7 Film Perang Terbaik Sepanjang Masa [Wajib Ditonton]

Film Perang Terbaik – Berbagai persitiwa peperangan merupakan salah satu penghias dalam kehidupan dan sejarah umat manusia. Awal peperangan biasanya dimulai dari ketamakan dan kerakusan seorang penguasa yang hendak mengambil hak-hak orang lain.

Berikut ini adalah 7 film perang terbaik yang diproduksi oleh Hollywood dengan mengambil setting Perang Dunia 2 yang usut punya usut perang tersebut katanya masih berlanjut hingga sekarang.

Apa sajakah judul film perang tersebut? Berikut ulasannya.

1. American Sniper

film perang terbaik

twimg.com

Film karya sutradara Clint Eastwood yang diproduksi tahun 2014 ini dibintangi oleh Bradley Cooper sebagai sniper (penembak jitu) Navy SEAL dan Chris Kyle yang dianggap sebagai “the deadliest marksman” dalam sejarah militer Amerika.

Film ini sempat menuai banyak pujian serta kritikan sebab penggambaran invasi Amerika terhadap Irak.

Walaupun dinominasikan ke dalam 6 kategori, salah satu film perang terbaik ini hanya mampu membawa pulang piala Oscar untuk kategori Best Sound Editing.

There are three types of people in this world: sheep, wolves, and sheepdogs. Some people prefer to believe that evil doesn’t exist in the world, and if it ever darkened their doorstep, they wouldn’t know how to protect themselves. Those are the sheep.

-Wayne Kyle

Secara komersil, ternyata film ini menuia banyak dollar dari penayangannya di bioskop seluruh dunia hingga $534 juta. Sampai sekarang, film American Sniper masih bertengger di posisi atas dan menjadi yang terlaris sepanjang sejarah.

2. Apocalypse Now

film perang holliwood

telegraph.co.uk

Film yang diproduksi pada tahun 1979 ini mengambil setting di saat perang Vietnam. Film ini sering dianggap sebagai film perang terbaik yang dibintangi oleh Marlon Brando, Martin Sheen dan Robert Duvall. Konon, terjadi banyak masalah saat film ini diproduksi.

Masalah-masalah tersebut contohnya ialah ketika Marlon Brando yang sempat kelebihan berat badan serta belum mendalam karakter tokoh yang dimainkannya, Martin Sheen yang juga sempat terkena serangan, atau badai yang terjadi setelah produksi sehingga perilisan film menjadi tertunda.

I watched a snail crawl along the edge of a straight razor. That’s my dream; that’s my nightmare. Crawling, slithering, along the edge of a straight razor… and surviving.

-Colonel Walter E. Kurtz

Akan tetapi semua hal tersebut terbayar dengan suksesnya film ini masuk nominasi Academy Awards dan Golden Globe Awards untuk kategori Best Picture.

Walaupun, cuma berhasil membawa pulang piala Oscar untuk kategori Best Cinematography dan Best Sound, tapi di tahun 2000 film ini terdaftar d National Film Registry oleh Library of Congress, yang tentu memberikan nilai lebih pada kualitas Apocalyse Now.

3. Black Hawk Down

film perang terbaik holliwood

economica.net

Film yang disutradarai oleh Ridley Scott ini dirilis pada tahun 2001 dan dianggap sebagai pionir film-film bertemakan perang era 2000-an.

Black Hawk Down bercerita tentang operasi penangkapan oleh pasukan Amerika dengan objek seorang yang bernama Mohamed Farrah Aidid di Mogadishu, Somalia.

Aktor yang membintangi film ini ialah Josh Hartnett, Ewan McGregor, Jason Isaacs, Tom Sizemore, William Fichtner, dan Sam Sephard.

When I go home people’ll ask me, “Hey Hoot, why do you do it, man? What, you some kinda war junkie?” You know what I’ll say? I won’t say a goddamn word. Why? They won’t understand. They won’t understand why we do it. They won’t understand that it’s about the men next to you, and that’s it. That’s all it is.

-Hoot

Faktnya, film ini banyak mendapatkan pujian dari para kritikus film serta menuai kritkan dari pasukan militer negara lain yang menganggap bahwa Amerika tak seharusnya berkuasa atas negara berdaulat yang lain.

Layaknya film-film perang terbaik yang lain, Black Hawk Down juga masuk nominasi Academy Awards dan meraih piala Oscar di kategori Best Sound dan Best Film Editing.

4. The Hurt Locker

film perang terbaik sepanjang masa

actionagogo.com

Film ini merupakan salah satu film perang terbaik sepanjang masa dan disutradarai oleh Kathryn Bigelow yang rilis pada tahun 2008 silam.

The Hurt Locker berkisah tentang tiga orang tentara yang berada dalam satu kesatuan penjinak bom dalam invasi Amerika ke Irak.

You know, this doesn’t have to be a bad time in your life. Going to war is a once-in-a-lifetime experience. It could be fun.

-Colonel John Cambridge

Walaupun tak menampakkan adegan peperangan, namun ketegangan dan teknik visualisasi bom yang disajikan mampu membuat tiap penonton menahan nafasnya berkali-kali.

Tidak heran, jika film ini mampu menyabet Oscar di ajang Academy Awards kategori Best Motion Picture of The Year, Best Achievement in Sound Mixing dan Best Achievement in Sound Editing.

5. Lone Survivor

film perang holliwood terbaik

nattstadcdn.com

Saatnya Afghanistan yang menjadi setting dari film perang terbaik produksi Hollywood yang lain. Lone Survivor mengisahkan tentang perjuangan Marcus Luttrell pada operasi Red Wings untuk menangkap pemimpin Taliban, Ahmad Shah.

Namun, ternyata operasi tersebut gagal sehingga menewaskan seluruh personil dari pasukan yang menjalankannya. Hanya Luttrell yang tersisa yang berusaha keluar dari sarang Taliban.

Anything in life worth doing is worth overdoing. Moderation is for cowards.

-Shane Patton

Film ini diaktori oleh Mark Wahlberg, Emile Hirsch, Taylor Kitsch, Eric Bana, dan Ben Foster. Kisah dalm film ini merupakan adaptasi dari buku yang ditulis oleh Marcus Luttrell sendiri.

Lone Survivor mendapatkan penghargaan di Academy Awards dalam kategori Best Achievement in Sound Mixing dan Best Achievement in Sound Editing.

6. Platoon

film perang terbaik holliwood sepanjang masa

kingofwallpapers.com

Sekarang berpindah ke perang di Vietnam, film ini disutradarai oleh veteran perang itu sendiri, yakni Oliver Stone.

Platoon yang dirilis tahun 1986 ini merupakan seri pertama dari trilogi Vietnam War yang lalu dilanjutkan oleh Born on teh Fourth July (1989) dan Heaven and Earth (1993).

Death? What do you all know about death?

-Sgt. Barnes

Film perang terbaik ini dibintangi oleh Tom Berenger, Charlie Sheen, dan Willem Dafoe ini mengangkat sisi psikologis para tentara selama dalam perang. Kadang mereka pesta atau sekedar minum-minum dan melakukan hal-hal lain di sela peperangan yang berkecamuk.

Platoon meraih penghargaan dalam ajang Academy Awards dalam kategori Best Picture, Best Director, Best Film Editing, dan Best Sound.

7. Full Metal Jacket

film perang terbaik yang pernah ada

wpengine.com

Masih mengambil setting di perang Vietnam, film perang karya sutradara ternama Stanley Kubrick ini dirilis pada tahun 1987 yang mengisahkan peleton marinir Amerika yang berlatih serta bertempur selama berlangsungnya perang Vietnam.

The dead know only one thing: it is better to be alive.

-Private Joker

Full Metal Jacket dibintangi oleh Matthew Modine dan Adam Baldwin serta menuai banyak pujian dari berbagai kalangan terutama kritikus film dan juga penonton.

Itulah 7 film perang terbaik sepanjang masa yang sangat direkomendasikan untuk kamu tonton. Dengan menonton film-film tersebut setidaknya kita bisa merasakan atau membayangkan bagaimana ketegangan, kekejian, ketamakan dan perjuangan sesosok makhluk yang bernama manusia. Selamat Menonton!

Baca Juga  10 Film Korea Romantis dan Terpopuler yang Bikin Baper [Wajib Ditonton]

Leave a Reply