10 Judul Musik Klasik untuk Belajar Beserta Manfaatnya Bagi Kesehatan

Musik Klasik untuk Belajar – Tanpa bisa dipungkiri, walaupun hanya menggunakan alat musik tradisional yang dimainkan kala itu. Musik klasik menjadi salah satu jenis musik yang memunculkan ketenangan bagi setiap pendengarnya.

Selain iramanya yang merdu dan mendamaikan hati, musik klasik dapat memberikan nuansa yang lebih berwarna dan menenangkan.

Apalagi untuk kamu yang lebih dominan tipe Auditori, tentunya mendengarkan musik sambil belajar adalah metode yang paling baik.

Saat proses pembelajaran, mungkin kamu pernah merasa marah, sedih, jatuh cinta hingga depresi. Hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Ternyata musik dapat membantu seseorang dalam mengekspresikan perasaan yang mungkin tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata dan bisa juga membuat kamu bangkit kembali dan menjadi positif.

Masih ada beberapa alasan mengapa kamu dianjurkan untuk memilih dan mendengarkan musik klasik sebagai media alternatif untuk menunjang proses belajarmu. Mari kita simak!

1. Musik Klasik Positif Bagi Kesehatan

Seperti layaknya jogging santai di pagi hari dan meditasi, musik klasik juga memberikan manfaat baik bagi kesehatan fisik. Berbeda dari jenis musik lainnya, lagu-lagu klasik memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh manusia karena temponya yang lambat.

Dengan porsi yang cukup, mendengarkan musik klasik dapat menjaga vitalitas fisik dan mentalmu sehingga akan meningkatkan motivasi belajar.

2. Kualitas Tidur menjadi Lebih Baik

manfaat musik klasik untuk meningkatkan kualitas tidur

zwierciadlo.pl

Istirahat merupakan salah satu bagian penting dalam kehidupan manusia, terlebih bagi kamu yang sedang dalam proses belajar. Insomnia adalah salah satu momok terbesar yang dihadapi oleh pelajar maupun mahasiswa.

Nah, dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik selama 45 menit sebelum tidur, dapat membantu orang-orang yang memiliki masalah gangguan tidur.

Beberapa musik klasik yang baik untuk didengarkan sebelum tidur ialah Claire de Lune by Claude Debussy, Air on the G String by Johann Sebastian Bach dan Berceuse in D flat opus 57 by Frederic Chopin.

3. Mampu Menaikkan Mood

manfaat musik klasik

hidoctor.ir

Salah satu kinerja musik klasik adalah meningkatkan respon fisiologis, yaitu meningkatkan aliran darah ke daerah otak, mengaktifkan pusat otonom, kognitif dan emosional. Selain itu, otak melepaskan dopamin, yakni zat kimia yang mempengaruhi suasana hati dan kemampuan untuk merasakan kenikmatan.

Sebuah study oleh Music Therapy Association menyebutkan bahwa mendengarkan lagu-lagu klasik merangsang produksi hormon endorfin atau relaksan alami otak, sehingga akan menjaga mood kamu dalam keadaan stabil.

4. Efek ‘Mozart’

mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan IQ otak

hyperteb.com

Istilah ini berasal dari percobaan yang menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan IQ, membantu dalam retensi dan belajar keterampilan pendengar.

Selain itu juga meningkatkan kemampuan penalaran spasial temporal. Kemampuan ini membantu kamu untuk belajar ilmu abstrak, membuat rencana dan berpikir ke masa depan.

(Baca juga: Musisi Jazz yang Melegenda)

Tim peneliti dari Northumbria University menemukan bahwa otak bekerja dengan lebih baik ketika diperdengarkan music Vivaldi’ Spring concerto. Para mahasiswa yang mendengarkan musik Autumn concerto dapat menjawab pertanyaan dengan lebih cepat dengan jawaban yang lebih baik.

5. Judul Musik Klasik untuk Belajar

alat musik klasik

pixabay.com

Karena banyaknya musisi dan jumlah musik klasik, tentunya kamu akan bertanya apa saja rekomendasi lagu yang baik untuk didengarkan. Berikut ini adalah musik klasik yang bagus untuk kamu jadikan koleksi:

  • Suites for Solo Cello by Johann Sebastian Bach
  • Goldberg Variations by Johan Sebastian Bach
  • String Quarters Op. 33 by Joseph Haydn
  • Concerto for Flute and Harp by Wolfgang Amerdeus Mozart
  • Haydn String  Quartets by Wolfgang Amerdeus Mozart
  • Piano Trios by Wolfgang Amerdeus Mozart
  • Sting Quartets Op. 18 by Ludwig van Beethoven (“Early String Quartets”)
  • Clarinet Quintet in B Minor by Johannes Brahms
  • Trio for Violin, Horn and Piano by Johannes Brahms (“Horn Trio”)
  • Inventions and Sinfonias by Johann Sebastian Bach (“Two and Three-Part)

Nah itulah beberapa alasan mengapa kamu dianjurkan untuk memilih dan mendengarkan musik klasik untuk belajar. Karena belajar itu penting, maka buatlah belajar menjadi sangat menyenangkan.

Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply