Daftar Nama Taman Nasional di Indonesia Beserta Lokasinya

Taman Nasional di Indonesia – Indonesia merupakan bangsa yang sangat kaya. Kita mempunyai kurang lebih 17.000 pulau yang menyebar dari sabang sampai merauke. Yang konon katanya butuh waktu sekitar 40 tahun untuk mengunjungi semuanya.

Beragam suku, bahasa, agama dan ras tidak menjadi halangan untuk bersatu dalam sebuah naungan bangsa yang luhur, yakni Indonesia. Sumber daya alam di negeri ini seakan tak ada habisnya, begitu juga dengan panorama yang tak kalah indahnya.

Nah, untuk lebih mencintai bangsa yang besar ini, alangkah baiknya kamu mengetahui apa saja Taman Nasional yang ada di Indonesia. Selain itu, juga bisa kamu jadikan referensi buat rencana traveling mu. Mari kita simak!


Daftar Isi

Taman Nasional di Indonesia Bagian Bali dan Nusa Tenggara


1. Taman Nasional Bali Barat

taman nasional bali barat

pesiryuk.blogspot.com

Ketika berkunjung ke Bali kita harus menentukan tujuan. Apakah pantai? Nuasansa seni? Suasana desa atau wisata alam?

Jika kamu menyukai wisata alam sekaligus ingin menjajal skill fotografimu, Taman Nasional di Indonesia bagian Bali Barat ini sangatlah cocok. Disana kamu bisa diving, trekking, birdwatching dan yang lainnya.

2. Taman Nasional Gunung Rinjani

taman nasional gunung rinjani

englishshelter.wordpress.com

Gunung Rinjani adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang mengagumkan. Bagi kamu yang suka hiking pasti tidak asing dengan Gunung Rinjani. Musim kunjungan yang terbaik ke tempat ini adalah bulan agustus sampai desember setiap tahunnya.

Selain mendaki gunung dan menikmati panorama alam yang indah, pada bulan Maulud (peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW) di Segara Anak sering dijadikan atraksi budaya Pakelem yaitu memandikan keris. Jadi kamu bisa merasakan atmosfir spiritualnya disana.

3. Taman Nasional Gunung Tambora

taman nasional gunung tambora

mondieviaggi.eu

Gunung Tambora mempunyai sejarah penting bagi bangsa ini. Kisahnya di masa silam mengukuhkan namanya di mata dunia.

Taman Nasional di indonesia ini akan menyuguhkan keindahan panorama dari hutan dataran rendah hingga hutan pegunungan. Berbagai flora dan fauna dapat ditemui yang akan menambah pengalaman dan sensai tersendiri buat kamu yang menyukai alam.

4. Taman Nasional Kelimutu

taman nasional kelimutu

yourshotblog.nationalgeographic.com

Taman Nasional Indonesia Kelimutu di Ende, Flores. Kawasan ini terkenal dengan ketiga danaunya yang bisa berubah warna. Moment yang paling dicari saat datang kesini adalah bisa sampai puncak danau ketika matahari sedang terbit.

Selain itu, kamu juga bisa menggali lebih dalam dan puaskan rasa ingin tahu kamu dengan menjelajah ke dalam jalur arboterum.

Di dalam jalur arboterum terdapat keragaman flora yang indah, hutan di dalam hutan yang menyimpan kurang lebih 250 pepohonan yang terbagi dari 79 jenis pohon, penegmbangan riset, pendidikan dan rekreasi edukatif.

5. Taman Nasional Komodo

taman nasional komodo

www.kon-tikiresor.se

Taman Nasional Komodo terletak di ujung barat Pulau Flores tepatnya terletak di Kabupaten Manggarai Barat. Taman Nasional di Indonesia ini terdiri dari tiga pulau besar, diantaranya Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil.

Rilekskan pikiran dan kendurkan syaraf kamu untuk mencoba hal baru di tempat yang menakjubkan ini. Selain melihat secara langsung hewan langka komodo, kamu bisa menikmati keindahan bawah laut, sementara diatasnya terdapat pulau-pulau indah berpasir putih hingga yang berpasir merah muda.

6. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

taman nasional laiwangi wanggameti

blog.reservasi.com

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti terletak di Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur. Tempat ini memiliki bentang alam yang indah, selain itu juga kaya akan keanekaragaman hayati baik flora maun fauna. Kamu juga bisa menikmati budaya eksotis dari masyarakat Sumba yang belum banyak terekspos oleh masyarakat luas.

7. Taman Nasional Manupeu Tanah Daru

taman nasional manupeu tanah daru

jefryamos.wordpress.com

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru terletak di Pulau Sumba. Sebagian besar kawasan Taman Nasional di Indonesia yang menantang ini umumnya berupa tebing-tebing terjal yang muncul dari permukaan laut sampai ketinggian 900 meter.

Selain kaya akan keanekaragaman hayati, pemandangan landscape disini juga pantas kamu coba untuk sekadar santai dan menentramkan hati.


Taman Nasional di Indonesia Bagian Jawa


8. Taman Nasional Alas Purwo

taman nasional alas purwo

www.thenamesponyboy.com

Taman Nasional Alas Purwo terletak di Banyuwangi yang juga di kenal sebagai ‘the Sunrise of Java’, Jawa timur. Disini kamu bisa merasakan atmosfir layaknya padang savana afrika di Sadengan, mencoba nuansa mistis hutan bambu dan untuk kamu yang suka surving bisa mencoba menaklukan tingginya ombak pantai plengkung di dalam Taman Nasional di Indonesia yang mulai banyak di incar turis ini.

taman nasional alas purwo

adventuriderz.com

9. Taman Nasional Baluran

taman nasional baluran

www.zerolensnews.com

Taman Nasional Baluran terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Taman Nasional yang dikenal dengan ‘little africa’ ini cukup familiar dikalangan traveler.

Kamu bisa mengunjungi luasnya padang Savana Bekol sambil mengamati kehidupan hewan liarnya. Lebatnya hutan hijau Evergreen Forest juga merupakan pilhan yang menarik. Selain itu, keelokan bawah laut Bama siap menyapa buat kamu yang suka diving.

10. Taman Nasional Gunung Ciremai

taman nasional gunung ciremai

ekapuspitas.wordpress.com

Taman Nasional Gunung Ciremai terletak di Jawa Barat, bagi kamu yang menyukai hiking, gunung cierami juga patut kamu masukan dalam daftar taklukanmu.

Disana kamu akan melewati zona perkebunan penduduk, hutan pegunungan bawah dan atas dengan pohon-pohon yang cukup besar, hutan pinus dan bunga edelwais yang akan menemani petualanagan serumu.

11. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

taman nasional gunung gede pangrango

frozzaholic.com

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu Taman Nasional yang tertua dan juga mempunyai peranan penting dalam sejarah konservasi di Indonesia.

Kamu bisa menemukan kantong semar (Nephetes spp), ‘si pohon raksasa’ rasamala dan berbagai tumbuhan unik lainnya. Selain itu, Taman Nasional ini juga ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh Unesco.

12 Taman Nasional Gunung Halimun Salak

taman nasional gunung halimun salak

hlt7.com

Taman Nasional Gunung halimun Salak terletak di Bogor, Sukabumi dan Lebak, Jawa Barat. Disini kamu bisa berkenalan dengan berbagai flora yang jarang kita ketahui, seperti bambu huta yang batangnya mengandung air segar, jamur yang bisa menyala karena mengandung zat fosfor dan yang lainnya.

Selain itu, perkebunan teh Nirmala dan tinggal di guest house dengan background natural yang siap untuk menyegarkan pikaran kamu dari kepenatan kesibukan sepanjang hari.

13. Taman Nasional Gunung Merapi

taman nasional gunung merapi

www.triptrus.com

Hampir semua orang pernah mendengar Taman Nasional Gunung Merapi. Taman ini sudah mendunia karena keindahan alam dan kesejukan udaranya.

Kamu bisa mencoba jalur Tracking Kinahrejo – Tlogo Muncar, diasana pemandangan hutan tropika yang sarat nuansa gunung berapi akan menemani perjalanan menantangmu.

14. Taman Nasional Gunung Merbabu

taman nasional gunung merbabu

tersapa.com

Tidak jauh dari Taman Nasional Gunung Merapi ada juga Taman Nasional Gunung Merbabu yang juga sayang untuk dilewatkan.

Ada beberapa fakta unik mengenai Taman Nasional ini, antara lain Gunung Merbabu mempunyai tiga puncak utama sehingga kalau cuaca sedang bersahabat kamu bisa menjumpai lautan awan.

Gunung Merbabu juga mempunyai padang rumput yang menawan beserta hamparan bunga edelwais dan setelah kamu sudah mencapai puncak kamu bisa melihat gunung-gunung tertinggi di Jawa Tengah.

15. Taman Nasional Karimunjawa

taman nasional karimunjawa

fb.ru

Taman Nasional Karimunjawa terletak di Jepara, Jawa Tengah. Untuk kamu yang penyuka pantai dan pengen basah-basahan, tempat ini sangat cocok untuk kamu singgahi. Kamu bisa mandi di pantai dan berjemur, memancing, glass bottom boat, jetski, banana boat, berenang dengan ikan hiu dan mengelilingi keindahan pulau yang mempesona.

16. Taman Nasional Kepulauan Seribu

taman nasional kepulauan seribu

tempatberliburwisata.blogspot.com

Taman Nasional Kepulauan Seribu terletak di sebelah utara Jakarta. Taman Nasioanl Indonesia ini menawarkan suasana pulau tropis yang romantis yang jauh dari suasana hingar bingar Jakarta.

Selain menawakarkan keindahan dan permainan pantai, kamu juga bisa bernostagia dengan beberapa peninggalan masa kolonial belanda disini.

17. Taman Nasional Meru Betiri

taman nasional meru betiri

miner8.com

Taman Nasional Meru Betiri terletak di Jember, Jawa Timur. Mungkin taman ini kalah popular dengan Taman Nasional lainnya. Padahal di kawasan ini juga mempunyai kelebihan yang patut diperhitungkan.

Kamu bisa menjumpai tanaman langka seperti Raflesia Zollingeriana atau bunga bangkai mini. Selain itu kamu juga bisa meningkatkan motivasi belajar dengan mengunjungi penelitian tanaman obat yang bisa menambah wawasan kamu.

18. Taman Nasional Ujung Kulon

taman nasional ujung kulon

www.indonesiaecotourism.com

Taman Nasional Ujung Kulon Terletak di Provinsi Banten. Kawasan ini ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh Unesco.

Selain penangkarang badak bercula satu yang terkenal, kamu bisa bersampan menyusuri Sungai Ciganter sambil menikmati tipe hujan tropis sepanjang perjalanan.


Taman Nasional di Indonesia Bagian Kalimantan


19. Taman Nasional Betung Kerihun

taman nasional betung kerihun

picnesia.blogspot.com

Taman Nasional Betung Kerihun terletak di Provinsi Kalimantan Barat, 600 km dari Pontianak. Taman Nasional ini ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh Unesco.

Selain camping, rafting, whtewater trekking, tubing dan wisata air lainnya, kamu bisa mendapatkan pengalaman berbeda dengan menyatu bersama adat dan budaya masayarakat Dayak Iban yang mendiami wilayah ini.

20. Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

taman nasional bukit baka bukit raya

trevelsia.com

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya terletak di jantung Pulau Kalimantan, tepatnya di perbatasan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Disini kamu bisa mencoba arum jeram yang berada di sungai Ella, mandi dengan sumber air panas di Sepan Apoi, merasakan butiran-butiran air dan kesejukan Air Terjun Demang Ehud dan untuk kamu yang menyukai budaya bisa menyelami lebih dalam karya budaya dari berbagai kumpulan suku dayak yang ada.

21. Taman Nasional Danau Sentarum

taman nasional danau sentarum

www.globalcarbonproject.org

Taman Nasional Danau Sentarum teletak di Kalimantan Barat 700 km dari Pontianak. Danau sentarum memiliki luas 132.000 hektar yag terdiri 89.000 hektar hutan rawa tergenang dan 43 hektar daratan.

Dalam perjalanan ke Taman Nasional ini kamu akan menemui rumah-rumah panggung suku Dayak dan onggokan batu raksasa yang biasa disebut Bukit Kelam.

Disana kamu akan menggunakan speed boat menyuri sungai Kapuas selama 6 jam sebelum tiba di danaunya dan itu merupakan pengalaman yang luar biasa.

22. Taman Nasional Gunung Palung

taman nasional gunung palung

tarhadi.wordpress.com

Taman Nasional Gunung Palung terletak di Kalimantan Barat. Kawasan ini dapat dikatakan sebagai yang terlengkap di Indonesia karena belum banyak terjamah oleh kepentingan manusia.

Selain itu, Taman ini juga merupakan habitat 2.200 ekor orangutan dan berbagai jenis flora dan fauna yang lainnya.

23. Taman Nasional Kayan Mentarang

taman nasional kayan mentarang

www.borneotourgigant.com

Taman Nasional Kayan mentarang terletak di sebelah utara Kalimantan Timur, tepatnya di Kanupaten Malinau, Nunukan dan Kabupaten Bulungan.

Taman Nasional ini memiliki kawasan hutan primer dan sekunder tua terbesar yang masih tersisa di pulau Borneo dan kawasan Asia Tenggara. Disini kamu bisa berekspedi ekowisata, budaya dan kehidupan tradisional masyarakat Dayak, petualangan sungai dan trekking di hutan.

24. Taman Nasional Kutai

taman nasional kutai

www.nongsik.com

Taman Nasional Kutai terletak di Kalimantan Timur. Disini kamu dapat menemukan pohon ulin raksasa yang diperkirakan berumur 1000 tahun.

Selain itu, kamu juga bisa menyusuri wisata alam sangkima dengan melewati jembatan gantung yang cukup panjang.

25. Taman Nasional Sebangau

taman nasional sebangau

pustaka.tnsebangau.com

Taman Nasional Sebangau terletak di Kalimantan Tengah. Posisinya diantara Sungai Sebangau dan Sungai Katingan.

Disini kamu bisa naik speedboat menyusuri sungai dengan hutan nipah yang tumbuh mengelompok tak beraturan seperti labirin sambil melihat kera-kera yang berkeliaran di hutan.

26. Taman Nasional Tanjung Puting

taman nasional tanjung puting

www.tourtanjungputing.com

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di semenanjung Kalimantan Tengah. Kawasan ini merupakan konservasi orangutan terbesar di dunia dengan perkiraan 30.000 sampai 40.000 ekor. Selain itu, disini jug ada best spot sunrise yang bisa kamu temui di tanjung keluang.


Taman Nasional di Indonesia Bagian Maluku dan Papua


27. Taman Nasional Aketajawe Lolobata

taman nasional aketajawe lolobata

www.aketajawelolobata.org

Taman Nasional Aketajawe Lolobata terletak di Halmahera Timur, Maluku. Taman ini dianggap penting bagi 23 spesies burung endemik oleh BirdLife International. Disini terdapat beragam flora dan fauna yang menarik minat pecinta petualang.

28. Taman Nasional Lorentz

taman nasional lorentz

www.belantaraindonesia.in

Taman Nasional Lorentz terletak di Provinsi Papua. Taman Nasional ini adalah yang terbesar di Asia tenggara dengan luas wilayah 2,4 juta hA. Selain itu, kawasan ini juga dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh Unesco.

29. Taman Nasional Manusela

taman nasonal manusela

jalan2.com

Taman Nasional Manusela terletak di Kepulauan Maluku. Kontur wilyah di Taman Nasional Manusela sangat beragam. Mulai dari pegunungan, bukit yang lebih kecil, hutan hujan tropis yang masih alami, pesisir hutan bakau, hingga lautan dengan terumbu karang yang sangat indah.

30. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

taman nasional teluk cenderawasih

lavelletesting2.com

Taman Nasional Teluk Cenderawasih terletak di Provinsi Papua Barat. Taman Nasional di Indonesia yang menawan ini memiliki terumbu karang yang luas dengan kualitas terbaik di dunia. Kamu bisa mempunyai pengalaman tak terlupakan disini dengan diving bersama hiu paus.

31. Taman Nasional Wasur

taman nasional wasur

www.wikiwand.com

Taman Nasional Wasur merupakan lahan basah terbesar di Papua. Sebagian besar luas kawasan ini adalah sabana, diikuti vegetasi lainnya berupa hutan rawa-rawa, hutan moonson, hutan pantai, hutan bambu, padang rumput dan sagu.


Taman Nasional di Indonesia Bagian Sulawesi


32. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

taman nasional bantimuruang bulusaruang

www.tvplayvideos.com

Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung terletak di Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Maros dan Pangkajene Kepulauan. Taman Nasional ini dijuluki ‘The Kingdom of Butterfly’ oleh seorang antropologi dan biologi dari Inggris raya, Alfred Russel Wallace.

Setelah puas untuk mempelajari kupu-kupu kamu juga bisa berkenalan dengan satwa endemik lainnya, yaitu kera hitam (Macaca Maura) di Karaenta dan Kus-kus (Tarcius Fuscus) di Pattunuang.

33. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

taman nasional bogani nani wartabone

worldtourismindonesia.blogspot.com

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone terletak di Semenanjung Minahasa, diantara Gorontalo dengan Sulawesi Utara.

Ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi disini, antara lain Air Terjun Mengkang, Habitat Burung Maleo Tambun, Air Terjun Tumpah, Gua Batu Berkamar dan Air Terjan Lombonga.

34. Taman Nasional Bunaken

taman nasional bunaken

wallpapercave.com

Taman Nasional Bunaken adalah sebuah pulau di teluk Manado, Sulawesi. Taman Nasional di Indonesia yang luar biasa indah ini merupakan surganya bawah laut. Kamu bisa menyapa terumbu karang dan berbagai spesies ikan dengan dengan diving disini.

36. Taman Nasional Kepulauan Togean

taman nasional kepulauan togean

aveonemag.com

Taman Nasional Kepulauan Togean terletak di Sulawesi Tengah, tepatnya berada di Kabupaten Tojo Una-una.

Keindahan pantai berpasir putih nan lembut dan alam bawah lautnya telah mampu menyihir ribuan turis mancanegara untuk mengunjunginya. Sambil merasakan kesejukan udara kamu bisa melakukan merilekskan pikiran dengan meditasi, melupakan sejenak kepenatan pekerjaan yang seolah tak ada akhirnya.

37. Taman Nasional Lore Lindu

taman nasional lore lindu

www.sulawesitourguide.com

Taman Nasional Lore Lindu terletak di Provinsi Sulawesi Tengah, sekitar 60 km ke selatan dari Kota Palu.

Obyek wisata andalan Taman Nasional ini adalah bird watching di Padeha, air terjun di Wuasa dan Kalori, air panas di Watumaeta dan Lengkeka, camping ground di Wuasa, arum jeram di Sungai Lariang di Gintu dan situs Batu Megalith yang tersebar di lembah Bada dan Besoa.

38. Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai

taman nasional rawa aopa watumohai

tnrawku.wordpress.com

Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara. Taman nasional di Indonesia yang memukau ini memiliki beragam vegetasi seperti hutan mangrove. Kamu bisa menjumpai hewan langka seperti babirusa, anoa dan berbagai spesies burung di dalamnya.

39. Taman Nasional Taka Bone Rate

taman nasional taka bonerate

sharmlastminute.com

Taman Nasional Taka Bone Rate adalah taman laut yang mempunyai kawasan atol terbesar ketiga di dunia, setelah Kwajifein di Kepulauan Marshall dan Suvadiva di Kepuluan Maadewa.

Untuk kamu yang hobi diving tempat ini sangatlah istimewa karena luas total atolnya 220.000 hektar dengan sebaran terumbu karang mencapai 500 km.

40. Taman Nasional Wakatobi

taman nasional wakatobi

lomboktourclub.com

Taman Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi tenggara. Taman di Indonesia yang keren ini menempati salah satu prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.

Panorama bawah laut disini memiliki 25 buah gugusan terumbu karang yang dapat dijumpai sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai. Disini kamu bisa sekadar jogging santai diatas pasir putih yang lembut, snorkeling dan diving sepuasnya.


Taman Nasional Indonesia di Bagian Sumatera


41. Taman Nasional Batang Gadis

taman nasional batang gadis

www.indonesia-tourism.com

Taman Nasional Batang Gadis terletak di Kabupaten Mandaling Natal, Sumatera Utara. Obyek wisata disini berpusat pada kearifan lokal desa-desa yang berada di kawasan Taman Nasional. Antara lain Desa Sibanggor Jae, Sibanggor Tonga dan Sibanggor Julu.

42. Taman Nasional Berbak

berbak

kehijau-berbak.com

Taman Nasional Barbak terletak di Provinsi Jambi. Taman Nasional ini merupakan kawasan pelestarian alam untuk konservai hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang belum terjamah oleh kepentingan manusia.

Keunikan disini adalah gabungan yang menarik antara hutan rawa air tawar dan hutan rawa gambut yang terbentang luas di pesisir timur Pulau Suamtera.

43. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

taman nasional bukit barisan selatan

kupastuntas.co

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan terletak di dua Provinsi yaitu Lampung dan Bengkulu. Kawasan ini ditetapkan sebagai situs warisan gususan pegunungan hutan hujan tropis dunia oleh Unesco.

Taman Nasional Bukit barisan juga tercakup dalam Global 200 Ecoregions, yaitu peringkat habitat darat, air tawar dan laut di bumi yang paling mencolok dari sudut pandang biologi yang dibuat oleh WWF.

44. Taman Nasional Bukit Duabelas

taman nasional bukit duabelas

www.superadventure.co.id

Taman Nasional Bukit Tigapuluh terletak di Provinsi Riau dan Jambi. Kawasan ini terkenal dengan tempat terakhir spesies terancam punah seperti orangutan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, badak sumatera, tapir asia, beruang madu dan berbagai spesies burung yang juga terancam.

45. Taman Nasional Bukit Tigapuluh

taman nasional bukit tigapuluh

depositphotos.com

Taman Nasional Bukit Tigapuluh terletak di Provinsi Riau dan Jambi. Kawasan ini terkenal dengan tempat terakhir spesies terancam punah seperti orangutan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, badak sumatera, tapir asia, beruang madu dan berbagai spesies burung yang juga terancam.

Taman Nasional ini juga merupakan tempat tinggal bagi Orang Rimba dan Talang mamak.

46. Taman Nasional Gunung Leuser

taman nasional gunung leuser

greenaction.news

Taman Nasional Gunung Leuser terletak di Aceh dan Sumatera Utara. Taman Nasional di Indonesia ini meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang berupa hutan lebat khas hujan tropis.

Dikelola dengan system zonasi yang bisa dimanfaatkan untuk penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan dan pariwisata. Selain itu, Taman ini juga ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh Unesco.

47. Taman Nasional Kerinci Seblat

taman nasional kerinci seblat

visitadventureindonesia.blogspot.com

Taman Nasional Kerinci Seblat merupakan Taman Nasional terbesar di Sumatera, saking besarnya taman ini membentang di empat provinsi, yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Kamu bisa menjelajahi berbagai mata air panas, sungai beraliran deras, bermacam gua, air terjun, dan danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara.

48. Taman Nasional Sembilang

taman nasional sembilang

www.indonesia-tourism.com

Taman Nasional Sembilang terletak di pesisir Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Disini merupakan habitat bagi harimau sumatera, gajah asia, tapir asia, siamang, kucing emas, rusa sambar, buaya muara, ikan sembilang, penyu airtawar raksasa dan lumba-lumba air tawar.

Kamu bisa menelusuri sungai dan hutan mangrove dengan perahu, melihat fenomena burung migran dari Siberia dan atraksi ikan lumba-lumba.

49. Taman Nasional Siberut

taman nasional siberut

www.piknikdong.com

Taman Nasional Siberut terletak di pulau Siberut, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Selain kekayaan keanekaragaman hayatinya, Taman Nasional ini merupakan rumah bagi masyarakat Mentawai yang masih hidup secara tradisional dan selaras dengan alam.

Pulau Siberut salah satu Cagar Biosfer yang ditetapkan oleh Unesco dalam bidang Progam Man and the Biosfer.

50. Taman Nasional Tesso Nilo

taman nasional tesso nilo

www.riaunews.com

Taman Nasional Tesso Nilo terletak di Riau. Taman Nasional di Indonesia ini juga termasuk konservasi gajah. Namun, di dalam kawasan ini terdapat usaha yang didirikan oleh masyarakat setempat yaitu memelihara pohon sialang yang akan dijadikan peternakan madu.

Jadi selain kita bisa menjelajah, pulang kita juga bisa mendapatkan oleh-oleh khas yang akan meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

51. Taman Nasional Way Kambas

taman nasional way kambas

www.mongabay.co.id

Taman Nasional Way Kambas merupakan perlindungan gajah yang terletak di Lampung, Sumatera. Kamu bisa mengelilingi Taman Nasional ini dengan naik gajah ditemani dengan pawangnya.

Waktu terbaik untuk datang kesini adalah sebelum jam 7 pagi dan sore menjelang sunset, karena akan banyak banyak gajah yang berkumpul di waktu itu.

Itulah sedikit informasi tentang Taman Nasional di Indonesia. Setidaknya dengan mengetahui beberapa kekayaan negara bisa menumbuhkan jiwa nasionalisme dan rasa cinta kepada Bangsa.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply