bahan cordura

Bahan Cordura: 6 Fakta Menarik Tentang Waterproof!

Jika Anda adalah seorang awam di dunia bisnis kain dan busana, bahan cordura mungkin terdengar asing. Ya, bahan yang satu ini memang sering disebut, tetapi tak banyak yang benar-benar paham seperti apa dan bagaimana kegunaan bahan ini.

Nah, apa yang dimaksud dengan kain cordura? Apakah bahan ini bermanfaat untuk Anda? Kenali serba-serbi bahan cordura waterproof di sini, mulai dari kelebihan, kekurangan, hingga untuk apa bahan ini biasa digunakan dalam keseharian.

Pengertian Kain Cordura

Kain Cordura

Kain cordura awalnya diproduksi oleh perusahaan yang bernama E.I du Pont de Nemours and Company pada tahun 1929. Nah, dibuat dari apakah kain yang satu ini?

Cordura dibuat dari campuran berbagai jenis bahan seperti nilon, kapas, serta bahan polyester. Melihat rumitnya proses pembuatan kain cordura, maka tak mengherankan apabila kain ini dianggap berkualitas dan juga merupakan kain yang kuat.

Pemanfaatan Kain Cordura

Kain Cordura Untuk Sepatu

Kain cordura bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam hal, seperti misalnya jaket, baju, dan tentu saja tas. Kain cordura memiliki serat-serat yang rapat dan juga mampu menahan beban berat.

Tas yang terbuat dari kain cordura pun mampu menampung banyak barang di dalamnya, tetapi tetap ringan.

Cordura memberikan kesan yang sporty dan juga modern. Tas berbahan cordura biasanya adalah tas untuk keperluan goodybag berkelas, tas olahraga, atau tas ransel sekolah.

Sementara itu, baju yang terbuat dari bahan kain cordura biasanya merupakan jaket yang memang diperuntukkan di cuaca yang dingin, berbeda dengan bahan polycotton yang bisa dipakai di cuaca panas sekalipun.

Kelebihan Kain Cordura

bahan cordura

Kelebihan banyaknya produk yang menggunakan bahan dasar kain cordura menunjukkan betapa baik kualitas dari kain yang satu ini. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihan dari kain cordura yang sebaiknya Anda ketahui.

Kuat

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahan cordura sangatlah kuat dan juga tidak mudah sobek. Kekuatan bahan ini berasal dari serat-serat rapat dan juga bahan nilon yang amat kuat dan berkualitas tinggi. Maka, tali pada tas outdoor juga dibuat dari cordura.

Mampu menampilkan warna cerah

Kain cordura mampu menampilkan warna dengan cerah, sehingga, barang-barang yang dibuat dari kain cordura terlihat mampu menarik perhatian banyak orang. Tidak mengherankan apabila tas sekolah dibuat dengan bahan ini.

Ringan

Meskipun mampu menampung banyak barang dan tidak mudah sobek, tetapi tas berbahan dasar cordura ini sangat ringan. Jadi, jika membawa tas cordura, Anda tidak akan merasa keberatan. Ini tentu berbeda dengan tas yang terbuat dari kulit.

Antiair

Mengapa ada banyak peralatan outdoor yang menggunakan cordura? Tentu saja ini karena sifat cordura yang antiair. Jadi, hujan ataupun hal lainnya tidak akan mudah menembus kain ini dan hal tersebut tentu sangat menguntungkan bagi petualang.

Memang ada begitu banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan dari cordura. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila kain ini senantiasa laris manis dan diproduksi dalam jumlah banyak.

Kekurangan Kain Cordura

Bahan Cordura Untuk Dompet

Meskipun kain ini merupakan salah satu kain primadona, tetapi ada beberapa kekurangan dari kain ini yang sebaiknya Anda perhatikan. Nah, apa sajakah kekurangan dari kain berbahan dasar cordura?

Yang pertama adalah penampilannya yang kurang mewah. Cordura tidak pernah memberikan kesan mewah, melainkan kesan sporty dan kasual.

Maka dari itu, sulit menemukan tas mewah yang dibuat dari cordura. Kebanyakan tas mewah akan menggunakan kulit sebagai bahan dasarnya. Cordura sendiri biasanya dipakai untuk jaket sport, tas olahraga, serta tas-tas bernuansa kasual.

Yang kedua, bahannya yang panas. Cordura tidak menyerap keringat dan tentu saja cukup pengap. Itulah alasan mengapa tidak ada banyak baju yang dibuat dari kain cordura, tidak seperti bahan lain, seperti bahan spandek, misalnya.

Cordura biasanya dipakai untuk membuat jaket atau membuat rompi yang bisa menahan angin khusus untuk para pengendara sepeda motor.

Yang ketiga, permukaan kain cordura kasar. Hal ini membuat cordura tidak bisa sepenuhnya dijadikan bahan pembuat pakaian. Perlu tambahan furing yang halus supaya kain ini bisa dipakai.

Pemanfaatan Kain Cordura Untuk Bisnis

Kain Cordura Untuk Bisnis

Bila Anda ingin bisnis tas yang laris manis, cordura bisa dijadikan bahan utama. Sifatnya yang kuat tidak akan mengecewakan pelanggan.

Selain itu, desain dan warna yang tercetak di atas kain cordura akan menimbulkan kesan yang unik, sehingga membuat produk Anda terlihat menawan.

Cordura bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar sabuk. Ini merupakan alternatif dari sabuk kulit yang memang terkenal mahal. Sabuk cordura cocok dikenakan oleh anak muda dan juga cukup kuat.

Anda juga bisa berbisnis peralatan outdoor, seperti tali untuk naik gunung, tali rompi, dan sebagainya. Sungguh luas peluang bisnis dari kain cordura ini, bukan?

Perawatan Kain Cordura

Kain cordura memang tidak mudah kusut dan tidak perlu disetrika. Meski begitu, harus diakui bahwa kain cordura sulit untuk dibersihkan.

Bila ada noda yang menempel, maka segera bersihkan cordura. Bila Anda menunda hal tersebut, kotoran akan meresap dan semakin sulit dihilangkan. Ini tentu membuat aksesori cordura Anda menjadi tidak enak dilihat.

Gunakan detergen yang keras untuk menghilangkan noda membandel pada kain cordura. Bila perlu, gosok kotoran dengan menggunakan sikat gigi.

Selain itu, menjemur kain cordura memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Kain cordura cenderung menahan air di sela-sela seratnya.

Bagaimana? Menarik bukan kain yang satu ini? Bahan cordura memang bukan bahan yang mudah dicari di mana-mana. Hanya toko kain tertentu yang menjualnya. Meski begitu, kain ini cukup unik dan tentu punya manfaat spesifik yang bisa dijadikan peluang bisnis.

Leave a Reply