Kelebihan bahan jersey

Bahan Jersey: 5 Jenis Ini Harus Anda Pahami Sebelum Membeli!

Sering kita mendengar tentang bahan jersey, tetapi sebenarnya, tidak semua orang betul-betul paham mengenai bahan ini. Ya, jersey memang identik dengan kaos olahraga atau kaos untuk cendera mata. Namun, sebetulnya jersey bukan hanya tentang itu.

Nah, Anda masih bingung dengan bahan yang satu ini? Ingin berbisnis baju tetapi masih belum bisa membedakan antara jersey yang satu dengan yang lainnya? Simak penjelasan lengkap mengenai bahan jersey berikut ini.

Pengertian Kain Jersey

Bahan Jersey High-Twist

Bahan atau kain jersey pada dasarnya merupakan bahan yang terbuat dari tekstil rajutan. Kain jersey memiliki karakteristik yang halus, lebih tebal daripada bahan polyester, tetapi tidak berbulu.

Permukaannya yang halus membuat kain ini menjadi kain ideal untuk dijadikan kaos, terutama kaos untuk berolahraga. Pasalnya, hal itu membuat bahan jersey mampu menampilkan warna dengan baik dan dengan terang, tidak seperti bahan voal.

Bisa dilihat bahwa warna-warna yang ada pada permukaan kain jersey sangatlah cerah dan juga bersinar. Apalagi, bila kain jersey tersebut memiliki kualitas yang apik. Tentunya, segala desain dan juga warna yang diciptakan di atasnya akan terlihat sangat jelas.

Jenis-Jenis Jersey

Jenis Kain Jersey

Yang menarik adalah ternyata kain jersey terbagi berdasarkan kualitas dari bahannya, berikut adalah jenis-jenis yang layak untuk Anda tahu:

Jersey High-Twist

Jenis kain jersey high-twist merupakan kain jersey yang cukup ekonomis. Permukaannya cukup tebal dan warna yang tercetak di atas kain jersey high-twist ini akan terlihat dengan jelas.

Itulah sebabnya mengapa kain ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk kaos seragam saat berolahraga atau saat acara-acara tertentu, seperti outing, misalnya.

Namun, kekurangan dari kain high-twist ini adalah sifatnya cukup panas bak bahan kanvas. Jadi, Anda akan merasa lebih cepat kegerahan saat menggunakan baju yang berbahan dasar high-twist.

Jersey Spandeks

Jersey yang satu ini memiliki kualitas yang lebih baik bila dibandingkan dengan jersey high-twist.

Bahan spandeks ini tidak terlalu mengilap, ringan, dan juga tidak panas. Itulah sebabnya bahan spandeks lebih mahal daripada high-twist dan juga diperuntukkan bagi kalangan kelas menengah. Baju-baju olahraga yang asli juga banyak dibuat dengan menggunakan jersey yang satu ini.

Jersey Stela

Jersey ini merupakan jenis kain jersey yang berada di tengah-tengah high-twist dan spandeks. Bahannya tidak terlalu panas dan tidak terlalu mengkilap, tetapi juga tidak seringan spandeks.

Bila dilihat secara sekilas, kain yang satu ini kurang lebih mirip seperti kain katun. Nah, warna-warna yang tercetak di atasnya juga cukup jelas serta tidak terlalu mengilap layaknya jersey high-twist.

Jika Anda berminat membeli jersey berkualitas tetapi harganya terjangkau, maka jersey stela ini bisa menjadi pilihan utama bagi Anda.

Jersey Scarlet dan Serly

Inilah kain jersey dengan harga yang paling murah. Ya, jersey scarlet dan serly merupakan jenis jersey yang paling tipis dan juga ringkih.

Meskipun harganya murah, perlu diingat bahwa jersey yang satu ini bukanlah jersey yang direkomendasikan bila Anda bermaksud untuk menjual baju bagi kalangan menengah dan atas.

Bahkan seringkali, jersey ini hanya dipakai untuk keperluan membuat baju bagi hadiah undian, baju sekali pakai, atau baju-baju yang memang dijual dengan harga sangat murah.

Hal tersebut dikarenakan jersey scarlet dan sherly memiliki bahan yang kasar mudah robek dan juga agak panas warna-warna yang tercetak di atasnya pun tidak terlalu timbul dengan baik. Pada dasarnya, jenis jersey ini merupakan jenis jersey dengan grade yang paling rendah di pasaran.

Perawatan Kain Jersey

Perawatan Kain Jersey

Perawatan kain jersey memang gampang-gampang susah. Di satu sisi, kain ini merupakan kain yang tidak mudah kusut. Namun, di sisi lain, kain jersey juga tidak bisa disetrika dalam suhu yang terlalu panas.

Apabila kain jersey disetrika dalam suhu yang panas, ada kemungkinan kain ini akan rusak. Namun, bila disetrika dengan suhu yang terlalu rendah, maka kusut pada kain tak bisa hilang dengan mudah.

Nah, untuk pencuciannya sendiri, tentu tergantung pada jenis jersey yang Anda miliki. Jersey berkualitas baik seperti spandeks, misalnya, tak akan mudah luntur.

Sementara itu, jersey seperti scarlet berisiko kelunturan saat dicuci. Jadi, sebaiknya pisahkan jersey tersebut dengan baju-baju lainnya. Jangan sampai warna-warna pada jersey tersebut menempel pada pakaian yang lain.

Memang, bila Anda menginginkan jersey untuk penggunaan dalam jangka waktu lama, sebaiknya membeli jersey dengan kualitas yang baik. Jersey ini tidak akan mudah rusak dan bisa dipakai dalam berbagai acara.

Bisnis dengan Jersey

Kelebihan bahan jersey

Sebetulnya, bisnis kain jersey memang identik dengan bisnis baju-baju olahraga. Hal ini tidak salah. Dengan bahan yang lentur, cenderung dingin, dan juga mampu menampilkan warna-warna cerah, jersey memang sangat cocok menjadi teman Anda berolahraga.

Namun, jangan salah. Kain jenis ini juga bisa dijadikan celana bahkan tas. Ya, celana legging juga bisa dibuat dari jersey karena memberikan rasa dingin dan merenggang di tubuh.

Selain itu, kini juga sudah banyak tas dari jersey yang ringan dan dipadukan dengan tali. Tas ini bisa menampung beberapa barang ringan. Cocok untuk dibawa saat akan hangout di mall atau saat akan berkegiatan outdoor alias luar ruang.

Jadi, itulah berbagai macam hal yang bisa Anda ketahui terkait bahan jersey. Pada dasarnya, jersey memang cenderung sporty dan lebih cocok digunakan sebagai kaos. Nah, apakah Anda tertarik untuk berbisnis bahan yang satu ini?

Leave a Reply