Ucapan Selamat Natal Hukumnya “Boleh” Menurut Ketua PBNU dan MUI

Ucapan Selamat Natal – Bolehkah seorang muslim memberi ucapan selamat hari natal kepada umat kristiani?

Sampai sekarang ini memang untuk masalah hukum Ucapan Selamat Natal selalu membuat kontroversi dan perdebatan banyak orang, yang mana sebagian mengatakan boleh mengucapkan selamat natal dan banyak lagi yang mengharamkan ucapkan selamat natal.

Hukum Ucapan Selamat Natal Menurut Ketua PBNU dan MUI

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama

konfrontasi.com

Menurut KH Said Aqil Siradj, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), hal tersebut sah-sah saja. Beliau beranggapan Hari Natal merupakan hari untuk memperingati Nabi Isa menurut agama Islam dan Isa Almasih adalah nabi besar.

“Mengucapkan selamat Natal boleh. Tapi yang kita ucapkan itu atas kelahiran nabi Rasullah Isa Almasih,” ucap KH Said Aqil Siradj usai Beliau menghadiri acara Haul ke-7 Gus Dur di Jalan Warung Sila, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (23/12/2016).

Hal senada juga disampaikan oleh dan MUI (Majelis Ulama Indonesia) terkait “Ucapan Selamat Natal”, asal Hanya Untuk Nabi Isa saja.

Seperti diketahui sebelumnya bahwa pihak MUI belum lama ini mengeluarkan sebuah fatwa apabila bagi muslim hukumnya haram mengenakan atribut non muslim terutama Natal.

Ketua Umum Majlis Ulama Indonesia

terbitsport.com

Namun dari apa yang diungkapkan oleh Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin, menegaskan jika untuk ucapan Natal kepada umat Nasrani memang belum ada pembahasan khusus, hanya terkait penggunaan pada masalah atribut semata.

“Jika masih ada perbedaan, maka saya tidak akan melakukan hal tersebut, kecuali untuk masalah tahun baru itu masih diperbolehkan,” tandas KH Ma’ruf Amin.

Akan tetapi, hukum untuk merayakan Natal bagi seorang muslim telah ada fatwa sendiri yakni hukumnya haram. karena sifatnya ritual atau yang dikerjakan sehingga sangat haram berbeda dengan ucapan.

Hal ini berbeda jika dilakukan oleh pemimpin karena ingin berlaku adil seperti yang dilakukan oleh Presiden RI juga para pejabat maka hal tersebut masih diperbolehkan.

Namun, sebaiknya bagi Umat Muslim jangan mengucapkan selamat Natal kepada umat lain karena masih banyak perdebatan kecuali apabila untuk Nabi Isa AS karena masih menjadi nabi Allah SWT, maka diperbolehkan.

Leave a Reply