manfaat daun pepaya untuk kesehatan

10 Manfaat Daun Pepaya yang Baik untuk Kesehatan (Penting untuk Wanita)

Rasanya, hampir semua orang mengenal pepaya. Buahnya manis serta mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Selain buahnya, daun pepaya pun tak kalah berkhasiat. Sayangnya, banyak yang belum tahu manfaat daun pepaya untuk tubuh.

Tak seperti buahnya yang manis, daun pepaya justru memiliki rasa yang sangat pahit. Rasa pahit inilah yang membuat kebanyakan orang tidak menyukainya. Padahal, di balik rasa pahitnya, daun pepaya kaya akan zat-zat yang penting untuk kesehatan.

Kandungan Daun Pepaya

kandungan dan manfaat daun pepaya

Buah pepaya kaya akan antioksidan, vitamin, mineral, beta karoten, dan enzim. Seperti buahnya, daun pepaya juga mengandung banyak nutrien penting yang baik untuk kesehatan, di antaranya:

  • enzim papain dan cghymopapain;
  • senyawa alkaloid seperti karpain;
  • vitamin A, B, C, E, dan K, beberapa jenis mineral, seperti kalsium, magnesium, natrium, dan zat besi, serta fitonutrien lainnya; dan
  • amygdalin atau vitamin B17 dalam kadar tinggi.

Cara Mengolah Daun Pepaya untuk Pengobatan

manfaat daun pepaya untuk ibu hamil

Untuk keperluan pengobatan, Anda bisa mengonsumsi daun pepaya dalam bentuk jus. Siapkan 5-10 helai daun pepaya yang tidak terlalu tua. Campurkan dengan satu gelas air, lalu blender hingga halus. Sebelum diminum, saring ampasnya.

Untuk menjaga nutrisinya tetap utuh, daun pepaya biasanya dikonsumsi dalam kondisi mentah. Agar tidak terlalu pahit, cobalah tips berikut.

  • Blender daun pepaya bersama buah-buahan manis, seperti pepaya, seperti pisang, apel, atau mangga.
  • Buat menjadi smoothie dengan cara menambahkan susu.
  • Meskipun tidak disarankan, Anda juga boleh menambahkan sedikit gula atau madu.

Ada tiga jenis tanaman pepaya yang bisa dimanfaatkan daunnya, yaitu pepaya biasa, pepaya gantung atau pepaya jantan, dan pepaya jepang. Berbeda dengan daun pepaya biasa, rasa daun pepaya jepang tidak pahit, bahkan sedikit manis.

Khasiat Daun Pepaya untuk Mengobati Berbagai Penyakit

manfaat daun pepaya untuk wanita

Kandungan daun pepaya yang begitu lengkap mengindikasikan bahwa manfaat daun pepaya sangatlah banyak. Setidaknya, ada enam jenis penyakit berbahaya yang bisa dicegah atau diobati dengan daun pepaya, yaitu sebagai berikut.

1.Mengobati Demam Berdarah

Jika tidak segera ditangani, demam berdarah bisa berakibat fatal. Minum 25 ml jus daun pepaya dua kali sehari akan membantu meningkatkan trombosit dengan cepat karena mengandung senyawa papain, chymopapain, dan caricain.

2. Mengobati Malaria

Studi terhadap tikus memperlihatkan, ekstrak daun pepaya bisa mengobati malaria secara efektif. Ramuan ini juga akan meningkatkan antioksidan dalam tubuh pasien sehingga mencegah anemia akibat malaria.

3. Memperbaiki Pencernaan

Berbagai masalah pencernaan, seperti kembung, heartburn, dan konstipasi dapat diatasi dengan daun pepaya yang mengandung papain, chymopapain, dan serat. Anda bisa langsung mengunyah daun pepaya muda atau membuatnya menjadi jus.

4. Mencegah Gangguan Hati

Jus daun pepaya mengandung antioksidan yang melindungi hati dari penyakit-penyakit akibat radikal bebas, seperti sirosis dan penyakit kuning. Ramuan ini juga mengandung fitosterol yang secara tidak langsung menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Meningkatkan Imunitas dan Mencegah Kanker

Kombinasi buah dan daun pepaya sangat ampuh melawan penyakit ganas seperti kanker. Jus daun pepaya akan meningkatkan sistem imun dan membantu mengurangi stres akibat proses kemoterapi pada pasien kanker.

Jus daun pepaya mengandung senyawa aktif seperti alfa-tokoferol dan likopen yang diyakini memiliki sifat antitumor. Dengan begitu, jus daun pepaya sangat efektif untuk mencegah kanker bermetastase.

6. Mengatasi Peradangan

Senyawa polifenol, saponin, dan alkaloid yang memiliki sifat analgesik alami. Senyawa-senyawa tersebut terdapat pada daun dan biji pepaya sehingga keduanya memiliki efek antiradang yang sangat kuat.

Manfaat Daun Pepaya untuk Wanita

manfaat daun pepaya untuk kesehatan

Selain mengobati penyakit secara umum, daun pepaya juga memiliki khasiat khusus bagi wanita. Agar lebih jelas, simak ulasan lengkap tentang manfaat daun pepaya untuk wanita di bawah ini.

7. Mengurangi Nyeri Haid

Nyeri haid sangat menyiksa, apalagi bila disertai kram. Jus daun pepaya akan membantu melancarkan menstruasi sehingga nyeri dan gejala PMS lainnya berkurang. Caranya, minum rebusan daun pepaya yang dicampur garam dan asam jawa.

8. Mengesatkan Miss V

Daun pepaya sangat penting bagi para istri karena sangat berguna untuk miss V. Mengonsumsi daun pepaya akan membantu Anda memiliki miss V yang bersih dan kesat. Anda bisa makan daun pepaya sebagai lalapan, dibuat sayur, atau dibuat ramuan dengan cara sebagai berikut.

  • Siapkan beberapa helai daun pepaya, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan air secukupnya.
  • Tambahkan adas yang sudah ditumbuk halus.
  • Ambil segelas air rebusan, tambahkan garam secukupnya.
  • Minum setiap hari selama sebulan penuh.

9. Merawat Kesehatan Kulit dan Wajah

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada daun pepaya, seperti saponin, flavonoin, tanin, dan alkaloid sangat baik untuk kulit. Senyawa tersebut ampuh menyingkirkan radikal bebas. Aliran darah menuju sel-sel kulit menjadi lebih lancar sehingga kulit kenyal dan bercahaya.

Anda pun tak perlu risau dengan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan, pigmentasi, dan breakout. Anda bisa membuat masker daun pepaya yang dicampur buah pepaya untuk mengecilkan pori-pori, mengobati jerawat, dan mengontrol minyak berlebih.

10. Mengatasi Ketombe dan Masalah Rambut Lainnya

Selain untuk wajah, masker daun pepaya juga bermanfaat untuk rambut. Aplikasikan masker ke kulit kepala untuk mengatasi ketombe, gatal-gatal, rambut rontok, dan berbagai masalah rambut lainnya.

Waspadai Efek Samping Ramuan Daun Pepaya

Manfaat daun pepaya memang luar biasa. Namun, perhatikan pantangan berikut ini untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

  • Jus daun pepaya tidak disarankan untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran atau janin lahir mati.
  • Jus daun pepaya juga tidak disarankan bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan karena akan mempersulit terjadinya pembuahan.
  • Anda yang alergi terhadap buah pepaya juga sebaiknya menghindari jus daun pepaya karena bisa menimbulkan ruam, iritasi lambung, dan mual-mual.

Pohon pepaya sangat mudah tumbuh di Indonesia. Anda bisa dengan mudah menanamnya di halaman rumah. Dengan menanam sendiri, Anda bisa memperoleh manfaat daun pepaya kapan pun dibutuhkan.

Leave a Reply