15 Gambar Sketsa Bunga dari Pensil yang Mudah Dibuat !

Gambar Sketsa Bunga – Sketsa adalah tahap awal dari sebuah lukisan yang masih kasar dan ringan yang pada umumnya digunakan sebagai kerangka dalam karya seni lukis atau bisa juga digunakan sebagai proses awal dalam memaparkan gagasan, konsep atau ide tentang sesuatu.

Gambar sketsa dapat di kelompokkan sebagai seni rupa murni, tetapi tujuannya bisa juga menjadi sebuah seni terapan.

Di saat seorang arsitek membuat sketsa untuk rancangan arsitekturnya, maka nilai daripada gambar sketsa tersebut menunjukkan penerapannya dalam ruang lingkup kehidupan sehari-hari.

Media yang digunakan untuk membuat sketsa bisa beragam. Pada media kering, sketsa bisa dikerjakan dengan menggunakan silverpoint, pensil, arang, pastel, atau grafit. Selain itu juga bisa menggunakan tinta dan pena, pena bolpoin, cat minyak dan cat air.

Sketsa yang menggunakan cat air dan cat minyak pada umumnya dikenal dengan sebutan “sketsa cat air” atau “sketsa cat minyak”. Untuk karya tiga dimensi, seorang seniman atau pematung bisa membuat sketsa dari plastisin, wax, atau tanah liat.

Berikut ini adalah 15 contoh gambar sketsa bunga yang dapat dibuat menggunakan pensil sehingga bisa dijadikan referensi bagi kamu yang pemula. Sebelum memulai menggambar sketsa bunga, terlebih dahulu siapkanlah peralatan yang akan digunakan.

Sketsa Bunga Mawar

Gambar bunga mawar

pinterest.com

Gambar sketsa bunga mawar

pinterest.com

Bunga mawar tidak hanya memiliki bentuk yang indah dan bau yang sedap saja, namun banyak pelukis yang menjadikan bunga ini sebagai objek favorit.

Nah, bagi kamu yang masih pemula tidak perlu khawatir, karena menggambar sketsa bunga mawar cukup mudah. Pertama, kamu bisa memulainya dengan membuat garis melengkung berbentuk huruf “U”.

Kemudian buatlah satu lagi garis lagi dengan ukuran yang sedikit lebih besar di bawah garis lengkungan yang pertama, sehingga kamu mendapatkan tiga bentuk garis yang senada.

Agar gambar sketsa bunga mawar semakin menarik, buatlah garis vertikal yang sedikit melengkung sebagai tangkai dan gambar pula daun di salah satu sisinya.

Setelah semua proses diatas selesai kamu buat, kamu bisa melanjutkan dengan menggambar kelopak bunga mawar. Mulailah dari bentuk “U” yang paling kecil, dengan membuat gambar kelopak yang saling tumbang tindih sampai pada bentuk “U” yang paling besar.

Di tahap akhir kamu bisa membuat kuncup bunga dengan menggunakan sudut runcing, dan jangan lupa gambarlah duri pada tangkai bunga. Gambar sketsa bunga mawar pun sudah selesai.

Sketsa Bunga Matahari

gambar sketsa matahari dengan pensil

etsy.com

sketsa bunga matahari

Mandalbillett.no

gambar sketsa bunga matahari

Jika kamu merasa kesulitan menggambar sketsa bunga mawar, masih ada bunga matahari kok untuk dicoba. Yuk, kita mulai.

Pertama buatlah sebuah lingkaran kecil kemudian satu lingkaran besar yang mengelilinginya. Kemudian kamu bisa menggambar tangkai dengan garis lengkung vertikal dan daun di setiap sisinya.

Untuk membuat kelopaknya, gambarlah  hati memanjang diantara lingakaran kecil dan besar. Nah, ulangi proses ini sampai seluruh lingkaran kecil penuh. Karena masih ada sudut yang kosong, buatlah sudut yang runcing sebagai tambahan kelopak bunga.

Sebagai tahap akhir kamu bisa menggambar di dalam lingkaran kecil garis miring yang saling bersilangan. Dan gambar sketsa bunga matahari sudah siap untuk diwarnai.

Sketsa Bunga Tulip

Sketsa Bunga Teratai

goresan sketsa bunga teratai

iplcricketnow.com

sketsa bunga teratai dengan pencil

tattobite.com

gambar sketsa bunga teratai menggunakan pensil

thetattohut.com

gambar sketsa bunga teratai

umodakart.blogspot.com

sketsa bunga teratai

alamendah.org

 

Sketsa Bunga Sakura

gambar sketsa bunga sakura

Shutterstock.com

 

gambar sketsa bunga sakura

weheartit.com

Itulah 15 gambar sketsa bunga dari pensil yang bisa kamu coba. Memang untuk awal-awal sedikit sulit, namun jika kamu terus berlatih lambat laun hasil karyamu akan lebih baik.

Asah dan jangan pernah berhenti untuk mengeksplorasi diri, caranya bisa melihat secara langsung dimana bunga tersebut tumbuh ataupun mencari di internet. Selamat Mencoba !!

Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih !!

Leave a Reply