29 Orang Ganteng Sintesa yang Siap Mengguncang Dunia

Tidak terasa perjalanan Saya menimba ilmu di salah satu pesantren yang terletak di kaki gunung lawu ini sudah sampai penghujung waktu akhir. Jika menerawang kebelakang, terdapat banyak sekali canda, kelakar, sedih, haru, marah dan perasaan lainnya selama proses belajar berlangsung.

Mungkin Saya perlu menjelaskan profil singkat tentang pesantren yang sedang Saya tempati. Bernama Pesantren Sintesa, beralamat di Dusun Dupak Desa Ngadirejo Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Mendengar namanya memang terkesan aneh, masak pesantren kok namanya Sintesa, dan nggak ada kesan islami nya.

Tapi jangan salah, dari tempat kecil nan terpencil ini sudah mulai tumbuh pemuda-pemuda dari seluruh Indonesia yang InsyaaAllah mempunyai kredibilatas tinggi, kuat secara ekonomi yang dinavigasi oleh spirit Qur’ani dan kemauan untuk terus belajar tanpa henti.

Nah, sebagai persembahan khusus sekaligus kenang-kenangan, Saya akan memperkenalkan profil teman-teman yang sudah menemani perjalanan Saya selama setahun kebelakang. Inilah dia 29 Orang Ganteng Sintesa yang Siap Mengguncang Dunia.

1. Abdullah Azzam

Orang Ganteng Sintesa dari Indramayu

Orang Ganteng Sintesa dari Indramayu

Memang benar kata para ilmuwan, senyuman mencerminkan kepribadian. Kamu bisa melihat dengan jelas ke-aneh-an senyuman yang dia pancarkan. Saya sendiri juga tidak tahu atas dasar apa dia menunjukkan senyum “lucu” itu.

Meskipun agak aneh, si Azam ini mempunyai tingkat keberuntungan kelas dewa. Betapa tidak? Dia yang setahu saya nggak pernah belajar, begitu mendaftar kuliah langsung diterima di UIN Semarang, sebuah kampus yang sudah ia impikan sejak lama.

Saya akan terus mendaki, ketika satu puncak telah terlampaui Saya akan mencari puncak yang lebih tinggi, lagi dan lagi. Tidak ada kata menyerah dan kalah, yang diperlukan kanya langkah dan melangkah. Terus begitu hingga Tuhan berkata, “Cukuplah nak, waktunya engkau pulang”.

Selain itu, di pesantren ia terkenal dengan sosok yang menghormati teman-temannya. Ya, Azzam selalu memanggil “mas atau kang” orang yang lebih tua darinya. Makanya tidak heran, teman-teman sangat respeck dan sering kali mengkasihani ketika dia sedang kelaparan dan nggak punya duit. Hahaha!

Hal-hal yang selalu saya ingat dari Azam:

  • Nggak Pernah absen sholat malam
  • Rajin sholat dhuha
  • Sebagai pemimpin Dzikir al-Ma’surat di Kelompok
  • Ketika sudah mentok dalam berusaha, dia akan berkata “Saya nggak bisa e Mas”
  • Selalu meminta ridho dari ketua kelompok ketika hendak melakukan sebuah misi

Teruslah rendah hati kawan, InsyaaAllah kamu akan menjadi orang yang membanggakan Orangtua, Agama dan Bangsa di masa mendatang. Amin..

2. Agus Hendratno

Orang Ganteng Sintesa dari Lampung

Orang Ganteng Sintesa dari Lampung

Tak seperti teman-teman yang lain, hendrat mempunyai hubungan khusus dengan Founding Father pesantren, yakni mas Ibrahim Vatih. Saya tak pernah mengira bahwa “bocah pendiam" ini ternyata jago ngoding dan seguru seilmu dengan mas vatih.

Diam, tak perlu eksistensi yang mentereng tinggi. Hanya terus bekerja dengan dedikasi dan niat tulus dari hati. Mungkin itulah gambaran yang pas untuk orang ganteng sintesa yang berasal dari Lampung ini.

Secara pribadi Saya sering meminta bantuannya ketika website sedang error, apalagi yang membutuhkan sentuhan coding. Suwun ya ndrat, udah tak repotin mulu. Haha!

Hal-hal yang selalu Saya ingat dari Hendrat:

  • Diam-diam closing gede tanpa banyak orang mengetahui
  • Banyak senyum ketika dijahili
  • Bertampang garang ketika jadi Kedisiplinan
  • Takdzimnya kepada guru tak diragukan

Semoga kita bisa menyumbangkan sesuatu hal yang bermanfaat bagi masyarakat kawan. Kalau ada waktu jangan lupa main-main ke Tulungagung.

3. Agusti Mughsy

Orang Ganteng Sintesa dari Magetan

Orang Ganteng Sintesa dari Magetan

Janganlah silau terhadap wajahnya, tapi telitilah dengan benar berapa isi dompetnya. Hahaha! Kata orang bijak penampilan bukanlah faktor mutlak yang menentukan kemampuan dan ketulusalan seseorang.

Urusan jemput menjemput teman yang ada di terminal atau stasiun dan semua perlengkapan pesantren Agusti lah juaranya. Pantang untuk mengeluh dan selalu rendah kati dalam menyanggupi permintan.

Orang ganteng sintesa yang berasal dari Magetan ini dulunya adalah jawara angkat besi di zaman mudanya. Namun, setelah berpikir jernih dan perencanaan masa depan yang matang dia tak segan dan tak malu untuk banting setir mulai dari awal belajar Al-Qur’an dan bisnis online di pesantren.

Barang siapa melayani, kelak ia akan dilayani. Barangsiapa bersabar, ia akan beruntung.

Al-Qur’an sebagai pemandu hidup di dunia dan di akhirat, sedangkan bisnis online adalah ikhtiar manusia dalam menjemput rizki-Nya, begitu tutur Agusti.

Hal-hal yang selalu Saya ingat dari Agusti:

  • Selalu memasang headset mendengarkan murotal dari Syeikh Mishari Alafasi
  • Selalu tersenyum menghadapi segala macam “bully-an"
  • Tiada hari tanpa memperbaiki kualitas website-nya
  • Pernah menjadi coach gym bagi teman yang berniat memperindah bentuk tubuh

Jangan pernah lelah untuk berbakti kepada orangtua kawan, sabar sabar sabar dalam menerima ujian hidup dan semoga Allah mempertemukan kita kembali kelak di surga-Nya. Aminn..

4. Arya Putra

Orang Ganteng Sintesa dari Balikpapan

Orang Ganteng Sintesa dari Balikpapan

Bicara time management dan produktivitas dialah jagoannya. Walaupun masuk dalam daftar yang paling muda, namun tiada seorangpun di pesantren yang meragukan kapasitas ilmunya. Hal ini terbukti dengan banyaknya trafik website yang untuk saat ini paling tinggi di pesantren.

Motivasi Arya untuk membahagiakan orangtua menjadi pemantik semangat dalam berkarya. Dia juga tidak ragu untuk membagikan “jurus-jurus" demi menjunjung moral teman-teman yang sedang tak mempunyai gairah hidup.

Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, tanpa mereka sendiri yang mencoba untuk berubah. –QS. Ar-Ra’d: 11

Ya, itulah sosok orang ganteng sintesa yang berasal dari Balikpapan ini. Meskipun selalu serius saat berbicara masa depan, dia juga sering bersikap konyol dalam keseharian. Orang-orang seperti inilah yang membuat pesantren kami berwarna.

Hal-hal yang selalu Saya Ingat dari Arya:

  • Ngajinya paling kenceng tak tertandingi
  • Halafalan ayatnya cepet banget
  • Kebelet pengen nikah muda
  • Bercita-cita menjadi pengusaha yang menyediakan perlengkapan haji dan umroh

Semoga doa-doa yang kau munajatkan kepada Rabb Semesta Alam lekas terkabul kawan, ingat selalu pesanku ini Kaya Bermanfaat, Miskin Bermartabat.

5. Asep Firmansyah

Orang Ganteng Sintesa dari Sukabumi

Orang Ganteng Sintesa dari Sukabumi

Pernah bekerja di Jepang selama beberapa tahun membuat orang ganteng sintesa yang berasal dari Sukabumi mempunyai ciri khas tersendiri. Hidup teratur, tepat waktu dan nurut sama aturan merupakan cerminan betapa etos kerja Jepang telah tersimpan menyelinap di dalam lubuk sanubarinya.

Saya tidak banyak memiliki pengalaman, namun Saya belajar banyak dari pengalaman orang lain.

Asep juga termasuk salah satu pedagang ulung di angkatan kami, nggak tanggung-tanggung dia menyuplai kebutuhan fashion manusia Indonesia yang sedang merantau ke Jepang, lebih spesifik di penjualan topi, kaos jaket dan semacamnya.

Hal-hal yang selalu Saya ingat dari Asep:

  • Selalu tidur awal dan bangun awal
  • Selalu on time dalam mengerjakan tugas
  • Hobi bersepeda di minggu pagi
  • Suka menelusuri daerah-daerah baru di sekitar pesantren
  • Royal terhadap teman-teman

Semoga pencarianmu selama ini lekas menemukan tempat untuk berlabuh kang. Good luck!!

6. Deni Septian

Orang Ganteng Sintesa dari Purwakarta

Orang Ganteng Sintesa dari Purwakarta

Sewaktu awal berjumpa, Saya kira Deni berumur di sekitaran 25 tahun, namun setelah kenal saya lumayan shock, karena ternyata ia 2 tahun lebih muda daripada Saya. Terkadang Saya suka bingung, kenapa ya anak zaman sekarang itu mukanya pada boros. Haha.

Terlihat dari senyumnya yang kaku, orang ganteng dari Purwakarta ini tidak menyukai publikasi dan awak media. Sosoknya pemalu, pendiam namun tipikal orang yang pekerja keras dan memiliki semangat dalam belajar yang nggak diragukan lagi.

Malu adalah sebagian dari Iman

Jika kurang paham tentang materi yang sudah disampaikan oleh guru, ia tidak malu untuk bertanya kepada temannya yang ia anggap mampu. Top deh pokoknya!

Hal-hal yang selalu Saya ingat dari Deni:

  • Satu-satunya santri yang berani jualan di pesantren
  • Hafalan Al-Quran kuat dan menancap
  • Muadzin yang durasinya (mungkin) paling singkat sedunia

Semoga sikap malumu itu kelak akan menjauhkanmu dari panasnya api neraka kawan. Tetap istiqomah mengamalkan wajib + sunnah dan jangan kasih kendor.

7. Dzulfikar Abdulfatah

Orang Ganteng Sintesa dari Semarang

Orang Ganteng Sintesa dari Semarang

Dengan ukuran manusia Indonesia, Dzul termasuk yang mempunyai tinggi tubuh tak terbendung. Di usianya yang belum genap 20 tahun ia mengantongi 190cm tinggi badan. Nggak tau dah berapa nanti tingginya kalau sudah usia 25 tahun. Heuheu.

Alon-alon waton kelakon and low profile, high profit.

Orang ganteng sintesa yang berasal dari Semarang ini sangatlah menggilai rubik, pernah beberapakali di tes teman-teman seberapa cepat dia dapat menyelesaikannya, hebatnya hanya dengan 20 detik saja kerumitan rubik itu bisa teratasi.

Hal-hal yang selalu Saya ingat dari Dzul:

  • Kalau nonton youtube yang selalu dipantengin ada dua, yakni basket dan voli
  • Bisa dihitung jari terlibat chat di group wa santri
  • Easy going dalam hal apapun
  • Nggak pernah manjangin rambut

Semoga Allah menjauhkanmu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari nafsu yang tidak pernah merasa puas dan dari dosa yang didengar, kawan. Amiin..

Fatah Abdurrahman

Orang Ganteng Sintesa dari Bekasi

Orang Ganteng Sintesa dari Bekasi

Hal-hal yang selalu Saya ingat dari Fatah:

  • Satu-satunya santri yang bisa nulis artikel bahasa inggris di pesantren
  • Satu-satunya santri yang pernah nyantri bareng sama guru
  • Orang yang sangat sulit teridentifikasi

Semoga Allah memberikan kebaikan dunia dan akhirat serta menjauhkanmu dari panasnya api neraka, kawan. Amiin..

Fragil Gestama

Orang Ganteng Sintesa dari Kediri

Orang Ganteng Sintesa dari Kediri

Hal-hal yang selalu Saya ingat dari Fragil:

  • Santri yang kerapihannya ngalah-ngalahin cewek
  • Selalu modis dalam hal apapun
  • Rajin banget mandi
  • Catatan materinya paling lengkap

Semoga Allah memberikan segala kurnia, ampunan, keselamatan dari segala dosa, ghanimah dari segala kebajikan dan kemenangan mendapat surga kepadamu, kawan.

Heri Mahpudin

Orang Ganteng Sintesa dari Purwakarta

Orang Ganteng Sintesa dari Purwakarta

Hal-hal yang selalu Saya ingat dari Heri:

  • Orang yang royalnya tak terbantahkan
  • Perhatiannya kepada pesantren nggak perlu diragukan
  • Semua yang dikerjakan harus sempurna

Semoga Allah senantiasa mengampuni segala dosa, memberikan jalan keluar dari setiap kegalauan, melunaskan semua hutang dan mencukupkan kebutuhan baik di dunia dan akhirat terhadapmu, kawan.

Hilman Abdulfatah

Orang Ganteng Sintesa dari Tasikmalaya

Orang Ganteng Sintesa dari Tasikmalaya

Ihsanuddin Rachmad

Orang Ganteng Sintesa dari Jakarta

Orang Ganteng Sintesa dari Jakarta

Hal-hal yang selalu Saya ingat dari Ihsan:

  • Kalau berbicara nggak pernah dengan nada tinggi
  • Selalu mencari titik aman dalam segala hal
  • Selalu manut pada ketua

Semoga Allah memberikan karunia berupa kebaikan beragama yang merupakan kunci semua kehormatan, karunia kebaikan dunia untuk menjalani hidup dan karunia kebaikan akhirat yang merupakan sebaik-baiknya tempat kembali kepadamu, kawan.

Muhammad Asyrof

Orang Ganteng Sintesa dari Palembang

Orang Ganteng Sintesa dari Palembang

Hal-hal yang selalu Saya ingat dari Asyrof:

  • Kalau bercanda selalu dengan muka serius
  • Banyak banget gagasan yang ingin di eksekusi
  • Semangatnya nggak stabil
  • Ringan tangan dalam membantu teman-teman

Semoga Allah mengabulkan kepadamu setiap permintaan terbaik, doa terbaik, kehidupan terbaik dan senantiasa menjadikanmu termasuk dari hamba-Nya yang sholeh.

Muhammad Faiz

Orang Ganteng Sintesa dari Bekasi

Orang Ganteng Sintesa dari Bekasi

Mulkan Fauzi

Orang Ganteng Sintesa dari Tasikmalaya

Orang Ganteng Sintesa dari Tasikmalaya

Nanang Rifai

Orang Ganteng Sintesa dari Solo

Orang Ganteng Sintesa dari Solo

Niko Febrian

Orang Ganteng Sintesa dari Banjarmasin

Orang Ganteng Sintesa dari Banjarmasin

Oki Adi

Orang Ganteng Sintesa dari Lampung

Orang Ganteng Sintesa dari Lampung

Pamungkas Adipura

Orang Ganteng Sintesa dari Tulungagung

Orang Ganteng Sintesa dari Tulungagung

Purwanto

Orang Ganteng Sintesa dari Ciamis

Orang Ganteng Sintesa dari Ciamis

Riski Abadi

Orang Ganteng Sintesa dari Ciamis

Orang Ganteng Sintesa dari Ciamis

Rolif Revo

Orang Ganteng Sintesa dari Ciamis

Orang Ganteng Sintesa dari Ciamis

Luthfan Wafa

Orang Ganteng Sintesa dari Ciamis

Orang Ganteng Sintesa dari Ciamis

Yanuar Firmansyah

Orang Ganteng Sintesa dari Cilacap

Orang Ganteng Sintesa dari Cilacap

Yanuar Hadi

Orang Ganteng Sintesa dari Lumajang

Orang Ganteng Sintesa dari Lumajang

Orang ganteng dari Lumajang yang mempunyai kesabaran level malaikat. Mempunyai amalan puasa daud sejak masih muda dan tentunya ruajin sekali sholat malam.

Menyesali nasib tidak akan mengubah keadaan. Terus berkarya dan bekerjalah yang membuat kita BERHARGA. –KH. Abdurrahman Wahid

Dia sosok yang hebat dalam mengutak-utik website dan semua yang berbau digital, banyak sekali hal yang dia ketahui dan mau membagikannya dengan cuma-cuma.

Hal-hal yang selalu Saya Ingat dari Hadi:

  • Selalu tanya di setiap kali kajian atau materi dengan pertanyaan yang konyol
  • Hampir selalu balik paling akhir di setiap sesi sholat fardhu
  • Sedikit horror karena mempunyai hobi khusus tentang dunia gaib

Semoga perjuanganmu dalam mengistiqomahkan berpuasa menjadikanmu sesosok hamba yang istimewa dihadapan Allah Swt, kawan.

Yusuf Ardiansyah

Orang Ganteng Sintesa dari Malang

Orang Ganteng Sintesa dari Malang

Zainal Abidin

Orang Ganteng Sintesa dari Blora

Orang Ganteng Sintesa dari Blora

Sosok ketua angkatan yang keistiqomahan nya dalam beribadah tidak ada yang mampu menandingi. Mempunyai nama asli Zainal Abidin namun dia membranding dirinya sendiri dengan sebutan Masbidin. Ya, begitu bangganya dengan nama itu sampai-sampai ia menggunakannya hampir di semua sector bisnisnya.

Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiaga (di perbatasan negerimu) dan bertawakkalah kepada Allah, supaya kamu beruntung. QS: Ali Imran: 200

Sebagai ketua, orang ganteng sintesa yang berasal dari Blora ini memiliki sikap yang teguh pada pendirian, sabar menghadapi complain dari teman dan MasyaaAllah sam’an wa thoaatan pada guru.

Hal-hal yang selalu Saya ingat dari Bidin:

  • Ngajinya kayak orang nangis hampir di semua ayat
  • Mempunyai otot “ngeyel" yang kuat, namun baik hati
  • Keras dalam hal ibadah

Semoga Allah menyandinganmu dengan golongan ahli ibadah kawan, sebagaimana arti dari nama yang diberikan orangtumu. Amiin..

Leave a Reply