bahan polyester

Bahan Polyester: 6 Fakta Menarik Mengapa Banyak Orang Menjualnya

Tentu Anda sudah sangat sering mendengar tentang bahan polyester. Ya, bahan ini seolah ada di mana-mana dan bisa didapatkan dengan mudah. Yang tidak banyak orang sadari adalah bahan ini sebenarnya ada hampir di seluruh barang berkain di sekitar.

Bahan polyester bisa dipakai untuk membuat apa saja, mulai dari baju, celana, rok, selimut, sofa, bahkan tirai jendela sekalipun. Polyester bukanlah merupakan bahan yang diproduksi secara alamiah. Lalu, dengan cara apa?

Proses dan Makna Polyester

Bahan Polyester

Polyester dibuat melalui proses kimiawi yang dilakukan oleh manusia. Polyester sendiri berasal dari dua kata, yakni polimer yang berarti plastik dan ester yang berarti campuran antara asam karboksilat, alkohol, serta minyak bumi.

Karena bisa dibuat dengan proses kimiawi, kain polyester ini sangat mudah untuk diproduksi dan tentu saja hal ini memengaruhi harganya. Harga polyester sangatlah terjangkau dan bahannya pun tidak langka alias mudah ditemukan.

Jenis-Jenis Polyester

Kain Polyester

contrado.co.uk

Seperti bahan jersey, ada beberapa tipe polyester yang beredar di pasaran.

PET

Tipe PET atau polietilena tereftalat merupakan polyester yang paling banyak digunakan sebagai bahan utama pakaian, bahan dasar botol air, bahan dasar minuman bersoda, serta botol-botol plastik lainnya.

Supaya PET bisa menjadi kain, ia harus divakum dalam ruangan hampa yang bersuhu tinggi. Proses ini cukup rumit dan hanya bisa dilakukan oleh pabrik-pabrik besar.

PCDT

PCDT (poly-1,4-cyclohexylene-dimethylene). Bahan yang satu ini memiliki struktur yang lebih elastis apabila dibandingkan dengan PET. PCDT sering digunakan sebagai bahan dasar untuk taplak, tirai jendela, atau untuk karpet tipis.

Filamen

Benang filamen dapat diproses menjadi kain polyester yang unik. Kain polyester dengan bahan filamen ini adalah kain yang seolah terlihat seperti berasal dari bahan yang alami, sehingga terasa lembut.

Kelebihan Polyester

Kelebihan Bahan Polyester

Ada beberapa kelebihan kain polyester bila dibandingkan dengan kain lainnya, seperti bahan crepe, misalnya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari kain polyester yang bisa menguntungkan Anda.

  • Terjangkau dan mudah ditemukan. Lantaran terbuat dari bahan kimia, beragam pabrik bisa memproduksi kain ini dengan mudah. Jadi, keberadaan kain ini jelas tidak langka dan bisa ditemukan di mana saja, sama seperti bahan polycotton.
  • Tahan lama. Bahan kimia sebagai material-material dasar pembuat polyester menjadikan bahan yang satu ini lebih tahan lama dan awet apabila dibandingkan dengan kain-kain lain yang murni terbuat dari kapas. Jadi, meskipun Anda mencucinya berkali-kali dan menggunakannya dalam jangka waktu lama, baju dengan bahan dasar polyester tidak akan mudah rusak.
  • Tidak gampang berkerut. Kelebihan lain dari kain polyester adalah tidak mudah berkerut dan juga tidak mudah kusut seperti bahan crepe. Jadi, Anda tak perlu ragu atau bingung saat akan menyimpan kain ini di dalam lemari. Proses penyetrikaan kain ini pun juga mudah. Dengan menggunakan suhu sedang, maka kain polyester pun bisa menjadi halus dalam waktu yang cepat.
  • Cepat kering. Anda tidak perlu menunggu kain polyester kering dalam waktu lama. Pasalnya, kain yang satu ini amat cepat kering dan cenderung tahan air. Maka dari itu, selain bahan spandek, bahan baju renang pun juga menggunakan polyester.

Kekurangan Polyester

Kekurangan Bahan Polyester

Polyester juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan polyester antara lain sebagai berikut.

  • Mudah terbakar. Lantaran bahan-bahan dasar dari polyester adalah plastik, maka sudah tentu kain ini akan mudah sekali tersulut api. Maka dari itu, baju-baju berbahan polyester sebaiknya dijauhkan dari api dan bahan-bahan lain yang mudah terbakar.
  • Panas. Polyester adalah bahan yang mudah yang panas dan juga tidak memiliki sirkulasi udara yang bagus. Pori-porinya kecil dan juga tidak menyerap keringat.

Jadi, ketika menggunakan pakaian yang berbahan dasar polyester, Anda akan merasa lebih panas. Baju berbahan polyester memang sebaiknya dikenakan di ruangan yang tidak pengap.

Perawatan Baju Polyester

Secara umum, polyester tidak membutuhkan perawatan rumit. Maklum, karena dibuat melalui proses kimia, polyester bukanlah bahan yang mudah rusak dan juga usang. Proses perawatan baju polyester adalah sebagai berikut.

  • Pertama, cuci busana, baik secara manual maupun dengan mesin. Keduanya sama-sama tidak akan merusak polyester.
  • Kedua, gunakan detergen standar yang bisa Anda temukan di supermarket terdekat. Kain polyester tidak rentan terhadap jenis detergen tertentu dan mudah untuk beradaptasi.
  • Yang ketiga, gunakan panas sedang saat menyetrika baju polyester. Ya, baju polyester mudah terbakar sehingga sebaiknya tidak menggunakan suhu tinggi di mesin setrika.
  • Dan yang terakhir, lipatlah polyester dengan cara biasa, bahan ini tidak mudah kusut. Meski begitu, jangan menyimpannya dengan asal-asalan, karena hal ini berpotensi membuat polyester lebih mudah rusak dan rapuh.

Bisnis dengan Polyester

Bisnis Dengan Kain Polyester

Kalimat “you gotta have style” dari Diana Vreeland nampaknya mampu menggambarkan fleksibilitas dari polyester.

Ada banyak bisnis yang bisa Anda lakukan dengan kain polyester. Misalnya, bisnis baju kasual, bisnis seragam reuni, bisnis goodybag, bisnis tas tote bag murah, atau bisnis kardigan.

Polyester adalah bahan yang sangat mudah dijadikan apa saja. Lagipula, kain ini harganya murah. Jadi, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda saat berbisnis pakaian dan aksesori yang berbahan dasar polyester.

Selain itu, amat mudah mencetak berbagai macam desain dan warna di atas baju dengan bahan dasar polyester.

Dilihat dari segi ekonomi, polyester akan membawa keuntungan banyak. Pasalnya, bahan ini mudah diolah dan harganya pun amat terjangkau. Maklum, polyester memang bukan barang langka dan harganya tidak akan pernah naik secara drastis.

Kini Anda sudah tahu kelebihan, kekurangan, dan serba-serbi lain terkait bahan polyester. Nah, bila tertarik, Anda bisa mencari bahan ini di toko kain terdekat.

Leave a Reply