Panduan Lengkap Tentang Doa & Tata Cara Sholat Tahajud

Sholat Tahajud – Adakah seorang muslim yang tidak ingin mendapatkan derajat tertinggi di mata Allah Swt? Menjawab pertanyaan ini tentu semua muslim menginginkan derajat tertinggi dengan senantiasa takwa dan beramal saleh dihadapan Sang Pencipa.

Hal ini jua yang selalu terngiang di benak seluruh umat muslim di seluruh dunia. Maka dari itu, tidak heran jika mereka berlomba-lomba dalam hal kebaikan dengan melakukan amalan wajib maupun sunnah.

Bicara mengenai amalan sunnah, sebenarnya sangatlah banyak yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. Kita sebagai umatnya hanya disuruh memilih semampu kita, dan salah satu dari sunnah-sunnah tersebut ialah sholat tahajud.

Sholat Tahajud sendiri adalah sholat sunnah pada malam hari yang dikerjakan setelah bangun tidur. Jumlah rakaatnya minimal dua rakaat dan maksimal tidak terbatas.

Jika ditilik dari segi hukum, sholat tahajud tergolong ibadah sunnah mu’akad, yakni sebuah ibadah yang ditekankan oleh pengertian syara’.

Dengan adanya ketentuan tersebut, alangkah baiknya jika kita mengerti mengenai sholat secara mendalam mulai dari waktu sholat tahajud, niat sholat tahajud, tata cara sholat tahajud, waktu sholat tahajud, doa setelah sholat tahajud dan keutamaan sholat tahajud.

Bagi kamu yang belum mengetahui secara teknis bagaimana tata cara sholat tahajud, silahkan simak artikel di bawah ini.

1. Waktu Sholat Tahajud

Waktu dimulainya sholat tahajud

pixabay.com

Waktunya mulai seteah mengerjakan sholat isya’ sampai terbit fajar, namun dikerjakan di tengah malam lebih utama, dan mengerjakan sholat tahajud di rumah lebih utama daripada di masjid.

Baca Juga  Tuntunan Tata Cara & Doa Sholat Hajat yang Mudah Diingat

Bagi orang yang akan mengerjakan sholat tahajud disunnatkan tidur qailulah (tidur pada waktu siang hari sebelum zawal).

2. Niat Sholat Tahajud

niat sholat tahajud yang benar

Hakikat niat adalah keinginan kuat dalam hati yang disertai dengan pelaksanaan perbuatan tersebut, sebagaimana niat-niat yang lain. Jadi harap dilakukan dengan penuh penghayatan ya.

3. Tata Cara Sholat Tahajud

panduan tata cara sholat tahajud

adigabisman.net

Tidak ada perbedaan khusus dalam tata cara sholat tahajud dengan sholat yang lainnya. Adapun yang harus kita lakukan adalah:

Tata Cara Sholat Tahajud

  • Membaca niat, boleh diucapkan secara lisan atau dalam hati
  • Takbiratul ihram
  • Berdiri bagi yang mampu
  • Membaca Surat AL-Fatihah setiap rokaat yang dijalankan
  • Ruku’
  • ‘Itidal
  • Sujud dua kali
  • Duduk diantara dua sujud
  • Tuma’ninah (tenang sejenak) dalam ruku’, sujud, duduk diantara dua sujud dan i’tidal
  • Tasyahud akhir
  • Membaca sholawat kepada Nabi
  • Duduk karena melakukan tasyahud akhir dan sholawat salam
  • Salam yang pertama
  • Tertib (berurutan)

Terkait Surat yang dibaca setelah Al-Fatihah tidak ada ketentuan khusus. Namun, ada sebagian ulama yang berpendapat untuk membaca Surat Al-Falaq dan An-Naas. Hal tersebut dilakukan karena secara makna Surat tersebut mengandung doa perlindungan dari godaan setan.

Doa Setelah Sholat Tahajud

doa setelah sholat tahajud

Terkait dengan doa setelah sholat tahajud, kamu bisa memulainya dengan beristigfar, tasbih, tahmid, takbir dan tahlil sebanyak 33x. Setelah dzikir singkat ini sudah kamu munajatkan, kamu bisa berdoa dengan menyebutkan semua hajat yang sedang kamu butuhkan kemudian bisa ditutup dengan doa seperti gambar diatas.

Keutamaan Sholat Tahajud

ulama yang mengamalkan ilmunya

Sebagaiamana telah dipaparkan di atas bahwasanya sholat tahajud merupakan salah satu ibadah yang tergolong sunnah mu’akad tentu tidak hanya kebetulan semata. Banyak keutamaan sholat tahajud yang akan dirasakan bagi siapa saja yang menjalankannya.

Berikut adalah kumpulan keutamaan sholat tahajud yang akan lebih meyakinkanmu untuk menjadikan ibadah ini sebagai amalan sunnah andalan dalam menerangi jalan hidupmu.

Baca Juga  Tuntunan Lengkap Tentang Doa & Tata Cara Sholat Dhuha

1. Allah Mengangkat Derajat ke Tempat yang Terpuji

Mungkin inilah salah satu keutamaan sholat tahajjud yang paling dinantikan oleh semua kaum muslimin. Ya, hal ini sangat jelas di paparkan dalam Al-Quran Surat Al-Isra’ ayat 79.

Tidak hanya itu, Abi Darda r.a meriwayatkan hadist Rasulullah yang sangat indah dan dalam maknanya.

Ada 3 macam manusia, Allah SWT mencintai mereka, tersenyum kepada mereka, dan merasa senang dengan mereka, yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembut dan bagus. Kemudian ia bangun malam (untuk sholat), lalu Allah SWT berkata: ‘Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur. (Riwayat Ath-Thabrani).

2. Dikabulkan Doa

Sudah menjadi informasi yang umum bahwa sepertiga malam terakhir adalah satu diantara waktu yang paling baik untuk berdoa. Namun, tidak bisa dipungkiri jika bangun di jam ini sangatlah sukar untuk dilakukan.

Jadi, sangatlah wajar apabila Allah memberi keutamaan khusus berupa dikabulkannya doa bagi hamba-Nya yang rela meninggalkan ranjang yang nyaman demi untuk munajat kepada-Nya.

3. Meringankan Pada Hari Kiamat

Keutamaan sholat tahajud yang ke tiga adalah meringankan kita dari lamanya berdiri pada hari kiamat kelak. Terkait hal ini dinyatakan oleh Ibnu Abbas r.a, yang berkata:

Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh Allah, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah di malam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir. (Ibnu Jarir Ath-Thabari, tafsir Ibnu Jarir).

4. Mencegah Perbuatan Dosa dan Kejahatan

Berada di jalan yang lurus merupakan sebuah doa yang kita ulang-ulang dalam Surat Al-Fatihah. Keutamaan sholat tahajud dalam mencegah perbuatan dosa dan kejahatan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Karena, definisi takwa adalah menjalankan semua perintah-Nya dan menjauhi semua yang dilarang oleh-Nya.

Mengenai keutamaan ini sesuai Sabda Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh Abu Umammah Al-Bahli r.a, yang berbunyi:

Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan. (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim)

5. Mengusir Penyakit dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidak hanya kemualiaan di akhirat saja yang terdapat dalam keutamaan sholat tahajud. Kesehatan badan kita juga otomatis terupgrade dengan sendirinya.

Ya, mungkin banyak yang belum menyadari jikalau sholat tahajud dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila kita perhatikan, tata cara sholat tahajud mengharuskan kita bangun dari tidur di sepertiga malam menjelang subuh.

Ketika itu, udara yang kita hirup masih sangat segar bagi paru-paru. Tubuh kita pun bergerak layaknya sebuah senam aerobik, gerakan-gerakan sholat tahajud membuat aliran darah lancar dan tubuh semakin segar.

Di sisi lain, pernafasan kita begitu optimal dengan mendapatkan asupan oksigen yang masih fresh. Olahraga dan meditasi kita dapatkan dalam sebuah kegiatan yang sangat positif. Dan kita semua tahu, manfaat terbesar dari dua aktivitas tersebut adalah meningkatkan kekebalan tubuh.

Hal ini senada dengan penelitian yang dilakukan Prof. Dr. Mohammad Shaleh. Secara lebih rinci beliau mengatakan bahwa meningkatnya kekebalan tubuh dengan sendirinya penyakit akan menyerah dan musnah.

Leave a Reply