Cari Tempat Wisata di Malang yang Murah? Yuk, Susuri 5 Pantai Kece Ini!

Tempat Wisata di Malang – Kekayaan destinasi wisata di Nusantara memang tiada lelah untuk ditelusuri. Mulai dari pegunungan, pantai maupun wisata kuliner. Mungkin sebagian wisatawan sangat familiar dengan Pulau dewata yang populer akan wisata pantainya.

Belum lagi sokongan untuk menyusuri segala eksotika Pulau Dewata berikut pelayanan rental motor di Bali yang memiliki varian type. Akan tetapi, kamu perlu nikmati juga destinasi pantai di Jawa khususnya Kota Malang yang ternyata menyimpan banyak potensi keindahan tiada banding dengan keindahan pantai yang lain.

Merupakan hal yang mustahil jika menjelajah tempat wisata Malang hanya sehari. Entah itu wisata alam maupun yang buatan. Coba kamu telusuri pantai saja, ada lebih dari 20 pantai yang tersedia dan siap memanjakan mata, masih ingin menelusuri wisata Malang hanya dalam tempo sehari?

Bahasan kali ini terkait dengan salah satu wisata Malang, yakni pantai. Banyak pantai yang sudah familiar dan sering dikunjungi wisatawan, sehingga bukan hal yang sulit untuk ditemukan jika kamu akan berkunjung kesini. Kuy, disimak ya barangkali ada yang menjadi favoritmu.

1. Pantai Goa Cina

tempat wisata di malang yang murah

Tempat Wisata di Malang via iqbalazhari.com

Rute dari Malang kota untuk menjangkau pantai ini sekitar 68 km. Nama asli pantai Goa Cina adalah Pantai Rowo Indah. Akan tetapi, perlu diketahui adanya peristiwa yang membuat namanya kemudian berubah menjadi Goa Cina.

Di seputar pantai ada sebuah goa yang tempatnya berada di bukit karang. Cerita yang beredar, konon ada seorang Cina yang bersemedi di goa tersebut. Malang tak dapat ditolak, petapa itu akhirnya tutup usia ketika sedang bersemedi, lalu muncul nama Goa Cina.

Bagi traveler, yang terpenting bukanlah destinasinya. Melainkan perjalanan itu sendiri, yang mengantarkan dia kepada sesuatu yang baru.

Pantai Goa Cina sendiri memiliki keeksotisan yang syahdu, belum lagi dilengkapi pulau-pulau karang yang melengkapi keindahan pantai. Ada tiga wujud pulau karang yang bisa kamu saksikan di sekitar Pantai Goa Cina.

Masing-masing memiliki nama diantaranya Pulau Bantengan, Pulau Goa China, dan Pulau Nyonya. Lokasinya berada di kawasan desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

2. Pantai Nganteb

tempat wisata malang gratis

Tempat Wisata di Malang via pantaimalang.com

Lokasi pantai ini berada di Tumpakrejo, Gedangan, Malang. Waktu tempuh dari alun-alun Malang sekitar 2 jam. Di pantai Nganteb kamu bisa menemukan hamparan pasir putih yang halus ditambah dengan deburan ombak biru serta tempat yang tenang. Hamparan pantai yang memanjang menjadikan pantai di sini begitu memanjakan mata.

A good place to understand the present, and to ask questions about the future, is on the ground, travelling as slowly as possible.

-Robert D. Kapan

Dan satu lagi, karena ombak yang besar dan hamparan pantai yang luas menjadikan pantai yang satu ini dikunjungi oleh wisatawan asing pada hari libur untuk berselancar. Jadi jika kalian ingin melihat para peselancar beraksi disini, biasanya para peselancar menyemut dikala liburan.

3. Pantai Balekambang

wisata pantai malang

Tempat Wisata di Malang via surabaya.panduanwisata.id

Pantai Balekambang merupakan pantai yang paling terkenal di Malang. Banyak orang yang menyebut pantai ini sebagai Tanah Lot nya Malang karna kondisi di sekitar pantai yang mirip dengan Tanah Lot di Bali.

Apabila di Tanah Lot berdiri sebuah pura yang berada di sebuah pulau karang, begitupula di Pantai Balekambang. Dan kamu tidak peru khawatir, karena untuk mencapai pura tersebut telah disediakan sebuah jembatan panjang.

Pulau karang di kawasan Balekambang yang mirip Tanah Lot tersebut dinamakan Pulau Ismoyo. Jika di Tanah Lot kamu hanya bisa melihat deburan ombak yang menghantam karang. Di Pantai Balaikambang, kamu bisa bereksplorasi dengan pasir pantainya yang berwarna kecoklatan. Lokasi pantai ini berada di desa Srigonco, Kecamatan Bantur.

The world is a book and those who do not travel read only one page.

-St. Augustine

4. Pantai Bajul Mati

tempat wisata di malang

Tempat Wisata di Malang via piknikasik.com

Bajulmati merupakan pantai yang memiliki beberapa teluk yang membuat pemandangannya semakin menarik. Ombak di pantai ini cukup tinggi dan tepi pantainya cukup dalam sehingga para pengunjung dihimbau untuk tidak berenang dan bermain diluar batas teritori yang sudah ditetapkan.

Jika kamu berkenan mengelilingi kawasan pantai, akan kamu temui sebuah muara sungai. Apabila kamu beranjak terus ke arah timur, akan kamu dapati sebuah goa bernama Goa Wil.

Difficult road often lead to beautiful destinations.

Lokasi Pantai Bajulmati berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Sekitar 58 km dari Kota Malang. Menurut cerita, pantai ini ditemukan sekitar tahun 1890-an. Saat ditemukan, ada sebuah seekor buaya yang mati di sekitar pantai sehingga pantai ini kemudian dinamakan Bajulmati yang artinya adalah buaya mati.

5. Pantai Sipelot

tempat wisata di malang dan harga tiket masuknya

Tempat Wisata di Malang via malangonline.com

Namanya aneh? Hampir semua orang mengiyakan. Akan tetapi, kalau kamu sudah terhanyut dalam suasana di sana, dijamin serasa rumah kedua. Pantai Sipelot berada di Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo.

Pantai ini terdiri tiga area dimana area yang tengah biasa digunakan oleh para nelayan untuk memarkir perahu. Ombak di pantai ini cenderung tenang meski notabene pantai ini masuk dalam jajaran Pantai Selatan yang terkenal memiliki ombak yang ganas.

Traveling adalah hak semua orang!

Pantai satu ini merupakan memiliki fasilitas yang cukup lengkap termasuk area parkir, warung makan, mushola hingga toilet. Tidak jauh dari pantai ada sebuah air terjun kecil yang dinamakan Coban Sipelot. Untuk menjangkaunya, kamu harus menyeberangi sebuah teluk terlebih dahulu. Sampai bertemu nelayan, barulah kamu minta tolong untuk diantar kesana.

Kesimpulan

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika hendak berkunjung ke pantai.

  1. Jangan lupa pakai sunblock agar kulit kamu tidak gosong.
  2. Siapkan baju ganti, siapa tahu kamu nanti bermafsu untuk berenang atau sekedar bermain air.
  3. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen.
  4. Taati semua peraturan yang ada, terlebih tempat wisata di malang ini termasuk jajaran pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar.
  5. Buanglah sampah pada tempatnya.

Ituah rekomendasi beberapa tempat wisata di Malang yang murah meriah. Selamat berpetualang guys.

Leave a Reply