resep dan cara membuat Kue Donat Biasa

Resep Kue Donat: Kudapan Pengganjal Paling Maknyus!

Resep Kue Donat – Donat merupakan kue yang sudah tidak asing lagi bagi kita. Meski asal usulnya masih diperdebatkan, kue ini telah mencuri hati masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu camilan populer di seluruh dunia.

Donat umumnya dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Bentuk dan tekstur khasnya yang bulat berlubang di bagian tengah hingga menyerupai cincin ini mempunyai rasa manis, lembut, dan gurih.

Kita bisa menemukan jajanan pengganjal perut ini di mana-mana. Mulai dari warung dekat rumah, penjaja kue bersepeda, hingga toko donat dalam mall megah, yang tentunya memiliki perbedaan dari segi harga, rasa, dan kualitas.

Keistimewaan kue donat ini terletak pada topping-nya, meski ada juga yang menjualnya tanpa topping, seperti kue donat kampung. Ada juga yang berbahan dasar kentang sehingga disebut donat kentang.

Selain dua resep tersebut, kita akan membahas 3 resep kue donat lainnya, yaitu yang mencakup kue donat empuk dan mengembang, kue donat lembut, serta kue donat biasa.

Resep Kue Donat Kentang

resep dan cara membuat Kue Donat Kentang

Resep yang tergolong baru ini ternyata banyak sekali peminatnya. Penyebabnya tidak lain karena donat yang dihasilkan dari campuran kentang dalam bahan kue, membuat teksturnya lebih lembut daripada yang tanpa kentang.

Prospek bisnis jualan donat berbahan dasar terigu dan kentang ini pun cukup cerah. Tambah lagi cara dan langkah pembuatannya yang sederhana, menambah poin plus keuntungannya. Untuk Anda yang berminat buat donat kentang, resep kue donat berikut harus Anda coba.

Jika Anda berpikir bahwa membuat kue donat yang enak itu sulit, maka Anda salah. Meski nama kentang disematkan pada nama kue donat ini, namun komposisi tepung terigu tetap yang paling dominan. Penasaran dengan cara buatnya? Simak resep kue donat berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 4 butir kuning telur
  • 250 gram kentang
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram mentega
  • 100 ml air dingin
  • 50 gram susu bubuk full cream
  • 11 gram ragi instan
  • 1 liter minyak goreng
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan topping: Mentega, meses, dan gula halus @50 gram

Cara membuat Kue Donat Kentang:

  1. Pertama, cuci kentang segar sampai bersih, kemudian rebus sampai terasa lunak. Kupas kulitnya dan potong kentang menjadi kecil-kecil, tumbuk sampai halus.
  2. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, tambahkan gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan ke dalamnya, aduk. Kemudian masukkan kentang halus ke dalam adonan, aduk sampai rata.
  3. Tambahkan kuning telur dan air dingin, aduk lagi sampai rata. Setelah itu, tambahkan mentega dan garam, aduk dan remas-remas dengan tangan sampai terasa kalis dan tidak lengket.
  4. Siapkan wadah lalu masukkan adonan. Tutup wadah menggunakan kain basah, lalu diamkan selama 30 menit agar adonannya mengembang.
  5. Setelah mengembang, bentuk adonan donatnya, buat lubang ditengahnya. Cara membuat lubang bisa dengan cetakan atau manual. Untuk kue basah jenis donat ini, tidak ada resep rahasia selain kekuatan tangan dalam membentuk adonannya.
  6. Siapkan piring atau wadah yang sudah ditaburi tepung, lalu letakkan donat yang sudah dibentuk di atasnya. Diamkan donat selama 20 menit.
  7. Panaskan minyak goreng, lalu goreng donat sambil dibolak-balik sampai matang secara merata, dan berwarna kuning kecoklatan.
  8. Tiriskan donat yang sudah matang, olesi dengan mentega, lalu taburkan meses, gula halus, ataupun taburan yang lainnya.

Resep kue donat kentang ini mudah karena seperti membuat donat pada umumnya bukan? Kita tidak perlu menyiapakan alat khusus untuk membuat adonannya. Mengingat peminatnya yang banyak, kita bisa mempertimbangkan donat kentang sebagai salah satu usaha rumahan.

Selain resep donat kentang, resep lain yang layak kita pertimbangkan untuk dijadikan ladang bisnis rumahan adalah resep kue basah. Dengan adanya berbagai menu varian kue, maka akan semakin membuat orang tertarik untuk membelinya.

Resep Kue Donat Empuk dan Mengembang

resep dan cara membuat Kue Donat Empuk dan Mengembang

Resep yang kedua yaitu kue donat empuk dan mengembang. Meski sudah mengikuti resep yang sudah dipelajari, terkadang hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Rasa mungkin enak, tapi teksturnya bantat sehingga kurang memuaskan kita sebagai pembuatnya.

Tekstur bantat atau keras dan tidak mengembang sebenarnya dapat diatasi dengan cara sederhana, yaitu pemilihan bahan utamanya. Ya, kita tentu harus memilah tepung, kentang, dan telur berkualitas tinggi yang tentunya masih dalam keadaan segar.

Selain kualitas bahan dan resep yang harus diikuti, rahasia lainnya yaitu penggunaan baking soda secukupnya pada adonan kue. Jika ketiganya dipenuhi, maka kue donat empuk dan mengembang seperti produk Dunkin bukan lagi impian. Simak resepnya ini.

Bahan-bahan:

  • ½ kg tepung terigu
  • 4 sdm gula pasir
  • 5 sdm mentega
  • 200 cc air mineral
  • 3 sdm susu bubuk/SKM, sesuai selera
  • 10 gram ragi instan
  • 2 butir telur
  • 2 sdt garam

Cara membuat Kue Donat Empuk dan Mengembang:

  1. Pertama, kocok 2 butir telur hingga berbusa. Lakukan secara maksimal sebab mempengaruhi pengembangan kue.
  2. Campurkan garam, gula, mentega, tepung terigu dan susu. Kemudian aduk sampai benar-benar tercampur rata. Diamkan adonan.
  3. Siapkan campuran ragi dan air lalu tuang ke dalam adonan kue. Setelah tercampur, uleni sampai benar-benar kalis. Diamkan lagi adonan tersebut di dalam wadah yang tertutup selama 25 menit sampai adonan benar-benar mengembang.
  4. Cetak adonan menyerupai bulatan dan diberi lubang tengah agar menjadi kue donat. Beri tepung pada adonan dan tempat cetakan agar tidak lengket.
  5. Selanjutnya panaskan minyak goreng. Pastikan panas minyak terjaga agar kue bis mengembang dengan baik.
  6. Goreng adonan sampai benar-benar matang dan mengembang. Setelah itu, angkat dan tiriskan donat sampai kering. Beri variasi rasa, bisa dicampur cokelat, keju, seres, margarin atau yang lainnya sesuai selera.

Sederhana bukan, membuat kue donat ala Dunkin yang disukai banyak orang itu? Hindari penggunaan baking soda yang terlalu banyak, karena sebenarnya telurlah yang memiliki peran utama dalam membuat donat menjadi empuk dan mengembang.

Mungkin Anda Juga Suka: Resep Kue Brownies

Resep Kue Donat Kampung

resep dan cara membuat Kue Donat Kampung

Siapa bilang donat kampung itu membosankan atau tidak enak? Asalkan kita tahu cara membuatnya menjadi enak, dijamin tidak akan kalah dengan donat dunkin atau JCo. Rasanya juga lembut dan tidak membuat eneg karena tidak perlu menggunakan topping.

Donat kampung ini termasuk resep kue paling praktis mengingat kita tidk pelu memusingkan topping sebagai penghias donat gorengnya. Karena donat kampung lebih sering dijual tanpa topping. Tapi jika suka, bisa diberi mesis bermentega atau gula halus.

Meski dibuat dengan bahan biasa (bukan premium) sehingga cenderung berat dan mudah mengeras, donat kampung terasa ringan dan tidak seret di mulut. Selain itu, meski tanpa kentang, rasanya cukup empuk dan lembut.

Kita bisa menyajikan donat kampung untuk camilan keluarga, dijual, hajatan, atau acara besar lainnya. Langsung saja kita simak resep kue donat kampung ini.

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung cakra
  • 5 gram ragi instan (fermipan)
  • 20 gram gula pasir (penggunaan gulanya sesuai selera)
  • 1 butir kuning telur
  • 50 ml susu cair
  • 50 ml air dingin
  • 30 gram butter 30 gram (bisa di ganti margarin, tapi lebih enak butter)
  • ½ sdt garam

Bahan topping: Gula donat/gula halus secukupnya (boleh tanpa topping)

Cara membuat Kue Donat Kampung:

  1. Langkah pertama siapkan wadah lalu campur tepung terigu, gula pasir dan ragi instan.
  2. Masukkan satu per satu kuning telur, susu, dan air dingin. Aduk rata lalu uleni smpai kalis.
  3. Masukkan butter dan garam. Uleni kembali sampai kalis elastis.
  4. Diamkan kurang lebih 1 jam atau sampai adonan mengembang menjadi 2 kali lipat.
  5. Selanjutnya kempiskan adonan lalu bentuk bulat dan lubangi tengahnya sesuai selera.
  6. Diamkan lagi kurang lebih 30 menit untuk proofing kedua.
  7. Panaskan minyak dengan api kecil. Bolak-balik seperlunya agar minyak tidak terlalu banyak menyerap pada donat. Jadi cukup goreng dan diamkan 1 menit, baru dibalik. Angkat, tiriskan.
  8. Hias atau beri taburan gula halus sesuai selera. Donat kampung siap disajikan.

Seperti dua resep sebelumnya, keberhasilan dari resep kue donat kampung ini terletak pada bahan, keterampilan tangan, serta cara pembuatannya. Dengan pemenuhan ketiga syarat tersebut, donat kampung buatan Anda akan terasa seperti donat kota ala dunkin atau JCo.

Mungkin Anda Juga Suka: Resep Kue Putu Ayu

Resep Kue Donat Lembut

resep dan cara membuat Kue Donat Lembut

Berbedanya selera tiap orang tentu bukan hal yang aneh. Jika sebelumnya ada yang menginginkan donat empuk dan mengembang, sebagian lainnya menginginkan donat yang lembut, alias tidak keras. Atau ada juga yang menginginkan ketiganya.

Donat lembut identik dengan donat kentang. Namun jika kurang suka dengan kentang karena alasan selera, maka harus ada alternatif untuk membuat donat lembut tanpa kentang.

Salah satu brand donat terkenal selain Dunkin adalah JCo. Donat buatannya terkenal lembut dan awet disimpan lama. Selain itu, kemasannya didesain khusus untuk menjaga cita rasanya. Sebenarnya cara buat donat ini biasa tapi bahan-bahan impor menjadikannya luar biasa.

Penamaan donat JCo juga tergolong unik, kreatif, dan mudah diiingat. Misalnya varian Cheese Me Up yang menawarkan donat dengan topping lelehan keju serta Tira Miss U yang menawarkan topping tiramisu yang rasanya kini banyak digemari.

Menurut riset mandiri dari salah satu penyuka donat, donat JCo-lah yang paling awet dan layak konsumsi karena tekstur dan rasanya masih sama meski telah disimpan berbulan-bulan. Tertarik untuk bisa membuat donat super lembut ini? Intip resep kue donat berikut ini.

Bahan-bahan (12 porsi):

  • 250 gr tepung cakra
  • 30 gr susu bubuk (tidak masalah jika tidak pakai)
  • 35 gr gula kastor
  • 40 gr unsalted butter (mentega juga bisa)
  • 1/2 sdt bread improver (tidak masalah jika tidak pakai)
  • 5 gr ragi fermipan
  • 2 butir kuning telur
  • 125 ml air biasa
  • Garam secukupnya

Cara membuat Kue Donat Lembut:

  1. Siapkan wadah, masukkan semua bahan kering lalu aduk rata.
  2. Larutkan fermipan dengan 125 ml air kemudian diamkan selama 5 menit.
  3. Tuang larutan fermipan ke dalam bahan-bahan kering tadi. Aduk rata.
  4. Masukkan kuning telur lalu aduk lagi sampai rata. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga setengah kalis dan tidak ada lagi bubuk tepung di wadah. Pemakaian air 125 ml tidak harus sampai habis, cukup memenuhi kriteria kalis.
  5. Selanjutnya masukkan mentega dan garam lalu uleni hingga kalis atau terlihat licin.
  6. Timbang adonan dengan berat 20 gram. Bentuk bulat lalu diamkan hingga mengembang sempurna atau 2 kali lipat.
  7. Siapkan penggorengan dengan kuantitas minyaknya setengah dari tinggi donat. Balik satu kali saja untuk menghasilkan white ring (WR) tanpa menyerap banyak minyak.
  8. Siapkan piring saji lalu tiriskan donat yang sudah digoreng di atas tisu agar minyak mudah terserap keluar. Selanjutnya hias donat lembut ini dengan topping khas JCo, seperti Hola Mango (topping kuning cantik) atau Hello Berry (topping ungu manis).

Resep kue donat lembut di atas menggunakan cara konvensional tanpa cetakan. Cari laman resminya di internet jika tidak ada gerai JCo di dekat tempat tinggal Anda. Banyak jenis donat terbaru yang ditampilkan, termasuk 2 jenis topping di atas.

Kita bisa mencontoh toppingtopping yang menjadi hiasan donat-donat JCo. Setelah itu, sajikan donat super lembut ala JCo buatan Anda pada keluarga tercinta atau bekal makan siang sebagai pengganjal perut mereka. Dijamin akan membuat mereka ketagihan.

Mungkin Anda Juga Suka: Resep Kue Apem

Resep Kue Donat Biasa

resep dan cara membuat Kue Donat Biasa

Perut lapar kadang tidak mengenal waktu. Jika Anda termasuk orang yang sibuk, maka meski sudah sarapan beberapa jam lalu, cacing-cacing di perut bisa langsung protes dengan nyanyian keroncong mereka.

Rasa lapar juga sering muncul karena faktor cuaca. Saat musim penghujan tiba, kita akn mudah merasa lapar. Nah, enaknya ya makan gorengan atau jajanan hangat lainnya sebagai pengganjal perut sebelum waktu makan utama tiba.

Jika Anda bosan dengan gorengan, kue donat biasa bisa menjadi pilihan. Selain beli di warung, setidaknya kita juga harus tahu resepnya agar kemudian bisa membuatnya sendiri di rumah. Segera saja simak bahan-bahan, cara, dan resep kue donat berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung cakra
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm margarin
  • 1 sachet susu bubuk (bisa menggunakan susu formula batita)
  • 1 sdm fermipan
  • 1 sdt sp
  • 1 butir telur
  • Garam secukupnya
  • Air matang secukupnya

Bahan topping: Margarin dan meises secukupnya

Cara membuat Kue Donat Biasa:

  1. Langkah pertama siapkan wadah bersih lalu masukkan semua bahan sambil tuang air sedikit demi sedikit. Aduk hingga menggumpal dan uleni dengan tangan hingga kalis.
  2. Diamkan selama 30 menit, tutup dengan kain basah lalu tunggu sampai adonan mengembang.
  3. Selanjutnya kempeskan adonan, letakkan di piring yang telah ditaburi terigu.
  4. Bentuk donat sesuai selera kemudian diamkan kembali selama 1 jam.
  5. Siapkan penggorengan kemudian goreng hingga kecoklatan.
  6. Setelah dingin atau uap panas menghilang, beri topping.
  7. Donat biasa ala rumahan siap disantap. Jangan lupa untuk menyajikannya juga sebagai bekal keluarga tercinta.

Membuat donat biasa sama mudahnya dengan membuat donat kampung. Meski pemula, asalkan kita mempersiapkan bahan sesuai komposisi dan takaran yang sudah ditentukan, maka donat biasa menjadi luar biasa. Apalagi jika sekali coba terus hasilnya langsung enak.

Jika Anda memiliki cetakan pukis atau cetakan kecil lainnya, Anda bisa menerapkannya untuk resep kue pukis. Donat dan pukis ini bisa dijadikan andalan Anda untuk mengganjal perut yang lapar sebelum jam makan utama tiba.

Nah, 5 resep kue donat telah kita bahas bersama. Segera eksekusi agar semakin mahir dalam pembuatannya. Karena selain menjadi konsumsi dan pengganjal perut sendiri dan keluarga, kue donat bisa dijadikan ladang bisnis yang menguntungkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply