7 Film India Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa [Wajib Ditonton]

Film India Terbaik – Industri perfilman India sepertinya sedang berbenah total, hal ini dapat kita lihat dari semakin berkualitas dan antusiasnya penonton menyambut film yang dikenal sebagai Bollywood ini.

Meskipun begitu, hal terpenting dari identitas mereka di jagad perfilman tidaklah ditinggalkan, yaitu bernyanyi dan diiringi oleh tari-tarian. Sebuah kombinasi unik antara budaya lokal yang dipadukan dengan perkembangan zaman.

Dan fakta ini menjadi menarik jika kita sedikit flashback untuk membahas film India terbaik dari masa ke masa. Dimana perkembangan tersebut akan terlihat begitu nyata. Untuk itu, yuk ikutin 7 Film Terbaik Sepanjang Masa berikut ini.

1. Dilwale Dulhania Le Jayenge

film india terbaik dan terpopuler

indianexpress.com

Bagi kamu yang generasi 90an pasti tidak asing dengan film ini. Dilwale Dulhania Le Jayenge diproduksi pada tahun 1995 dan menjadi salah satu film terbaik sampai saat ini, film yang bertokoh utama Shah Rukh Khan dan Kajol ini juga pernah membawa pulang Best Movie dari Film Fare Awards.

Lokasi pengambilan filmnya pun tidak tanggung-tanggung, dilakukan di berbagai negara seperti India, Inggris, dan Swiss yang biaya produksinya tentu tidak bisa dibilang sedikit kala itu.

Pantas saja jika Dilwale Dulhania Le Jayenge juga tercatat pada buku 1001 Movies You Must See Before You Die, sebuah buku yang memberikan rekomandasi film terbaik yang sangat layak kamu tonton. Dan karena itu menambah jaminan bahwa film ini adalah salah satu film India terbaik.

2. Kuch Kuch Hota Hai

film india terbaik dari masa ke masa

fanpop.com

Berasa nostalgia ya mendengar nama ini? Yup, bisa dibilang Kuch Kuch Hota Hai adalah salah satu film India terbaik sepanjang masa. Kita bisa ingat bahwa pada film yang diperankan oleh Shah Rukh Khan dan Kajo ini dapat membuat kita menjadi tegang, tertawa, menangis karena terbawa oleh alur ceritanya.

Layaknya Film India terbaik yang lain, setting dari Kuch Kuch Hota Hai juga mengambil dari berbagai negara seperti di India, Mauritius dan Skotlandia. Kira-kira masih mau nggak nonton film ini lagi?

3. Lagaan

film india terbaik

indiatvnews.com

Film dengan judul Lagaan menjadi film ketiga India yang masuk ke dalam nominasi Academy Awards, film yang di produksi pada tahun 2001 ini di bintangi oleh Aamir Khan yang sekaligus menjadi produser dan disutradarai oleh Ashutosh Gowariker.

Film Lagaan ini pada dasarnya menceritakan perjuangan rakyat kecil melawan kekuasaan asing yang berlaku senenaknya kepada mereka dengan menaikan pajak yang tinggi. Untuk mengahapuskan pajak tersebut rakyat ditantang oleh penguasa asing untuk bertanding kriket.

4. Rang De Basanti

film india terbaik dengan aktor aamir khan

youtube.com

Rang De Basanti adalah salah satu film India terbaik yang berhasil meraih Best Movie pada ajang Film Fare Awards, selain itu film ini juga disambut hangat oleh pada kritikus film dunia. Rang De Basanti dikatakan sebagai film dengan biaya produksi tertinggi dengan naskah yang bagus dan dialog yang baik.

Flm yang bertokoh utama Aamir Khan ini menceritakan tentang seorang sineas Inggris yang ingin membuat film dokumenter tentang pemberontak di India berdasarkan diary milik ayahnya. Terdapat 5 anak muda yang menjadi tokoh utama dalam film ini.

5. Taare Zameen Par

film india terbaik sepanjang masa

santabanta.com

Film Taare Zameen Par adalah film yang diproduksi pada tahun 2007 lalu, film ini adalah film yang karya Aamir Khan yang sekaligus menjadi Aktor, Produsen, dan Sutradara dalam film ini. Film ini sangat menarik karena menceritakan tentang seorang anak disleksia yang berimajinasi.

Imajinasi tersebut hanya dapat dimengerti oleh dirinya sendiri, hal ini membuat sang anak tidak naik kelas sering dimarahi guru dan orangtuanya hingga akhirnya datanglah guru seni yang mengerti bagaimana mengajar anak yang memiliki disleksia ini.

6. 3 Idiots

film india terbaik dengan pendapatan paling besar

santabanta.com

Adakah diantara kita yang tidak tahu film super keren ini? Di negara asalnya, 3 Idiots merupakan film dengan hasil penjualan terbanyak kedua sepanjang masa.

Film dengan sutradara Rajkumar Hirani dan diperankan oleh Aamir Khan ini mempunyai alur maju mundur yang menguras emosi dan berceritakan tentang persahabatan tiga sosok mahasiswa yang sedang belajar di suatu perguruan tinggi, dimana setiap orang membawa setumpuk masalah yang harus dihadapi.

7. My Name Is Khan

salah satu film terbaik india

lemagazineever.com

Film ini di tokoh utamai oleh Shah Rukh Khan yang berperan sebagai seorang muslim penderita Aspergers Syndrome dan Kajol sebagai seorang wanita Buddha. Film ini cukup kontrolversi karena menyyingung agama dan politik.

Film ini menceritakan tentang Khan yang ingin bertemu Presiden Amerika saat itu Barrack Obama untuk membuktikan bahawa tidak semua muslim adalah teroris. Perjalanan panjang yang dialami Khan sangat menyentuk para penonton.

Itulah 7 film India terbaik sepanjang masa yang sebaiknya kamu tonton. Dengan banyak nilai tersirat di dalamnya tentu akan menambah wawasan kita dalam kehidupan yang semakin kompleks ini.

Leave a Reply