Manfaat Daun Seledri untuk Kolesterol

9 Manfaat Daun Seledri yang Super (Bukan Hanya untuk Hipertensi)

Seledri adalah sayuran serbaguna yang bisa ditemukan dalam aneka makanan di seluruh dunia. Warna dan aromanya membuat tampilan makanan jadi lebih cantik dan rasanya lebih nikmat. Lebih dari itu, segudang manfaat daun seledri akan membuat Anda terkagum-kagum.

Taburan seledri dalam semangkuk sup atau soto tak hanya menambah cita rasa, tetapi juga menjadi sumber antioksidan. Namun, antioksidan hanyalah salah satu dari banyak kandungan penting daun seledri lainnya sebagaimana diuraikan berikut ini.

Kandungan Daun Seledri

Kandungan dan Manfaat Daun Seledri

Penelitian yang dilakukan terhadap daun seledri menunjukkan bahwa sayuran ini mengandung begitu banyak zat yang penting untuk kesehatan. Karena itulah, daun seledri tidak hanya digunakan di dunia kuliner, tetapi juga dimanfaatkan untuk salah satu bahan obat-obatan.

Ini dia daftar kandungan zat-zat penting dalam daun seledri.

  • Provitamin A, vitamin B (tiamin dan riboflavin), vitamin K, dan vitamin E.
  • Asparagi asam amino, tirosin, beta karoten, asam nikotinat, zat mikro, minyak atsiri, folat, asam fenolat, falvone, flavonol, fitosterol, dihydrostilbenoid, dan furanocoumarins.
  • Mineral: natrium, kalsium, kalium, mangan.
  • Protein, gula, dan kolin.

Ada beberapa cara mengolah daun seledri sebagai obat. Daun seledri bisa langsung dikunyah, dibuat jus, atau ditambahkan ke dalam sup, soto, atau makanan berkuah kaldu lainnya. Cara lain untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan minum air rebusan daun seledri.

Satu hal yang perlu diperhatikan jika mengonsumsi seledri mentah adalah cuci sampai benar-benar bersih atau pilihlah seledri organik. Perhatikan juga waktu terbaik minum rebusan daun seledri, yaitu pada malam hari sebelum tidur.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Beruntunglah Anda yang menyukai daun seledri karena sayuran ini sangat berkhasiat, terlebih lagi manfaat untuk kesehatan. Banyak penyakit serius yang dapat dicegah, dikontrol, bahkan disembuhkan dengan bantuan daun seledri.

Di antara beberapa manfaat penting daun seledri untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

1. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi seledri setiap hari sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Daun seledri mengandung senyawa phthalide dan serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Mengobati Hipertensi

Konsumsi daun seledri sangat disarankan bagi penderita hipertensi. Daun ini mengandung senyawa phthalides yang menurunkan kadar hormon stres dalam darah. Tanaman ini juga bisa membuat pembuluh darah melebar sehingga aliran darah lebih lancar dan tekanan darah turun.

3. Mengandung Zat Antikanker

Salah satu kandungan daun seledri, luteloin, merupakan senyawa yang bersifat antikanker. Di samping itu, daun seledri juga mengandung coumarin yang merangsang sel darah putih untuk lebih aktif sehingga membantu mencegah perkembangan sel kanker.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kombinasi antara vitamin C, serat dan senyawa kimia organik lainnya pada daun dan akar seledri bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dan natriumnya berperan dalam mengatur kelancaran aliran darah ke seluruh tubuh.

5. Menyembuhkan Migrain

Tersiksa oleh migrain yang kerap mendera? Cobalah atasi dengan daun seledri. Keberadaan senyawa kumarin dalam daun seledri sangat ampuh mengusir migrain. Senyawa ini akan mengurangi pelepasan senyawa oksida nitrat dalam otak yang menjadi penyebab migrain.

6. Mendetoksifikasi Tubuh

Seluruh bagian seledri, mulai dari biji, akar, batang, hingga daunnya bersifat sebagai antioksidan. Itu sebabnya, mengonsumsi seledri secara rutin sangat baik untuk ginjal dan organ penting lainnya, seperti pankreas, hati, dan kantung empedu karena terlindung dari kerusakan.

7. Menambah Vitalitas Pria

Daun seledri memiliki khasiat khusus untuk pria karena mengandung androsterone, hormon yang memberi kesan maskulin. Makan seledri akan merangsang tubuh pria melepaskan feromon yang berfungsi menumbuhkan rasa cinta dan meningkatkan vitalitas.

Manfaat Daun Seledri untuk Kecantikan

Manfaat Daun Seledri untuk Kolesterol

Jika pada pria daun seledri berkhasiat meningkatkan vitalitas, lain lagi dengan khasiat daun seledri untuk wanita. Daun seledri dapat dijadikan alternatif bahan herbal alami untuk merawat kecantikan kulit dan rambut dengan cara sebagai berikut.

8. Merawat Kecantikan Wajah

Dengan kandungan yang dimilikinya, banyak sekali khasiat daun seledri untuk wajah yang bisa Anda rasakan. Manfaat daun seledri untuk merawat kecantikan kulit wajah, di antaranya:

  • mengontrol minyak berlebih tanpa membuat wajah kering. Caranya, rendam irisan daun seledri dalam air panas, tunggu hingga dingin. Masukkan ke dalam kulkas dan gunakan untuk mencuci wajah;
  • mengobati jerawat dengan cara mencampur jus seledri dengan tea tree oil, lalu oleskan ke wajah yang berjerawat hingga kering dan bilas dengan air bersih; serta
  • mencegah tanda-tanda penuaan dini karena daun seledri mengandung vitamin dan kolagen yang membuat kulit kencang dan elastis serta mineral yang membuat kulit bercahaya.

9. Menyuburkan Rambut

Bukan rahasia lagi bahwa daun seledri sangat bermanfaat untuk rambut. Jika ingin mendapatkan rambut yang lebat, oleskan daun seledri yang sudah dihaluskan ke kulit kepala. Diamkan selama 1 jam, lalu keramaslah seperti biasa. Cara ini juga bisa dilakukan untuk bayi.

Efek Samping Mengonsumsi Daun Seledri

Efek Samping Mengonsumsi Daun Seledri

grid.id

Khasiat daun seledri memang sangat menarik untuk dicoba. Meski demikian, jika tidak tepat penggunaannya, daun seledri bisa memberikan efek samping yang cukup berbahaya, yaitu sebagai berikut.

  • Mengonsumsi seledri dalam bentuk segar maupun minyaknya tidak disarankan untuk ibu hamil karena membuat uterus berkontraksi dan memicu keguguran.
  • Pada ibu menyusui, efek konsumsi daun seledri juga belum bisa dipastikan sehingga akan lebih aman jika dihindari.
  • Daun seledri bisa menimbulkan efek alergi yang disebut “celery-carrot-mugwort-spice syndrome” pada orang yang sensitif terhadap rempah-rempah dan tanaman tertentu, seperti wortel liar.
  • Jika Anda memiliki masalah pada ginjal, konsumsi seledri pun sebaiknya dihindari karena bisa memicu peradangan.

Dengan begitu banyaknya manfaat daun seledri yang bisa Anda dapatkan, bahan pangan ini bisa menjadi alternatif pengobatan yang murah meriah dan minim risiko. Yang terpenting adalah perhatikan masalah kebersihannya dan konsumsilah sesuai aturan.

Leave a Reply