7 Resep Makanan Sehat Bayi Usia 6 Bulan dan Cara Mengatur MPASI yang Baik

Makanan Bayi 6 Bulan – Pada dasarnya makanan terbaik bagi bayi di 2 tahun pertama dalam hidupnya adalah ASI. Tetapi, Bunda boleh memberi makanan tambahan setelah ia berumur 6 bulan, cuman itu sifatnya hanya MPASI atau makanan pendamping ASI.

Meskipun begitu, MPASI juga harus diperhatikan dengan penuh kehati-hatian dan kecermatan.

Sangat disayangkan sebenarnya, dewasa ini banyak orang yang sudah memberikan susu bubuk formula ataupun makanan padat bahkan diusia bayi yang belum genap 4 bulan. Disadari atau tidak hal ini pasti memberikan dampak pada tumbuh kembang dan sistem kekebaan pada tubuh si bayi.

Nah, sebagai orangtua yang bijak alangkah baiknya jika kita mengetahui apa saja tanda bahwa bayi sudah siap makan, semua hal yang perlu diperhatikan ketika memberinya makanan, menu mpasi 6 bulan pertama, jadwal makan bayi 6 bulan dan apa saja resep mpasi bayi 6 bulan sebagai langkah awal memberikan yang terbaik demi masa depan bayi.

Tanda Bahwa Bayi Sudah Siap Makan

Makanan bayi 6 bulan

parentalis.com

Mungkin Bunda sering bertanya, sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk memberikan makanan pada bayi? Tumbuh kembang tiap bayi memang unik dan kita tidak bisa menyamaratakan antara satu dengan yang lain.

Namun, terdapat beberapa ciri-ciri umum yang menandakan Mpasi siap dikonsumsi oleh bayi. Jika bayi Bunda menunjukkan salah satu reaksi dari tanda-tanda di bawah ini ketika sudah berusia 6 bulan, berarti dia sudah siap untuk diberi Mpasi.

  • Kordinasi antara mata, mulut dan tangan sudah mulai tertata dengan tanda ia mulai dapat menjangkau dan memasukkan makanan ke mulutnya.
  • Bayi sudah bisa duduk sendiri, karena tubuhnya dapat menyangga kepala dengan cukup kuat.
  • Si kecil menunjukkan ketertarikan pada makanan yang sedang Bunda konsumsi.
  • Bayi secara perlahan sudah bisa menelan makanan. Jika ia belum siap, pasti bayi akan memuntahkannya kembali.

Kadangkala sebagai orangtua kita terlalu terburu-buru memberikannya makanan dengan asumsi bahwa ia sudah menunjukkan tanda-tanda siap makan.

Padahal suatu tanda belum tentu menjadi sinyal yang kuat sebagai konfirmasi bahwa dia sudah lapar atau siap mengkonsumsi makanan, misalnya hanya karena ia meminum ASI yang bertambah banyak atau bayi sudah bisa memasukkan jari tanganya ke mulut.

Jadwal Makan Bayi 6 Bulan

resep makanan bayi usia 6 bulan untuk menambah berat badan

thechampatree.wordpress.com

Apabila bayi sudah menunjukkan tanda-tanda siap makan dengan jelas, kini saatnya Bunda merencanakan menu sehat buat si kecil. Hal ini penting dilakukan agar si kecil tidak melulu rewel karena lapar dan Bunda juga tidak kesulitan membiasakan rutinitas pola makan.

Jadwal memberi makanan bayi 6 bulan tidak terlalu banyak kok Bun, namun harus diiringi ekstra kesabaran agar proses ini berjalan dengan sukses. Jika Bunda masih bingung bisa melihat tabel di bawah ini.

JamMakanan Bayi 6 BulanJumlah
06.00ASISampai bayi merasa cukup
09.00Buah/Jus atau Bubur 2-3 sendok makan secara perlahan tingkatkan hingga ½  gelas/mangkuk ukuran 250 ml tiap kali makan atau sekitar 125 ml MPASI tiap kali makan
12.00ASISampai bayi merasa cukup
15.00Buah/Jus atau Bubur 2-3 sendok makan secara perlahan tingkatkan hingga ½  gelas/mangkuk ukuran 250 ml tiap kali makan atau sekitar 125 ml MPASI tiap kali makan
18.00ASISampai bayi merasa cukup
21.00ASISampai bayi merasa cukup

Seperti penjelasan pada tabel di atas, pemberian makanan bayi 6 bulan haruslah yang mudah dicerna oleh si kecil. Usahakan juga untuk mengenalkan berbagai jenis makanan seperti buah dan sayur yang mengandung nutrisi seperti kalsium, protein, zat besi, beragam vitamin dan lainnya.

Jika Bunda MPASI pada bayi usia 6 bulan sesuai jadwal, membentuk pola makan tentu akan lebih mudah sehingga tumbuh kembang sang buah hati bisa optimal.

Resep Menu Makanan Sehat Bayi 6 Bulan

jadwal makan bayi 6 bulan

annabelkarmel.com

Setelah jadwal makan terbentuk, Bunda tinggal memikirkan apa saja kira-kira yang akan diberikan kepada si kecil. Kita sekarang sering melihat banyak anak di usia remajanya tidak menyukai buah dan sayur. Hal tersebut terjadi karena tidak dibiasakan sedari kecil, apalagi untuk sayur yang memang memiliki rasa hambar.

Maka dari itu Bunda harus melatih si kecil untuk mau makan makanan sehat. Di bawah ini terdapat menu makanan yang bisa dijadikan referensi bagi sang buah hati, diantaranya adalah:

Makanan Bayi 6 Bulan dari Pure Beras Merah atau Beras Putih

Bahan yang diperlukan:
Beras merah secukupnya
ASI

Langkah membuat:
Beras merah atau beras putih dimasak menjadi bubur, disaring kemudian dicampur dengan ASI.

Makanan Bayi 6 Bulan dari Bubur susu

Bahan yang diperlukan:
10 gram tepung beras/tepung sagu/tepung maizena/tepung hunkwe/tepung kacang hijau. Jangan gunakan tepung terigu
20 sdm (200 ml) ASI

Langkah membuat:
Masaklah tepung dengan sedikit air. Setelah matang tuangkan di gelas atau mangkuk setelah itu tambahkan dengan ASI. Menggunakan tepung yang dibuat sendiri sangat direkomendasikan.

Makanan Bayi 6 Bulan dari Pure Avokad

Bahan yang diperlukan:
50 gram avokad kupas, cuci berih, potong-potong
3 sdm (30 ml) ASI

Langkah membuat:
Blender buah avokad sampai lembut tanpa menggunakan air, tuang ke gelas atau mangkuk makan bayi lalu campur dengan ASI, aduk rata. Pure avokad sudah siap diberikan.

Makanan Bayi 6 Bulan dari Pure Pisang

Bahan yang diperlukan:
50 gram pisang ambon kupas, potong-potong
3 sdm (30 ml) ASI

Langkah membuat:
Blender pisang dan ASI hingga lembut. Tuang ke mangkuk dan segera berikan kepada bayi.

Pisang juga bisa dimanfaatkan utuk mengatasi wajah kusam loh bun, yuk baca infonya di Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam Dengan Mudah

Makanan Bayi 6 Bulan dari Pure Pepaya

Bahan yang diperlukan:
50 gram papaya kupas cuci bersih dan potong-potong
3 sdm (30 ml) ASI

Langkah membuat:
Blender papaya hingga lembut. Tuang Makanan bayi usia 6 bulan dari pure papaya ke mangkuk. Tambahkan ASI dan aduk rata. Segera berikan kepada bayi.

Makanan Bayi 6 Bulan dari Pure Pir dan Pepaya

Bahan yang diperlukan:
30 gram pir kuning, cuci bersih, kupas dan ambil daging buahnya
25 gram papaya matang, cuci bersih, kupas dan potong-potong
3 sdm (30 ml) ASI

Langkah membuat:
Pir dikukus hingga empuk. Blender pir dan papaya hingga halus. Tuang ke dalam mangkuk kemudian tambahkan ASI.

Makanan Bayi 6 Bulan dari Pure Apel

Bahan yang diperlukan:
50 gram apel manis, cuci bersih, kupas dan ambil dagingnya.
2 sdm (20 ml) ASI atau jus jeruk manis

Langkah membuat:
Kukuslah buah apel sampai empuk. Kemudian blender sampai lembut bersamaan dengan jus jeruk manis atau ASI. Jika bayi belum terbiasa dengan serat apel, Bunda bisa menyaringnya terlebih dahulu.

Itulah pembahasan kita mengenai makanan bayi 6 bulan. Oh, ya jangan lupa membuatnya tetap nyaman sewaktu dia makan. Bunda bisa menyuapinya di dalam kereta dorong bayi, di ayunan ataupun diatas pangkuan Bunda. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima Kasih!!

Leave a Reply