5 Contoh CV Fresh Graduate yang Bakal Bikin Kamu Diterima Kerja

Contoh CV Fresh Graduate – Mengetahui cara membuat CV yang menarik dan efektif merupakan keinginan semua orang agar dapat dilirik oleh institusi yang diminatinya.

Karenanya, banyak muncul bentuk CV untuk mengakomodasi keinginan tersebut. Sebelum kita melihat beberapa contoh CV yang mungkin cocok dengan selera kamu, mari kita lihat arti dari CV itu sendiri.

CV merupakan singkatan dari curriculum vitae, yakni sebuah format tulisan yang memuat riwayat hidup seseorang secara singkat. Riwayat hidup ini terdiri dari nama, alamat (tempat tinggal), jenjang pendidikan, dan pengalaman (baik pengalaman organisasi maupun pengalaman bekerja) yang telah dilalui seseorang.

Mengapa pelamar kerja harus dapat membuat CV yang menarik dan efektif? Jawabannya adalah karena CV merupakan informasi paling awal yang akan memberikan gambaran kualifikasi pelamar, karena itu CV lamaran kerja harus dibuat semenarik mungkin.

Tidak hanya menarik tetapi juga efektif. CV harus berisi kata-kata yang menarik namun ringkas dan padat, karena kata-kata yang bertele-tele akan membuat cukup banyak waktu terbuang untuk membacanya.

Dan (CV seperti) itu sulit untuk dilirik calon pemberi kerja kamu. Karenanya, pastikan bahwa CV kamu akan selalu menarik dan efektif.

Untuk membuat CV kamu tampak menarik dan (menggunakan bahasa yang) efekif, pastikan kamu memenuhi kriteria pembuatan CV dibawah ini.

Kejujuran

Kejujuran harus terdapat dalam cv

Pastikan semua data yang kamu tampilkan pada CV mu merupakan data yang benar dan valid. Data yang benar dan valid merupakan cermin kejujuranmu sebagai pelamar dan memberikan masukan awal kepada calon pemberi kerja dalam menilai dirimu.

Satu hal kecil yang terbukti sebagai ketidakjujuran akan dapat menghapus kesempatanmu sama sekali untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Misalkan; pengalaman kerja.

Jika kamu tidak pernah bekerja, jangan cantumkan pengalaman pekerjaan. Atau, mencantumkan keterampilan yang sebenarnya tidak kamu miliki seperti mampu berbahasa Mandarin dengan baik.

Keterkaitan

contoh cv yang menarik

Selalu cantumkan hal yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar. Jika kamu memiliki beberapa pengalaman pekerjaan, hanya cantumkan pengalaman pekerjaan yang berkaitan dengan posisi yang kamu lamar.

Mencantumkan informasi yang tidak perlu dapat membuat calon pemberi kerja berpikir bahwa kamu adalah pribadi yang tidak fokus.

Namun untuk kemampuan atau keterampilan, kamu dapat memuatnya sebanyak mungkin dengan tetap membuat calon pemberi kerja dapat melihat hubungan di antara kemampuan dan keterampilan tersebut. Misal, kemampuan bermain musik.

Jika kamu dapat membuat calon pemberi kerja melihat bahwa kemampuan bermain musikmu akan dapat membantu membentuk suasana yang menyenangkan dalam bekerja, kamu bisa mendapatkan poin tambahan pada kemampuan bekerja dalam tim.

Setelah kriteria di atas terpenuhi, pastikan CV yang kamu buat mengikuti format yang diminta. Umumnya CV dibuat di atas kertas putih polos dengan jenis huruf Arial atau Times New Roman 12. Panjang CV antara satu hingga tiga halaman. Berikut adalah contoh susunan pada CV.

1. Contoh CV Fresh Graduate

contoh cv yang baik dan benar

Cara membuat cv sebenarnya cukup mudah, mungkin bagi kamu yang masih Fresh Graduate suka bingung untuk menampilkan yang terbaik. Langsung saja serap contoh CV di bawah ini.

CURRICULUM VITAE

A. Data Pribadi

Nama Irina Sartika
Jenis Kelamin Perempuan
Tempat/Tanggal Lahir Jakarta, 24 Juli 1995
Kewarganegaraan Indonesia
Agama Islam
Status Perkawinan Menikah
Tinggi/Berat Badan 165/56
Alamat Komplek Nusa Indah no 45 Jakarta Selatan
Telpon & HP 021-7250956/085745391664
Email [email protected]

B. Riwayat Pendidikan

I. Formal

Tingkat Pendidikan Tempat Pendidikan Program Studi Tahun Lulus
SMA Tunas Bangsa IPA 2012
Perguruan Tinggi Universitas Pelita Manajemen Keuangan 2016

II. Non Formal

Pelatihan/Kursus Tempat Pelatihan Level Tahun
Bahasa Inggris LIA Advance 2013 – 2014
Bahasa Mandarin Xin Xie Languge Course Intermediate 2014 – 2016

C. Kemampuan dan Keterampilan

  1. Mengoperasikan komputer (Microsoft Office)
  2. Berkomunikasi dalam bahasa Inggris (mahir)
  3. Berkomunikasi dalam bahasa Mandarin (baik)

D. Pengalaman Organisasi

Nama Organisasi Posisi/Jabatan Tempat Tahun
Karya Ilmiah Remaja (KIR) Ketua SMA Tunas Bangsa 2010 – 2011
Asosiasi Wirausaha Indonesia (AWI) Bendahara Jakarta 2014 – Sekarang

E. Pengalaman Kerja

Nama Perusahaan Posisi/Jabatan Tugas/Wewenang Tahun
PT. Cepat Kaya Finance Staff Membuat laporan keuangan Juni 2015 – Juni 2016

CV di atas merupakan contoh CV lamaran kerja yang paling sederhana dan mungkin hanya berlaku untuk institusi atau perusahaan yang menganut sistem kerja yang sederhana (tidak terlalu menitikberatkan pada kreativitas).

Pada contoh CV di atas, ada beberapa hal yang merupakan ketentuan yang berlaku pada CV umumnya, yakni:

  • CV selalu dibuka dengan data pribadi yang terdiri nama, alamat dan nomor kontak. Untuk keterangan fisik seperti tinggi dan berat badan, informasi ini hanya diberikan jika memang diminta oleh calon pemberi kerja. Jika tidak diminta, tidak perlu untuk memasukkan data tersebut.
  • Latar belakang pendidikan terdiri dari pendidikan formal dan informal. Urutan teratas diisi dengan pendidikan terakhir. Untuk pendidikan formal, cantumkan hanya dua atau tiga pendidikan terakhir, misal dari SMU. Tidak perlu mencantumkan riwayat pendidikan dari TK atau SD.
  • Harus selalu kamu ingat bahwa contoh CV di atas, walaupun merupakan contoh CV yang baik, bukanlah contoh CV yang menarik. Jika kamu melamar pada perusahaan yang bergerak di jasa kreatif seperti pemasaran dan periklanan, maka kamu harus membuat CV yang menarik dan kreatif.

Untuk membuat CV menarik dan kreatif, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan, yakni:

  1. Gunakan kombinasi warna yang menarik. Warna yang digunakan tidak harus berwarna-warni seperti bunga di taman, namun dapat menjelaskan karakteristik dirimu terkait dengan posisi yang kamu lamar.
  2. Bermainlah dengan font. Pada CV kreatif, kamu dapat membebaskan imajinasimu untuk menempatkan font yang membuat CV mu menjadi menarik untuk di baca. Namun harus diingat bahwa tidaklah baik untuk menaruh terlalu banyak font dalam CV karena dapat memberikan kesan bahwa kamu masih kekanak-kanakkan.
  3. Tempatkan informasi yang ingin kamu tampilkan, secara jelas. Pastikan warna dan font dapat terbaca dengan jelas. Jangan sampai hanya karena ingin terlihat kreatif, informasi dalam CV mu malah tidak terbaca.
  4. Selalu cantumkan nomor kontak dan email. Nomor kontak dan email ini tidak harus berada di atas. Mereka dapat ditempatkan di mana saja selama itu terlihat jelas dan menarik.

Kriteria di atas dapat terlihat pada contoh CV kreatif di bawah ini:

2. Contoh CV kreatif

contoh cv yang kreatif dan menarik untuk fresh graduate

Contoh CV Bahasa Inggris Untuk Fresh Graduate

Jika kamu menemui kesulitan untuk membuat lay-out untuk CV kreatif, kamu dapat mengunduhnya di situs-situs sebagai berikut:

  1. ResumUPn (www.resumup.com)
  2. Easel.ly (www.easel.ly)
  3. Visual CV (www.visualcv.com)
  4. Online CV Generator (www.onlinecvgenerator.com)
  5. Resume Baking (www.resumebaking.com)
  6. Kick Resume (www.kickresume.com)

Selain mencari lay-out yang sesuai dengan seleramu dan area bisnis perusahaan yang kamu lamar, kamu juga harus perhatikan ketentuan yang diberikan oleh si pemberi kerja.

Jika dalam iklan, mereka mengatakan bahwa lamaran harus dibuat pada word document font 12, ikuti ketentuan itu.

Kamu juga harus mempertimbangan perangkat lunak (software) yang digunakan oleh si pemberi kerja. Jika perangkat lunak yang mereka gunakan dikhawatirkan tidak dapat membaca CV mu secara akurat, maka lebih baik gunakan format yang lebih sederhana.

Cukup mudah bukan? Kamu tinggal mengunduh template yang kamu inginkan dan mengisinya dengan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kriteria yang diminta.

3. Contoh CV Bahasa Inggris

contoh cv bahasa inggris

Format contoh CV di bawah ini biasanya sering digunakan oleh mahasiswa yang sedang mengajukan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Jika dilihat memang sederhana, namun cukup powerfull untuk membuat penerima jatuh hati.

CURRICULUM VITAE

INDAH PERMATA

Address :
Ds. Bendosari, RT/RW 01/01
Kec. Plosoklaten, Kab. Kediri Jawa Timur, Indonesia 64175
Email: [email protected]
Mobile: +6281335777572

Place / Date of Birth Tulungagung, 20th July 1992
Nationality INDONESIA
Education Sarjana / Bachelor of Dakwah Management (GPA: 3.56 / 4.0) Faculty of Dakwah and Communication, Islamic State University of Sunan Kalijaga Yogyakarta
Informal Education Alumnus, Feminist School of Woman Mahardika Yogyakarta, (2012)
Alumnus, Komplek Gedung Putih, Islamic Boarding School of Krapyak Yogyakarta (2014)
Occupation As a Video Editor PT Dhoho Televisi Media, (2009)
As a Freelance Private Tutor, (2013-2014)
As a Lecture Assistant of Operational Management subject, Dakwah and Communication Departement, Islamic State University of Sunan Kalijaga Yogyakarta, (2014)
As a Tutor in Schooling Department, TEST English
School, Kampung Inggris, Pare (2015-2016)
As a Lecture Assistant of Entrepreneurship subject, Faculty of Islamic Economics and Business, Islamic State University of Sunan Kalijaga Yogyakarta, (2016)
As an Internet Marketer, Self Employed (2016-2017)
As a Trainer, Sekolah Dodolan Online (SDO) Ansor Young Movement, (Tulungagung, 2017)
Organization As a Martial Arts Coach, Persaudaraan Setia Hati Terate of Martial Arts (2007-2014)
As an Official Athlete, SH cup of East Java Province, IAIN Tulungagung, (2009)
As a Volunteer, PLD (The Center for Disabilities People Studies and Services), (Yogyakarta, 2011)
As a Member, CENDI (Center For Entrepreneurship Studies), (Yogyakarta, 2011-2013)
As a Member, KOMUS (Youth Entrepreneur Society), (Yogyakarta, 2012)
As a Volunteer, School House of Amanatul Koran Yogyakarta (2012-2014)
As a Head of Education Departement, Komplek Gedung Putih, Islamic Boarding School of Krapyak (Yogyakarta, 2011-2013)
As a Treasurer, Komplek Gedung Putih, Islamic Boarding School of Krapyak (Yogyakarta, 2014)
As a Head of Homeschooling Dormitory, TEST English School (Kediri, 2014)
As a Head of IELTS Dormitory, TEST English School (Kediri, 2015)
As a Member, Alumni Keluarga BLajar Ngelapak by Bukalapak.com, (2016-2017)
As a Member, Forum Sharing Branding by Subiakto Priosoedarsono, (2016-2017)
As a Member, Advertising Secret by Subiakto Priosoedarsono, (2016-2017)
As a Member, Digital Marketing Club by Andita Sely Bestoro, (2016-2017)
Events As a Publication Committee, National Conference of Inclusive Education “ The Inclusive Education for Synergizing Difabel Movement" by PLD (The Center for Disabilities People Studies and Services) Islamic State University of Yogyakarta (Yogyakarta, 2011)
As a Publication Committee, National Entrepreneur Conference “Reborn To Get Success with Bong Chandra" by Youth Entrepreneur Community / Komunitas Muda Usaha / KOMUS(Yogyakarta, 2012)
As a Publication Committee, Pre-Marriage Short Courses by Komplek Gedung Putih Islamic Boarding School of Krapyak and BKKBN of Yogyakarta / National Population and Family Planning Board (Yogyakarta, 2012)
As an Event Committee, “Scientific Discussion of Dakwah and Communication Faculty; The Development and Quality Graduates of University" by Dakwah and Communication Faculty (Yogyakarta, 2013)
Head of The Committee, “ Grand Reunion National of Komplek Gedung Putih Islamic Boarding School; Love Across Generations" (Yogyakarta, 2014)
As a Facilitator of Design Sprint, “Festival Startup Academy" by Institut Teknologi 10 Nopember (ITS), (Surabaya, 2017)
Trainings Training Young Entrepreneurs by LP2M in Islamic Science Koran College of An-Nur Yogyakarta and Ministry for Youth and Sports of the Republic of Indonesia (Yogyakarta, 2011)
National Entrepreneur Apprenticeship Program By Sahid Jakarta University, Islamic State University of Sunan Kalijaga Yogyakarta, and Ministry Of Religious Affairs of the Republic of Indonesia (Yogyakarta, 2012)
Unleasing Creative Mind by Djarum Foundation (Yogykarta, 2012)
National Entrepreneur Apprenticeship Program by Islamic State University of Sunan Kalijaga Yogyakarta and Ministry Of Religious Affairs (Yogyakarta, 2013)
National Entrepreneur Apprenticeship Program By Islamic State University of Sunan Kalijaga Yogyakarta and Ministry Of Religious Affairs (Yogyakarta, 2014)
Seller Incubator Program by PT.Bukalapak.com (Jakarta, 2016)
1000 Startup Digital Incubator Program by Kibar, (Surabya, 2017)
Conference National Conference “Problemtics; The Role of Science, Technology, and Culture In Building of Nation Character" (Yogyakarta, 2011)
National Conference “ Pesantren and Modernity " (Yogyakarta, 2011)
International Symposium “Discourses and Practices of Multiculturalism and Peace Indonesia" (Yogyakarta, 2014)
National Conference “ The Portrait of Cinematography In Building of Nation Morality (Yogyakarta, 2012)
National Conference “ The General Election 2014; The Strategic Role of Students to escort of The Candid and Qualified Democration" (Yogyakarta, 2013)
Startup Lokal Meet Up “Be The Next Local Hero" by Startup Lokal, (Jakarta, 2016)
Honour 1st Winner of Arabic Article Writing, Islamic State University of Yogyakarta (2010)
Scholarship of Academic Achievement Improvement, Ministry Religious Affairs of the Republic of Indonesia (2011)
Top 10 The Best of National Research Competition Student by LITBANG and DIKLAT of Ministry Religious Affairs of the Republic of Indonesia (2014)
Publications The Influence of Leadership Style Perception Toward Organizational Citizenship Behavior (OCB) of Sunan Kalijaga State Islamic University Staffs (2014)
The Kiai Leadership in Building Organizational Citizenship Behavior (OCB) of Islamic Boarding School Teachers at Pesantren of An-Nur Ngrukem Yogyakarta (2014)
Hobbies Reading and Traveling
Languages Bahasa and intermediate in English
Technical Skills Project Management, Social Media Marketing, Ms.Office, Video Editing
Motto Fake it till you make it

Kamu bisa memasang foto di sebelah kanan nama agar memperjelas identitas yang akan dikenalkan. Semoga contoh CV di atas dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan impianmu. Selamat mencoba!

Leave a Reply