9 Alat Musik Modern dan Cara Memainkannya [Lengkap]

Alat Musik Modern – Musik sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Dan sangat lekat dalam segenap aspek lini kehidupan.

Musik bagi setiap orang memiliki arti dan filosofi masing-masing. Ada yang menggunakannya untuk memacu semangat atau sekadar menikmatinya untuk menenangkan hati, sebagian lagi menggunakannya untuk meningkatkan motivasi belajar, ada juga sebagian untuk pengantar meditasi maupun ritual keagamaan dan lainnya.

alat musik modern untuk cappoera

500px

Berawal dari alat musik tradisional yang sederhana, lambat laun musik bergekembang dengan pesat. Mulai cara pandang kita terhadap musik, tren industri permusikan yang disukai sampai dengan alat yang digunakan memeriahkan musik itu sendiri.

Untuk itu kita akan berkenalan lebih dekat dengan beberapa alat musik modern yang akan menambah pengetahuan kita tentangnya. Berikut ini diantaranya:


Alat Musik Dawai Modern


Alat musik dawai merupakan jenis alat musik yang menghasilkan suara dengan cara menggetarkan dawai atau senar. Menurut klasifikasi Hornbostel-Sachs yang digunakan pada Organologi, alat musik jenis ini disebut kordofon.

Ada tiga cara utama untuk menghasilkan nada dari alat musik dawai modern, yaitu dengan dipetik, digesek dan dipukul. Diantara alat musik modern dawai adalah :

1. Gitar

Gitar merupakan alat musik modern yang paling banyak dikenal dan digemari oleh masyarakat. Cara menggunakannya pun cukup mudah, umumnya dipetik menggunakan jari maupun plektrum. Gitar mempunyai dua jenis, yaitu gitar akustik dan gitar elektrik.

Gitar Akustik
alat musik modern

pixabay.com

Gitar akustik pada umumnya mempunyai lubang di tengah tubuhnya. Gitar ini menghasilkan suara dari getaran sinar senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat pada gitar yang masuk ke dalam ruang suara.

Suara yang sudah masuk ke dalam ruangan akan beresonasi terhadap kayu badan gitar. Kualitas kayu dan senar akan mempengaruhi suara yang dihasilkan.

Umumnya gitar jenis ini banyak dimainkan sebagai instrument solo menggunakan fingerpicking komperhensif.

Gitar Elektrik
alat musik modern gitar elektrik

pixabay.com

Sementara gitar elektrik atau biasa dikenal dengan gitar listrik berbentuk padat tanpa ada lubang di badannya. Gitar ini menghasilkan suara dari getaran senar yang mengenai kumparan yang ada di badan gitar, biasa disebut pickup.

Terkadang sinyal yang keluar dari pickup diubah secar elektronik dengan gitar effect sebagai reverb ataupun distorsi.

Gitar jenis ini terkenal luas digunakan sebagai instrument utama pada berbagai macam genre musik zaman sekarang, seperti musik jazz, reggae, metal, rock, pop, country dan lainnya.

2. Biola

alat musik modern

500px.com

Biola adalah sebuah alat musik dawai modern yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat buah senar dengan kunci G-D-A-E yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah pada biola adalah G.

Biola mempunyai empat aliran musik, diantara adalah klasik, jazz, pop dan rakyat. Sedangkan orang yang memainkan biola disebut dengan violinis.


Alat Musik Modern Tiup


Alat musik tiup merupakan alat musik yang menghasilkan suara atau nada yang berasal dari getaran bibir pemain saat meniup alat musik tersebut. Berikut adalah beberapa alat musik modern tiup, diantaranya :

3. Saksofon

alat musik modern saksofon

bassic-sax.info

Saksofon berasal dari belgia dan diciptakan oleh Adolphe Sax pada tahun 1840. Oleh karena itu alat ini disebut Saxophone.

Saksofon merupakan keluarga dari alat musik modern tiup bersuara logam yang jangkauan nada dan ekspresinya besar. Saksofon pada umumnya dimainkan popular music, big band music dan para legenda jazz.

Tetapi, awalnya alat musik ini digunakan sebagai instrumen orchestra dan band militer.

4. Terompet

alat musik modern terompet

noesaja.com

Terompet merupakan keluarga alat musik modern tiup yang terbuat dari logam. Terompet hanya memiliki tiga tombol, cara menentukan nadanya dengan mengatur udara yang lewat dengan menekan secara teratur dan tidak sembarangan.

Untuk bermain alat musik ini kita harus memiliki napas yang panjang dan kuat. Jadi untuk kamu yang mau menekuni alat musik ini disarankan untuk tidak merokok dan rajin berolahraga seperti jogging di pagi hari, berenang dan lainnya.

5. Harmonika

alat musik modern harmonika

500px.com

Harmonika adalah salah satu alat musik modern tiup yang sebenarnya sudah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu di China yang dikenal dengan nama sheng.

Harmonika merupakan salah satu alat musik yang paling mudah untuk dimainkan setiap orang. Caranya cukup dengan meniupkan dan menghisap lubangnya saja harmonika sudah mengeluarkan suara yang bagus.


Alat Musik Modern Tuts


Alat musik modern tuts adalah alat musik yang memiliki papan nada yang cara memainkannya denga cara menakan papan nada tersebut dengan menggunakan jari-jemari tangan. Ada banyak ragam alat musik tuts di dunia, diantaranya adalah :

6. Keyboard

alat musik modern keyboard

upload.wikimedia.org

Keyboard berfungsi sebagai orchestrator atau penyelaras dan aransemen dalam permainan musik. Alat musik modern ini dimainkan seperti piano, bedanya keyboard dapat memainkan berbagai macam suara alat musik, seperti trompet, seruling, gitar, biola sampai dengan suara perkusi.

Hanya dengan sebuah keyboard kita bisa bermain layaknya sebuah band yang nyaman untuk didengar, dengan memadukan berbagai suara alat musik didalamnya.

Perbedaan yang mendasar antara keyboard dengan piano adalah keyboard membutuhkan listrik untuk memainkannya, sehingga dapat diatur sedemikan rupa dengan pengeras suara.

7. Piano

alat musik modern piano

500px.com

Piano merupakan alat musik modern yang dimainkan dengan menekan tuts piano dengan jari-jemari tangan. Piano memiliki 88 tuts, lebih banyak daripada keyboard. Bentuk dan fungsi piano hampir sama dengan keyboard, namun ukurannya lebih besar.

8. Organ

alat musik modern organ

pixabay.com

Organ merupakan alat musik modern seperti halnya keyboard, dimana nada-nadanya didapat dari tiupan udara ke sejumlah pipa. Udara tersebut diatur sehingga mampu mengeluarkan suara seperti yang kita inginkan.

Organ menghasilkan suara yang cukup unik, karena suaranya yang berkelanjutan, tidak semakin kecil selama tuts masih ditekan.

Berbeda dengan piano, organ mempunyai karakteristik keterikatan tempo yang lemah, namun mempunyai lokalisasi frekuensi yang baik. Oleh karena itu, organ adalah pengiring yang baik dalam kelompok paduan suara non-musisi.


Alat Musik Modern Pukul


Untuk kali ini kita akan membahas alat musik modern pukul yang fungsinya sangat penting dalam harmoni sebuah musik. Langsung saja kita bahas.

9. Drum

alat musik modern

mastersingersbythesea.org

Drum merupakan sebuah kelompok alat musik modern perkusi yang mempunyai peranan sangat vital dalam berbagai permainan musik, karena drum merukapan suatu wadah yang menentukan tempo permainan. Untuk itu, tidak salah kalau drum merupkan jantung dari permainan musik

Di dalam drum ada shell atau selongsong yang merupakan pembentuk dari sebuah drum. Karakter shell ini akan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Biasanya shell yang terbuat dari besi mempunyai karakter suara tajam dan attack, sementara karakter suara yang terbuat dari kayu lebih hangat.

Selain itu, drum juga memiliki berbagai ragam. Antara lain aburukawa, ashiko, bodhran, bougarabou, cajon, chenda, conga, davul, dhol, djembe, dunun, mridangam, taiko, table, tapan, timbales dan timpani.

Itulah beberapa alat musik modern dan cara memainkannya yang perlu kamu ketahui. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply