6 Makanan dari Beras Ketan dan Cara Membuatnya +[Video]

Makanan dari Beras Ketan – Indonesia adalah negeri yang dianugerahi kesuburan dan hasil alam yang luar biasa. Mungkin saking suburnya bisa membuat iri orang-orang dari Negara luar.

Banyak sekali hasil bumi yang bisa dapatkan dari bumi pertiwi ini. Dengan berbagai ragam hasil bumi, tentunya kita bisa menikmati berbagai macam olahannya.

beras ketan

m.royco.co.id

Kamu mungkin akan kewalahan untuk menghitung makanan yang ada di Indonesia, apalagi kalau untuk mencobanya satu persatu.

Nah, kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu hasil bumi yang juga paling banyak dikonsumsi masyarakat kita, yaitu beras ketan. Ada dua jenis beras ketan, yakni ketan putih dan ketan hitam.

Penasaran dengan apa saja yang bisa diolah dari beras ketan? Mari kita simak lebih lanjut tentang jenis-jenis makanan dari beras ketan.


Aneka Makanan yang Terbuat dari Beras Ketan


1. Lemper

lemper merupakan makanan dari beras ketan

siresepmasakan.com

Lemper adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang diisi dengan daging ayam atau abon yang di cincang kemudian dibungkus dengan daun pisang.

Makanan ini tergolong camilan atau bisa juga untuk pengganjal perut karena dapat mengenyangkan. Kamu bisa menyajikannya ketika santai dan ditemani kopi, teh hangat maupun susu.

2. Tape Ketan

tape ketan merupakan makanan dari beras ketan

resepdanmasakan.com

Yang perlu kamu tahu, ternyata tape tidak terbuat dari singkong saja, beras ketan pun juga bisa dibuat tape. Dilihat dari segi rasa tentu bisa disandingkan dengan tape singkong.

Tape ketan juga merupakan salah satu jajanan pasar yang paling dicari oleh masyarakat. Kalau kamu mau bereksperimen, kamu bisa mencoba membuatnya.

Caranya dengan memasak ketannya setengah matang, kemudian setelah dingin tambahkanlah ragi dan diamkan selama 3 hari untuk proses fermentasi. Tape ketan pun siap dinikmati.

3. Rengginang

makanan dari beras ketan

juruspeluangusaha.blogspot.com

Makanan atau bisa disebut kerupuk yang gurih dan renyah ini juga terbuat dari beras ketan. Teksturnya yang garing membuat orang tidak mau berhenti untuk terus memakannya.

Sebenarnya membuat rengginang tidak terlalu sulit, hanya saja membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama dalam proses pengeringannya. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena makanan ini sangat banyak dijual di pasaran.

4. Jadah

jadah bakar merupakan makanan dari beras ketan

niffo.blogspot.com

Makanan dari beras ketan ini akan sering kita jumpai di berbagai acara hajatan di jawa, seperti pernikahan, khitanan, selamatan dan lainnya.

Jadah terbuat dari ketan yang dimasak dengan ditambahkan santan, daun pandan dan garam ketika proses memasaknya. Setelah matang, kemudian ditumbuk dengan halus dan dipotong-potong.

Kue ini juga umum dijajakan oleh pedagang kaki lima dengan cara dibakar terlebih dahulu. Makanan ini sangat cocok buat acara kumpul bareng keluarga atau teman dan dicicipi ketika masih hangat.

5. Wingko Babat

wingko babat merupakan makanan dari beras ketan

resepsedapku.com

Untuk kamu yang piknik ke semarang, maka jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk mencoba makanan khas yang namanya wingko babat. Walaupun sebenarnya wingko babat sendiri aslinya berasal dari Babat, Lamongan Jawa Timur.

Wingko babat adalah makanan  dari beras ketan yang terbuat dengan campuran sedikit garam, gula dan parutan kelapa yang kemudian dipanggang.

Kamu akan merasakan rasa manis bercampur dengan gurih dalam setiap gigitan, wingko babat sangat nikmat ketika dalam keadaan hangat.

6. Iwel iwel

iwel iwel merupakan makanan dari beras ketan

makanantradisionalkita.blogspot.com

Bagi kamu orang Jawa Timur pasti tidak asing dengan makanan dari beras ketan ini. Iwel iwel merupakan kue yang dibuat ketika ada selamatan anak yang baru lahir. Nama Iwel iwel sendiri diambil dari Bahasa Arab “Waliwali dayya” yang berarti “Orangtuaku”.

Kue ini sebagai perlambang sekaligus doa, bahwasana kelak ketika si bayi sudah dewasa akan senantiasa ingat dan berbakti kepada orangtua.

Makanan dari beras ketan ini termasuk yang jarang di jual di pasaran. Namun, jika kamu ingin membuatnya juga tidak terlalu sulit dan bahannnya cukup mudah didapatkan, seperti beras ketan, parutan kelapa, gula merah dan garam.

Jika dilihat dari komposisinya iwel iwel mempunyai cita rasa yang gurih dan ketika digigit melumerkan manis dari gula merah serta kenyal dalam setiap kunyahannya.

Semoga Bermanfaat!!

Leave a Reply