5 Musisi Jazz yang Melegenda

penyanyi jazz terbaik

pixabay.com

Penyanyi Jazz Terbaik – Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal Abad ke 20 dengan hasil perpaduan dari musik Eropa dan Afrika. Musik Jazz banyak menggunakan alat musik modern untuk memainkannya, seperti terompet, saksofon, trombon dan piano.

Musik Jazz juga dikenal sebagai genre ‘kelas atas’ karena terlihat ekslusif. Untuk itu agar kita nggak kalah keren alangkah baiknya jika mengetahui musisi legendanya. Mari kita mulai!

Louis Armstrong (1901-1971)

penyanyi jazz terbaik

wrti.org

Louis Armstrong mulai memimpin bandnya sendiri setelah tahun 1925. Lagu-lagunya yang menjadi hits antara lain Cornet Chop Suey, Big Butter and Egg Man, Potato Head Blues, West and Blues, What a Wonderful Word dan Weather Bird. Lagu-lagu tersebut merupakan legenda dan seolah abadi terutama dalam sejarak musik Jazz.

Pada tahun 1930an Louis Armstrong melakukan tour keliling eropa dan meniti karir dalam dunia perfilman. Ia adalah orang kulit hitam pertama yang masuk dalam film Amerika. Beberapa film yang dibintanginya adalah Pennies from Heaven (1936), Cabin In the Sky (1943) dan New Oseans (1947).

Louis Armstrong semakin terkenal karena kepiawaiannya Scat Singing (nyanyian improvisasi dengan suara tanpa kata) dalam lagu Heebie Jeebies (1926). Dengan lagu semacam itu membuat Louis Amstrong terdaftar dalam suara yang paling terkenal di abad 20.

Rekaman lagu Hello Dolly nya pada tahun 1964 berhasil menggeser lagu I Want to Hold Your Hand milik The Beatles yang menjadikannya nomor satu dalam majalah Billboard Massanger. Di tahun yang sama Louis Armstrong mendapat penghargaan Grammy Award untuk lagu Hello Dolly.

Profesinya sebagai seniman yang dikenal secara luas dan kepribadiannya membuat Louis Armstrong diterima secara sosial dikalangan masyarakat Amerika yang kala itu sangat menganggap rendah orang kulit hitam.

Baca Juga  Biografi Soichiro Honda, Sang Legenda Jepang

Miles Davis (1926-1991)

penyanyi jazz terbaik

posmotr.im

Miles Davis seorang pemain terompet, pemimpin band dan komponis. Ia selalu menjadi penggagas setiap perubahan besar yang terjadi pada musik Jazz setelah perang dunia ke dua.

Album milik Miles Davis yang berjudul Kind of Blue yang dirilis pada 1959 silam seringkali dikatakan sebagai karya terbaiknya.

John Coltrane (1926-1967)

penyanyi jazz terbaik

www.bbc.co.uk

John William Coltren lahir pada 23 September 1926 di Halmet, Carolina Utara. Ia adalah salah seorang pemain saksofon dan komposer yang memberikan andil besar dalam perkembangan musik Jazz modern hingga menjadi salah satu genre musik ‘kelas atas’.

Pada tahun 1945, john Coltrane terdaftar sebagai wajib militer. Masa setahun bertugas merupakan moment perkenalannya dengan musik Jazz, karena ia sering memanfaatkan waktu bergabung dan bermain bersama kelompok jazz dalam kamp militer.

(Baca Juga: 36 Alat Tradisional yang Populer dan Unik)

Setelah memenuhi tugas Negara, John Coltrane memutuskan untuk belajar musik Jazz pada gitaris dan komposer ternama asal Philadelphia, Dennis Sandole. Masa sekolah dengan Dennis Sandole merupakan pengalaman sangat berharga baginya.

Pada 1961 ia menandatangani kontrak dengan perusahaan rekaman Atlantic, di bawah naungan lebel Impulse Records. John Coltrane terus melakukan eksplorasi musik dan menaungkan semua kemampuannya dalam komposisi jazz gubahannya sendiri. Tour internasionalnya dimulai dari Perancis, disana ia mendapatkan sambutan hangat dan mengesankan.

Namun, setahun kemudian John Coltrane memutuskan keluar dari perusahaan rekamannya dan membentuk grup Classic Quartet. Salah satu lagunya yang melegenda adalah My Favorite Things.

Frank Sinatra (1915-1998)

penyanyi jazz terbaik

www.penmai.com

Francis Albert Sinatra lahir di Hoboken, New Jersey, Amerika Serikat pada 12 Desember 1915. Ia adalah penyanyi Jazz yang terkenal Amerika dan seorang actor pemenang Oscar. Namanya menjadi salah satu legenda di dunia hiburan abad 20.

Ia meniti karier musiknya di era musik Jazz Swing bersama Harry dan Tommy Dorsey. Frank Sinatra menjadi penyanyi yang sukses pada tahun 1940 dan menjadi idola anak muda kala itu.

Di bawah perusahaan rekaman Capital Records, Album Frank Sinatra menuai banyak pujian para kritikus musik, seperti In the Wee Small Hours, Songs Swingin, Come Fly with Me dan Only the Lonely.

Setelah sukses bersama Capitol Record, Frank Sinatra mendirikan perusahaan rekaman sendiri, yaitu Reprise Records yang juga sukses melahirkan album-albumnya, diantaranya adalah Ring a Ding Ding, Sinatra at the Sands dan Francis Albert Sinatra & Antonio Carlos Jobim.

Setelah memutuskan pensiun sejenak pada tahun 1971. Dua tahun kemudian ia kembali merekam beberapa album dan melahirkan lagu hits yaitu New York, New York. Ia kembali mengadakan tour dan menyanyikan lagu-lagunya hingga beberapa tahun kemudian ia meninggal tahun 1998.

Duke Ellington (1899-1974)

penyanyi jazz terbaik

songbook1.wordpress.com

Edward Kennedy “Duke” Ellington pada 29 April 1899 di Washington D.C Amerika Serikat. Ia adalah pencipta lagu, pianis dan pemimpin band.

Duke Ellington mulai bermain musik Jazz di berbagai Café dan Club di sekitar Washington dan ia sangat menikmati pekerjaan ini sampai-sampai ia menolak beasiswa ke sekolah seni Pratt Institute in Brooklyn pada tahun 1916 dan keluar dari Armstrong Manual Training School.

Pada tahun 1920 Duke Ellington perfom di Broadway Nightclubs sebagai pemimpin band yang saat itu terdiri dari enam orang. Seiring berjalananya waktu band kecil ini menambah personilnya menjadi sepuluh orang.

(Baca Juga: Manfaat Musik Klasik Untuk Belajar)

Namanya mulai dikenal oleh masyarakat luas, di berbagai kesempatan Duke Ellington menjadi pemain terompet Cookie Williams, Cornetist Rex Steward dan terkadang juga ia menjadi pemain saksofon Johnny Hodges.

Ia membuat ratusan rekaman dengan bandnya, rekaman tersebut ditampilkan di berbagai film dan radio. Duke Ellington juga melakukan dua kali tour di Eropa pada tahun 1930an.

Ketenarannya meningkat tajam pada tahun 1940an ketika ia menulis masterpeace nya. Diantara karyanya itu adalah Concerto for Cootie, Cotton Tail dan Ko-Ko. Selain itu, beberapa lagunya yang hits adalah It Don’t Mean a Thing if It Ain’t Got That Swing, Sophisticated Lady, Prelude to a Kiss, Solitude dan Satin Doll.

Duke Ellington meraih 12 Grammy Award dari tahun 1959 sampai 2000 dan ia mendapatkan Sembilan ketika ia masih hidup.

Itulah beberapa legenda musisi Jazz yang akan memperkaya pengetahuanmu. Dengan mengetahui biografinya kita akan lebih menghargai karyanya.

Semoga Bermanfaat!

 

Leave a Reply