Viraltag: Tools Cerdas untuk Mengelola Sosial Media Anda

VIRALTAG – Bagi kamu yang yang suka mengulik sosial media, pastinya mempunyai tool untuk mempermudah pekerjaan kamu. Ya, posting banyak gambar dengan jadwal waktu tertentu tentu menjadi momok kita bersama.

Nah, kali ini saya akan memperkenalkan tool keren yang bisa mendongkrak akun sosial media kamu dengan cara yang mudah, praktis dan tentunya murah.

Nama tool ini adalah viraltag. Sudah pernah dengar sebelumnya? Kamu bisa mengukur keampuhan dari tool keren ini setelah membaca dan mempraktekkan tutorial yang akan saya sampaikan. Yuk, langsung seraap!

Viraltag?

tampilan halaman viraltag

Sepintas itulah gambaran tentang viraltag, yakni sebuah tool nomor satu untuk sosial media berbasis visual. Kamu bisa menggunakan tools keren ini di facebook, instagram, pinterest dan lainnya.

Usut punya usut yang membuat tool ini adalah orang India yang bernama Sudheer Someshwara. Saya juga belum pernah ketemu sama dia, cuman jika dilihat dari karyanya cukup pantaslah mendapat 3 jempol. Haha.

Apa Saja Fitur Viraltag?

Kamu akan lebih mudah dalam mengelola sosial media karena viraltag mempunyai beberapa fitur ini:

Pinterest: boards dan secret boards

Instagram: profile

Twitter: profile

Tumblr: profile

Facebook: profile dan halaman

LinkedIn: profile dan halaman perusahaan

Bagaimana Menggunakan Viraltag?

Dalam tutorial ini saya akan memakai pinterest sebagai studi kasus. Nanti kamu bisa mengeksplore sendiri terhadap sosial media yang ingin kamu garap. Oke langsung saja kita mulai.

1. Daftar Viraltag

Pertama, masuklah ke website resmi viraltag. Setelah itu klik try for free untuk mendapatkan akses gratis selama 2 minggu ke depan. Pendaftaranya tidak sulit kok, kamu cukup memakai email dan kita langsung bisa memakainya.

Tahap selanjutnya, pastikan install Viraltag Chrome Extension di browser kamu untuk memudahkan viraltag dalam memposting gambar.

viraltag extensions chrome

Setelah semua siap, ada beberapa setting-an yang harus diperhatikan. Kamu harus memastikan bahwa zona waktu yang kamu pilih HARUS sesuai dengan target yang kamu bidik. Jika target follower kamu orang Indonesia, isilah dengan (WIB, WIT, WITA).

Dengan kamu memilih zona waktu tersebut, postingan pin kita akan terjadwal secara otomatis.

Hal ini penting, karena akan mempengaruhi tinggat keberhasilan kamu dalam mem-viralkan sosial media yang sedang kamu garap.

2. Cara Posting dan Schedule Viraltag

dasboard viraltag

Gambar di atas menunjukkan halaman dashboard dari akun Viraltag kita. Terlihat dengan jelas pada gambar tersebut saya telah membuat jadwal untuk beberapa pin pada tanggal tertentu.

Langkah untuk membuat post adalah dengan mencari halaman web yang di dalamnya terdapat banyak gambar, atau kamu bisa memasukkan kata kunci di pencarian pinterest.

Jika sudah ketemu, langkah selanjutnya adalah klik ekstensi viraltag yang terletak di pojok kanan atas. Nah, tampilan kamu akan melihat tampilan yang berubah seperti ini.

tampilan dalam viraltag

Kamu bisa memilih gambar mana yang akan di post dengan mengklik satu persatu. Namun, apabila tidak mau ribet bisa juga dengan klik Select All. Kalau sudah dirasa cukup klik Schedule pada pojok kanan bawah untuk melanjutkan tahap berikutnya.

Selanjutnya, kamu akan dialihkan ke halaman baru yaitu bagian Bulk Editor. Di halaman ini kamu bisa meng-edit detail semua gambar yang ingin kamu posting hanya dalam beberapa klik.

bulk editor viraltag

Pada bagian atas terdapat menu Options, menu ini berfungsi untuk menempatkan semua pin dalam board tertentu. Selain itu juga bisa mengaitkan semua gambar dalam satu url. Intinya menu Options hampir sama dengan Select All.

Sekarang saatnya menjadwalkan postingan. Klik Schedule sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Di bagian ini kamu bisa mengatur sendiri kapan waktu postingan dimulai baik itu detail jam, tanggal, dan hari hingga jarak interval pemostingan.

pembuatan schedule viraltag

Pastikan kamu mengatur postingan tersebut pada golden time, sehingga visibility postingan kamu akan jauh lebih tinggi.

Apabila sudah selesai, klik OK dan klik Schedule. Lalu, kamu bisa kembali ke halaman dasboard. Kamu akan menemukan postingan yang sudah terjadwal dengan rapi.

Biar tidak dianggap spam, batasi dengan memposting pin maksimal 50. Menurut para praktisi, angka tersebut adalah batas aman dalam pinterest. Gunakan yang bijak ya.

Viraltag Analytics

Yang lebih membuat viraltag semakin asik adalah didukung dengan data analitik. Tidak hanya itu, bahkan kamu dapat menghubungkannya dengan google analitik untuk memperoleh data yang akurat dan lengkap.

Di bagian analaitik viraltag, kamu bisa melihat postingan yang paling banyak interaksinya, waktu terbaik untuk posting dan masih banyak lagi.

Harga Viraltag

harga viraltag yang harus dibayar

Ada beragam paket harga yang ditawarkan oleh viraltag, mulai dari personal, bisnis dalam skala kecil hingga untuk mengelola brand yang sudah besar.

Harga yang ditawarkan juga cukup sebanding dengan fitur yang disediakan. Untuk penggunaan individu biaya bulannya dimulai dari $24.

Bonus Untuk Blogger

harga viraltag untuk blogger

Nah, jika kamu blogger, kamu bisa menggunakan tools Viraltag ini dengan harga yang lebih murah. Viraltag akan memberikan bonus akses selama 6 bulan dan kemudian biaya bulanan berikutnya $9.99, jauh lebih murah ketimbang $24 per bulan. Syaratnya kamu cukup menulis artikel review tentang Viraltag.

Tertarik menggunakan Viraltag untuk kemudahan mengelola akun sosial media? kamu bisa mulai mendaftarnya di sini.

Link tersebut merupakan link affiliate, artinya saya akan mendapatkan bonus $15 jika kamu mendaftar melalui link itu, dan kamu juga akan mendapatkan bonus saldo $15, jadi sama-sama menguntungkan ya.

Itulah sekilas review dari tool keren yang bisa kamu jadikan leverage untuk mempermudah kamu dalam mengeola sosial media. Jika artikel ini dirasa memberi manfaat. Jangan lupa untuk share ya. Terima kasih.

Leave a Reply