Resep dan Cara Membuat Resep Kue Pukis

Suka Ngemil? Yuk Coba 9 Resep Kue Basah Populer Ini

Resep Kue Basah – Siapa yang tidak suka ngemil? Semua orang pasti suka dengan camilan jika cacing-cacing di perut mulai mendendangkan lagu keroncong padahal jam makan belum tiba. Jika Anda termasuk yang suka ngemil snack instan, beralihlah ke camilan yang lebih sehat.

Menurut Wikipedia, kue basah bisa dijadikan alternatif camilan di waktu santai pagi dan sore hari, termasuk saat lapar di luar jam makan. Karena dalam tiap resep umumnya dibuat dari bahan alami dan tanpa pengawet, kue basah ini aman dikonsumsi jangka panjang.

Tekstur kue basah umumnya empuk, lembut, dan tidak bertahan lama (hanya bertahan beberapa hari karena tanpa pengawet). Biasanya terbuat dari tepung terigu, sagu, gula, santan atau ketan.

Resep kue basah yang akan kita bahas di sini ada sembilan. Apa sajakah itu? Ada resep kue bolu, kue cubit, kue lapis, kue lumpur, kue kukus, kue pukis, kue donat, kue putu ayu, dan kue cucur. Cukup banyak untuk menambah daftar resep camilan di buku Anda, bukan?

Resep Kue Bolu

Resep dan Cara Membuat Resep Kue Bolu

Resep pertama yang akan kita bahas merupakan jenis kue basah yang sudah lama populer di Indonesia. Yap, kue bolu. Siapa yang tidak suka bolu? Kue padat mengenyangkan ini sering menjadi alternatif penjajal perut yang kelaparan.

Jika dulu kue bolu ini identik dengan bolu ulang tahun atau lainnya dengan hiasan rumit, maka kini tidak lagi. Ada banyak variasi bentuk dan resep kue bolu dalam kemasan kecil yang bisa habis dalam beberapa kali suapan.

Bentuknya juga tidak hanya bulat padat atau lonjong, seperti resep kue basah yang akan kita bahas kali ini, yaitu kue bolu gulung coklat. Ayo catat atau langsung eksekusi saja di rumah.

Bahan kue:

  • 12 kuning telur
  • 1 putih telur
  • 100 g gula pasir
  • 50 g tepung terigu
  • 10 g tepung maizena
  • 25 g coklat bubuk
  • 125 g mentega, kocok
  • ¼ sdt vanili bubuk

Bahan vla:

  • 175 ml susu cair
  • 50 g gula pasir
  • 2 sdm maizena, larutkan dengan air
  • 1 butit telur, ambil kuningnya lalu kocok
  • 5 potong peach kalengan (dari 1 kaleng), potong dadu kecil

Bahan saus: 200 gram raspberry segar, 150 gram gula pasir, dan 100 ml air

Cara membuat Kue Bolu:

  1. Langkah pertama siapkan loyang ukuran 38x26x3 cm, olesi dengan mentega/margarin dan tepung kemudian alasi dengan kertas roti. Panaskan oven pada suhu 1800C dan aktifkan api atas.
  2. Buat kue: Kocok telur dan gula hingga kental dan putih. Campur tepung terigu dan tepung maizena lalu ayak. Masukkan campuran tersebut bersama coklat secara bertahap ke dalam campuran telur-gula, aduk rata.
  3. Tambahkan mentega sambal kocok sedikit demi sedikit, disusul vanili, aduk lagi. Tuang adonan ke dalam loyang lalu ratakan. Selanjutnya masukkan loyang ke dalam oven, panggang selama 15 menit hingga matang.
  4. Setelah matang, keluarkan loyang dari oven. Balik loyang untuk mengeluarkan kue di atas kertas roti yang sudah ditaburi gula bubuk. Gulung bersama kertas yang masih menempel hingga membentuk gulungan. Biarkan hingga dingin.
  5. Buat vla: Pertama, rebus susu dan gula hingga mendidih. Campur dan aduk rata larutan maizena. Ambil 50 mL rebusan susu yang sudah dingin lalu masukkan ke dalam larutan tepung maizena, aduk rata.
  6. Tuang kembali campuran susu dan maizena ke dalam rebusan susu, aduk, dan rebus sampai vla mengental. Tambahkan peach, aduk rata, angkat, lalu dinginkan.
  7. Buat saus: Masukkan raspberry dan gula pasir ke dalam panci, aduk hingga raspberry agak hancur dan gula larut. Masak hingga mengental lalu tambahkan air. Aduk sebentar hingga mendidih, angkat.
  8. Buka gulungan kue, oleskan vla di permukaannya dan ratakan. Gulung kue smbil ditekan dan buang kertas alasnya. Bungkus dengan kertas baru lalu biarkan agar gulungan menguat. Setelah itu buka kertas, potong-potong, dan sajikan dengan saus.

Resep rahasia dari kelenturan bolu terletak pada penggunaan kuning telur, terutama telur segar dan berwarna agak oranye. Kocokannya juga harus benar-benar kuat sebelum dicampur dengan bahan lainnya. Dijamin bolu gulung coklat Anda semakin menggugah selera.

Resep Kue Cubit

Resep dan Cara Membuat Resep Kue Cubit

Kue cubit merupakan kue basah yang semakin populer akhir-akhir ini. Jika dulu hanya bermain dengan warna coklat, kini sudah lebih banyak tampilan warna yang bisa dikreasikan. Rasanya juga mulai lebih modern, seperti red velvet, teh hijau, hingga rainbow chocolate.

Hal yang menarik dari resep kue cubit ini yaitu ukurannya yang memang dibuat bite size, yakni bisa dimakan dengan satu kali suapan. Nah untuk kali ini, kita akan membahas resep yang masih umum saja. Catat bahan-bahan dan cara membuat kue basah imut ini ya.

Bahan-bahan:

  • 50 gram tepung terigu, ayak
  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram margarin, cair
  • 1 sdt baking powder
  • 2 gram ragi
  • 100 gram telur

Bahan topping: coklat keping, cokelat batangan (potong), dan biskuit hitam (hancurkan)

Cara membuat Kue Cubit:

  1. Langkah pertama siapkan wadah untuk mencampur semua bahan lalu aduk perlahan dengan sendok kayu atau spatula kecil. Aduk terus sampai tercampur rata.
  2. Tutup wadah dan diamkan 15 menit agar adonan mengembang.
  3. Olesi cetakan kue cubit dengan minyak atau mentega, lalu panaskan. Tuang adonan kue cubit ke dalam cetakan lalu tutup dan tunggu 3 menit.
  4. Setelah 3 menit, tambahkan topping sesuai selera lalu tutup kembali cetakannya.
  5. Tunggu sampai masak dan tingkat kematangannya dapat disesuaikan dengan selera Anda. Jika ingin matang sempurna, masak selama 10 menit dengan api sedang.

Tampilan mini kue basah yang menjadi salah satu camilan populer ini dijamin membuat anak tertarik dan menghabiskannya dalam sekejap. Anda bisa menghidangkannya di waktu santai sambil menonton TV atau bercengkrama di teras rumah.

Resep Kue Lapis

Resep dan Cara Membuat Resep Kue Lapis

Camilan populer tradisional ini merupakan jenis kue basah bertekstur unik, yakni kenyal dan sedikit lengket. Tak hanya orang tua, anak-anak pun menyukainya. Apalagi jika resep kue lapis yang digunakan dapat dikreasikan dengan berbagai macam warna di setiap lapis pembuatannya.

Orang tua Anda mungkin sering memakannya dengan ditemani wedang bandrek atau bajigur hangat. Kue lapis ada yang dibuat dari tepung sagu, tepung beras, atau kedua-duanya. Simak resep kue basah yang berlapis-lapis ini dengan tepung beras sebagai bahan utamanya.

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung beras
  • 100 gram kanji
  • 200 gram gula pasir
  • 750 mL santan
  • 1/2 sdt garam
  • Pasta pandan dan moka sebagai perasa
  • 2 sachet krimer vanila secukupnya
  • Pewarna hijau tua dan coklat

Cara membuat Kue Lapis:

  1. Rebus air santan, gula, dan garam dalam panci bersih. Aduk-aduk sampai mendidih.
  2. Masukkan tepung beras dan tepung kanji ke dalam wadah, campurkan rata. Tambahkan air santan dan gula yang sudah matang sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung lalu aduk rata sampai tidak ada gelembung atau gumpalan tepung.
  3. Bagi adonan menjadi 3 bagian, yaitu masing-masing diberi warna putih, hijau, dan coklat; beri juga perasa coklat dan moka. Khusus warna putih, tambahkan krimer vanila. Siapkan loyang dan dandang untuk mengukusnya, lalu panaskan.
  4. Setelah panas, masukkan adonan selapis demi selapis. Caranya, untuk lapisan pertama pilih warna putih dulu lalu kukus, lalu warna coklat dan kukus lagi, setelah itu warna hijau dan kukus lagi. Lakukan terus sampai adonannya habis. Tunggu matang.
  5. Setelah matang, dinginkan selama 3 jam baru kemudian potong-potong. Kue lapis pun siap disajikan.

Jangan lupa untuk mengolesi loyang dengan minyak dan kertas roti. Usahakan untuk menggunakan pewarna yang aman untuk makanan. Atau jika memiliki tanamannya di rumah, Anda bisa menggunakan pewarna alami daun pandan atau suji untuk pewarna hijau.

Resep Kue Lumpur

Resep dan Cara Membuat Resep Kue Lumpur

Meski tergolong pendatang baru karena merupakan inovasi dari jajanan luar negeri, kue ini langsung mendapat perhatian banyak orang karena rasanya yang mantap.

Kita bisa menikmati sensasi biskuit renyah di bagian terluar kue dan adonan lembut lumpur seperti kue sus di bagian tengahnya. Resep dan cara pembuatannya kini telah meng-Indonesia dan menjadi salah satu camilan tradisional yang cukup populer.

Resep kue lumpur yang akan kita bahas kali ini menggunakan bahan dasar kentang, tepung terigu, santan, dan telur. Berikut ini resep kue basah lumpur yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 200 gram kentang
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram margarin
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur ayam
  • 150 ml santan
  • 100 ml air
  • Vanili secukupnya
  • Chocochips secukupnya
  • Pisang secukupnya
  • Kismis secukupnya

Cara membuat Kue Lumpur:

  1. Buat adonan pertama: Kukus kentang terlebih dahulu lalu haluskan. Rebus santan dan air hingga mendidih, kemudian dinginkan. Setelah dingin, campur kentang kukus halus tadi dengan santan lalu blender hingga benar-benar lembut.
  2. Buat adonan kedua: Campurkan gula dan telur, kemudian kocok sebentar hingga berwarna putih tapi jangan sampai berbusa dan mengembang. Setelah itu, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit, lalu vanili dan margarin. Kocok lagi lalu sisihkan.
  3. Campurkan adonan pertama dan kedua, lalu aduk dan kocok hingga benar-benar tercampur rata. Adonan sudah siap dicetak.
  4. Selanjutnya panggang adonan dengan api kecil lalu tutup agar matangnya merata. Beri chocochips, pisang, kismis atau lainnya sebagai topping.
  5. Setelah matang, angkat lalu sajikan bersama keluarga.

Resep kue basah ini tergolong cepat dan mudah apalagi jika proses pembuatannya dibantu blender/mixer. Namun jika Anda kurang menyukai atau tidak memiliki peralatan ini, secara manual pun bisa. Bahkan hasilnya justru akan lebih mantap karena citarasa yang terjaga.

Resep Kue Kukus

Resep dan Cara Membuat Resep Kue Kukus

Kue basah berikutnya yaitu resep kue kukus yang tentunya banyak di sukai anak-anak karena warnanya yang memikat. Penampilannya mirip kue lapis dalam bentuk bolu. Sedangkan teksturnya lembut dan cukup mengenyangkan untuk camilan siang Anda.

Selain dari segi warna, anak-anak dan keluarga pasti akan makin suka jika kita bisa mempraktikkan resep kue basah kukus dengan citarasa yang mampu menggugah selera sejak gigitan pertama. Dijamin mereka akan sering-sering minta dibuatkan.

Karena disebut kue kukus, maka kue yang diberi nama asing rainbow cake ini tak perlu oven untuk proses memasaknya. Kita cukup menggunakan panci atau jika ingin lebih praktis, bisa menggunakan penanak nasi listrik.

Bagi Anda yang ingin mencobanya, langsung simak bahan-bahan dan cara membuat yang terdapat dalam resep kue basah kukus ini. Jangan lupa catat dan segera eksekusi agar tak hilang dari memori.

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung kanji
  • 2 butir kelapa, buat 1 liter santan
  • 5 lbr daun jeruk purut
  • 3 lbr daun pandan
  • 1 sdt garam
  • 500 gram gula pasir
  • Pewarna makanan hijau muda, biru muda, dan kuning

Cara membuat Kue Kukus:

  1. Langkah pertama, rebus terlebih dahulu santan dengan daun jeruk purut, daun pandan, gula pasir, dan garam dengan api kecil sambil terus diaduk hingga adonan mendidih. Kemudian saring.
  2. Siapkan wadah untuk tepung lalu tambahkan santan hangat sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tidak mengumpal. Setelah adonan menjadi licin, bagi menjadi 4 bagian lalu tambahkan pewarna makanan yang berbeda pada tiap adonan.
  3. Kukus tiap adonan berbeda warna tadi pada loyang yang berbeda selama 5 menit. Setelah matang, angkat.
  4. Tumpuk keempatnya menjadi satu lalu kukus kembali selama 30 menit hingga matang.
  5. Kue pelangi kukus pun siap disajikan.

Seperti halnya kue lapis, gunakan pewarna alami dalam proses pembuatan kue pelangi ini. namun jika sulit menemukan daun suji/pandan (untuk warna hijau) dan kunyit (warna kuning), maka bisa menggunakan pewarna yang aman untuk makanan.

Resep Kue Pukis

Resep dan Cara Membuat Resep Kue Pukis

Kue ini termasuk jajanan yang mengikuti perkembangan zaman seperti martabak. Ya, kita bisa menemuinya dalam berbagai menu varian rasa. Jika dulu kita hanya tahu racikan santan dan ragi kue dalam pembuatan pukis secara umum, maka kini resep kue pukis lebih bervariasi.

Ada pukis rasa keju, coklat, coklat kacang, pandan, pisang, stroberi, nanas, dan rasa buah-buahan lainnya. Selain itu, topping-nya juga jug bisa dikreasikan dengan bahan yang dibuat dalam adonannya, yaitu keju, coklat, atau kismis.

Camilan tradisional populer yang berasal dari Banyumas ini dapat kita buat dengan mudah di rumah. Jika Anda bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja, tak ada salahnya mencoba resep kue basah untuk disajikan sebagai jajanan atau sarapan keluarga. Berikut ini resepnya.

Bahan-bahan:

  • 180 gram tepung terigu
  • 2 butir telur ayam utuh
  • 1 kuning telur
  • 200 ml santan
  • 60 ml air hangat
  • 1/2 sdm ragi kue/fermipan
  • 1/4 sdt garam
  • 120 gram gula pasir
  • 100 gram keju cheddar
  • 100 gram meises coklat

Cara membuat Kue Pukis:

  1. Potong-potong/parut kasar keju cheddar sebagai bahan topping. Campurkan ragi kue/fermipan dengan air hangat. Aduk sampai larut dan sisihkan.
  2. Rebus santan sambil terus diaduk hingga mendidih. Jaga dan pastikan santan tidak pecah. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan menghangat.
  3. Selanjutnya campur telur, gula pasir, dan garam lalu kocok menggunakan mixer berkecepatan sedang sampai mengembang dan gula melarut. Sambil terus dikocok, masukkan tepung terigu perlahan-lahan sampai tercampur rata.
  4. Masukkan ragi tadi ke dalam adonan lalu masukkan santan hangat, aduk lagi sampai semua tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Diamkan sekitar 15-25 menit.
  5. Persiapkan cetakan kue pukis atau loyang di atas kompor dengan api kecil. Hindari api besar untuk menghindari kue gosong atau matang tidak merata.
  6. Oles cetakan kue pukis dengan margarin. Tuang adonan yang sudah siap ke cetakan sampai hampir penuh. Tutup sebentar. Setelah beberapa menit, buka loyang lalu beri taburan keju/meises/topping lain di atasnya. Tutup kembali sampai matang.
  7. Jika kue sudah matang, angkat dari cetakan, dan kue pukis siap sajikan.

Cukup mudah dan praktis bukan cara membuat kue pukis ini? Pilihan rasanya tidak akan membuat siapapun bosan untuk menikmatinya. Anda bisa mengkreasikan dengan rasa-rasa baru lainnya sesuai selera Anda dan keluarga tentunya.

Resep Kue Donat

Resep dan Cara Membuat Resep Kue Donat

Sering nonton Doraemon? Pasti kenal dong dengan kue kesukaannya. Yap, dorayaki. Nah, kali ini resep kue donat yang akan dibagikan agak antimainstream, alias tanpa lubang di bagian tengahnya. Jadi lebih mirip dorayaki yang memang padat berisi kacang hijau tumbuk.

Jika donat umumnya tanpa isi karena ada lubang di tengahnya, maka kue isi selai ini kita isi bagian tengahnya dengan selai/coklat. Bagi Anda yang sudah tidak sabar, yuk intip resep yang memuat bahan serta cara membuat donat isi dalam resep kue basah berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sdm ragi instan
  • 2 sdm margarin
  • 100 gram selai buah/coklat sesuai selera
  • 50 ml air
  • Gula halus secukupnya untuk taburan

Cara membuat Kue Donat:

  1. Campur rata tepung terigu dan ragi instan. Kemudian tambahkan gula pasir, telur, margarin dan air, aduk lagi hingga rata.
  2. Uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Tutup adonan dengan kain bersih lalu diamkan selama 1 jam. Tunggu hingga adonan mengembang dua kali ukuran semula. Kemudian kempeskan lagi setelah adonan mengembang dengan menekannya menggunakan spatula atau genggaman tangan.
  4. Ambil adonan sekitar 10 gram, bentuk bulat lalu pipihkan. Isi bagian tengahnya dengan selai/meisis coklat, kemudian bulatkan kembali hingga bagian isi tertutup. Lakukan sampai adonan habis. Kemudian diamkan adonan selama 15-20 menit.
  5. Goreng adonan donat dalam minyak panas dengan api sedang. Setelah donat berwarna kuning kecokelatan, angkat lalu tiriskan.
  6. Letakkan donat yang sudah dingin pada piring saji lalu beri taburan gula halus dengan bantuan ayakan tepung agar merata.
  7. Donat isi selai siap dihidangkan.

Cara pembuatan dalam resep kue basah jenis donat isi ini tidak jauh berbeda dengan donat berlubang. Jika ingin membuat tampilan yang lebih menarik, kita tetap bisa menaburi bagian luarnya dengan gula putih halus seperti pada donat berlubang.

Resep Kue Putu Ayu

Resep dan Cara Membuat Resep Kue Putu Ayu

Anda pasti sering dengar dan makan kue ini dong. Tak perlu jauh-jauh ke pasar, kita bisa menikmatinya dari penjual kue keliling bersepeda yang gerobaknya dipasang di depan. Kita juga bisa menemukannya di warung yang menjual sayuran dan makanan tradisional lainnya.

Namun bagi Anda yang ingin memperoleh kemudahan lagi untuk bernostalgia dengan camilan tradisional yang cukup populer ini, resep kue basah ini bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah. Yuk, catat bahan dan cara pembuatannya atau langsung saja kita eksekusi.

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 250 ml santan
  • 4 butir telur
  • 1 sdm pasta pandan
  • 1 sdt garam
  • 1/2 buah kelapa

Cara membuat Kue Putu Ayu:

  1. Siapkan wadah berukuran medium (mangkuk mixer), lalu masukkan telur dan gula ke dalamnya. Kocok menggunakan mixer hingga mengembang dan berubah putih.
  2. Matikan mixer lalu masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk.
  3. Tambahkan santan dan pasta pandan, kemudian aduk kembali hingga adonan tercampur rata.
  4. Siapkan cetakan yang telah diolesi minyak. Masukkan kelapa parut kukus sambil ditekan, kemudian taburi garam di dasar cetakan.
  5. Tuang adonan ke dalam cetakan. Perhatikan tahapan dan posisinya, yakni kelapa parut kukus di bawah, karena setelah matang dan dibalik, posisi kelapa di atas.
  6. Siapkan panci kukus yang telah dipanaskan lalu masukkan adonan kuenya. Tutup rapat, lalu kukus selama kurang lebih 15 menit.
  7. Jika sudah matang, angkat, keluarkan dari cetakan. Kue putu ayu siap disajikan.

Jika komposisi bahan dan cara pembuatannya sudah mengikuti resep dengan benar, putu ayu ini tak kalah enak dengan bolu kukus. Apalagi ada perpaduan sensasi manis dari bagian utama kue dan asin dari kelapa parut di bagian topping-nya.

Sayangnya, keberadaan kelapa sebagai salah satu bahan utama sering membuat kue ini tidak tahan lama.

Jika Anda membuat terlalu banyak dan kue masih bersisa, hindari menyimpannya terlalu lama meski di kulkas. Kita bisa membaginya dengan tetangga dan berbagi resep kue basah atau kuliner lainnya dengan mereka. Mengasyikkan bukan?

Resep Kue Cucur

Resep dan Cara Membuat Resep Kue Cucur

Jika kita ke pasar tradisional, pasti bisa menemukan penjual kue ini. Penampilannya seperti serabi, namun berwarna merah dengan bagian bawah lebih lunak daripada serabi yang dibakar di atas arang kayu/api kompor.

Ciri khas dari cucur ini yaitu pada rasa manis gula merahnya serta tekstur dalam kue yang mirip bika ambon dan serabi. Jika kita pernah memakannya tapi tidak pernah tahu resep atau cara membuatnya, ada baiknya kita mencoba resep kue basah cucur berikut ini di rumah.

Bahan-bahan:

  • 100 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram gula jawa
  • 50 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm kayu manis

Cara membuat Kue Cucur:

  1. Langkah pertama siapkan mangkuk berukuran agak besar, masukkan tepung terigu, tepung beras, dan garam ke dalamnya, kemudian aduk hingga rata.
  2. Selanjutnya, rebus gula jawa dan gula pasir dengan 100 ml air hingga larut/mendidih. Diamkan hingga dingin lalu tambahkan 1 sdm kayu manis ke dalam adonan tepung.
  3. Campur larutan gula jawa dan gula pasir dengan adonan tepung, kemudian aduk selama 10 menit hingga tercampur rata. Setelah itu, diamkan selama 1-2 jam.
  4. Tuang adonan ke dalam wajan panas. Agar bagian tengahnya menggelembung, siram minyaknya ke tengah adonan selama digoreng. Setelah matang, angkat, dan tiriskan.
  5. Kue cucur pun sudah siap Anda nikmati bersama keluarga.

Jika Anda lupa membeli kayu manis di pasar dan sulit untuk memperolehnya di warung terdekat, maka tidak masalah untuk tidak menggunakannya. Hasilnya insya Allah akan sama-sama enak kok.

Nah, 9 resep kue basah yang menjadi camilan populer Indonesia telah kita bahas bersama. Tentunya Anda tidak sabar untuk mempraktikannya satu per satu di rumah bukan? Kita bisa menyajikannya sebagai camilan sehat saat santai bersama keluarga.

Acara memasak pun akan lebih mengasyikkan jika kita melakukannya di akhir pekan bersama dengan keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Leave a Reply