kandungan dan manfaat daun sirih

11 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan & Kecantikan!

Apakah Anda merasa kesal akibat jerawat yang tak kunjung hilang? Atau susah berkonsentrasi dan merasa mengantuk justru ketika harus menyelesaikan pekerjaan penting? Anda tak akan bingung mencari solusinya jika tahu manfaat daun sirih untuk mengatasi dua masalah di atas.

Kebanyakan orang hanya mengenal khasiat daun sirih untuk menyegarkan napas atau sebagai obat antiseptik. Padahal, masih banyak kegunaan daun sirih lainnya yang tak kalah penting untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Daun Sirih

manfaat daun sirih untuk kesehatan

Daun sirih termasuk jenis tanaman yang kandungan airnya cukup tinggi, yaitu 85-90%. Karena itu, daun sirih mudah dimanfaatkan dengan cara dihaluskan, kemudian diperas untuk mendapatkan sarinya.

Kandungan air yang tinggi membuat daun sirih rendah kalori dan rendah lemak. Kandungan daun sirih lainnya, dalam 100 gram daun sirih, hanya terdapat 44 kalori dan kurang dari 1% lemak. Kandungan penting pada daun sirih adalah iodin, sodium, vitamin, dan asam nikotinat.

Ada dua jenis daun sirih yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu sirih hijau dan sirih merah. Pada dasarnya, keduanya memiliki kandungan dan khasiat yang sama. Hanya saja, daun sirih hijau lebih mudah ditemukan sehingga lebih populer.

Satu hal yang perlu dicatatat, meski lazim dilakukan, penggunaan daun sirih untuk mata kini tidak disarankan. Alasannya, karena walaupun mengandung antibiotik, daun sirih rentan ditumbuhi jamur sehingga berbahaya jika diteteskan ke mata.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

manfaat daun sirih bagi wanita

Di kalangan orang Indonesia, manfaat daun sirih untuk mengatasi berbagai macam penyakit sudah sejak lama dikenal. Berikut ini beberapa di antaranya.

1.Sebagai Obat Antinyeri

Daun sirih memiliki sifat analgesik untuk mengatasi sakit kepala, nyeri akibat luka, ruam, dan peradangan. Daun sirih bisa dihaluskan dan ditempelkan ke bagian yang nyeri, dikunyah, atau diminum sarinya. Bisa juga dengan mengoleskan minyak daun sirih.

2. Menyembuhkan Luka dan Infeksi

Kandungan senyawa chavicol pada daun sirih bersifat antiseptik. Hancurkan daun sirih, peras, dan oleskan sarinya pada luka. Tutup dengan sehelai daun sirih dan perban.

3. Mengatasi Mimisan

Untuk mengatasi mimisan, gulung sehelai daun sirih segar, lalu masukkan ke lubang hidung. Dalam waktu 30 menit, mimisan akan berhenti.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun sirih mengandung zat-zat yang melindungi mulut, lambung, dan usus. Antioksidannya akan membersihkan usus dua belas jari dari radikal bebas sehingga pH kembali normal untuk mencegah GERD dan konstipasi.

Untuk mengatasi masalah pencernaan, cobalah cara berikut.

  • Sakit perut dan kembung: kunyah daun sirih, oleskan minyak daun sirih ke perut, atau minum dua sendok teh air rebusan daun sirih dan lada.
  • Sembelit: daun sirih dikunyah atau direndam semalaman dan keesokan harinya diminum saat perut kosong.
  • Bau mulut: berkumur dengan air rebusan daun sirih atau air hangat yang ditetesi minyak daun sirih.

5. Melegakan Batuk dan Gangguan Pernapasan

Daun sirih memiliki khasiat melegakan napas sehingga sangat baik untuk sinusitis, batuk, pilek, asma, bronkitis, dan lainnya. Rebus daun sirih, kapulaga, cengkeh, kemukus, dan kayu manis. Saring dan minum 3 kali sehari.

6. Mengatai Penyakit Kronis dan Serius

Melimpahnya kandungan antioksidan pada daun sirih membuatnya sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit serius, seperti diabetes, strok dan jantung, bahkan kanker.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Jika Anda sedang mengalami masalah psikologis seperti gugup atau susah berkonsentrasi, minumlah satu sendok teh sari daun sirih dan madu dua kali sehari.

Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita

kandungan dan manfaat daun sirih

Tak hanya untuk kesehatan secara umum, daun sirih juga memiliki khasiat khusus bagi wanita, baik untuk perawatan kecantikan maupun untuk kesehatan organ kewanitaan. Apa saja manfaatnya dan bagaimana cara penggunaannya? Simak ulasannya di bawah ini.

8. Mengatasi Jerawat dan Masalah Kulit Lainnya

Daun sirih mengandung senyawa antikuman sehingga efektif digunakan sebagai obat untuk jerawat, alergi, dan gatal-gatal. Haluskan daun sirih, ambil sarinya, lalu campur dengan sedikit kunyit dan oleskan ke bagian kulit yang berjerawat atau mengalami alergi.

Manfaat daun sirih lainnya adalah untuk wajah. Cobalah untuk mencuci muka menggunakan air rebusan daun sirih. Jika dilakukan secara rutin, cara ini akan membuat kulit wajah Anda akan senantiasa bersih dan terhindar dari masalah kulit yang mengganggu.

9. Menjaga Kebersihan Daerah Kewanitaan

Bukan rahasia lagi, daun sirih sangat berguna untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan. Anda bisa menggunakan air rebusan sirih untuk mencuci miss V agar terbebas dari kuman. Di Indonesia, cara ini banyak dilakukan para ibu yang baru saja melahirkan.

10. Merawat Payudara

Daun sirih juga memiliki khasiat hebat untuk payudara agar lebih besar dan kencang. Lumuri daun sirih yang sudah bersih dengan minyak kelapa, lalu panaskan dengan api lilin. Setelah hangat, tempelkan pada payudara, dan tunggu hingga kering. Ulangi 2–3 kali dalam sekali sesi.

11. Mencegah Bau Badan

Anda pasti sudah tahu khasiat daun sirih yang satu ini. Sudah bukan rahasia lagi bahwa air rebusan daun sirih dan garam terbukti ampuh untuk menyingkirkan bau badan tak sedap. Bagi wanita, hal ini tentu sangat penting karena bau badan bisa mengurangi kepercayaan diri.

Caranya mudah, rebus 10–15 helai daun sirih dan garam sebanyak 1 sendok teh dengan empat gelas air, biarkan hingga tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan ini secara rutin sebanyak dua kali sehari.

Menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah kesehatan atau kecantikan tentu jauh lebih baik daripada bahan kimia. Selain aman, manfaat daun sirih bisa dirasakan dengan cara mudah dan murah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera coba dan rasakan manfaatnya.

Leave a Reply