bahan tile untuk kebaya

5 Jenis Bahan Tile yang Menawan (+Tips Merawatnya)

Pernahkah Anda memperhatikan kostum penari balet? Atau baju bayi dan anak-anak yang lucu-lucu? Biasanya, busana-busana tersebut menggunakan bahan tile, yaitu kain berupa jaring-jaring, sebagai tambahan atau kombinasi untuk mempermanis pakaian.

Kini, kain tile, yang memiliki nama asli tule ini, juga banyak digunakan untuk membuat pakaian wanita dewasa, seperti gaun, gamis pesta, juga kebaya. Bagaimana sejarah kain tule? Apa saja jenisnya dan pakaian apa saja yang bisa dibuat menggunakan bahan transparan ini? Simak ulasan berikut ini.

Mengenal Bahan Tule

Bahan Tile

Kain tule didefinisikan sebagai kain tipis, halus, dan berbentuk jaring-jaring yang dibuat menggunakan mesin dari bahan asetat, nilon, rayon, atau sutra. Lubang jaring kain tule sangat halus, dengan tingkat kekakuan tergantung pada serat asalnya.

Menurut sejarahnya, kain tule diciptakan pada sekitar abad ke-18 di Kota Tulle, Perancis, berupa kain yang dirajut menjadi semacam jaring dengan lubang-lubang berbentuk heksagonal seperti rumah lebah. Kain ini kemudian makin populer dan bekembang.

Di Eropa, kain tule digunakan untuk bermacam-macam jenis busana dan aksesori. Selain pada kostum balet, kain ini juga banyak digunakan untuk gaun, penutup wajah, dan hiasan pada bunga pengantin, gaun malam, pakaian pesta, juga hiasan pada topi wanita.

Di Indonesia sendiri, kain tule sama populernya dengan bahan wollycrepe dan digunakan pada berbagai jenis busana. Karena sifatnya transparan, kain tule biasanya dijadikan bahan pelapis luar pakaian dengan tambahan bordir, payet, atau detail lainnya.

Jenis-Jenis Bahan Tule

Kain Tile

Seperti kebanyakan bahan lainnya, kain tule pun memiliki beberapa jenis. Perbedaan setiap jenis tule terletak pada bahan pembuatnya, seperti sutra, katun, wol, Polyamide poliester, dan lurex. Berikut beberapa jenis bahan tile yang dikenal saat ini.

1. Silk Tulle (Tule Sutra)

Karena terbuat dari sutra, jenis pertama ini merupakan kain tule yang paling halus dan lembut di antara jenis lainnya. Namun, sebagaimana kain-kain berbahan dasar benang sutra lainnya, tule sutra jarang dijumpai dan harganya sangat mahal.

2. Nylon Tulle (Tule Nilon)

Tule dari serat nilon adalah jenis yang paling banyak dijumpai pada berbagai jenis pakaian karena harganya yang sangat terjangkau. Gaun dari bahan velvet akan makin cantik jika dipadukan dengan tule nilon.

3. Polyester Tulle (Tule Poliester)

Sesuai sifat serat polyester yang cenderung kaku, maka tule poliester pun memiliki karakteristik yang sedikit kaku. Oleh karena itu, tule jenis ini banyak digunakan dalam pembuatan aksesori dan kerajinan tangan.

4. Illusion Tulle

Kain tule yang satu ini dibuat dari campuran serat poliester dan nilon dan dikenal juga sebagai bridal illusion tulle karena sering digunakan pada gaun dan penutup wajah pengantin. Kain ini memiliki lubang jaring berbentuk berlian yang sangat halus.

5. Stretch Ilusion Tulle

Sesuai namanya, kain ini bersifat stretch atau bisa diregangkan. Sifat stretch ini didapatkan dari serat yang digunakan sebagai campuran, yaitu spandeks atau elastane. Tule stretch sangat cocok untuk membuat gaun.

Selain berdasarkan bahan seratnya, kain tule juga berbeda-beda dalam hal berat dan ukuran lubang jaring-jaringnya. Oleh karena itu, saat hendak membeli kain atau busana berbahan tule, Anda harus memegangnya secara langsung dan merasakannya dengan cermat.

Kisaran Harga Bahan Tule di Indonesia

Bahan Tile Untuk Pakaian

Di Indonesia, kebanyakan jenis kain tule tidak dijual dalam satuan per meter, tetapi per gulung. Meskipun ada juga toko yang menjualnya secara meteran, tetapi sangat jarang. Penyebabnya adalah karena jenis tule yang dijual di Indonesia kebanyakan adalah dari jenis yang murah.

Anda bisa menemukan kain tule yang dijual dengan harga ekonomis, yaitu Rp11.000,00 per meter. Namun, jika Anda membelinya di toko online, biasanya kain tule dijual dalam bentuk gulungan dengan minimal pembelian sekitar Rp200.000,00.

Ada juga bahan tile dengan harga super murah, yaitu sekitar Rp8.000,00 per meter. Biasanya, kain jenis ini digunakan untuk membuat aksesori, kerajinan tangan, dan tudung saji.

Harga kain juga dipengaruhi negara asalnya. Kain tule produksi Cina dijual dengan harga jauh lebih murah dibanding dengan produksi Prancis, sekitar Rp20.000,00 per meter. Tentu saja, kualitasnya pun jauh berbeda. Kain tule Prancis lebih halus, tetapi lebih kuat, tidak mudah sobek.

Kain tule berkualitas bagus dibanderol dengan harga cukup tinggi. Kisaran harganya antara Rp100.000,00 per meter untuk kain dengan lubang jaring besar hingga Rp200.000,00 per meter untuk lubang jaring yang lebih halus. Hiasan bordir, payet, atau glitter juga memengaruhi harga kain tule.

*Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Cara Merawat Bahan Tule

bahan tile untuk kebaya

Mengingat bentuknya yang berlubang-lubang, kain tule harus dirawat dengan ekstra hati-hati. Jika tidak, kain tule akan robek atau rusak. Kain tule tidak boleh dicuci dengan mesin cuci karena drum pemutar dalam mesin akan merusak serat halusnya sehingga bentuk kain berubah.

Cucilah busana berbahan tule dengan tangan, gunakan air dingin dan detergen lembut. Jangan mengucek terlalu kuat dan jangan diperas. Jemur pakaian berbahan tule dengan cara digantung di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Pakaian berbahan tule sebaiknya tidak disetrika karena seperti bahan scuba, kain ini tidak tahan panas. Namun, jika terpaksa, gunakan panas paling rendah dan setrika harus selalu digerakkan. Jika setrika berhenti di satu titik, kain akan mengalami overheat sehingga kain tule akan meleleh.

Jika kain tule tampak sangat kusut, ada dua cara yang bisa dilakukan. Gantung pakaian di kamar mandi segera setelah Anda mandi dengan air hangat sehingga masih ada uap yang tertinggal. Usap-usap kain tule secara perahan. Cara lainnya yang lebih aman, dry clean kain tule di laundry.

Ada harga, ada rupa. Istilah ini juga berlaku pada bahan tile dan bisa menjadi patokan Anda dalam memilihnya. Jika kain berkualitas tinggi, tentu Anda harus menyiapkan bujet yang cukup, dan sebaliknya. Beruntung, kain tule memilki banyak variasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Leave a Reply