5 Resep Mie Ayam Tradisional yang Enak Disantap di Mana pun Berada

Setiap masakan tradisional memiliki ciri khas tersendiri. Tidak terkecuali dengan resep mie ayam yang mudah ditemukan di daerah Jawa. Namun sekarang kepopulerannya sudah bisa ditemui di seluruh penjuru Tanah Air kok. Meski banyak yang sudah dimodifikasi.

Resep mie ayam itu mudah diikuti dan harga mie-nya terjangkau untuk semua kalangan. Beda dengan makanan modern yang cenderung lebih mahal. Hebatnya lagi, mie ayam itu cocok dibawa ke mana pun Anda berada. Entah di gunung, perjalanan, atau tempat lain.

Jadi sewaktu-waktu Anda kelaparan di luar, tinggal keluarkan bahan resep mie ayam yang sudah dipersiapkan. Kemudian racik deh sampai benar-benar terasa pas di lidah. Lebih lengkapnya, coba simak 5 formula membuat mie ayam di bawah ini.

Sekilas Tentang Mesin Pembuat Mie

mesin pembuat mie yang sangat efisien

Mesin Pembuat Mie by ramesiamesin.com

Kebayang ngga sih bagaimana produksinya warung mie ayam yang pembelinya bejubel dan masih rela antre walaupun sudah tahu kalau ramainya menggila? Nggak mungkin dong, cara membuat mie basah mereka dilakukan dengan manual.

Mungkin juga kamu berniat untuk menjadikan peluang usaha mie ayam sebagai mata pencaharian utamamu? Berarti kamu harus belajar mengenai mesin pembuat mie agar produksimu tidak terlalu memakan banyak waktu.

Mesin pembuat mie atau yang lebih dikenal dengan Noodle Maker terdiri dari beberapa mesin, yaitu: mesin pengaduk adonan, mesin pencetak dan mesin pemotong adonan.

Dengan mesin ini tentunya akan mempermudah proses produksi bagi mereka yang bergelut di bidang usaha yang berkaitan dengan sajian mie, baik berskala rumah tangga hingga industri besar.

Jika kamu berniat untuk membeli mesin pembuat mie, jangan lupa melihat bahan dasarnya. Sangat disarankan yang berbahan stainlees steel, karena menurut berbagai kalangan yang sudah berpengalaman, mesin pembuat mie cenderung lebih awet dan tidak mudah berkarat.

Lantas ada nggak sih toko mesin pembuat mie yang kualitasnya nggak diragukan lagi? Nah, untuk hal ini coba kamu tengok dan ubek-ubek ramesiamesin.com. Banyak yang memberikan testimoni bahwa ramesiamesin.com menjamin mesin yang ditawarkan kepada konsumen dirancang dengan desain yang ergonomis sehingga mempermudah proses penggunaan dan produksi.

Disana juga banyak varian yang disajikan tergantung dengan berapa budged kita, mulai dari Mesin Cetak Mie NOD-200, Mesin Cetak Mie NOD-300p, Mesin Cetak Mie NOD-300s sampai dengan Noodle Maker TS-60. Untuk info lengkapnya langsung aja tengok ramesiamesin.com

Cara Membuat Mie Basah

tutorial cara membuat mie basah

Cara Membuat Mie Basah

Bagi kalangan yang suka berpetualang, muncul suatu pemikiran bahwa, “Adventure itu bukan melulu tentang indahnya destinasi yang kita tuju, melainkan menikmati dan selalu belajar memahami makna dari sebuah perjalanan itu sendiri”.

Nah, begitu juga dengan memasak, kita tidak perlu resah bagaimana rasanya nanti, namun pelajaran dalam proses memasak itu sendiri yang paling berharga.

Setelah mindset kita sudah se-frekuensi, kita siapkan bahan-bahan terebih dahulu untuk membuat mie basah.

Bahan

  • 250 gram tepung terigu
  • 35 gram tepung kanji atau tapioka
  • 3 sendok makan minyak bawang
  • 1 sendok teh garam halus
  • 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • 2 butir telur ayam
  • 40 ml air bersih

Cara Membuat Mie Basah

  • Masukkan tepung tapioka dan tepung terigu dalam satu wadah, kemudian aduk rata
  • Buatlah lubang ditengah-tengah campuran tepung, lalu masukkan telur ayam dan minyak bawang
  • Uleni adonan dengan tangan hingga tercampur rata
  • Masukkan air, kaldu ayam bubuk, dan garam dalam satu wadah. Lalu aduk sampai rata
  • Setelah rata, tuangkan air tersebut ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan tidak lengket ditangan
  • Diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit dalam wadah yang tertutup dengan plastik
  • Pipihkan adonan, kemudian digiling dengan menggunakan penggiling mie atau bisa juga dilakukan secara manual dipipihkan dengan botol atau kayu dan jangan sampai lupa untuk menaburi dengan tepung terigu supaya tidak lengket
  • Cetaklah adonan yang sudah dipipihkan menjadi bentuk mie
  • Setelah mie sudah terbentuk, taburi dengan tepung secukupnya supaya tidak menempel satu sama lain
  • Mie basah sudah siap untuk diolah menjadi mie ayam yang mak nyoos

1. Resep Mie Ayam Solo

cara membuat mie ayam sederhana

Resep mie ayam Solo by pinterest.com

Bahan-Bahan

  • ½ kg dada ayam yang sudah direbus dan dipotong dadu
  • 3 siung bawang putih
  • 6 bawang merah
  • 5 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 3 cm lengkuas
  • 1 daun serai ukuran sedang
  • 3 sendok teh ketumbar
  • 6 lembar daun jeruk purut
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Minyak secukupnya (untuk menumis)

Cara Membuat Mie Ayam Solo

  • Haluskan bawang merah, ketumbar, kunyit, bawang putih, dan juga kemiri.
  • Tumis bumbu halus. Kemudian masukkan lengkuas, serai, dan daun jeruk. Aduk-aduk hingga keluar bau harumnya. Setelah itu, masukkan ayam. Susul dengan air, garam, dan gula secukupnya.
  • Tambahkan resep mie ayam dengan kecap manis secukupnya agar warnanya lebih menggoda. Matikan apinya.
  • Cara bikin sambalnya sangat mudah dan sederhana kok. Tinggal rebus saja cabai rawitnya. Haluskan. Beres. Sambal ini adalah salah satu kunci membuat mie ayam yang disukai oleh masyarakat mana pun. Variasikan dengan bawang putih, ya.
  • Sementara untuk kuahnya Anda bisa memanfaatkan air sisa rebusan dada ayam. Tambahkan garam dan merica.
  • Cara penyajiannya juga perlu diperhatikan. Masukkan garam dan merica ke dalam mangkuk. Tambahkan minyak bawang sekiranya 1 sendok makan. Kemudian masukkan mie yang sudah direbus ke dalamnya.
  • Aduk-aduk hingga merata. Susul dengan ayam yang sudah dimasak tadi. Biar lebih mantap, taburi dengan bawang goreng. Selagi hangat, langsung santap. Pasti nikmatnya lebih kerasa.
  • Sajikan mie ayam khas Solo ini ke tengah-tengah meja makan keluarga. Jangan lupa sambal yang sudah dibikin langsung campurkan saja secara merata. Selain itu, mie ayam ini juga terkenal di Bandung, Bangka, dan juga Jakarta. Keren, ya.

2. Resep Mie Ayam Pangsit

resep mie ayam ala rumahan

Resep mie ayam pangsit by money.id

Bahan-Bahan

  • 1 bungkus pangsit
  • 1 dada ayam fillet
  • 1 bungkus mie gloria
  • 1 wortel parut
  • Sebutir telur
  • 5 udang kupas
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • 5 bawang merah
  • Kecap manis secukupnya
  • Saus tiram secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Bawang putih goreng juga secukupnya
  • Kaldu ayam
  • Minyak wijen sesuai selera

Cara Membuat Mie Ayam Pangsit

  • Pertama-tama, haluskan separuh dada ayam fillet pakai blender. Tambahkan udang dan telur juga. Setelah itu masukkan merica dan garam.
  • Tunggu proses selesai. Setelah itu tambahkan wortel yang sudah diparut. Susul dengan saus tiram, kecap, tepung maizena, merica, garam, dan daun bawang. Blender kembali hingga merata.
  • Siapkan kulit pangsitnya. Bungkus adonan tadi ke dalam kulitnya. Pisahkan jadi 2 bagian. Bagian pertama digoreng. Sementara yang lainnya cukup dikukus saja.
  • Cara membuat mie ayam selanjutnya adalah dengan mencacah bawang merah. Sementara dada ayam fillet yang tinggal separuh itu potong kotak-kotak.
  • Tumis bawang merahnya. Kemudian masukkan ayam. Tambahkan merica, gula, garam, kecap manis, dan saus tiram secukupnya. Cek dulu bagaimana rasanya. Kalau ada yang kurang, tambahkan saja salah satu atau beberapa.
  • Petunjuk membuat mie ayam berikutnya adalah dengan menyiapkan air dan panaskan. Rebus mie ke dalamnya. Kira-kira 1 menit saja. Kemudian tiriskan.
  • Siapkan mangkuk yang sudah diberi minyak wijen, garam, dan kecap secukupnya. Masukkan mie rebus. Tambah resep mie ayam dengan pangsit kukus serta ayam bumbu tadi. Tambahkan bawang putih goreng biar makin mantap.
  • Cara buat kuahnya tidak perlu pakai repot. Langsung saja ambil kaldu ayam atau rebusan ayam tadi. Rebus lagi hingga mendidih sambil dilengkapi dengan garam dan bawang goreng.
  • Siramkan kuah ke atas mie yang sudah siap di mangkuk. Asalkan cara membuat mie ayam sesuai panduan di atas pasti aman-aman saja. Selamat menikmati mie ayam yang spesial ini.

3. Resep Mie Ayam Goreng

Cara Membuat dan Resep Mie Ayam Goreng

Bahan-Bahan

  • Sebungkus mie telur cap ayam
  • 4 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 5 cm wortel
  • Daun bawang sesuai selera
  • Telur 2 butir
  • Lada putih secukupnya
  • Cabai merah 3 buah
  • Garam sesuai selera
  • Kecap manis secukupnya
  • Kerupuk udang semau Anda
  • Dada ayam yang sudah dipotong dadu

Cara Membuat Mie Ayam Goreng

  • Iris tipis saja bawang merah, bawang putih, wortel, dan cabai merah.
  • Tumis bawang putih dan bawang merah itu hingga keluar aroma harum. Masukkan ayamnya. Tambahkan garam dan lada putih secukupnya saja.
  • Masukkan telur sampai matang di tempat. Langsung masukkan saja mie yang terlebih dahulu direbus biar agak lunak. Sebentar saja kok. Harap prosedur membuat mie ayam di atas jangan sampai terbalik, ya.
  • Tambahkan kecap manis dan daun bawang secukupnya. Kalau kurang asin, tambahkan saja garamnya.
  • Akhirnya selesai juga kiat membuat mie ayam goreng karya Anda sendiri. Sajikan dengan kerupuk udang biar lebih meriah rasanya.

4. Resep Mie Ayam Rumahan

Cara Membuat dan Resep Mie Ayam Rumahan

Bahan-Bahan

  • ½ kilogram dada ayam
  • Sawi hijau sesuai selera
  • Kecap asin secukupnya
  • Mie telur sebungkus saja
  • Gula merah sesuai selera
  • Minyak bawang secukupnya
  • Saus sesuai selera
  • 7 siung bawang merah
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sendok teh lada
  • 2 lembar daun salam
  • 4 batang serai

Cara Membuat Mie Ayam Rumahan

  • Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, lada, dan salam, dan juga serai pakai blender. Setelah itu panaskan bumbu ke dalam minyak dalam wajan. Tumis sampai berbau harum.
  • Masukkan dada ayam yang sudah dipotong-potong. Tambahkan garam, air, dan gula merah. Masak ayamnya hingga matang.
  • Kalau mau ditambah dengan ceker ayam juga boleh. Tapi harus dihaluskan dulu pakai presto, ya. Trik membuat mie ayam ini dibuat agar saat dimakan nanti tidak ada kendala apa pun.
  • Siapkan air dalam panci lain. Kemudian didihkan. Masukkan mie dan sawi k dalamnya. Susul dengan kecap asin serta sesendok makan minyak bawang ke dalam mangkuk. Aduk mie dan bumbu hingga merata.
  • Masukkan sawi. Setelah itu baru susul dengan ayam di atasnya agar lebih lengkap rasanya. Biar mie ayam rumahan ini lebih hot, tambahkan saus sesuai selera.

5. Resep Mie Ayam Jawa

Cara Membuat dan Resep Mie Ayam Jawa

Bahan-Bahan

  • Daging ayam secukupnya saja
  • 5 bawang putih
  • 6 bawang merah
  • 2 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe
  • 1 ruas kencur
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh merica
  • 3 butir kemiri
  • 2 lembar daun salam
  • Seruas laos
  • 1 bawang serai
  • 4 sendok kecap
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 gula Jawa yang bulat kecil itu
  • Garam secukupnya
  • Daun bawang secukupnya
  • Mie yang sudah direbus
  • Sawi hijau sesuai selera

Cara Membuat Mie Ayam Jawa

  • Haluskan bumbu di atas kecuali serai, daun jeruk, dan juga laos.
  • Tumis bumbunya hingga tercium aroma harum. Masukkan ayam yang sudah direbus terlebih dahulu.
  • Masukkan kaldu rebusan ayam tadi kira-kira 1 liter saja.
  • Masukkan gula Jawa dan juga daun bawang. Ungkep ayam sampai matang.
  • Sajikan mie, sawi hijau, dan bumbu ayam. Aduk-aduk resep mie ayam di atas hingga merata. Biar lebih enak, tambahkan saus (opsional).

Untuk jaga-jaga, lebih baik kantongi saja resep mie ayam di atas ya. Maksudnya dicatat, begitu. Jadi ketika Anda lupa resepnya tinggal buka kembali. Kalau Anda pakai HP, simpan saja 5 tutorial membuat mie ayam di atas ke dalam note, ya. Untuk jaga-jaga.

Leave a Reply