manfaat daun afrika untuk kesehatan

11 Manfaat Daun Afrika, si Pahit yang Semakin Populer!

Dibandingkan tanaman obat lainnya, daun afrika memang belum terlalu populer. Namun, namanya semakin banyak dibicarakan belakangan ini. Hal ini dikarenakan semakin banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan manfaat daun afrika untuk tubuh.

Salah satu negara yang paling getol melakukan riset mengenai khasiat daun afrika adalah Cina, negara ini terkenal dengan tradisi pengobatan tradisionalnya. Tak hanya Cina, para herbalis dari Afrika, Australia, India, dan beberapa negara lain juga melakukan penelitian serupa.

Mengenal Tanaman Daun Afrika dan Kandungannya

kandungan dan manfaat daun afrika

Seperti namanya, daun afrika berasal dari Afrika, tepatnya dari kawasan sub-sahara atau Afrika bagian utara. Uniknya, nama daun afrika justru pertama kali digunakan oleh masyarakat Cina untuk menyebut tanaman perdu bernama ilmiah Vernonia amygdalina ini.

Tidak diketahui sejak kapan bangsa Cina mengenal tumbuhan ini dan mempergunakannya dalam pengobatan. Yang pasti, penelitian membuktikan bahwa daun afrika memiliki kandungan yang sangat baik dan bisa dimanfaatkan manusia untuk menjaga kesehatan, bahkan kecantikan.

Di negara asalnya sendiri, pengetahuan tentang manfaat daun afrika berasal dari kebiasaan simpanse yang unik. Para simpanse akan mencari daun ini dan memakannya saat mengalami infeksi. Dari sanalah manfaat daun afrika seabagai obat mulai dikenal.

Melalui penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa daun afrika mengandung asam fenolat, asam lemak, vitamin, asam-asam esensial, minyak, antioksidan, antiinlamasi, serta berbagai jenis vitamin dan mineral. Zat-zat tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Cara Memanfaatkan Daun Afrika sebagai Obat

manfaat daun afrika sebagai obat

Daun afrika memiliki nama lain bitter leaf atau “si daun pahit” karena rasanya sangat pahit. Untuk memanfaatkannya, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Jika tahan dengan rasa pahitnya, Anda bisa langsung mengunyah daun afrika, telan sarinya, dan buang ampasnya.

Cara lainnya adalah dengan mengolah daun afrika menjadi minuman. Ada dua cara meminumnya, yaitu:

  • petik 3-5 daun afrika segar, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga air tinggal tersisa 1 gelas, lalu dinginkan. Untuk menghilangkan rasa pahit, bisa ditambahkan lemon atau madu; atau
  • siapkan daun afrika, lalu jemur di bawah sinar matahari langsung hingga kering dan haluskan hingga menjadi bubuk. Ambil dua sendok teh bubuk daun afrika, seduh dalam segelas air panas.

Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan Tubuh

manfaat daun afrika untuk kesehatan

Dengan diketahuinya kandungan yang dimiliki, daun afrika pun mulai digunakan dalam dunia pengobatan. Tak hanya untuk penyakit ringan, daun afrika juga ampuh mencegah dan mengobati penyakit-penyakit berat yang berbahaya bagi tubuh.

Berikut ini beberapa khasiat daun afrika untuk kesehatan.

1. Mencegah Kanker

Daun afrika karena mengandung beberapa jenis senyawa antioksidan yang berguna menangkal serangan radikal bebas. Beberapa penelitian menunjukkan, daun afrika mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, juga membunuh sel kanker di hidung dan tenggorokan.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Salah satu kandungan penting daun afrika adalah asam linolenat (omega-3) dan asam linoleat (omega-6) yang tidak mampu diproduksi tubuh. Keduanya sangat penting karena mencegah penyakit kardiovaskuler, seperti gagal jantung, henti jantung mendadak, dan aterosklerosis.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun afrika berikutnya adalah untuk kolesterol. Kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi tubuh karena memicu terjadinya berbagai penyakit serius. Menurut penelitian, daun afrika dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 50% dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Menurunkan Risiko Strok

Strok dapat menyebabkan kecacatan permanen, bahkan kematian. Daun afrika mengandung senyawa yang mampu mencegah strok dengan cara memperbaiki sistem metabolisme, menurunkan tekanan darah, dan membersihkan tumpukan lemak pada pembuluh darah.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penggunaan daun afrika untuk diabetes sudah dikenal oleh masyarakat Afrika sendiri. Daun afrika mengandung beberapa zat aktif, seperti saponin, tanin, polifenol, alkaloid, flavonoid, dan etanol yang fungsinya menurunkan kadar glukosa darah setelah Anda makan.

6. Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kondisi kesehatan tubuh, asupan garam, dan gaya hidup. Ketiganya bisa mengakibatkan tekanan darah menjadi terlalu rendah atau terlalu tinggi. Minumlah rebusan daun afrika untuk menstabilkan tekanan darah.

7. Mengatasi Asam Lambung

Minum rebusan atau seduhan daun afrika memiliki manfaat untuk asam lambung karena mampu menetralisir asam lambung yang berlebihan dengan cepat. Selain itu, daun ini juga mampu menghambat bakteri yang mengakibatkan kerusakan dinding lambung.

8. Mengobati Sakit Ginjal

Kandungan zat-zat penting dalam daun afrika seperti asam fenolat, asam lemak, vitamin, dan antioksidan juga sangat baik untuk ginjal. Namun, sebelum mengonsumsi daun afrika untuk mengatasi ginjal, konsultasikan lebih dahulu dengan dokter.

9. Mengatasi Asam Urat

Rutin minum rebusan daun afrika sangat ampuh untuk asam urat. Hal ini dikarenakan daun afrika mengandung flavonoid yang mampu menurunkan kadar purina dalam tubuh. Aturan minum ramuan daun afrika untuk mengatasi asam urat adalah setiap pagi dan sore hari.

Manfaat Daun Afrika untuk Kecantikan

Manfaat daun afrika untuk kanker

Selain memiliki tubuh sehat, Anda juga pasti menginginkan penampilan yang menarik. Untuk mendapatkannya, Anda juga bisa memanfaatkan daun afrika yang memiliki manfaat untuk kecantikan, khususnya untuk perawatan kulit dan rambut.

10. Mengobati Jerawat

Jerawat yang meradang sangat mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa sakit. Untuk mengatasinya, buatlah masker dari daun afrika yang ditumbuk. Gunakan masker ini setiap hari sampai jerawat lenyap.

11. Melembapkan dan Menghaluskan Kulit

Tak hanya menjaga kesehatan tubuh, minum ramuan daun afrika juga bermanfaat untuk kulit. Daun afrika mengandung beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan untuk melembapkan dan menghaluskan kulit sehingga kulit terlihat cantik dan segar.

12. Menyuburkan Rambut

Ada dua cara memanfaatkan daun afrika untuk keindahan rambut. Anda bisa meminumnya agar rambut tumbuh dengan subur atau mengolahnya menjadi masker rambut. Mengoleskan masker rambut akan membuat kulit kepala sehat sehingga rambut tidak mudah rontok.

Penelitian mengenai manfaat daun afrika untuk berbagai keperluan pengobatan masih terus dilakukan. Namun, yang pelu dicatat adalah daun afrika tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa membahayakan kandungan.

Leave a Reply