4 Cara Membuat Doodle Art yang Keren dan Simple Bagi Pemula

Cara Membuat Doodle Art – Doodle art adalah sebuah gambar atau bisa dikatakan sebagai lukisan yang pembuatannya tidak memiliki tujuan tertentu atau memang dibuat tanpa sadar, bahkan seni ini tidak memperhitungkan teknik seni lukis sama sekali.

Hasilnya pun cukup beragam, mulai dari gambar binatang, huruf, nama atau hanya berupa coretan abstrak saja.

Doodle art sama halnya seperti seni pada umumnya, dimana bisa dijadikan sebagai sarana penuangan imajinasi kita pada sebuah lembar kertas dengan bentuk-bentuk yang indah.

Nah, yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membuat doodle art bagi pemula? Apa saja alat yang diperlukan untuk membuat doodle art? Tak perlu khawatir, kamu sekarang berada di tempat yang tepat. Karena yang akan kita bahas kali ini adalah cara membuat doodle art lengkap dengan persiapan dan contohnya.

Alat untuk Menggambar Doodle Art

Alat yang dibutuhkan dalam membuat doodle art

pexels.com

Untuk membuat karya seni ini tidak banyak peralatan yang dibutuhkan. Sebenarnya hanya bermodal pensil dan kertas saja, kamu sudah bisa membuat sebuah karya doodle art. Tetapi saat ini kemampuan untuk membuat doodle art dapat menjadi kebanggan tersendiri, sehingga karya yang dihasilkan lebih berwarna dan sering dijadikan referensi bagi para pemula.

Nah, untuk membuat doodle art yang bisa disukai oleh banyak orang maka kamu harus mempunyai peralatan yang lengkap. Umumnya peralatan yang dibutuhkan untuk membuat karya ini adalah:

  • Buku sketsa
  • Pensil
  • Tinta pena
  • Stabilo
  • Spidol marker
  • Pulpen
  • Beberapa alat penunjang lain, berupa: arang, kapur, pensil warna, dan cat

Bila semua peralatan sudah kamu miliki saatnya kita mulai belajar cara membuat doodle art. Ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan gambar doodle yang menarik.

Cara Membuat Doodle Art

Karena simbol dari doodle art ialah kebebasan berekspresi, sebenarnya tidak ada cara membuat doodle art yang sangat spesifik dan mutlak, namun sebagai pemula alangkah baiknya apabila kamu mengetahui kerangka kerjanya, agar imajinasi dan kreativitasmu bisa mengalir deras.

Cara membuat Doodle art 

  1. Temukan inspirasi
  2. Pilih jenis font
  3. Kumpulkan berbagai macam karakter doodle art
  4. Ekspresikan karyamu dengan bebas

Itulah gambaran secara umum cara membuat doodle art yang sederhana bagi pemula. Dan untuk lebih jelasnya akan diuraikan secara detail di bawah ini:

1. Temukan Inspirasi

cara membuat doodle art

deviantart.net

Temukan Inspirasi atau gambaran apa yang ingin kamu gambar dalam media penulisan tersebut dan langkah ini merupakan langkah awal yang harus dipenuhi.

Semakin banyak inspirasi yang kamu dapat, maka semakin bagus juga hasil karya yang akan tercipta dari tanganmu nanti. Sebenarnya banyak sekali inspirasi yang dapat kamu ambil sebagai dasar pembuatan seperti lingkungan, peristiwa, kejadian, perasaan dan masih banyak lagi.

Tidak jarang sebagian orang mendapatkan inspirasinya bisa muncul secara tiba-tiba dalam kegitan kita sehari-hari.

Apabila kamu masih bingung dalam mencari inspirasi kamu bisa memakai pihak ketiga, yaitu internet. Di internet ada banyak contoh doodle art yang dapat kamu jadikan sebagai inspirasimu. Dari gambar itu kamu bisa mengedit, menambah atau mengurangi apa yang menurutmu perlu diubah sesuai dengan tingkat kreativitas dan daya imajinasimu.

2. Pilih Jenis Font

Ragam jenis font dalam doodle art

pinterest.com

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menentukan kalimat, kata dan font yang bagus menurut kamu, pastinya semua orang memiliki pandangan tersendiri dalam menentukan font ini.

Sebagai sumber referensi, internet mungkin dapat membantumu dalam menentukan font. Tidak sedikit karya yang sebenarnya biasa saja namun karena pemilihan font yang tepat sehingga menjadikannya keren.

Mulai dari sekarang liarkan fantasimu, eksplorasi semua font yang ada serta padu-padankan dengan tema pembahasan hingga sampai pada titik kamu menemukan kombinasi yang menarik.

3. Kumpulkan Berbagai Macam Karakter Doodle Art

Ragam karakter dalam doodle art

atxcabinetofcuriosities.wordpress.com

Ciptakan kareakter dan elemen yang unik dan lucu menurumu sebanyak mungkin. Nantinya karakter ini akan sangat berguna dalam pembuatan doodle art. Karakter-karakter seperti hewan, katun, tumbuhan dan masih banyak yang lainnya

Tujuan menemukan karakter adalah untuk lebih memudahkan kamu dalam mengkombinasikan semua elemen yang ada sehingga menjadi satu kerangka tema pembuatan yang selaras.

4. Ekspresikan Karyamu dengan Bebas

Ekspresikan gayamu dalam membuat doodle art

pixabay.com

Doodle art merupakan salah satu cabang seni yang tidak memiliki batasan. Oleh sebab itu kamu bebas memilih dan menentukan seperti apa karyamu itu nantinya.

Gabungkan semua elemen yang sudah dipersiapkan sebelumnya dalam sebuah media karya. Mulailah dengan menentukan pola gambar yang ingin kamu ciptakan, dengan begitu akan lebih memepermudah kamu dalam menggambar.

Beberapa orang berpendapat, bunga adalah objek yang mudah dieksplorasi bagi pemula. Ada juga menyebutkan tentang nama. Ya, kamu bisa memulai mencari berbagai macam font dan karakter, lalu menggambar namamu dengan font tersebut dan warnailah sebebas mungkin.

Pada intinya bagus tidaknya karya itu berada dalam dirimu sendiri, seringlah berlatih maka kamu akan menemukan polanya, ketika kamu sudah menemukan polanya kamu akan mudah membuat doodle art seperti seniman hebat.

Contoh Doodle Art dengan Berbagai Tema

Kita sudah belajar bagaiamana cara membuat doodle art secara lengkap. Kini tiba saatnya bagi kamu untuk mempraktekannya. Ada banyak sekali tema yang dapat kamu visualisasikan ke dalam sebuah karya.

Nah, bagi kamu yang masih bingung tentang inspirasi apa yang dijadikan referensi, di bawah ini adalah beberapa tema pembahasan dapat kamu anggap sebagai rujukan. Yup, Selamat Mencoba!!

Doodle Art Nama

Mungkin inilah salah satu doodle art yang paling digemari oleh pemula. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan nama sendiri atau nama orang lain. Berikut adalah beberapa ide dan contoh yang dapat kamu lakukan dalam membuat doodle art nama.

  • Tulis nama dalam font tertentu di dalam gelembung. Kemudian gambarlah di sekitar nama tersebut gelembung-gelembung sabun untuk mengelilinginya.
  • Tulis nama dengan beragam jenis font yang berbeda. Lalu berikanlah warna agar doodle art lebih menarik.
  • Tulis nama dengan ukuran font paling besar hingga terkecil. Lalu gambungkan degan berbagai karakter yang ada.
contoh gambar doodle art nama

gambar.co.id

rujukan doodle nama untuk pemula

pinterest.com

inspirasi doodle art nama

illustrators.ru

Doodle Art Huruf

Doodle Keren

Itulah rangkuman cara membuat doodle art beserta beberapa contoh yang dapat kamu jadikan rujukan. Sekali lagi repetisi dan latihan yang konsisten akan bisa membuatmu jadi ahli di bidang apapun. So Berjuanglah!

Baca Juga  8 Macam Teknik Seni Lukis dan Penjelasannya [Lengkap]

Leave a Reply