5+ Tips Memilih Sofa Untuk Rumah Minimalis Secara Sederhana

Tips Memilih Sofa – Sofa merupakan salah satu interior yang wajib ada di rumah kita. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan saat memilih sofa. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah sofa yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan atau tidak.

Bicara mengenai Home design & Ideas baik berupa interior maupun eksterior akan selalu menarik, terlebih untuk kamu yang memperhatikan detil di setiap ruangan.

Memang terkesan sederhana, namun jika salah dalam memilih tentunya akan berpengaruh terhadap suasana rumah kita. Berikut adalah beberapa tips yang akan mempermudah kamu sebelum membeli sofa. Mari kita simak!

1. Pastikan Tema Interior

tips memilih sofa yang harus kamu ketahui

alicdn.com

Tips memilih sofa yang pertama adalah menentukan tema dari desain interior rumah kamu. Hal ini sangat penting karena untuk menentukan desain dan warna sofa seperti apa yang cocok di ruangan kamu.

Misalnya jika rumah kamu kamu modern minimalis, kamu bisa memilih salah satu warna dinding sebagai warna sofa. Warna yang senada bisa menciptakan kesan yang mengalir, serasi dan tenang.

Jika kamu menginginkan suasana yang dramatis, kamu dapat memilih warna komplementer dengan kombinasi lain yang menarik.

Seperti sofa minimalis berwarna ungu yang dipadukan dengan latar biru muda atau perpaduan warna abu-abu dengan merah sebagai aplikasi warna kompleks yang bisa memberikan nuansa dinamis.

Tetapi, apabila kamu ingin warna yang berbeda, pilihan warna-warna netral seperti putih, hitam atau cokelat bisa menjadi pilihan.

Kamu juga harus mempunyai keputusan yang matang dalam memilih corak.

Misalnya, apabila ruangan kamu mungil jangan memilih corak yang mencolok, karena akan memberikan kesan yang terlalu ramai dan kurang enak dipandang.

Sebaliknya, pilihlah corak sofa yang menjadi focal point atau pemanis ruangan sehingga dapat memberikan nuansa sederhana yang lebih natural.

2. Pastikan Luas Ruangan dengan Benar

tips memilih sofa yang harus kamu ketahui

i.ytimg.com

Pastikan kamu mengikuti tips memilih sofa yang kedua ini. Jangan hanya mengira-ngira saja, karena sangat berpenagruh pada ukuran dan bentuk sofa yang sesuai di ruangan kamu.

Kesesuaian gaya denagn luas ruangan adalah faktor utama dalam hal visual, sehingga ruangan bisa memberikan interior yang cantik dan enak dilihat. Kamu bisa memadukan beberapa gaya agar tidak terlalu monoton.

Misalnya sofa untuk ruang TV, biasanya ruangan ini dijadikan tempat utama untuk berkumpul keluarga. Kamu akan membutuhkan sofa yang bisa diduduki oleh banyak orang. Apabila ruangannya tidak terlalu luas, sofa shape U bisa menjadi alternatif cerdas.

Untuk ruang tamu, gunakanlah sofa jenis upholstery. Sofa jenis ini sangat cocok dan nyaman ketika menerima tamu. Terlebih kualitas dari sofa ini sangat kuat dan tidak mudah rusak. Sofa ini juga memberikan kenyamanan saat diduduki karena terdapat bantalan yang empuk.

3. Pastikan Kerangka Kayunya

tips memilih sofa yang harus kamu ketahui

Sofa Tradisional via sukmomebel.com

Banyak sofa yang dijual dengan harga murah dan memiliki tampilan yang bagus. Akan tetapi, tampilan yang bagus saja belum cukup menjamin bahwa sofa tersebut memiliki kualitas yang baik. Percuma saja jika tampilan sofa sudah bagus namun cepat rusak.

Untuk memilih sofa yang berkualitas kuncinya jangan memilih sofa dengan kerangka yang terbuat dari plastik, partikel dan logam. Sebab kerangka tersebut akan mudah retak. Sebaiknya pilih bahan kayu, tetapi perhatikan juga jenis kayu yang digunakan.

Sofa yang berkualitas akan menggunakan skrup, pasak, dan penghubung kayu pada setiap sambngan kerangka, tidak hanya menggunakan lem saja.

Biasanya untuk standar membuat sofa menggunakan kayu pinus yang sudah kering, bisa dibilang cukup bagus (middle quality).

Jika jenis kayunya bagus dan kerangkanya kuat ketahanannya bisa lima sampai tujuh tahun. Jika kamu membeli sebaiknya kamu mencobanya terlebih dahulu, apakah nyaman diduduki atau tidak dan yang paling penting kerangkanya kuat saat digunakan orang dengan badan yang tinggi sekalipun.

Tips:

  • Lakukan pengujian kekuatan kerangka sofa dengan sedikit mengangkat salah satu sudut kaki sofa. Jika pada saat mengangkat salah satu sudut dan sudut kaki lain yang sejajar masih menyentuh lantai. Bisa diartikan kekuatan kerangka sofa agak lemah.
  • Duduklah pada ujung sofa sambil memukul-mukul permukaan sofa. Rasakan apakah ada bunyi berdesis saat dipukul. Jika iya, berarti sofa yang ingin dibeli terdapat sesuatu yang salah.

4. Telitilah dalam Memilih Pelapis Sofa

tips memilih sofa yang harus kamu baca

crateandbarrel.com

Banyak berbagai macam pelapis sofa, diantaranya polyster, kulit sintetis Oscar atau denim. Banyak ragam pelapis sofa, untuk pemilihannya disesuaikan saja dengan kebiasaan keluarga kamu.

Misalnya banyak anak kecil dirumah dan mereka sering membawa makanan atau minuman, jika ingin aman dalam pearawatannya, pelapis sintetis lebih sesuai, apabila makanan atau minumannya tumpah sangat mudah untuk dibersihkan kembali.

5. Pastikan Bahan dalam Sofa

Setiap orangg memiliki selera yang berbeda-beda dan ini berpengaruh pada kenyamanan saat diduduki atau dibuat tidur. Pemilihan kualitas busa, dakron atau bulu pada sofa yang ingin dibeli juga harus diperhatikan. Perlu diketahui bahwa semakin tinggi kualitas akan semakin mahal. Namun dengan begitu akan lebih memberikan kenyaman dan tahan lebih lama.

Tips:

Setidaknya tentukan dua pilihan sofa terbaik sesuai budget yang sudah ditentukan. Kemudian pilihlah dengan pertimbangan busa dan lapisan bawahnya yang lebih berkualitas dan tahan lama.

6. Furnitur Adalah Bagian Investasi

Saat ini sudah banyak vendor furnitur yang menawarkar garansi pada produknya. Memilih produk yang bergaransi akan memudahkan kamu jika ada kerusakan, seperti kerangka sofanya patah, fabricnya sobek dan lainnya. Nah, kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini.

Itulah beberapa tips memilih sofa secara sederhana yang harus kamu ketahui sebelum kamu membelinya. Segera miliki sofa idaman kamu.

Oh ya, ada rekomendasi menarik bagi siapa saja yang membutuhkan baja ringan Indonesia untuk membuat kanopi baja ringan, pagar tralis dan lain sebagainya silahkan kunjungi bajaringanindonesia.com!

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply