manfaat madu untuk kesehatan

12 Manfaat Madu yang Tetap Dipercaya (Dahulu hingga Kini)

Madu adalah pemanis alami tertua di bumi karena sudah dikenal sejak beberapa abad lalu. Ibarat sebuah peti harta karun, begitu banyak rahasia manfaat madu yang tersimpan di dalamnya dan tetap dipercaya hingga sekarang.

Karena memiliki rasa manis yang disukai siapa saja, khasiat madu pun bisa dirasakan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Madu lezat dikonsumsi, sekaligus sehat di badan. Apalagi, madu juga memiliki efek samping yang sangat minim.

Jenis Madu dan Kandungan Nutrisinya

kandungan nutrisi madu

Dilihat dari kemurniannya, ada dua jenis madu, yaitu madu mentah (raw honey) atau madu murni dan madu olahan. Sedangkan dilihat dari sumbernya, madu dibedakan menjadi madu hutan dan madu ternak.

Madu hutan dihasilkan dari lebah Apis dorsata yang hidup di hutan. Sementara itu, madu ternak dihasilkan lebah Apis cerana dan Apis melifera yang diternakkan. Perbedaan keduanya adalah:

  • Madu hutan berasal dari nektar yang diambil dari berbagai jenis pohon (multiflora) sehingga rasanya sulit ditebak, madu ternak hanya dari satu macam pohon (unifora).
  • Madu hutan adalah produk organik, madu ternak kemungkinan mengandung pupuk kima dan pestisida.
  • Madu hutan lebih encer karena hutan lebih basah sehingga lebih banyak mengandung air.
  • Madu hutan bersifat murni karena lebah hanya makan dari nektar, lebah ternak sesekali diberi pakan gula.

Satu sendok makan madu murni mengandung 64 kalori. Komposisinya terdiri dari 80% karbohidrat, 18% air, serta 2% vitamin (termasuk B6, riboflavin, niasin, dan tiamin), mineral, dan asam amino. Madu murni tidak mengandung lemak, kolesterol, maupun natrium.

Manfaat Madu untuk Kesehatan

manfaat madu untuk kesehatan

Sejak dahulu hingga sekarang, madu tetap menjadi obat alami yang dipercaya memiliki khasiat yang sangat penting untuk kesehatan seperti berikut ini.

1. Mengobati Batuk

Batuk membandel bisa dengan mudah disingkirkan dengan minum dua sendok teh madu. Untuk anak berusia 1–5 tahun, madu sebaiknya diberikan 30 menit sebelum tidur.

2. Menyembuhkan Alergi

Madu adalah vaksin alami karena kandungan polennya akan merangsang tubuh memproduksi antibodi. Jika sering minum madu, tubuh akan terbiasa sehingga produksi senyawa histamin akan menurun dan gejala alergi pun berkurang.

3. Sebagai Sumber Energi

Manfaat madu yang lain adalah sebagai sumber energi alami. Gula alami pada madu, yaitu fruktosa dan glukosa, akan langsung diserap darah sehingga tubuh mendapatkan energi dengan cepat.

4. Memperkuat Daya Ingat

Nektar mengandung banyak antioksidan yang melindung sel otak dari kerusakan. Minum satu sendok makan madu terbukti mampu memperbaiki daya ingat pada wanita di masa menopause.

5. Membantu Tidur Nyenyak

Madu meningkatkan produksi serotonin, juga mengandung triptofan yang akan diserap otak dan diubah menjadi serotonin. Selanjutnya, serotonin diubah menjadi melatonin yang membuat tidur lebih nyenyak.

6. Mengobati Luka

Madu adalah antibiotik alami yang bisa bekerja dari luar maupun dalam tubuh. Sebagai obat luka, Anda bisa mengoleskannya langsung ke bagian tubuh yang luka untuk membersihkannya dari bakteri.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Madu hitam sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan antioksidan dan flavonoidnya berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah jantung. Karena rasanya pahit, Anda bisa mencampur madu hitam dengan air.

8. Baik untuk Ibu Hamil

Madu yang boleh dikonsumsi untuk ibu hamil adalah yang sudah dipasteurisasi sehingga aman dari racun botulinum. Manfaat madu bagi ibu hamil adalah meningkatkan imunitas, mencegah insomnia, dan mengobati batuk.

9. Menyuburkan Kandungan

Meskipun belum ada bukti ilmiah, madu banyak digunakan sebagai penyubur kandungan karena mengandung antioksiodan yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab ketidaksuburan. Madu juga diyakini mampu meningkatkan fertilitas untuk pria.

Manfaat Madu untuk Kecantikan

manfaat madu untuk kecantikan

Bagi kaum wanita, madu bukan barang asing dalam perawatan kecantikan sehari-hari. Khasiat madu untuk kecantikan sangat banyak, baik untuk wajah, bibir, maupun rambut. Berikut ini manfaat madu yang bisa Anda coba lengkap dengan cara penggunaannya.

10. Merawat Kulit Wajah

Untuk merawat kulit wajah, buatlah masker berbahan madu yang dikombinasikan dengan beberapa bahan lainnya. Berikut ini cara membuat 5 jenis masker untuk wajah dengan fungsi berbeda.

  • Mengobati jerawat: 1 sdm madu + 1 sdt lemon + 1 sdt baking soda
  • Meredakan peradangan kulit: 1 sdm madu + 1 sdt bubuk matcha (teh hijau) + 1 sdt minyak almon atau minyak jojoba.
  • Mencerahkan kulit: 1 sdm madu + 1 sdt lemon + 1 sdm yoghurt + ¼ sdt kunyit bubuk.
  • Mengurangi minyak berlebih: 1 sdt madu + 1 sdt bentonite clay + 1 sdt cuka apel.
  • Melembapkan kulit: 2 sdm madu + ¼ buah alpukat yang dihaluskan + 2 sdm almon bubuk.

11. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Cuaca dingin, dehidrasi, dan alergi kosmetik bisa menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Untuk bibir kering, Anda bisa memanfaatkan madu untuk mengatasinya karena akan membuat bibir menjadi lembab.

Cara menggunakannya mudah. Oleskan madu menggunakan jari atau kapas setiap kali bibir terasa kering. Menjelang tidur, oleskan kembali dengan dosis yang lebih banyak. Madu akan meresap dan bekerja selama Anda tidur. Lakukan secara rutin hingga bibir kembali sehat.

12. Menyehatkan Rambut

Madu juga memiliki khasiat untuk rambut karena mengandung antioksidan untuk menguatkan rambut, antibakteri untuk mencegah infeksi kulit kepala sehingga rambut tumbuh subur dan. Anda bisa membuat masker dari madu dan air hangat, madu dan yoghurt, atau madu dan telur.

Menjaga kesehatan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami adalah bagian dari gaya hidup sehat. Madu bisa menjadi salah satu alternatif bahan alami yang Anda pilih karena selain manfaat madu begitu banyak, tidak sulit mendapatkannya.

Leave a Reply