salah satu fenomena sosial yang terjadi di masyarakat, seperti halnya sebuah penyakit yang sudah kronis menyerang lini kehidupan. Sudah banyak penanggulangan pengangguran yang diambil, tetapi masalah pengangguran ini belum juga tuntas.

Pengangguran terjadi tidak hanya di Indonesia saja, masalah ini hampir di setiap negara mengalaminya. Setiap pemerintahan di seluruh dunia, menjadikan masalah pengangguran menjadi salah satu agenda utama untuk diselesaikan.

Secara umum pengertian pengangguran yaitu orang dewasa yang belum bekerja, atau sedang mencari pekerjaan, atau juga tidak mempunyai pekerjaan sehingga tidak menghasilkan pendapatan.

Sedangkan, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan definisi, pengangguran adalah orang-orang yang bekerja kurang dari 1 jam setiap minggunya.”

2. Bagian Isi Contoh Teks Eksplanasi

Bagian isi adalah bagian yang berisikan tentang urutan sebab akibat, penjelasan dari topik yang diangkat secara detail dan disajikan bertahap dari awal hingga akhir. Untuk lebih jelasnya, dapat melihat contoh paragrap isi dari teks ekplanasi “Pengangguran” di bawah ini.

“Pengangguran terjadi disebabkan oleh banyak faktor, seperti pertumbuhan ekonomi yang lebih kecil dibandingkan jumlah pencari kerja setiap tahunnya, kemampuan pencari kerja tidak sesuai dengan permintaan pasar kerja, terjadinya pemutusan tenaga kerja atau PHK oleh sebuah perusahaan, iklim investasi yang belum kondusif dan lainnya.

Akibat adanya pengangguran banyak persoalan yang akan timbul, mulai persoalan ekonomi sampai sosial.

Orang yang tidak bekerja atau tidak mempunyai pekerjaan tentunya akan kehilangan kepercayaan diri jika bergaul dengan orang lain dan juga tidak akan memiliki kecukupan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Apabila jumlah pengangguran banyak, hal ini akan menyebabkan peningkatan angka kemiskinan, rendahnya tingkat kesehatan masyarakat dan meningkatnya kriminalitas.”

3. Bagian Penutup Contoh Teks Eksplanasi

Pada bagian penutup berisi interpretasi atau kesimpulan dari seluruh teks dari topik yang diangkat. Untuk lebih jelas dapat melihat contoh paragrap dibawah ini :

“Pengangguran ialah masalah besar yang perlu dicarikan solusi untuk mengurangi keberadaannya. Langkah utama yang dapat mengatasi pengangguran adalah serapan lapangan pekerjaan yang harus diperbaiki.

Dengan baiknya kondisi lapangan kerja, maka kekerasan sosial sebagai dampak dari pengangguran dapat diatasi dan diminimalisir.

Selain itu, memperbaiki kualitas pendidikan sehingga dapat memenuhi permintaan pasar kerja yang ada. Langkah terakhir, meningkatkan keterampilan wirausaha yang memadai bagi masyarakat yang diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Dengan semua langkah tersebut maka pengangguran segera teratasi.”

Artikel Terkait : 5 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah kebahasaan teks eksplanasi

freeimages.com

Teks eksplanasi mempunyai beberapa kaidah kebahasaan yang dapat memudahkan kita untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks yang lainnya, diantaranya sebagai berikut :

a. Memuat informasi berdasarkan fakta
b. Membahas informasi yang bersifat ilmiah
c. Bersifat informatif dan tidak mencoba mempengaruhi pembaca untuk mempercayainya
d. Menggunakan sequence markers, seperti pertama, berikutnya, terakhir atau pertama, kedua, ketiga dan lain sebagainya
e. Fokus pada hal umum (generic), bukan partisipan manusia (nonhuman participants), seperti tanah longsor, gempa bumi, banjir, dan hujan
f. Lebih banyak memakai kata kerja material dan relasional (kata kerja aktif)
g. Memakai konjungsi waktu dan kausal, seperti jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian
h. Memakai kalimat pasif
i. Teks eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang dipaparkan tersebut memang benar adanya

Kumpulan Contoh Teks Eksplanasi

Setelah mengetahui beberapa unsur yang terkait dengan teks eksplanasi, untuk lebih mudah dalam kita belajar, di bawah ini akan diuraikan contoh-contoh teks eksplanasi beserta strukturnya. Yuk langsung saja kita bahas!

1. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir

Contoh teks eksplanasi

Pernyataan Umum (Pembuka)

Banjir di Indonesia merupakan masalah yang kompleks, terutama di kota besar seperti Jakarta. Masalah banjir harus dicarikan solusi sehingga efeknya tidak merusak dan merugikan masyarakat. Tapi kita tidak dapat memberikan tanggung jawab hanya kepada pemerintah. Karena masyarakat memiliki peran besar dalam menyelesaikan masalah banjir.

Deretan Penjelas (Isi)

Banjir di Jakarta dikarenakan lokasi geografis Jakarta yang lebih rendah. Selain itu, kepadatan penduduk di Jakarta juga tergolong tinggi. Hal ini mengakibatkan lahan kosong diubah menjadi lahan perumahan, sehingga tidak ada tempat untuk penyerapan air.

Tidak hanya itu, warga masih banyak yang membuang sampah ke sungai sehingga menghalangi aliran sungai. Poin tersebut merupakan penyebab utama banjir di Jakarta saat hujan datang.

Untuk mencegah dan menanggulangi banjir harus dengan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat pada umumnya. Dibutuhkan komitmen dan kerjasama dari berbagai pihak untuk menghindarkan Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia dari terjadinya banjir.

Tindakan yang dapat dilakukan di antaranya adalah:
a. Membuat lubang serapan air
b. Menambah ruang terbuka hijau
c. Mengubah perilaku masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya

Penutup (Interpretasi)

Partisipasi seluruh elemen masyarakat harus dilakukan dengan koordinasi yang baik agar dapat berjalan efektif. Penanggulangan banjir dilakukan secara bertahap, mulai dari pencegahan, selama banjir dan pemulihan pasca banjir.

2. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

Teks Eksplanasi tentang pelangi

freeimages.com

Pernyataan Umum (Pembuka)

Pelangi atau Rainbow adalah peristiwa optik dan meteorologi berupa cahaya warna-warni paralel satu sama lain di langit atau media lainnya. Di langit, pelangi nampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah ke cakrawala pada saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun.

Deretan Penjelas (Isi)

Ada empat siklus yang menyebabkan terbentuknya pelangi, antara lain:
Pembiasan Sinar Matahari. Pelangi terbentuk sebab adanya pembiasan sinar atau cahaya matahari yang dibelokkan ke arah lain dari perjalanan satu medium ke medium lainnya oleh tetesan air yang berada di atmosfer.

Sinar matahari melewati tetesan air. Saat cahaya matahari melewati tetesan air maka cahaya tersebut akan di bengkokkan sehingga akan membuat warna-warna tersebut berpisah dengan sendirinya.

Pembelokkan cahaya. Setiap warna-warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda sehingga akan memberikan warna yang indah pada pelangi.

Terbentuklah warna pelangi. Warna yang akan pertama dibelokkan adalah warna ungu, sedangkan warna terakhir yang akan di belokkan adalah warna merah serta akan menyusul warna pelangi lainnya yaitu jingga, kuning, hijau, biru dan nila maka kita akan melihat warna pelangi secara utuh yang disebabkan oleh geometri optik dalam proses penguraian warna.

Penutup (Interpretasi)

Pelangi hanya dapat kita lihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar tetapi dari sisi yang berlawanan dengan kita. Posisi kita harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang kita. Mata kita dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Teks eksplanasi tentang kemiskinan

bantenbangkit.com

Pernyataan Umum (Pembuka)

Kemiskinan adalah tingkat penghasilan masyarakat yang rendah sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari (makan, tempat tinggal, pendidikan, dan lainnya). Umumnya masyarakat miskin biasa tinggal di gubuk, kolong jembatan, bantaran kali.

Tak jarang masyarakat miskin membangun sendiri rumah di atas tanah milik Negara. Kemiskinan terjadi di seluruh dunia dan banyak negara berkembang yang mempunyai masalah ini, kemiskinan.

Deretan Penjelas (Isi)

Kemiskinan terjadi sebab beberapa faktor, salah satunya adalah keterbatasan kelengkapan pendidikan dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Bangkrut, musibah, perbudakan, struktur sosial juga menjadi faktor penyebabnya.

Struktur sosial dan perilaku menjadi dominasi faktor masalah kemiskinan. Perilaku konsumtif, gengsi, pengeluaran uang tidak sesuai dengan pemasukan juga termasuk. Faktor struktur sosial mengarah kepada masalah turun temurun (terutama masalah pendidikan orang miskin). Perilaku gengsi, sehingga masyarakat lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan.

Sebenarnya banyak usaha yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan. Misalnya adalah menaikkan upah minimum kerja, memperluas lapangan pekerjaan, pendidikan gratis dan tempat tinggal dengan harga terjangkau.

Hal itu harus didukung dengan perilaku masyarakat yang tidak menghamburkan uang, menghindari gengsi, menabung dan membantu orang di sekitarnya. Sehingga kerjasama masyarakat dan pemerintah dapat berjalan efektif untuk mengatasi kemiskinan.

Penutup (Interpretasi)

Seharusnya di Indonesia tidak perlu ada kemiskinan. Apabila kita dapat dan mau menerima serta bersyukur terhadap apa yang dimiliki. Sifat-sifat buruk seperti yang disebut diatas harus kita hilangkan dan kerjasama pemerintah dan masyarakat sangat penting dalam menghilangkan kemiskinan di Indonesia.

Demikianlah pemaparan singkat mengenai contoh teks eksplanasi beserta strukturnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima Kasih !!

Leave a Reply