bahan suede

Bahan Suede: 5 Fashion Item dan Tips Merawatnya!

Para pecinta produk kulit pasti tidak asing dengan bahan suede yang biasanya digunakan untuk membuat sepatu, tas, dan lainnya. Kini, makin banyak pakaian yang dibuat dari kulit suede, seperti jaket, celana, dan rok yang didesain dengan sangat fashionable.

Tampilan yang lembut, feminin, dan elegan membuat produk berbahan suede memang menggoda. Sayangnya, banyak yang ragu karena perawatannya relatif sulit. Padahal, dengan tips dan trik yang tepat, Anda bisa membuatnya selalu tampak baru.

Mengenal Suede

Bahan Suede

Sebelum membahas jenis fashion item berbahan suede yang wajib Anda miliki, kenali lebih dahulu karakteristik, kelebihan, dan kekurangan kulit suede.

Pada dasarnya, bahan untuk membuat kulit suede sama dengan bahan kulit lain, tetapi dibuat melalui proses finishing khusus sehingga teksturnya sangat halus dan lembut. Bahan suede dibuat dari lapisan bawah kulit rusa, kambing, domba, atau sapi karena bisa diproses dengan efisien.

Proses yang dilakukan menyebabkan suede tidak terlalu kuat seperti bahan kulit lainnya, sangat mudah menyerap air, dan gampang kotor. Namun, kulit suede tergolong awet, terasa halus dan lembut. Tak heran jika harga bahan ini cukup tinggi.

Untuk mengatasi kelemahan suede, lahirlah suede tiruan yang ternyata lebih diminati. Salah satu alasannya, suede imitasi bersifat animal-friendly karena tidak dibuat dari kulit binatang sungguhan. Selain itu, suede tiruan jauh lebih mudah dirawat karena lebih tahan air dan tentu saja, lebih murah.

Akan tetapi, suede tiruan atau suedette tentu saja memiliki kualitas yang lebih rendah karena bukan hasil olahan para perajin kulit, melainkan diproduksi secara massal di pabrik. Oleh karena itu, Anda perlu teliti saat membeli produk berbahan suede.

Tak jarang orang menyebut kulit suede sebagai bahan beludru. Sepintas, keduanya memang terlihat sama, padahal jelas sangat berbeda. Beludru tergolong jenis kain, sedangkan suede terbuat dari kulit. Untuk membedakannya, Anda bisa membaca ulasan lengkap tentang bahan beludru.

Fashion Items dari Suede yang Wajib Dikoleksi

Sepatu Bahan Suede

Produk-produk fesyen berbahan suede impor makin banyak dijumpai, mulai dari tas, sepatu, hingga berbagai jenis pakaian untuk pria dan wanita. Berikut ulasan tentang produk berbahan suede, termasuk gaya yang paling cocok untuk setiap jenisnya.

1. Sepatu Suede, Bagus atau Tidak?

Sepatu wanita berbahan suede biasanya dari jenis high heels, wedges, dan boots. Untuk pria, model sepatu suede adalah sneaker, slip, mokasin, ankle boots, dan derby. Sepatu wanita berbahan suede dengan warna-warna pastel akan membuat Anda tampak makin anggun dan dewasa.

2. Suede untuk Jaket

Jaket adalah fashion item yang lazim dibuat dari kulit suede. Biasanya, jaket suede dilengkapi detail berupa rumbai-rumbai sehingga gaya western terlihat lebih kuat. Anda bisa memadukan jaket suede dengan celana denim, baik panjang maupun pendek.

Jika di negara subtropis jaket panjang kulit suede menjadi outfit favorit saat musim dingin, di Indonesia, jaket ini juga cocok dikenakan saat musim hujan. Dipadu dengan rok dan blus cantik atau celana panjang bagi pria, kaos polos atau bergambar ikonik, jaket suede akan membuat Anda tampil fashionable.

3. Suede untuk Baju

Kemeja dari kulit suede mencerminkan karakter yang tenang dan sangat cocok untuk Anda yang ingin tampil dengan gaya cowgirl yang trendi. Padukan dengan rok midi berumbai untuk efek penampilan yang dramatis. Saat ini, ada juga gamis berbahan suede dan dipadukan dengan bahan brokat.

4. Suede untuk Rok

Rok midi selalu bisa diandalkan untuk menciptakan kesan feminin. Kini, rok midi pun hadir dalam bahan suede yang chic. Blus lengan panjang atau kemeja “kedodoran” adalah pasangan yang pas untuk rok midi berbahan suede ini.

5. Suede untuk Celana

Siapa bilang celana panjang hanya bisa tampil “begitu-begitu saja”? Cobalah celana panjang berbahan suede. Kesan sederhana akan berubah jadi lebih fashionable. Terlebih lagi jika Anda memadukannya dengan kemeja panjang dan ikat pinggang yang juga terbuat dari suede.

Tips dan Trik Perawatan Suede

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kulit suede membutuhkan perawatan khusus. Hal ini terkait dengan karakteristik dari kulit suede itu sendiri. Namun jangan khawatir, dengan tips dan trik di bawah ini, Anda bisa menjaga agar tampilan sepatu atau busana suede Anda tetap sebagus saat masih baru.

Jauhkan dari Sumber Panas

Kulit suede sangat sensitif terhadap panas. Oleh karena itu, jauhkan dari sumber panas. Simpan pakaian di ruangan yang sejuk dengan cara digantung. Jangan menjemurnya langsung di bawah terik matahari.

Jauhkan dari Cairan

Cairan adalah “musuh utama” kulit suede. Jika terlanjur terkena cairan, tepuk-tepuk area tersebut dengan kain atau handuk bersih. Oleskan bedak tabur atau tepung jagung, diamkan semalaman. Keesokan harinya, bersihkan bubuk yang menempel dengan sikat khusus suede.

Lindungi Sepatu dengan Spray Pelindung Suede

Sebelum digunakan, lindungi sepatu suede dengan spray khusus pelindung sepatu yang bisa dibeli di toko reparasi sepatu. Sikatlah sepatu sebelum dan setelah disemprot.

Bersihkan Noda dengan Cuka

Noda ringan seperti kopi atau teh mudah dibersihkan dengan cara disikat. Untuk noda yang lebih berat, teteskan sedikit cuka pada handuk kering, kemudian usapkan ke bagian yang bernoda.

Tips Mengembalikan Tekstur

Suede adalah bahan bertekstur seperti halnya bahan wollycrepe. Jika permukaan suede tak bertekstur lagi, gosok dengan sikat gigi bersih atau handuk berbahan terry cloth. Anda juga bisa meletakkan suede di atas uap selama beberapa detik, lalu gosok dengan handuk.

Fashion item dari bahan suede adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin tampil trendi. Dengan mix and match yang tepat, penampilan Anda dijamin lebih fashionable. Update selalu gaya berbusana Anda dengan mencari inspirasi-inspirasi baru dari para fashion icons.

Leave a Reply