bahan balotelly

Bahan Balotelly: Mengenal Kain yang Populer untuk Gamis!

Salah satu ciri paling menonjol dari bahan balotelly adalah kain ini tergolong tebal. Akan tetapi, ketebalan itu tidak membuatnya berat ketika dikenakan. Bahan ini begitu ringan dan jatuh lunglai menyentuh kulit. Inilah mengapa banyak orang menyukainya.

Bagi wanita muslimah berbadan big size, mengenakan busana yang ringan dan jatuh akan membuatnya lebih nyaman. Apalagi, jika busana tersebut menggunakan bahan yang berserat lembut serta cukup longgar untuk memberi rongga bagi keluar-masuknya udara.

Kelebihan Balotelly

Bahan Balotelly

Balotelly digolongkan dalam jenis kain katun. Namun, menurut sejumlah sumber dan fakta di lapangan, serat kain ini tidak tampak seperti terbuat dari 100% katun. Pasalnya, tekstur balotelly sedikit lebih kasar daripada katun serta tampak lebih berkilau.

Terlepas dari seratnya alami atau tidak, material ini cukup aplikatif. Jika bahan taiga sering digunakan untuk membuat tas, balotelly dapat dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai jenis busana. Bukan cuma busana muslim, tetapi juga berbagai jenis pakaian dengan skala yang lebih luas.

Ciri utama balotelly adalah memiliki tenunan yang padat, nyaris tanpa rongga sekecil apa pun, mirip dengan bahan lotto. Tentu saja material ini cocok untuk aplikasi busana muslimah. Karena dalam Islam, kaum hawa dianjurkan agar tidak memakai baju yang menerawang sehingga tubuhnya terlihat dari luar.

Hampir sulit menemukan kekurangan kain balotelly. Seratnya padat, materialnya tebal sekaligus ringan seperti bahan wolfis, teksturnya rapi terlebih saat diterapkan pada busana, serta memiliki ragam varian motif dan warna. Berbagai kelebihan itu menjadikan bahan balotelly difavoritkan banyak orang.

Memilih Gamis untuk Wanita Big Size

Kain Balotelly

Bagi Anda yang hendak memilih gamis tetapi selalu bingung karena masalah size, berikut adalah tips menarik untuk Anda:

Pilih Potongan Baju yang Pas di Badan

Kabar baik bagi wanita muslimah bertubuh gemuk. Baju berbahan balotelly dapat menyembunyikan bentuk tubuh karena karakternya yang cenderung longgar. Longgar yang dimaksud adalah pas di badan, tidak ketat atau kekecilan, juga tidak terlalu besar.

Maka, pilihlah busana-busana penutup aurat yang dibuat dari balotelly. Disarankan pula untuk memilih baju gamis dengan potongan A-line. Potongan A-line berarti bentuk baju gamis menyerupai huruf A besar, yaitu kecil di bagian atasnya namun semakin ke bawah, semakin melebar.

Pilih Warna Gelap atau Polos

Warna gelap tak akan membuat bentuk tubuh tampak menonjol. Bagi pemilik bodi gemuk, salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan menyamarkan ukuran tubuh. Dan, ini bisa dilakukan dengan mengenakan baju gamis dari balotelly yang berwarna gelap.

Warna-warna gelap membuat tubuh terlihat lebih langsing. Demikian pula dengan baju gamis yang berwarna tunggal atau polos. Hindari memilih busana dengan banyak aksen, aksesoris, atau lipatan, terutama jika fitur tersebut berada di bagian pinggang.

Aksen berlebihan akan membuat tubuh gemuk tampak semakin penuh. Lagipula, pakaian polos lebih praktis dan ringkas, dapat memberi kesan penampilan yang elegan pada pemakainya, dan juga cocok dipakai di segala kesempatan.

Opsi untuk Mengatasi Keterbatasan

Jika benar-benar kesulitan menemukan gamis polos, silakan coba yang bermotif. Namun, usahakan motifnya sederhana, tidak terlalu padat dan mencolok warnanya. Jika menyukai motif garis, sebaiknya hindari garis horizontal, karena motif ini membuat tubuh terlihat makin besar.

Atasan kemeja cerah dengan bawahan rok maxi berwarna gelap juga dapat mengesankan bentuk tubuh yang lebih langsing. Tambahkan outer, baik berupa kardigan, blazer, maupun bolero. Pilihan outer yang tepat akan menyamarkan ukuran tubuh, terutama bagian atas.

Sementara untuk pilihan hijab, disarankan menggunakan pasmina atau syal. Keduanya dapat diterapkan dengan mudah dan disesuaikan dengan bentuk wajah pemakainya. Ini cocok untuk pemilik pipi tembam atau berwajah lebar.

Terakhir, bahan gamis untuk wanita berbadan tambun sebaiknya ringan dan jatuh. Dan tentu saja balotelly memiliki semua kriteria tersebut. Pastikan hanya memilih baju gamis dari bahan balotelly premium yang berkualitas tinggi agar tidak merasa kecewa saat memakainya.

Perbedaan Kualitas Balotelly

Kelebihan Bahan Balotelly

Terdapat tiga varian kain balotelly di pasaran. Masing-masing dengan karakter spesifik yang juga menjadi pembeda kualitasnya. Varian tersebut, antara lain balotelly orisinal, balotelly grade A, dan grade A+.

Balotelly Orisinal

Varian dengan kualitas paling rendah adalah balotelly orisinal. Jenis bahan yang satu ini cenderung lebih kaku dibandingkan varian lainnya. Permukaannya juga kasar dan tidak jatuh seperti kain balotelly yang seharusnya.

Balotelly Grade A

Setingkat di atas orisinal adalah jenis balotelly berkualitas menengah atau sedang, yaitu grade A. Bahan ini cukup lembut dan tidak lagi kaku. Permukaannya juga tidak sekasar balotelly orisinal. Karakteristik balotelly yang sebenarnya mulai terlihat pada varian ini.

Balotelly Grade A+

Varian terakhir dan dikenal memiliki kualitas paling baik adalah grade A+ atau kain balotelly premium. Varian satu ini menampilkan ciri khas asli dari balotelly. Kainnya halus, lembut, jatuh, dan sejuk. Otomatis harganya pun sedikit lebih mahal daripada dua varian lainnya.

Tanpa melihat dan menyentuhnya secara langsung, Anda akan kesulitan mencari perbedaan antara tiga varian bahan balotelly di atas. Ketiganya sama-sama tebal, tetapi memiliki permukaan dengan tekstur dan berbeda.

Bukan hanya saat memilih bahan balotelly. Untuk mengetahui kualitas kain apa saja, Anda harus merasakannya sendiri, merabanya dengan jari-jari. Oleh karenanya, memilih kain di toko fisik lebih disarankan daripada membeli secara daring.

Leave a Reply