Manfaat Daun Sirsak untuk Kanker

10 Manfaat Daun Sirsak yang Dahsyat (untuk Kesehatan)

Tanaman sirsak berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Rasa buahnya segar dan mengandung banyak nutrisi. Namun, bagian yang paling bermanfaat dari sirsak ternyata adalah daunnya. Banyak penelitian yang sudah dilakukan untuk mengetahui manfaat daun sirsak.

Salah satu yang paling menggemparkan dunia pengobatan sekaligus menggembirakan adalah kemampuan daun sirsak untuk mengobati kanker. Namun, Anda perlu tahu bahwa daun sirsak juga memiliki banyak khasiat lainnya sebagaimana akan dipaparkan di bawah ini.

Kandungan Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Daun sirsak akhir-akhir ini semakin populer karena disebut-sebut sangat ampuh mengobati kanker. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian seorang ilmuwan dari Osaka University, Jepang, yang telah berhasil menemukan dan mensintesis senyawa yang bersifat antitumor.

Daun sirsak mengandung senyawa murisolin yang memiliki kemampuan untuk merusak sel tumor. Yang menakjubkan, kekuatan senyawa tersebut dalam menghancurkan sel tumor adalah 105 kali lipat dibandingkan obat kemoterapi!

Di Indonesia sendiri, penelitian dilakukan seorang profesor di Institut Teknologi Bandung. Penelitian tersebut membuktikan, senyawa acetogenins pada daun sirsak mampu menghambat ATP (adenosine trifosfat), sumber energi yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang.

Menurut ilmu kedokteran, saat senyawa acetogenins masuk ke dalam sel dan merusak ATP, produksi energi di dalam sel kanker pun berhenti sehingga sel kanker akan mati. Hebatnya, tak seperti kemoterapi, acetogenins hanya menyerang sel kanker, tidak menyerang sel normal.

Selain senyawa acetogenins, daun sirsak juga mengandung serat, karbohidrat (terutama fruktosa) protein, kalsium, vitamin A, vitamin B1 dan B2, vitamin C, dan lemak yang kesemuanya baik untuk kesehatan.

Perlu diketahui, tidak semua daun sirsak bisa digunakan untuk pengobatan. Untuk memaksimalkan manfaat daun sirsak, pilihlah daun yang memiliki ciri sebagai berikut.

  • Berwarna hijau pekat dan mengkilat, serta mulus atau tidak rusak akibat diserang hama.
  • Tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Daun yang terlalu tua biasanya sudah berkurang kandungan kimianya, sedangkan kandungan kimia daun yang terlalu muda belum terbentuk sempurna.
  • Merupakan daun ke-4 sampai ke-5 dari pucuk karena kandungan zat aktifnya paling banyak.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak untuk Kanker

Kandungan senyawa-senyawa penting dalam daun sirsak membuat tanaman ini memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan beserta cara pengolahannya sebagai berikut.

1. Mengobati Kanker

Riset di laboratorium menunjukkan, daun sirsak memiliki senyawa aktif yang 1.000 kali lebih kuat daripada obat kemoterapi dalam menghancurkan sel kanker. Terlebih lagi, daun sirsak bisa digunakan untuk beberapa jenis kanker, termasuk kanker prostat, paru-paru, dan payudara.

Bagaimana cara menggunakan daun sirsak untuk kanker? Rebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 cangkir air sampai tersisa 1 cangkir saja. Saring dan tunggu hingga dingin. Minumlah air rebusan ini setiap pagi selama 3-4 minggu sampai terlihat hasilnya.

2. Mengobati Asam Urat

Manfaat lain daun sirsak yang perlu Anda tahu adalah untuk asam urat. Untuk mengobati asam urat, pilihlah daun sirsak yang sudah tua, tetapi masih berwarna hijau. Ambil 6–10 lembar daun sirsak, rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum ramuan ini di pagi dan malam hari.

3. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kandungan utama yang membuat daun sirsak bermanfaat untuk kolesterol adalah antioksidan. Karena itu, daun sirsak sangat dipercaya dan sudah terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Mengatasi Gangguan Tiroid

Hormon tiroid sangat berperan penting dalam berbagai reaksi kimia tubuh dan dihasilkan oleh kelenjar tiroid. Jika kelenjar tiroid terganggu, hormon pun terganggu dan timbullah berbagai masalah, seperti hipotiroidisme, hipertiroidisme, penyakit gondok, nodul tiroid, dan sebagainya.

Beberapa senyawa pada daun sirsak sangat bermanfaat untuk tiroid, seperti antioksidan polifenol dan saponin serta senyawa yang bersifat antibakteri dan antivirus. Minum air rebusan daun sirsak akan memberikan manfaat bagi tubuh, yaitu:

  • melindungi kelenjar tiroid dari kerusakan akibat radikal bebas maupun bakteri dan virus, serta
  • melindungi sel-sel tubuh agar tidak berubah menjadi sel kanker.

Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita

Manfaat Daun Sirsak untuk Wanita

Rebusan daun sirsak sangat baik untuk wanita. Untuk menggunakannya, rebus 15 lembar daun sirsak dalam 5 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Untuk menambah rasa dan aroma, tambahkan gula jawa, madu, daun salam, atau serai. Saring dan minum setelah dingin.

5. Menyuburkan Kandungan

Bagi Anda yang merindukan momongan, cobalah memanfaatkan daun sirsak karena kandungannya baik untuk kesuburan. Manfaat daun sirsak untuk melancarkan menstruasi sangat membantu agar kehamilan lebih mudah terjadi.

6. Melangsingkan Badan

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai macam metode diet, termasuk diet daun sirsak. Daun sirsak baik digunakan untuk diet karena mampu melarutkan lemak, mambuang racun di usus, dan seratnya membuat Anda kenyang lebih lama.

7. Mengatasi Benjolan di Payudara

Daun sirsak mengandung acetogenin, steroid, glikosida antrakuinon, dan flavonoid yang bersifat antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi yang baik untuk benjolan di payudara. Senyawa tersebut menghentikan aktivitas sel abnormal agar tidak berkembang lebih parah.

8. Merawat Kecantikan

Masker daun sirsak sangat baik untuk kecantikan karena bisa mengencangkan kulit, serta mengobati jerawat, komedo, dan flek hitam. Untuk membuat masker, campurkan daun sirsak yang sudah dihaluskan dengan air mawar. Gunakan masker ini setiap malam sebelum tidur.

9. Mengobati Kista Ovarium

Senyawa aktif daun sirsak seperti annocatalin, annohexocin, calclourine, gigantetronin, asam gentisic, asam linoleat, dan muricapentocin sangat ampuh membunuh semua jenis sel kanker. Oleh karena itu, ramuan rebusan daun sirsak juga bisa digunakan untuk kista ovarium.

10. Mengobati Penebalan Dinding Rahim

Penebalan dinding rahim adalah penyakit yang harus diwaspadai karena bisa memicu kanker. Karena memiliki karakteristik menyerupai kanker, rebusan daun sirsak pun bisa digunakan untuk penebalan dinding rahim dengan cara yang sama.

Kehebatan manfaat daun sirsak untuk mengobati berbagai penyakit, khususnya kanker, memang sudah terbukti. Namun, mengonsumsi rebusan daun sirsak tidak cukup. Anda harus tetap berkonsultasi dan menjalani perawatan secara medis dengan dokter yang kompeten.

Leave a Reply