5 Contoh Teks Berita : Pengertian, Struktur, Ciri-ciri Beserta Kaidah Kebahasaannya

Contoh Teks Berita – Berita sepertinya telah menjadi makanan sehari-hari bagi kita semua. Apalagi, di era digital dengan segala pernak-pernik kemajuan teknologi seperti sekarang ini yang semakin memudahkan kita untuk mengakses berita apapun, kapanpun dan dimanapun.

Buat kamu yang suka bermain gadget, kamu tentunya juga akan dengan mudah menemukan teks berita yang hilir mudik di situs media sosial kamu. Jika kamu memang sudah sering melihat teks berita ini, apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan teks berita?

Berita ini tidak hanya sekedar informasi dengan struktur, isi,dan bahasa yang bebas ya? Ada beberapa syarat sehingga suatu teks itu layak dinamakan sebagai suatu teks berita. Agar kita bisa lebih paham tentang apa itu teks berita, mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Teks Berita

Pengertian teks berita adalah teks yang isinya mengenai segala hal yang terjadi di dunia ini yang berupa fakta, dan ditulis di media cetak, disiarkan di radio, ditayangkan di televisi, atau diunggah di situs. Pada dasarnya, sebuah berita harus berisi fakta, tetapi tidak semua fakta dapat diangkat menjadi berita.

Artikel Terkait : Contoh Teks Eksposisi : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Struktur dan Kaidah Kebahasaannya

Struktur Teks Berita

Struktur teks berita

philenews.com

Struktur teks adalah gambaran cara sebuah teks tersebut dibangun. Sebuah teks berita memiliki struktur yang jelas. Teks berita ini disusun berdasarkan struktur teks peristiwa berita, diikuti dengan latar belakang peristiwa, dan diikuti sumber berita.

Agar lebih jelas, dapat disimak pada penjelasan struktur teks berita berikut ini :

Orientasi Berita
Orientasi berita adalah bagian pembuka teks terkait hal yang akan diberitakan.

Peristiwa
Peristiwa adalah tahap inti dari sebuah berita. Pada bagian ini, sebuah berita dinarasikan sedemikian rupa untuk menyajikan beberapa fakta yang kemduian dimunculkan.

Sumber Berita
Sumber berita ini perlu dicantumkan, tapi letaknya bisa fleksibel. Artinya, sumber berita tidak harus berada di akhir berita, melainkan dapat berada di dalam berita tersebut.

Artikel Terkait : 3 Contoh Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Kaidah Kebahasaannya 

Ciri-ciri Teks Berita

Ciri-ciri teks berita

pexels.com

Ciri teks berita ini adalah ciri khusus yang membedakan suatu teks berita dengan jenis teks bahasa Indonesia lainnya. Pada dasarnya, ada 7 ciri ciri teks berita yang perlu kita ketahui. Adapun ciri ciri teks berita, yakni :

  • Dapat dipercaya (faktual)
  • Diterima di masyarakat
  • Jelas
  • Menarik
  • Menggunakan kalimat sederhana
  • Segera disampaikan
  • Terkini (aktual)

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

pengertian dan kaidah kebahasaan teks berita

uniurgentcare.com

Kaidah kebahasaan teks berita merujuk tentang bagaimana ciri atau kaidah bagaimana sebuah teks dibangun. Kaidah kebahasaan ini dapat kita gunakan untuk mengenai suatu teks berita tertentu. Ciri kebahasaan teks berita, meliputi:

  • Adanya keterangan
  • Adanya verba transitif
  • Adanya verba pewarta

Syarat Teks Berita

Syarat teks berita

500px.com

Suatu teks dapat dikatakan layak sebagai teks berita bila dapat memenuhi syarat teks berita. Syarat teks berita ini pada dasarnya juga mengacu pada ciri teks berita. Agar lebih jelas, mari kita simak syarat teks berita berikut ini.

Fakta atau faktual
Teks berita harus berisi fakta atau peristiwa nyata. Bila kejadian yang disampaikan bukan fakta, maka hal tersebut tidak dapat disebut sebagai berita.

Aktual
Suatu teks berita harus merupakan peristiwa yang masih hangat atau baru.

Seimbang
Seimbang maksudnya teks tersebut tidak boleh memihak pada siapa pun. Jadi, berita yang disajikan seimbang atau berimbang.

Lengkap
teks dalam sebuah berita haruslah lengkap dari unsur 5W+1H (What, Why, Who, When, Where + How) dan harus memenuhi unsur atau struktur teks berita.

Menarik
Teks berita perlu disajikan dengan judul yang menarik sehingga orang akan lebih tertarik untuk membaca teks berita tersebut

Sistematis
Sebuah berita juga harus disajikan secara sistematis atau berurutan agar jelas dan mudah dipahami.

Panduan Menulis Teks Berita yang Baik dan Benar

Panduan menulis teks berita

pixabay.com

Dalam membuat sebuah teks berita, baik itu berita tentang politik, pendidikan ataupun contoh teks berita yang lainnya, kita harus menulis sesuai dengan pedomannya agar yang dihasilkan menarik dan tentunya sejalan dengan koridor yang ada.

Rumus dalam menulis berita bagi seorang wartawan ataupun pembaca berita adalah 5 W + 1 H. Apakah kepanjangan 5W1H itu? Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu apa kepanjangan dari 5 W + 1 H.

Sebenarnya itu merupakan singkatan dari pertanyaan dalam bahasa inggris seperti : what, where, when, who, why dan how. Dan jika diartikan ke dalam bahasa indonesia menjadi apa, dimana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana.

What : Menanyakan apa yang di informasikan
Where : Dimana peristiwa itu terjadi
When : Kapan peristiwa itu terjadi
Who : Siapa yang terlibat dalam peristiwa atau kejadian tersebut
Why : Mengapa peristiwa atau kejadian itu bisa terjadi
How : Bagaimana peristiwa atau kejadian itu bisa terjadi

Nah dari 5W + 1H tersebutlah yang nantinya disusun dan kemudian di buat menjadi suatu teks berita, sehingga berita menjadi aktual, faktual dan dapat dipercaya.

Kumpulan Contoh Teks Berita dari Berbagai Tema

Oke, kita sudah mempelajari semua aspek yang ada dalam teks berita. Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membuatnya, di bawah ini ada beberapa contoh teks berita yang dapat kamu jadikan referensi, diantaranya adalah:

1. Contoh Teks Berita Singkat Tentang Banjir

contoh teks berita bertema banjir

imgur.com

Sungai Ciliwung Meluap, 2 Desa Terendam Banjir Setinggi 3 Meter

Terjadi banjir bandang disekitar sungai ciliwung, banjir tersebut diduga karena hujan yang turun sangat deras dari jam 19.00 WIB hingga pagi jam 09.00 WIB. 2 Desa terendam dan banyak keluarga yang mengungsi di kampung sebelah.

Sekitar 137 kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya karena banjir. Pemerintah segera memberikan bantuan berupa tempat pengungsian air bersih, makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian.

Sebelumnya juga pernah terjadi banjir di desa ini sekitar dua tahun yang lalu, tetapi banjir tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun kemarin. Salah satu penyebabnya juga diduga karena kebiasaan masyarakat sekitar yang membuang sampah sembarangan di sungai ciliwung sehingga terjadi banjir ketika musim hujan datang.

2. Contoh Teks Berita Singkat Tentang Politik

contoh teks berita bertema politik

qerja.com

Persaingan Pencalonan Gubernur DKI Jakarta Semakin Memanas

Tinggal menghitung bulan, Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia akan memilih wakil rakyat yakni Gubernur baru mereka karena masa jabatan Gubernur sebelumnya yang masa baktinya akan habis.

Dalam pencalonan dan pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini akan sangat panas, sebab akan diisi oleh beberapa kandidat dari Partai Politik dan juga Independent. Beberapa calon diantaranya yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih kita kenal dengan pak Ahok ini juga akan kembali mendaftar sebagai calon Gubernur Jakarta.

Lalu ada Anies Baswedan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan juga ada Agus Harimurti Yudhoyono yang sebelumnya mengabdi sebagai TNI.

Persaingan di antara ketiganya akan berjalan sengit karena semuanya datang golongan orang yang berprestasi. Selain itu, perang gagasan dan visi misi juga sudah bertebaran di media masa. Untuk itu, kita tunggu saja siapa yang menjuarai pesta demokrasi periode 2017-2022 mendatang.

3. Contoh Teks Berita Singkat Tentang Pendidikan

contoh teks berita bertema pendidikan

360doc.com

Soal Bocor, UN Diulang???

Bocornya soal ujian nasional untuk tingkat SMP yang dilaksanakan pada Rabu, 23 April 2015 merupakan berita besar untuk pelaksanaan ujian tahun ini. Menteri Pendidikan, Anies Baswedan mengatakan bahwa pelaku yang membocorkan soal ujian sudah diselidiki. Ia memaparkan bahwa pelaku pembocoran akan diproses hukum sesuai pasal yang berlaku.

Dari hasil verifikasi yang dilakukan oleh PUSPENDIK atau Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud, telah ditemukan sebanyak 30 buklet soal dari 11.730 yang diunggah ke internet secara ilegal.

Setelah mendapat laporan tersebut, Menteri Pendidikan segera melakukan koordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informasi untuk memblokir tautan di Google yang berisi konten ilegal tersebut. Kerjasama pun dilakukan dengan pihak Google dalam upaya pemblokiran konten tersebut.

Diduga kebocoran soal UN ini melibatkan oknum dari pihak percetakan negara yang sudah ditunjuk untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional. Penggeledahan pun dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui siapa sesungguhnya dibalik peristiwa ini.

Bocornya soal ujian nasional ini masih menjadi pertimbangan Menteri pendidikan untuk mengadakan kembali ujian ulang atau tidak. Tetapi kemungkinan besarnya adalah ujian tidak akan diulang, hal ini berdasarkan pertimbangan yang menyangkut besarnya nilai biaya pembuatan soal.

4. Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan

contoh teks berita bertema kecelakaan

medium.com

Rem Blong, Sebuah Mobil Mewah Menabrak Pembatas Jalan

Telah terjadi sebuah kecelakaan hebat kemarin malam di Jalan Tol Cipali pada tanggal 4 Maret 2015, sebuah Mobil Mewah ini dikemudikan oleh seorang anak muda yang bernama Agus, ia mengemudikan mobil dengan kecepatan diatas 120 KM/Jam.

Mobil bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak sebuah pembatas jalan sebab mengalami rem blong pada mobilnya. Mobil Ferarri berwarna merah itu untungnya tidak membuat kecelakaan hebat karena pada saat itu Tol Cipali terlihat macet dari arah sebaliknya.

Untungnya dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, hanya saja sang pengemudi mengalami luka berat dan kini masih di rawat di Rumah Sakit terdekat.

5. Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kebakaran

contoh teks berita bertema kebakaran

novel.id

Akibat Lilin, Sebuah Rumah Hangus Terbakar Di Lalap5 Si Jago Merah

Sebuah kejadian tak terduga terjadi komplek perumahan Griya Jaya di Bekasi kemarin malam jam 22.14 WIB . Rumah milik keluarga pak Andi itu terbakar dan hangus tak tersisa. Peristiwa itu terjadi karena sang pemilik rumah yang menaruh lilin di atas lemari kayu miliknya.

Untungnya saat kejadian sang pemilik rumah, pak Andi sedang pergi tahlilan di rumah tetangganya, sedangkan istrinya sedang pulang kampung. Dalam musibah itu, pak Andi mengalami kerugian kurang lebih sekitar Rp 800 juta termasuk beberapa dokumen penting seperti Akta kelahiran, Ijazah dan surat-surat tanah miliknya.

Itulah uraian mengenai contoh teks berita beserta semua unsur-unsurnya. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima Kasih !!

Leave a Reply