5 Contoh CV Menarik & Profesional yang Pasti Mengantarkanmu Kemeja Wawancara

Contoh CV – Kehidupan yang sesungguhnya adalah saat kamu lulus kuliah dan menjadi sarjana. Kamu dihadapkan dengan realitas hidup dan harus mulai hidup mandiri, jika tidak melanjutkan studi ya pilihannya bekerja.

Tidak sedikit teman-teman yang bercerita kesulitan mencari kerja, padahal puluhan bahkan ratusan CV lamaran kerja sudah dikirim ke berbagai perusahaan, berbulan-bulan menunggu namun panggilan tak kunjung datang.

Kegagalan itu harus dianalisis kenapa, biasanya format CV dan surat lamaran kerja yang baik dan benar, akan mengantarkanmu minimal kemeja wawancara.

Masa depan cerah datang bagi mereka yang bergegas menjemputnya. namun, tidak bagi mereka yang bermalas-malasan menunggunya. – Ridwan Kamil-

Saat perusahaan membuka lowongan pekerjaan, bagian HRD atau Human Resources Development yang menyeleksi CV dan surat lamaran kerja yang masuk. Mereka memiliki standar rekruitmen yang telah ditetapkan perusahaan

Format CV dan surat lamaran kerja yang paling memenuhi standar perusahaan mereka yang akan di follow up untuk melakukan tahapan rekruitmen selanjutnya.

Nah, buat teman-teman yang baru lulus kuliah dan belum pernah menulis CV lamaran kerja sama sekali, saya akan memberikan contoh bagaimana menulis format CV yang baik dan benar.

Perlu kamu sadari, fakta bahwa jumlah lowongan pekerjaan di Indonesia tidaklah sebanding dengan pencari kerja.

Berdasarkan data yang dipaparkan Faridah Lim, Country Manager Jobstreet.com, pada tahun 2016 di Indonesia ada 16 juta orang pencari kerja produktif yang pasti akan bertambah setiap tahunnya.

Artinya kamu harus bekerja keras untuk memenangkan persaingan dengan pencari kerja yang lain, minimal dengan CV yang berkualitas akan mengantarkan kamu kemeja wawancara.

Sebelum menulis CV, khusus untuk fresh graduate atau yang masih pemula, sebaiknya baca dengan baik semua step bagaimana menulis format CV yang berkualitas dan menarik HRD sampai selesai.

Cara Membuat CV Untuk Pemula

cara membuat cv yang menarik

pexels.com

Memenangkan persaingan dengan ratusan atau bahkan ribuan pelamar untuk posisi yang sama dan mereka memiliki kualifikasi yang sama dengan kamu bukan hal yang mudah, namun bukan berarti tidak mungkin.

Saat ini ada banyak cara Perusahaan untuk menemukan kandidat yang mereka butuhkan, bisa melalui open recruitment langsung atau menggunakan online platform yang mempertemukan antara tenaga kerja dan pencari kerja, diantaranya:

  • Glints
  • Qerja
  • Indeed
  • Urbanhire
  • Jora
  • Jobstreet
  • JobsDB

Jika kamu menggunakan salah satu platform online diatas, biasanya kamu langsung mengisi form CV online saat registrasi, mulai dari skill, pengalaman, sampai ekspektasi gaji yang diinginkan.

Kegagalan hanya terjadi bila kita menyerah. – BJ. Habibie-

Untuk yang mengikuti rekruitmen langsung, biasanya tidak ada format tertentu dari Perusahaan, jadi kamu harus menulis CV terbaik kamu dengan format yang baik dan terlihat profesional, langsung saja perhatikan tips dibawah ini:

  • Kesalahan umum teman-teman yang baru menulis CV pertama kali, biasanya menuliskan semua pengalaman dan prestasi yang sebenarnya tidak relevan dengan pekerjaan yang dilamar.
  • Poinnya adalah saat HRD mereview CV kamu, kualifikasi kamu sesuai dengan yang dicari perusahaan.

So, langsung saja to the point fokus pada halaman pertama CV dengan menuliskan pengalaman dan skill yang relevan dengan kualifikasi posisi yang kamu lamar.

  • Sebelum submit CV pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa, mungkin ini hal sepele namun banyak teman-teman yang tidak teliti dengan ejaan dan tata bahasa.
  • Hal terburuk yang terjadi, CV hanya berakhir di tempat sampah karena dianggap tidak profesional
  • Jika perusahaan meminta kamu untuk mengirim CV dalam bentuk soft file, yang harus kamu kirim adalah CV dalam format PDF.

Kamu juga harus mempertimbangan perangkat lunak (software) yang digunakan oleh HRD. Jika perangkat lunak yang mereka gunakan berbeda versi dengan yang kamu gunakan dikhawatirkan tidak dapat membaca CV kamu secara akurat, maka lebih baik gunakan format yang lebih sederhana.

  • Simpan file CV pdf kamu dengan nama yang jelas misal “FARIANA SUTEDJO CV.pdf“ yang penting formatnya “nama depan_nama belakang_cv.pdf”

Format seperti ini akan memudahkan HRD untuk mencari file CV kamu. Hal yang perlu dihindari teman-teman saat memberi nama file adalah jangan menggunakan nama seperti “CV_OKE.pdf”. Selain menyulitkan dalam pencarian, nama-nama seperti ini menunjukkan ketidakseriusan.

  • Gunakan font yang formal dan mudah dibaca, standar ukuran font 10 sampai 12 untuk ukuran page A4, jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar.

Kamu bisa menggunakan font seperti Calibri, Arial, Verdana, Cambria atau Garamond, pastikan CV kamu mudah dibaca. Selanjutnya, Kamu dapat mempertebal font untuk membuat CV semakin jelas, seperti dibagian prestasi, skill, atau pengalaman.

Etika dalam Membuat CV

cara membuat cv yang baik dan benar

pixabay.com

Banyak diantara para pelamar yang memiliki skill yang memenuhi kualifikasi bahkan lebih baik, salah satunya lulus dengan predikat cumlaude lulusan universitas ternama.

Apakah mereka pasti diterima kerja? belum tentu, kalau hanya lulus dengan perdikat cumlaude universitas ternama, ada jutaan sarjna di Indonesia dan tidak sedikit yang masih menganggur.

Kalau kau menginginkan sesuatu yang belum pernah kau punya, maka kau harus melakukan sesuatu yang belum pernah kau lakukan. -anonymous-

Attitude menjadi pertimbangan penting perusahaan saat mencari karyawan, karena tanpa attitude, kecerdasan dan skill tidak pernah ada artinya. Dibawah ini ada beberpa poin yang harus kamu perhatikan saat menulis CV.

  • Menulis CV lamaran kerja dengan jujur, semua yang kamu tulis dalam CV lamaran kerja harus dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
  • Refrensi, untuk kamu yang sudah pernah bekerja sebelumnya mencantumkan refrensi sangatlah penting, misalnya atasan kamu, hal ini akan membantu HRD untuk melihat track record kamu di perusahaan sebelumnya
  • Sosial media, jika kamu mencantumkan sosial media (Facebook, Twitter, Instagram) pada CV, kamu harus pastikan timeline sosial media tidak ada konten-konten negatif yang merusak citra kamu sendiri, karena beberapa HRD pasti ada yang mengecek sosial media.

Setelah kamu sudah paham bagaimana trik menulis CV yang bagus, langsung saja kamu bisa melihat contoh – contoh CV yang menarik dibawah ini

1. Contoh CV Fresh Graduate

contoh cv lamaran kerja yang menarik

Contoh CV untuk Fresh Graduate

Ini adalah format contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman yang bisa kamu jadikan refrensi, mudah dibaca, jelas dan dengan desain template yang profesional.

Bagian pojok kiri atas beri foto terbaik kamu, usahakan foto dengan high resolution, menarik , dan formal.

Dibawahnya sertakan kontak yang bisa dihubungi , standarnya alamat tempat tinggal, telefon, Whatshapp, Line, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram), serta website (jika punya).

Selanjutnya kemampuan bahasa, menguasai lebih dari satu bahasa seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, atau bahasa asing lainnya, akan menjadi nilai lebih untuk kamu

berikan parameter untuk level kemampuan bahasa yang kamu kuasai misal intermediate, advanced, atau profiencient.

Agar lebih terlihat profesional dan menarik Kamu bisa membuat parameter level kemampuan berbahasa dengan memvisualisasikannya dengan presentase dalam diagaram

Setelah itu, dibawahnya tuliskan ketrampilan atau skill kamu secara ringkas dan jelas, berikan informasi yang relevan dengan posisi yang kamu inginkan.

Anak muda memang minim pengalaman, karena ia tak tawarkan masa lalu. Anak muda menawarkan masa depan. – Anies Baswedan-

Nah, sekarang part sebelah kanan, mulai dari atas adalah profil diri seperti jenis kelamin, tempat tanggal lahir, agama, status pernikahan, dan kewarganegaraan

Formatnya juga tidak harus seperti contoh diatas tergantung pekerjaan apa yang kamu ingin lamar, misal bekerja di industri kreatif biasanya tidak perlu mencantumkan status pernikahan, agama, atau jenis kelamin.

Lanjut ke riwayat pendidikan, kalau format CV yang lama riwayat pendidikan “SD,SMP, SMA, S1,….” Ditulis, kalau CV yang format terbaru langsung saja ditulis pendidikan terkahir, misal tingkat pendidikan terakhir sampai S2 yang ditulis di CV pendidikan S1 dan S2.

Nah, selanjutnya prestasi, kamu bisa menuliskan prestasi yang pernah kamu raih, ini akan menjadi nilai lebih.

Untuk yang tidak memilki prestasi bisa juga diganti dengan pengalaman organisasi, atau project-project yang pernah kamu ikuti dan berperan sebagai apa kamu dalam organisasi atau project tersebut.

Part terakhir pengalaman kerja, buat kamu fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja, jangan khawatir kamu bisa menuliskan pengalaman magagang atau kerja praktek saat kamu masih mahasiswa.

Untuk hobi sifatnya additional, kalau hobi kamu relevan bisa ditambahkan, misal hobi kamu traveling dan kamu melamar sebagai presenter di program TV petualangan contohnya “my trip, my adventure”, Ini akan menjadi nilai lebih.

Sebaliknya kalau hobi kamu tidak relevan, sebaiknya tidak perlu dicantumkan. Misal daftar kerja di Bank sebagai frontliner development dan hobi kamu memasak, ini tidak relevan dan tidak menambah value pada CV kamu.

Solusi buat kamu yang kesulitan membuat CV profesional follow Instagram @id.resume atau langsung hubungi 081331602572, hanya dalam 2×24 jam kamu bisa mendapatkan CV profesionalmu yang mengantarkanmu ke meja interview.

2. Contoh CV Bahasa Inggris

contoh cv bahasa inggris

Contoh CV dalam Bahasa Inggris

Jika kamu ingin bekerja di perusahaan multinasional atau perusahaan berbasis teknologi, kemampuan berbahasa inggris merupakan hal yang sangat fundamental.

Biasanya perusahaan perusahaan tersebut menjadikan kemampuan berbahasa sebagai kualifikasi wajib yang harus dipenuhi.

Satu-satunya cara melakukan sebuah pekerjaan yang luar biasa adalah dengan mencintai apa yang saat ini tengah anda kerjakan. – Steve Job-

Untuk yang kedua, ini adalah contoh penulisan CV yang profesional dalam bahasa inggris, formatnya tidak jauh beda dengan yang sebelumnya, namun ini lebih ringkas dan to the point, ada 6 part diantaranya sebagai berikut:

  • Profile, menjelaskan dengan singkat atau satu kalimat kamu passionate di bidang apa
  • Contact, kamu bisa mencantumkan alamat rumah, nomer telepon, media sosial, dan website
  • Skills, buat bullet list jika kamu memiliki lebih dari tiga skills dibidang kamu
  • Experience, dibagian ini kamu bisa mengisi dengan pengalaman kerja atau project yang pernah kamu lakukan
  • Education, untuk pendidikan biasanya hanya ditulis pendidikan terakhir yang kamu tempuh
  • Software, Jika kamu menguasai software tertentu yang relevan dengan pekerjaan kamu, tuliskan kemampuan kamu di level apa

Buat kamu yang menulis format CV dalam bahasa inggris, hal yang paling penting yaitu jangan sampai ada kesalahan ejaan dan grammar. Teliti sebelum submit kalau perlu baca berulang-ulang dan minta review beberapa teman.

Solusi buat kamu yang kesulitan membuat CV profesional follow Instagram @id.resume atau langsung hubungi 081331602572, hanya dalam 2×24 jam kamu bisa mendapatkan CV profesionalmu yang mengantarkanmu ke meja interview.

3. Contoh CV Kreatif

Contoh CV Kreatif bahasa Indonesia

Contoh CV Kreatif

CV kreatif dengan template yang penuh warna sangatlah atraktif, contoh cv kreatif seperti ini cocok untuk kamu yang ingin bekerja di bidang creative digital. Untuk membuat CV menarik dan kreatif, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan, yakni:

  • Kamu bisa mengeksplorasi kreativitas yang dapat menjelaskan karakteristik kamu terkait dengan posisi yang dilamar.
  • Bermainlah dengan font. Pada CV kreatif, kamu dapat membebaskan imajinasimu untuk menempatkan font yang membuat CV mu menjadi menarik untuk di baca, Namun harus diingat bahwa tidaklah baik untuk menaruh terlalu banyak font dalam CV karena dapat memberikan kesan bahwa kamu masih kekanak-kanakkan.
  • Tempatkan informasi yang ingin kamu tampilkan, secara jelas. Pastikan warna dan font dapat terbaca dengan jelas. Jangan sampai hanya karena ingin terlihat kreatif, informasi dalam CV mu malah tidak terbaca.
  • Selalu cantumkan nomor kontak dan email. Nomor kontak dan email ini tidak harus berada di atas, dapat ditempatkan di mana saja selama itu terlihat jelas dan menarik.

Solusi buat kamu yang kesulitan membuat CV profesional follow Instagram @id.resume atau langsung hubungi 081331602572, hanya dalam 2×24 jam kamu bisa mendapatkan CV profesionalmu yang mengantarkanmu ke meja interview.

4. Contoh CV untuk Lulusan SMA/SMK

contoh cv untuk lulusan SMA

Contoh CV yang Baik dan Benar

Tidak peduli pendidikan terakhirnya apa, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja sesuai dengan kualifikasi mereka. Ini salah satu contoh format CV kerja untuk kamu yang lulus SMA/SMK.

Contohnya di startup digital, untuk posisi tertentu seperti graphic desainer, copy writer, web developer, atau app developer. Tidak terlalu penting kamu kuliah dimana, tapi lebih ke “kamu bisa apa?” dan attitude

Perusahaan teknologi sebesar Facebook sendiri pernah memiliki karyawan termuda dengan usia 17 th dengan posisi product manager

Nah, Contoh format CV Kerja diatas termasuk kategori CV kreatif, untuk kamu yang lulusan SMK/SMA dan memiliki ketertarikan bekerja di bidang creative digital kamu dapat menggunakam format contoh CV seperti ini

  • Tentang saya, deskripsi tentang passion kamu secara global, maksimal 4 baris
  • Kontak, pada umumnya kontak alamat rumah , email, nomer telepon, dan sosial media
  • Prestasi, mencantumkan prestasi akan menjadi nilai lebih pada CV kamu
  • Pendidikan, untuk pendidikan juga kamu mengikuti format cv kerja terbaru, cukup kamu cantumkan pendidikan terkahi, jika kamu memiliki pendidikan non formal dan berhubungan dengan posisi yang kamu inginkan bisa ditambahkan
  • Pengalaman Organisasi, ini part yang cukup penting karena HRD bisa menganalisa kamu orang yang seperti apa, misalnya dapat bekerja dalam tim, bekerja dalam tekanan, dan memiliki skill leadership yang bagus
  • Skills, keahlian yang sifatnya teknikal , ini menjadi nilai lebih dan salah satu pertimbangan utama HRD untuk memutuskan ke meja wawancara.

5. Contoh CV yang Baik dan Benar

contoh cv yang baik dan benar

CURRICULUM VITAE

A. Data Pribadi

Nama  Irina Sartika
Jenis Kelamin Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir Jakarta, 24 Juli 1995
Kewarganegaraan  Indonesia
Agama Islam
Status Perkawinan Menikah
Tinggi/Berat Badan 165/56
Alamat Komplek Nusa Indah no 45 Jakarta Selatan
Telpon & HP 021-7250956/085745391664
Email  [email protected]

B. Riwayat Pendidikan

I. Formal

Tingkat Pendidikan Tempat Pendidikan Program Studi Tahun Lulus
SMA Tunas Bangsa IPA 2012
Perguruan Tinggi Universitas Pelita Manajemen Keuangan 2016

II. Non Formal

Pelatihan/Kursus Tempat Pelatihan Level Tahun
Bahasa Inggris LIA Advance 2013 – 2014
Bahasa Mandarin Xin Xie Languge Course Intermediate 2014 – 2016

C. Kemampuan dan Keterampilan

  1. Mengoperasikan komputer (Microsoft Office)
  2. Berkomunikasi dalam bahasa Inggris (mahir)
  3. Berkomunikasi dalam bahasa Mandarin (baik)

D. Pengalaman Organisasi

Nama Organisasi Posisi/Jabatan Tempat Tahun
Karya Ilmiah Remaja (KIR) Ketua SMA Tunas Bangsa 2010 – 2011
Asosiasi Wirausaha Indonesia (AWI) Bendahara Jakarta 2014 – Sekarang

E. Pengalaman Kerja

Nama Perusahaan Posisi/Jabatan Tugas/Wewenang Tahun
PT. Cepat Kaya Finance Staff Membuat laporan keuangan Juni 2015 – Juni 2016

CV di atas merupakan contoh CV lamaran kerja yang paling sederhana dan mungkin hanya berlaku untuk institusi atau perusahaan yang menganut sistem kerja yang sederhana (tidak terlalu menitikberatkan pada kreativitas).

Solusi buat kamu yang kesulitan membuat CV profesional follow Instagram @id.resume atau langsung hubungi 081331602572, hanya dalam 2×24 jam kamu bisa mendapatkan CV profesionalmu yang mengantarkanmu ke meja interview.

Untuk kamu yang sedang berjuang selamat mencoba, ada yang sekali melamar langsung diterima, ada juga yang mendaftar puluhan bahkan sampai ratusan list lowongan kerja dimasuki, sampai akhirnya mendapatkan pekerjaan yang sesuai

Perlu kamu ingat semua hal baik tidak pernah datang terlambat, yang terpenting semangat berjuang dan tidak berhenti pada kegagalan, tulis CV lamaran kerja kamu sebaik mungkin .

Buat yang masih bingung membuat format CV yang menarik dan profesioanal, kamu bisa langsung download template CV dibawah ini. Tapi kalau kamu ingin CV yang lebih ekseklusif dan menarik, kamu bisa langsung hubungi @id.resume.

 

Leave a Reply