Kata-Kata Bijak Penuh Inspirasi dan Solusi Kehidupan dari 9 Tokoh di Dunia

Kata Kata Bijak – Kata-kata yang tepat bisa membangun jiwa manusia. Bahkan bisa bikin kamu semangat sehari-hari dan menyikapi apa pun yang terjadi dengan bijak. Terlebih lagi, mampu merangsang tumbuhnya solusi pada setiap permasalahan dalam hidupmu.

Nah, dalam artikel ini kamu akan banyak menemukan kata kata bijak tentang cinta maupun kehidupan dari 9 tokoh populer di dunia. Langsung saja, check it out!

Kata Kata Bijak Tentang Kehidupan dari Oscar Wilde

kata kata bijak kehidupan dari oscar wilde

Kata Kata Bijak by Oscar Wilde

Pria kebangsaan Irlandia ini punya kata-kata keren buat kamu, lho. Dia adalah penulis buku populer “The Picture Dorian Gray". Dia juga dikenal romantis, tetapi juga penuh semangat dalam hidupnya.

Kehidupan adalah hal paling langka di dunia, tetapi semua orang hidup di dalamnya.

Betul. Banyak orang yang lupa bahwa hidup di dunia itu bagian dari kelangkaan. Kata-kata ini sangat cocok untukmu yang tengah gelisah. Hidup yang singkat itu bukankah lebih bijak bila digunakan untuk hal-hal berguna saja?

Sebagian besar orang hidup menjadi orang lain. Pikiran mereka berisi opini dari orang lain. Begitu pula saat mereka meniru hidup orang lain. Bahkan mengutip passion orang lain.

Hidup yang sejati bukanlah mereka yang pandai meniru orang lain. Tetapi mereka yang tahu bahwa cinta dalam dirinya akan menumbuhkan sikap bijak yang kuat. Setiap kata-kata mereka mewakili kepribadian mereka.

Teman yang baik akan selalu menikammu dari depan.

Tentu, sebab hanya teman buruklah yang beraninya menikam dari belakang. Kata-kata Oscar Wilde ini layak dijadikan mutiara dalam membangun persahabatanmu. Semakin memahami suasana, kamu akan semakin bijak.

Penderitaan dan kehinaan dalam hidup berasal dari kurangnya imajinasi.

Imajinasi adalah hal paling keren yang kamu punya seumur hidup. Namun hanya sedikit yang menggunakannya dengan bijak. Lewat imajinasi, semua kata-kata tentang penderitaan hidup bisa berubah jadi lebih menyenangkan.

Aku bisa melawan apa pun kecuali godaan.

Godaan dalam kehidupan tidak selalu bicara tentang hal-hal yang buruk. Sebab, mereka bagian dari diri manusia. Tidak bisa dilawan dengan kata-kata apa pun. Terimalah dengan penuh cinta dan cari sisi bijak dalam diri mereka.

Hidup itu sangat jauh dari hal-hal penting jika dibicarakan secara serius.

Terlalu serius membicarakan hidup dan nasib, bisa membuatmu merasakan banyak kesakitan. Sebab, hidup ini sangat singkat. Jauh lebih bijak bila kamu bicara masa depan. Abaikan kata-kata mereka yang berusaha menjatuhkanmu.

Dunia ini adalah panggung. Tetapi banyak aktor yang memerankannya dengan buruk.

Well, mungkin karena sutradaranya berada di sisi gaib. Jadi mereka kurang sadar dengan peran masing-masing. Kata-kata dari Oscar Wilde ini memang bukan bicara tentang semangat menjalani hidup atau apa, tetapi lebih pada kesadaran.

Kata-Kata Bijak Tentang Kehidupan dari Pablo Picasso

kata kata bijak kehidupan dari pablo picasso

Kata Kata Bijak Kehidupan by Pablo Picasso

Kamu pernah menjelajahi kehidupan Pablo Picasso? Dia adalah seniman kata-kata, patung, grafis, perajin keramik, sampai ahli tata panggung yang lahir tahun 1881. Banyak sisi bijak yang bisa kamu gali, sebab ia sangat cinta dengan seni.

Semua yang kamu bayangkan dalam hidup adalah kenyataan.

Pikiran bukanlah angan-angan, tetapi nyata. Dia hidup bagaikan mutiara. Tetapi jarang orang mau mengambilnya. Saat kamu menyadari setiap kata-kata yang keluar dari pikiran, maka akan tampak sisi bijak dari hasil pemikiran itu.

Masa muda itu bukan soal umur.

Betul sekali. Mudanya seseorang tergantung jiwanya. Jika seumur hidup ia tidak memiliki semangat, maka saat itu ia langsung menua. Meskipun mungkin masih berumur 8 tahun. Kalau tidak percaya, buktikan kata-kata ini, ya.

Setiap anak kecil yang hidup adalah seniman. Masalahnya, bagaimana caranya menyisakan jiwa seninya itu seiring pertumbuhan.

Seni selalu bicara tentang hal-hal yang menyangkut kehidupan. Sisi ini sering sirna saat kamu mulai dewasa dan lupa dengan cinta yang ia berikan. Sisi bijak dalam seni bisa dilihat pada anak-anak yang selalu ceria. Apa pun masalahnya.

Saat kamu belajar layaknya orang profesional sepanjang hidup, maka kamu akan menghancurkannya seketika.

Apa yang dihancurkan? Potensi untuk bisa dalam waktu cepat. Bahkan orang profesional tidak pernah menganggap diri mereka profesional. Mereka hanya belajar dengan semangat. Semua itu tercermin lewat kata-kata mereka.

Aku selalu melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan dalam hidupku agar aku belajar bagaimana cara melakukannya.

Hanya sedikit orang-orang hebat yang berpikiran seperti ini. Kamu bisa menempelkan kata-kata ini setiap kali ingin menyerah. Meski sangat singkat, tetapi bisa membuatmu jauh lebih bijak dalam mempelajari apa pun.

Aku selalu merasa seperti orang miskin saat aku punya banyak uang.

Kemiskinan sejati ada saat seseorang kehilangan rasa cinta dalam dirinya. Kecintaan ini tidak ada pada para penyembah uang. Tetapi, saat mereka mampu mengeluarkan kata-kata dengan bijak, meskipun hanya sedikit uang.

Aku tidak mencari, tetapi aku menemukan.

Nyaris 99% tidak ada yang menemukan apa pun yang dicari. Tetapi sesuatu itu selalu berhasil ditemukan 100% saat mereka sendiri yang menciptakannya. Apa yang ditemukan? Sumber semangat dan kata-kata yang membuatnya hidup.

Kata Kata Bijak Tentang Kehidupan dari Bernard Shaw

kata kata bijak kehidupan dari bernard shaw

Kata Kata Bijak Kehidupan by Bernard Shaw

Banyak orang Indonesia yang tak kenal Bernard Shaw. Mungkin karena ia pernah menolak nobel sastra 1925. Tapi kata-kata dalam setiap karyanya darinya patut diteladani. Ia selalu hidup semangat dalam keadaan apa pun.

Hidup yang dihabiskan untuk membuat kesalahan tidak hanya jauh lebih mulia, tetapi juga lebih berguna daripada hidup yang dihabiskan tanpa melakukan apa pun.

Nah, melakukan kesalahan itu perbuatan mulia. Memang keren kalau bisa langsung jadi orang profesional. Tapi jauh lebih bijak jika kamu menerapkan kata-kata dari Bernard Shaw ini setiap kali takut melakukan kesalahan.

Ada dua tragedi dalam hidup. Pertama, jika hatimu kehilangan gairah. Kedua, selalu ada yang mengambil keuntungan dari tragedi yang kamu alami itu.

Ungkapan ini terasa paradoksal. Tetapi benar-benar terjadi. Itulah kenapa kamu wajib semangat menjalani hidup. Dalam Islam, menjadi bijak itu sebuah keharusan. Sebab, ia bisa merawat kata-kata dari mulut dan bisa menjaga hati.

Seorang lelaki yang menulis tentang dirinya sendiri sepanjang hidup secara tidak langsung ia tengah menulis semua orang yang dikenalnya sepanjang waktu.

Kehidupan sosial itu selalu tentang saling mempengaruhi. Tak terpisahkan. Cinta dari orang lain tidak selalu berbentuk kesenangan, tetapi juga penderitaan. Begitu pula kata-kata dari mereka yang tidak selalu bijak dan baik.

Hidup tidaklah sesingkat lilin bagiku. Hidup itu adalah bagian dari cahaya yang semakin menyala jika ada sesuatu membakarnya. Aku ingin generasi di masa depan tahu apa yang tengah kubakar saat ini.

Kamu tidak tahu berapa lama lagi kamu hidup. Agar kamu ingin dikenal oleh generasi masa depan, lakukan pekerjaan abadi dengan penuh semangat. Seperti menulis, misalnya. Kata-kata yang tertulis akan tetap hidup sepanjang waktu.

Di surga, tidak ada seseorang pun yang istimewa.

Kehidupan harus selalu dirawat baik-baik. Terutama tentang keharmonisan sosial. Pusatkan perhatianmu pada mereka yang memberimu cinta. Bukan yang mengeluarkan kata-kata kasar. Sebab hidup ini sangat langka.

Kata Kata Bijak Tentang Cinta dari William Shakespeare

kata kata bijak cinta dari William Shakespeare

Kata Kata Bijak Cinta by William Shakespeare

Siapa yang tidak kenal dengan buku romantis “Romeo and Juliet"? Jarang yang tahu kalau pengarangnya bernama William Shakespeare. Setiap bukunya selalu penuh dengan kata-kata bijak berbalut filosofi. Tidak terkecuali.

Cintailah semua orang, tapi percayailah beberapa saja.

Kata-kata ini sangat singkat, tetapi mampu bicara banyak hal. Terutama jika menyangkut kepercayaan terhadap orang lain. Belajarlah bijak saat bergaul dengan orang lain. Sebab, tidak semua orang bisa menjadi sesuai harapanmu.

Cinta tidak akan tampak lewat mata, tetapi dengan pikiran. Kemudian sayap Dewi Cinta akan membutakannya.

Buta karena rayuan cinta sejati hanya tampak jika melihatnya dari hati. Bila melihatnya dari pikiran, tidak mungkin akan buta. Sebab, pikiran itu sangat bijak. Ia bisa memilah dan memilih mana kata-kata yang akan dipegang.

Kebenaran dari cinta tidak pernah berjalan dengan mulus.

Ibarat gunung, untuk menggapai cinta yang penuh dengan kebenaran, maka harus mendaki. Rengkuh sesuatu yang bijak dan sejati setelah berada di puncak. Kemudian simpan kata-kata yang terucap untuk menghadapi rintangan lain.

Mereka yang tidak saling mencintai tidak akan menunjukkan rasa cinta mereka satu sama lain.

Sepasang manusia bijak yang saling cinta akan menciptakan lorong. Di sanalah mereka melontarkan kata-kata. Meskipun suatu hari berjauhan, selalu ada cara untuk kembali ke tempat sejati itu. Tanpa dimasuki orang ketiga.

Cinta bermula dari waktu, dan waktu akan mengkualifikasi percikan itu hingga membakarnya sampai habis.

Kata-kata ini sangat cocok buat pacar. Itu kalau kamu punya kekasih, ya. Terutama jika suatu hari orang yang kamu cintai mulai melupakan momen indah yang kalian bangun. Sampaikan kalimat bijak ini sampai ia kembali.

Ketidakbaikannya mungkin akan menggagalkan hidupku. Tetapi tidak akan pernah menodai cintaku.

Cinta itu hakikatnya memang murni. Tidak seperti warna putih yang akan ternodai oleh warna hitam. Warnanya bening dan akan menyerap segala warna dengan bijak agar bisa meraih hidup yang sejati. Kata-kata yang indah, bukan?

Kata Kata Bijak Tentang Cinta dari Friedrich Nietzsche

kata kata bijak cinta dari Friedrich Nietzsche

Kata Kata Bijak by Friedrich Nietzsche

Siapa sangka, seorang filsuf terkenal sepanjang masa ini punya kata-kata ajaib tentang cinta sejati. Namanya tercetak tebal dalam buku bijak dan legendaris yang berjudul, “Thus Speak Zarathustra".

Masalahnya bukan kekurangan cinta, tetapi kurangnya persahabatan yang membuat pernikahan tidak bahagia.

Kasih dan persahabatan punya padanan penting. Meskipun statusnya sudah menikah, banyak yang kurang bijak dalam pernikahan. Keduanya saling melempar kata-kata kasar. Akhirnya cinta sejati hanya fatamorgana.

Selalu ada kegilaan dalam cinta. Tetapi selalu ada beberapa alasan yang membuatnya gila.

Kisah percintaan membutuhkan kontrol diri agar rasa semangat terjaga. Banyak hal gila di luar kemampuan yang dilakukan ketika orang sudah termakan kata-kata orang yang dicintai. Tanpa kontrol, kamu sendiri yang akhirnya kerepotan.

Lelaki yang berilmu pasti tidak hanya sanggup mencintai lawannya, tetapi juga teman-teman yang membencinya.

Sifat bijak memang tidak selalu diungkapkan lewat kata-kata. Tetapi bisa lewat pandangan hidup. Termasuk menerapkan cara-cara romantis bagaimana ia memandang lawan maupun orang-orang yang membencinya.

Seseorang seharusnya menggenggam hati orang yang ia cintai. Jika tidak, andaikan seseorang itu pergi meninggalkannya, maka ia akan segera kehilangan kontrol kepalanya.

Di sinilah perlunya sebuah kepercayaan dengan bijak dibangun. Sekali tidak percaya, maka kehidupan akan mengering karena kurangnya rasa cinta. Sebanyak apa pun kata-kata perpisahan terjadi, kamu akan baik-baik saja.

Cinta adalah keadaan yang membuat seseorang melihat sesuatu tanpa keraguan sama sekali.

Jika masih ragu, maka itu bukan tentang cinta. Tetapi ambisi tanpa tujuan. Sebab, keraguan tidak akan menghantar pada kehidupan yang bijak. Namun hanya kata-kata semu yang tidak akan membuatmu memiliki apa pun.

Cinta akan membawa pada cahaya dan menyembunyikan atribut khusus yang spesial. Cenderung menipu dengan kualitas yang biasa-biasa saja.

Bila kamu suka pada seseorang, namun baru sebentar sudah mengumbar kata-kata ke semua orang, itu bukan cinta sejati. Kasih yang bijak akan berjalan normal di atas permukaan, tapi di bawahnya hanya mereka berdua yang tahu.

Kata Kata Bijak Tentang Cinta dari Paulo Coelho

Kata kata bijak cinta dari Paulo Coelho

Kata Kata Bijak Cinta by Paulo Coelho

Buku Sang Alkemis atau “The Alchemist" merupakan implementasi dari kehidupan pengarangnya, Paulo Coelho. Kata-kata dalam buku itu sepenuhnya tentang cinta. Yakni usaha mencari jati diri manusia dengan cara yang bijak.

Cinta itu liar dan bertenaga. Jika kita mencoba memenjarakannya, maka ia akan memperbudak kita. Jika kita mencoba memahaminya, ia akan meninggalkan perasaan hilang dan ragu-ragu pada kita.

Memahami tentang cinta itu memang gampang-gampang susah. Jika kamu lebih bijak, maka akan tahu langsung apa kemauannya. Ia tidak mau dikekang dengan kata-kata. Lebih suka dipahami sebagai bentuk dari hidup yang sejati.

Kalimat dalam air mata baru bisa dibaca setelah ditulis.

Jika kamu sakit hati gara-gara percintaan dan kurang semangat, maka menulis jadi jalan terbaik. Hanya kata-kata yang bisa memahami air matamu. Bukan dia, seseorang, ataupun siapa pun. Kertas itu lebih jujur dari manusia.

Cinta yang paling kuta adalah cinta yang bisa menerima kelemahannya.

Tak ada yang sempurna dalam hidup yang serba singkat ini. Termasuk dalam urusan percintaan. Seberapa banyak kata-kata bijak yang kamu miliki itu tidak ada gunanya jika tidak pernah menerima kekurangannya.

Cinta adalah jebakan. Ketika ia tampak, kita hanya melihat cahaya, bukan bayangannya.

Dalam Islam, cara paling bijak dalam mencintai seseorang itu dengan melihat secara objektif. Jadi tidak timpang sebelah. Kata-kata yang kamu pakai untuk mengagumi seseorang, jauh lebih kecil dari Tuhan yang Maha Mengagumkan.

Jika kamu mencintai seseorang, kamu pasti akan bersedia menyiapkan apa pun secara gratis untuknya.

Kata-kata ini hanya cocok untuk yang sudah berkeluarga. Jika kamu masih single, cukup pahami sisi bijak dari kalimat ini saja. Tidak keren, kan, kalau waktu pacaran sudah memberikan segalanya, setelah menikah justru berseteru?

Kisah percintaan itu bukanlah bicara soal kebiasaan, komitmen, atau hutang. Itu bukanlah lirik lagu yang menceritakan pada kita bahwa cinta itu sederhana.

Cinta sejati selalu datang tanpa syarat. Begitu pun ketika sepasang yang saling mencintai mengisinya. Jika salah satunya mengeluarkan kata-kata penuh tuntutan, itu bukanlah cara bijak untuk memahami suatu hubungan.

Cinta seperti hujan yang bisa menyuburkan bumi, membuat basah kuyup pasangan dalam kenikmatan. Tapi kadang-kadang di bawah panasnya api kemarahan, ia bisa muncul ke permukaan dan menyuburkan dirinya sendiri.

Cinta memang kaya rasa. Tak terdefinisikan oleh kata-kata. Seberapa keras pun kamu mencobanya. Yang bisa kamu lakukan hanya menikmatinya. Maka sifat bijak darinya akan keluar dan membuat hubungan kalian awet dan sejati.

Kata Kata Bijak untuk Motivasi dari Seno Gumira Ajidarma

kata kata bijak motivasi dari seno gumira ajidarma

Kata Kata Bijak Motivasi by Seno Gumira

Sering penulis buku “Saksi Mata" ini dipanggil dengan nama SGA. Sepanjang kehidupan, ia telah menulis kata-kata dan banyak buku tentang cinta, sosial, budaya, penindasan, sisi bijak, dan hal-hal bergaya surealisme.

Indahkah mimpi jika hanya jadi mimpi?

Mimpi yang keren itu diaktualisasikan. Bukan hanya jadi kata-kata dan angan-angan kosong. Berapa pun kamu bermimpi, jika takut dengan kesalahan, maka tidak akan mungkin bisa menemukan sisi bijak dan kebahagiaan di dalamnya.

Seringkali kita merasa benar dalam sekali pandang, padahal kebenaran yang seperti itu selalu dibatasi oleh sudut pandang maupun kemampuan mata kita sendiri.

Kebenaran itu tidak terbatas? Betul. Semua benar menurut pandangan sendiri. Oleh karena itu ada aturan dari Tuhan agar manusia bisa bersikap dengan bijak. Singkat kata-kata tapi kaya makna jauh lebih memiliki kebenaran.

Manusia itu bagaikan pasir di antara hamparan tanah. Ia tidak harus menjadi penting kalau tujuannya hanya untuk bertahan hidup.

Kita semua dibandingkan gugusan galaksi tidak lebih besar dari sebutir pasir. Bahkan lebih kecil. Miliki sedikit ilmu bijak dan pengalaman kalau tujuanmu hanya untuk bertahan hidup. Kata-kata pun jadi tidak keren lagi.

Kebanyakan manusia selalu menuntut dunia agar lekas-lekas membahagiakannya. Apakah mereka pernah sekali saja membahagiakan dunia?

Hidup di zona nyaman sudah jadi tradisi manusia bertahun-tahun. Dalam Islam, Rasulullah SAW yang bijak, memerintahkan kita agar lebih sering memberi daripada menerima. Faktanya? Banyak yang acuh dengan kata-kata beliau.

Di dunia ini terlalu banyak orang berkata-kata, tetapi hanya sedikit yang mau mendengarkan.

Ada ungkapan, “Kata-kata dari batu lebih bijak daripada manusia. Sebab, batu selalu teguh dalam kondisi apa pun, kecuali setelah melewati masa ribuan tahun." Umurnya tidaklah singkat, bahkan sudah ada sebelum bumi terbentuk.

Bisakah dunia hadir biasa-biasa saja, tanpa harus punya cerita yang tak masuk akal dan sulit dipercayai?

Kata-kata ini sangat romantis ketika kamu menghadapi kejadian yang berada di luar ekspektasimu. Misalnya, tentang kematian. Bukankah lebih bijak jika kepergiannya diketahui kapan waktunya? Tapi sampai kapan pun tetap rahasia.

Kata Kata Bijak untuk Motivasi dari Pramoedya Ananta Toer

kata kata bijak motivasi dari pramoedya ananta toer

Kata Kata Bijak Motivasi by Pram

Pram sangat dikenal penuh semangat menjalin kata-kata pada setiap karyanya. Bahkan saat dia dipenjara di Pulau Buru, masih mampu menulis Tetralogi Pulau Buru setebal lebih dari 1000 halaman yang sangat terkenal hingga sekarang.

Laut tetap kaya dan tidak akan berkurang. Tetapi hati dan budi manusialah yang bisa semakin dangkal dan miskin.

Meski lautan menyimpan mutiara, tetapi dia tak akan pernah memiliki budi dan hati seperti manusia. Namun manusia patut belajar dari kata-kata bijak yang selalu disampaikan oleh laut, ikan, dan karang. Tentu saja kearifan mereka.

Tiada yang lebih suci bagi seorang pemuda daripada kepentingan membela bangsannya sendiri.

Faktanya, kini banyak orang yang main injak kaki sesamanya. Meskipun satu bangsa. Mereka kehilangan sifat bijak dan rasa cinta sejati untuk saling mengasihi. Kata-kata mereka diobral demi menduduki kursi-kursi tertinggi.

Kesenangan menjadi tanda bahwa kematian jiwa mulai meraba manusia.

Kata-kata yang sangat bijak. Memang betul. Jika hatimu terlampau senang dengan sesuatu pasti akan banyak melupakan hal penting. Pikiranmu akan fokus pada itu saja. Sampai melupakan betapa romantis jika berjuang dalam kesulitan.

Tanpa keberanian dan irama, hidup ini sama seperti meditasi tanpa titik pusat.

Fungsi meditasi untuk membuat pikiran lebih fokus. Semangat saja belum cukup untuk menaklukkannya. Dibutuhkan banyak kata-kata sugesti agar bisa masuk ke tahap yang tenang. Seperti itulah cara mengakrabi penderitaan hidup.

Berbahagialah saat menjadi bodoh, sebab saat itu seseorang tidak akan mengenal penderitaan. Sebagaimana kanak-kanak yang belum butuh pengetahuan agar bisa mudah mengerti sesuatu yang tengah dipelajari.

Cara berpikir bijak ala kanak-kanak sangat sederhana. Mereka tidak butuh kata-kata terlalu banyak untuk belajar sesuatu. Mereka hanya butuh cinta sejati alam sekitar. Dengan cara itulah mereka belajar sambil bersenang-senang.

Sia-sia sekali hidup ini jika untuk meningkatkan satu orang saja harus menginjak orang lain.

Politik injak kaki sudah bukan hal baru lagi. Mungkin kamu sering melihat kenyataan dari kata-kata ini di sekitarmu. Apakah tragedi itu bisa bikin kamu semangat atau justru memburuk? Sudut pandangmu yang akan memilihnya.

Kata Kata Bijak untuk Motivasi dari Mahatma Gandhi

kaka kata bijak motivasi dari mahatma ghandi

Kata kata Bijak Motivasi by Mahatma Ghandi

Tokoh spiritual ini tidak hanya berpengaruh terhadap peradaban India, tetapi juga dunia. Ia selalu mewarnai dunia dengan kata-kata bijak yang berisi tentang kehidupan yang penuh dengan cinta.

Selalu ada orang-orang di dunia yang begitu lapar. Mereka berpikir bahwa Tuhan tidak akan muncul kecuali dalam bentuk sepotong roti.

Banyak manusia yang jauh dari jiwa semangat, sampai-sampai mengidentikkan Tuhan dengan sesuatu yang ia inginkan. Jika kamu mengalaminya, penuhi dadamu dengan kata-kata yang membuatmu bisa berdiri.

Bumi telah menyediakan cukup kepuasan bagi setiap orang, kecuali untuk mereka yang tamak dan rakus.

Kata-kata mutiara ini patut kamu jaga baik-baik. Sebab, sifat bijak dalam dirimu tidak selalu muncul setiap waktu. Ia akan selalu menyadarkanmu bahwa merasa cukup meski harta minim lebih memuaskan dibanding merasa kurang.

Setiap malam, seseorang akan tidur dan mati. Kemudian pagi harinya ketika ia terbangun, saat itu pula ia terlahir kembali.

Kata-kata yang cukup menggugah semangat. Banyak orang tidak menyadari kalau batas antara tidur dan terbangun itu panjang sekali. Bukan lagi 8 jam, 9 jam, atau 3 jam. Tetapi panjangnya sejauh mata saat memandang laut.

Membahagiakan hati seseorang lebih baik daripada ribuan kepala yang membungkuk karena berdoa.

Sikap yang bijak jauh lebih bermanfaat daripada hanya sekadar kata-kata. Sangat tidak keren kalau justru apa yang dilakukan tidak sejalan dengan apa yang ia doakan. Semoga kamu bukan termasuk salah satunya, ya.

Masa depan tergantung apa yang kamu lakukan hari ini. Setiap orang selalu memproduksi hasil pemikiran setiap hari. Sementara apa yang ia pikirkan pasti terjadi.

Kualitas kehidupan hari ini akan menentukan kualitas masa depanmu. Jadi jangan repot beli cinta dan kata-kata orang sukses gara-gara saat ini kamu masih di bawah. Mereka yang bijak akan selalu bicara tentang peluang hari ini.

Kebebasan tidak sepenuhnya berharga jika tidak memasukkan kebebasan membuat masalah.

Faktanya, mereka yang mengaku hidup bebas kebanyakan hilang semangat. Rupanya dengan adanya masalah hidup, jiwa mereka lebih terangsang. Kata-kata mereka mudah meluncur dibandingkan saat tidak punya kegiatan apa pun.

Sumber semangat terbesar selalu berada dalam diri sendiri. Dasari apa pun yang kamu lakukan dengan keyakinan tanpa keraguan sedikit pun. Meskipun hanya sedikit kata-kata penyemangat dari orang lain, kamu bisa memproduksinya sebanyak mungkin.

Leave a Reply