resep dan cara membuat Kue Cucur Manado

4 Resep Kue Cucur, Rahasia Kuliner Nusantara yang Legendaris

Resep Kue Cucur – Kuliner khas nusantara memang terpercaya dengan kualitas rasa dan tampilannya yang menarik. Banyak kuliner Indonesia yang tersohor dan bertahan hingga kini, tanpa tertelan zaman. Salah satu menu kuliner legendaris adalah kue cucur.

Resep kue cucur merupakan solusi bagi Anda yang ingin menikmati kue cucur setiap saat. kenikmatan merasakan kue buatan sendiri dapat diperoleh. Aneka jenis resep bisa diaplikasikan untuk mencicipi aneka jenis kue cucur.

Selain kue cucur, Anda harus mencoba setiap menu tradisional. Ada beragam kue basah lain yang bisa dinikmati. Aneka resep kue basah juga patut dijadikan sebagai panduan membuat kue lembut dan enak yang terasa di setiap gigitan.

Momen apapun bisa ditemani dengan jajanan tradisional Indonesia ini. Kini, produk kuliner ini lebih jarang ditemui. Inilah resep membuat salah satu kue legendaris yang bisa diaplikasikan agar Anda tetap bisa menikmati kue cucur buatan sendiri.

Resep Kue Cucur Gula Merah Berserat

resep dan cara membuat Kue Cucur Gula Merah Berserat

Kue tradisional khas nusantara ini punya rasa manis yang pas di lidah. Kue cucur memang ada 2 jenis, yaitu menggunakan gula merah dan gula pasir. Kue cucur gula merah adalah jenis yang paling terkenal. Inilah rahasia resep kue cucur gula merah yang bisa wajib dicoba.

Bahan-Bahan :

  • 250 gram tepung terigu/gandum
  • 250 gram tepung beras
  • 200 gram gula merah
  • 200 gram gula putih
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya
  • Kesumba kuning
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Berserat:

  1. Panaskan gula merah dengan sedikit air agar cepat mencair. Apabila gula merahnya kurang merah, berilah tambahan waktu untuk merebus gula merah agar tampak lebih hitam. Apabila sudah membentuk karamel, tambahkan air, kemudian dinginkan.
  2. Campurkan tepung gandum serta tepung beras. Saring gula merah yang sudah didinginkan tadi (untuk menghilangkan kotoran dari gula merah), kemudian tambahkan ke dalam campuran antara tepung beras dan tepung terigu.
  3. Selanjutnya, tambahkan air ke dalam adonan tepung dan gula merah tadi. Aduk rata. Tambahkan gula putih, kesumba secukupnya, serta garam. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam atau lebih, sampai tingkat kekentalan adonan seperti susu kental manis (agar menghasilkan kue cucur berserat)
  4. Panaskan wajan dan tambahkan minyak goreng secukupnya. Menurut resep, minyaknya tidak boleh terlalu banyak ataupun terlalu sedikit agar kematangan kue pas. Volume api juga harus pas. Jika api terlalu besar, kue menjadi sangat mengembang (buntal), sedangkan apabila api terlalu besar, kue akan menjadi sangat tipis.
  5. Setelah minyak cukup panas dan volume api sudah pas, gorenglah adonan kue cucur tersebut. Tunggu hingga benar-benar matang dan tiriskan. Sajikan dengan cara yang menarik.

(Baca Juga: Resep Kue Donat)

Resep Kue Cucur Gula Pasir

resep dan cara membuat Kue Cucur Gula Pasir

Kue cucur gula pasir bisa punya beragam warna. Anda bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam adonannya sesuai dengan selera untuk memberikan warna pada kue cucur. Berikut ini adalah resep kue cucur dari gula pasir.

Bahan-Bahan :

  • 150 gram tepung beras
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 300 ml air kelapa
  • ½ sdt garam
  • 2 lembar daun pandan ikat simpul
  • Pewarna makanan secukupnya (warna sesuai selera)

Cara Membuat Kue Cucur Gula Pasir:

  1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, dan garam
  2. Masaklah air beserta gula pasir dan daun pandan hingga mendidih. Biarkan agak dingin.
  3. Tuangkan larutan gula yang sudah agak dingin tadi ke dalam campuran tepung dan garam. Aduk sampai rata.
  4. Berilah pewarna makanan secukupnya dan aduk rata.
  5. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Ingat, ukuran minyak harus pas. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit. Tunggu sampai panasnya pas.
  6. Selanjutnya, gorenglah adonan. Perhatikan cara menggoreng yang benar agar terbentuk kue cucur yang berserat. Ambil adonan dengan sendok sayur dan tuang di tengah wajan (adonan harus terendam minyak). Nantinya, serat akan muncul dari tepi ke tengah. siram-siram bagian tengahnya dengan minyak, kemudian baliklah. Angkat, lalu tiriskan.

(Baca Juga: Resep Kue Bolu)

Resep Kue Cucur Manado

resep dan cara membuat Kue Cucur Manado

Pernahkah Anda mencicipi kue cucur Manado? Apa bedanya dengan kue cucur pada umumnya? Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang mencolok. Perbedaannya terletak pada penambahan kayu manis dalam bahan-bahannya. Berikut ini resep kue cucur versi lengkap.

Bahan-Bahan :

  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung beras
  • 100 gram gula merah
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm kayu manis
  • 100 ml air

Cara Membuat Kue Cucur Manado:

  1. Pertama, campurkan tepung terigu, tepung beras, dan garam.
  2. Rebuslah gula pasir dan gula jawa ke dalam 100 ml air. Tunggu sampai mendidih.
  3. Setelah gula jawa dan gula pasir larut ke dalam air rebusan, diamkan sampai agak dingin.
  4. Tambahkan kayu manis ke dalam campuran tepung dan garam.
  5. Setelah larutan gula agak dingin, tuanglah pada campuran tepung tadi dan aduk hingga rata, kurang lebih selama 10 menit.
  6. Diamkan adonan selama minimal 1 jam. Ini adalah tips agar adonan mempunyai tingkat kekentalan yang pas, sehingga tekstur kue cucur tidak keras ataupun tidak lembek.
  7. Gorenglah dengan minyak yang sudah panas. perhatikan volume apinya agar tetap dalam volume sedang. Teknik menggorengnya, ambil adonan dengan sendok sayur dan tuangkan ke bagian tengah wajan. Tunggu sampai seratnya muncul dari tepi ke tengah, sambil siram-siram bagian tengahnya dengan minyak agar bagian tengahnya menggelembung. Setelah beberapa lama, baliklah kuenya agar matangnya merata.
  8. Setelah matang seluruh bagiannya, angkat dan tiriskan. Sajikan dengan cara menarik. Anda bisa menggunakan daun pandan.

Resep Kue Cucur Berserat Pandan Wangi

resep dan cara membuat Kue Cucur Berserat Pandan Wangi

Kue cucur berserat adalah salah satu ciri kue cucur yang baik. anda dapat membuat kue cucur berserat pandan wangi yang manisnya pas dan aromanya harum. Berikut ini adalah resep cara membuat kue cucur pandan wangi berkualitas tersebut.

Bahan-Bahan :

  • 125 gram tepung beras
  • 30 gram tepung terigu
  • 125 gram gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • ¼ sdt garam
  • 1 gelas air matang

Cara Membuat Kue Cucur Berserat Pandan Wangi:

  1. Langkah pertama, campurkan gula, air, dan daun pandan. Masaklah sampai mendidih dan gula larut ke dalam air.
  2. Setelah matang, saringlah dan diamkan larutan gula sampai agak dingin.
  3. Campurkan tepung terigu dan tepung beras. Berilah garam secukupnya.
  4. Tambahkan larutan gula pada campuran tepung. Campurkan sampai rata dan mengental. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  5. Panaskan minyak goreng di wajan sampai panasnya pas. Usahakan volume minyak bisa pas, sehingga adonan bisa tercelup ke dalam genangan minyak. Pastikan apinya dalam kapasitas volume sedang.
  6. Setelah itu, gorenglah kue cucur dengan teknik yang benar. Ambil adonan dengan sendok sayur dan tuangkan ke dalam minyak. Tunggu sampai muncul serat dari tepi ke tengah. Siram-siram bagian tengahnya dengan minyak agar menggelembung. Setelah itu, baliklah kuenya agar matangnya merata. Setelah seluruhnya matang, angkat dan tiriskan.
  7. Sajikan kue cucur dengan cara yang menarik dan menggugah selera.

Demikianlah beragam resep kue cucur up to date kue cucur yang spesial. Masakan kuliner Indonesia memang kaya akan rasa dan teknik. Kue cucur adalah bukti nyatanya. Untuk menghasilkan kue cucur yang enak dan empuk, Anda harus perhatikan cara membuat yang benar.

Selain kue cucur, banyak sajian kue basah lainnya yang bisa dinikmati. Kue putu ayu beraneka warna dan bertekstur lembut bisa dicicipi. Resep kue putu ayu dapat menjadi panduan untuk membuat kue putu ayu yang enak dengan rasa manis gurihnya yang pas.

Leave a Reply