Tanda Tangan Mencerminkan Kepribadianmu Loh! Baca Ini untuk Mengetahuinya

Tanda Tangan – Ternyata kamu bisa loh membaca karakter orang lain hanya dengan melihat dan membaca tanda tangannya saja. Tanda tangan merupakan sebuah produk yang unik. Pada satu sisi, sebuah tanda tangan adalah identitas tertulis dari keberadaan seseorang.

Di sisi lain, tanda tangan merupakan perpaduan hasil pembelajaran (dapat disebut potensi kecerdasan), pola afeksi (emosi) dan kecenderungan respon.

Ilmu membaca tulisan tangan dikenal dengan Grafologi. Grafologi pertama kali digunakan oleh orang perancis bernama Michon pada tahun 1875.

Grafologi adalah metode ilmiah untuk mengenali, mengevaluasi dan mengetahui kepribadian kita melalui tarikan dan pola yang ditampilkan oleh tulisan tangan kita.

Pada saat kamu menulis, kamu secara tidak sadar mengindikasikan banyak hal mengenai pribadimu, bahkan dikatakan dari sebuah tulisan saja dapat diketahui sekitar 5000 kepribadian yang berbeda.

Yang tidak diketahui banyak orang adalah gerakan otot-otot halus jari jemari kita pada saat menulis itu merupakan perwujudan dari Ideo Motor Responses (IMR), yaitu proses gerakan refleks otot-otot halus reaksi atas stimulasi bawah sadar kita.

Oleh karena gerakan ini spontan dan otomatis, tulisan tangan akan secara ‘jujur’ mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran bawah sadar kita, tanpa kita sendiri menyadarinya.

Bahkan, di dalam bidang medis, tulisan tangan membantu diagnosa dan bisa mengetahui berbagai penyakit serta pola hidup sesorang.

Nah, sekarang kita akan belajar menelusuri karakter maupun kepribadian kamu dengan melihat dan membaca tanda tangan. Berikiut ini adalah trik-triknya. Mari kita mulai!

1. Membaca Tanda Tangan dengan Nama yang Jelas

cara membaca tanda tangan

4.bp.blogspot.com

Hal ini menunjukkan kamu mempunyai tingkat percaya diri yang tinggi. Terlebih lagi jika kamu menonjolkan nama depan kamu, itu menandakan sikap yang ekspresif.

2. Lihat dari Ukurannya

cara membaca tanda tangan menurut grafologi

3.bp.blogspot.com

Kamu bisa melihat dari ukuran tanda tanganmu. Bila tanda tangan ‘lebih besar’ dibandingkan tulisan atasnya, itu berarti kamu memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Jika ukuran tanda tangan jauh ‘lebih besar lagi’ daripada tulisan atasnya, itu menandakan kamu orang yang egois, suka mencari perhatian, manipulatif dan terlalu percaya diri.

Sebaliknya, kalau tanda tangan ‘lebih kecil’ daripada tulisan atasnya, menandakan kamu merupakan sosok pendiam dan sensitif.

Sedangkan, kalau ukuran tanda tangan ‘sama besarnya’ dengan tulisannya, berarti kamu berkepribadian yang tenang, dapat diandalkan dan bijaksana.

3. Letak Tanda Tangan dengan Tulisan

Letak Tanda Tangan dengan Tulisan

pixabay.com

Sekarang lihatlah letak tanda tangan dengan tulisan. Kalau kamu menaruh tanda tangan ‘jauh di atas’ tulisan, itu menandakan bahwa informasi yang kamu tuliskan tidak sepenuhnya benar. Kamu merasa ragu atau bahkan berbohong dengan pernyataan yang kamu tuliskan. Nah loh! Mulai sekarang hati-hati ya kalau mau berbohong, ternyata bisa di cek.

Namun bila tanda tangan kamu terletak ‘dekat’ dengan tulisan, berarti kamu merasa dekat dengan informasi di dalamnya. Semakin dekat tanda tangan kamu dengan tulisan, maka kamu semakin yakin informasi yang kamu berikan benar dan jujur.

4. Posisi Tanda Tangan (Tengah)

Kalau kamu mencoretkan tanda tangan berada ‘di tengah kertas’, itu menjukkan kalau kamu memiliki kepribadian suka menjadi pusat perhatian dan cerewet.

5. Posisi Tanda Tangan (Terlalu Kiri)

cara membaca tanda tangan

pbs.twimg.com

Tanda tangan kamu terletak ‘terlalu kiri’, itu berarti kamu merupakan sosok yang tidak percaya diri. Nah, mulai sekarang evaluasilah diri sendiri. Apakah kamu benar-benar seperti itu? Kalau iya, masih ada waktu kok untuk berubah.

6. Posisi Tanda Tangan (Kanan)

Jika kamu adalah orang yang menorehkan tanda tangan di sebelah ‘kanan’ dan mempunyai jarak yang baik dengan kalimat terakhir tulisan tangan, artinya kamu adalah sosok yang bisa bersosialisasi dan memilki inisiatif yang baik.

7. Posisi Tanda Tangan (Terlalu Kanan)

Berbeda dengan yang diatas, apabila tanda tangan kamu terletak ‘terlalu kanan’ sehingga sejajar dengan batas akhir tulisan, itu menandakan kamu merupakan orang yang sangat aktif, cenderung tidak sabaran dan tidak suka peraturan yang terlalu kaku.

8. Tanda Tangan yang Lancip atau Tajam

Kalau tanda tangan kamu memiliki ukiran ‘lancip-lancip atau tajam’ seperti gambar rumput. Itu menandakan kalau kamu adalah orang yang cerdas, agresif, bersemangat, berani dan juga kelihatan berpendidikan.

9. Tanda Tangan yang Tidak Terbaca

Tanda tangan yang ‘tidak terbaca’ menujukkan kalau kamu memiliki kepribadian yang tertutup, sehingga orang lain tidak akan dengan mudah mengeti apa yang kamu pikirkan.

10. Titik di Akhir Tanda Tangan

Apabila kamu memberikan ‘titik di akhir’ tanda tangan yang bukan merupakan kependekatan dari nama kamu. Itu berarti kamu pribadi yang mudah curiga terhadap orang lain. Namun saat sudah percaya dengan seseorang, kamu akan menaruh kepercayaan yang sangat besar sehingga sering dimanfaatkan oleh orang lain.

11. Tanda Tangan yang Diberi Garis Bawah

tips membaca tanda tangan

dc306.4shared.com

Jika kamu termasuk orang yang mencoretkan ‘garis bawah’ di tanda tanganmu, itu menunjukkan bahwa kamu penuh dengan keyakinan, tidak mudah menyerah bahkan jika harus memulai sesuatu dari awal lagi. Selain itu kamu juga memiliki jiwa kepemimpinan.

Namun perlu diperhatikan, apabila garis bawahnya pendek berarti kamu merupakan sosok yang terlalu bossy.

12. Tanda Tangan dengan Penekanan Kuat

membaca tanda tangan

500px.com

Jika kamu terbiasa dengan ‘penekanan kuat’ di dalam tulisan dan tanda tangan, menandakan bahwa kamu adalah sesesorang yang memiliki komitmen tinggi dan cenderung selalu serius dalam segala hal.

Namun ketika tekanan itu terlihat terlalu kuat, maka itu malah menandakan kamu adalah orang yang tidak bisa rileks dan cenderung sensitif.

13. Penekanan Ringan Pada Tanda Tangan

Nah begitupun sebaliknya, apabila kamu termasuk orang yang memiliki tanda tangan dengan ‘penulisan ringan atau tipis’, itu mendeskripsikan orang yang sensitif dan suka berempati, namun juga tidak suka menghabiskan tenaga hidupmu.

14. Tanda Tangan yang Cenderung Naik

cara membaca tanda tangan

upload.wikimedia.org

Tanda tangan yang ‘naik’ menandakan ambisi kamu yang cukup tinggi. Kamu bermaksud tidak berhenti dalam mendaki tangga cinta dan kesuksesan.

Tanda tangan kamu tidak menjadi lemah, terus maju ke depan dan naik ke atas. Bayangan yang positif ini memungkinkan nasib yang baik dalam kehidupan kamu. Selain itu, kamu juga termasuk orang yang hangat, ramah dan peduli.

15. Tanda Tangan yang Cenderung Menurun

Tanda tangan yang ‘menurun’ merupakan suatu tanda bahwa kamu sedang depresi, merasa lelah dengan hasil yang dicapai dan berputus asa dalam hidup.

Tanda Tangan yang Baik Menurut Grafologi

cara membuat tanda tangan

pixabay.com

Buatlah tanda tangan dari nama kamu yang ‘jelas’ dan ‘terbaca’. Yang konsisten dan seirama dengan tulisan tangan kamu. Usahakan sedikit lebih besar dari tulisan tangan kamu yang biasa, namun tidak terlalu besar.

Mulai huruf pertama 2-3 kali lebih besar dari huruf-huruf berikutnya. Pastikan jangan ada goresan yang mencoret sendiri nama kamu dan pastikan apabila menggarisbawahi dari kiri kearah kanan.

Apakah kamu sudah mengetahui kepribadian ataupun karaktermu? Poin-poin diatas adalah sekilas mengenai cara mengetahui karakter maupun kepribadian seseorang hanya dengan membaca tanda tangan. Dan itu hanyalah sedikit dari ilmu grafologi yang ada.

Setiap manusia itu unik dan penilaian diatas mungkin hanya dapat dipraktikkan secara general dan tidak benar-benar menunjukkan karakter orang tersebut secara detail.

Semoga Bermanfaat!!

 

Sumber Referensi :

  1. Buku Kaya dengan GrapoSelling, Yosandy LS
  2. id.wikipedia.org
  3. membacatulisantangan.com

Leave a Reply