manfaat lidah buaya untuk tubuh

9 Manfaat Lidah Buaya yang Luar Biasa (dan Efek Samping)

Saat ini, banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai salah satu bahannya. Bahkan, industri pembuatan ekstrak lidah buaya menjadi industri botani terbesar di dunia. Tak heran, manfaat lidah buaya pun kemudian semakin dikenal luas ke seluruh dunia.

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memang banyak mengandung zat yang baik untuk merawat kecantikan maupun mengobati penyakit. Bahkan konon, ratu Mesir yang terkenal cantik, Cleopatra, menggunakan lidah buaya untuk merawat kecantikannya.

Kandungan Nutrisi Penting Lidah Buaya

manfaat lidah buaya

Lidah buaya berasal dari Sudan dan sudah ada sejak 6.000 tahun yang lalu. Lidah buaya tergolong tanaman sukulen, yaitu tanaman yang memiliki kemampuan menyimpan cadangan air karena tumbuh di daerah beriklim kering, seperti Afrika, India, dan Timur Tengah.

Lidah buaya sudah lama digunakan dalam pengobatan di Yunani, Mesir, Filipina, Cina, yang, dan lainnya. Di India, lidah buaya digunakan untuk penyakit seperti sembelit, cacingan, infeksi, dan kolik, sedangkan orang Cina menggunakannya untuk mengobati penyakit akibat jamur.

Semakin lama, pemanfaatan tanaman yang bentuknya mirip kaktus ini pun semakin luas, mulai dari konstipasi hingga diabetes. Penyebabnya adalah karena pengetahuan tentang kandungan nutrisi lidah buaya juga semakin lengkap.

Daging lidah buaya yang berupa gel bening dengan rasa yang pahit. Di bagian dalam kulitnya, terdapat getah berwarna kuning. Gel lidah buaya mengandung 96% air, senyawa organik dan anorganik, vitamin A, B, C, E, dan protein yang terdiri dari 18–20 asam amino.

Di antara zat-zat yang terdapat di dalamnya, kandungan yang paling penting dari gel lidah buaya adalah senyawa karbohidrat kompleks yang disebut acemannan. Senyawa ini membuat zat nutrisi lebih mudah diserap sel, sekaligus mengeluarkan racun dari sel.

Manfaat Lidah Buaya untuk Tubuh

Untuk merasakan manfaat lidah buaya, Anda bisa memakai produk untuk kecantikan siap pakai, mulai dari pelembap, lotion, sabun, sampo, baik untuk wanita maupun pria. Namun, ada baiknya Anda juga mencoba cara alami berikut ini.

1. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini disebabkan menurunnya elastisitas sel kulit. Mengoleskan gel lidah buaya bermanfaat untuk kulit karena mengandung polisakarida yang merangsang produksi kolagen sehingga kulit lebih elastis.

2. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Kegunaan lidah buaya untuk jerawat adalah mencegah dan mengobatinya. Jerawat bersifat antibakteri dan mengandung astringen yang membersihkan kotoran dan minyak dari kulit. Lidah buaya juga bisa mengobati jerawat tanpa meninggalkan bekas.

3. Merawat Kulit Wajah Sensitif

Anda bisa membuat masker khusus untuk wajah sensitif dari campurkan gel lidah buaya, sari mentimun, yogurt, dan minyak mawar. Gunakan di wajah selama 20 menit, lalu bilas.

4. Sebagai Gel Rambut dan Gel Cukur

Kegunaan lidah buaya untuk pria adalah sebagai gel rambut dan gel cukur. Untuk merapikan rambut, oleskan gel lidah buaya pada rambut. Selesai mencukur kumis atau jenggot, oleskan gel lidah buaya untuk menyejukkan dan mencegah iritasi kulit.

5. Menyuburkan Rambut dan Bulu Mata

Manfaat lidah buaya untuk rambut adalah mengatasi kerontokan dengan cara mengoleskannya ke kulit kepala. Efek yang sama juga berlaku untuk bulu mata, yaitu menjadikannya tebal dan lentik.

6. Melembapkan Bibir

Lidah buaya juga merupakan pelembap alami yang baik untuk bibir. Untuk menggunakannya, peras gel lidah buaya, lalu oleskan tipis-tipis pada bibir tiga kali sehari.

7. Melenyapkan Flek Hitam

Scrub dari campuran gel lidah buaya, gula, dan perasan lemon sangat ampuh untuk flek hitam. Lidah buaya akan membersihkan kulit hingga ke dalam pori, gula berfungsi sebagai scrub, dan lemon akan memudarkan flek hitam.

8. Mengencangkan Payudara

Lidah buaya juga bermanfaat untuk payudara. Usapkan gel lidah buaya ke payudara sambil dipijat melingkar selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

9. Mengatasi Berbagai Jenis Penyakit

Selain untuk kecantikan, lidah buaya juga memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan, di antaranya:

  • mengatasi heartburn akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan,
  • menurunkan berat badan,
  • memperbaiki sistem pencernaan,
  • meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
  • menurunkan kadar gula darah,
  • menghidrasi tubuh, dan
  • menyehatkan jantung.

Efek Samping yang Harus Diwaspadai

kandungan nutrisi lidah buaya

naturaonline.pl

Meskipun relatif aman, penggunaan bahan herbal tetap memiliki risiko jika tidak digunakan secara tepat. Demikian juga dengan lidah buaya, yang bisa menimbulkan efek samping berikut:

  • Efek samping yang paling sering terjadi adalah sakit perut atau bahkan kram setelah minum jus lidah buaya, khususnya pada penderita gangguan pencernaan.
  • Getah lateks yang terdapat di bawah kulit lidah buaya dapat menimbulkan reaksi alergi. Jadi, berhati-hatilah ketika mengambil daging lidah buaya.
  • Selain getahnya, ada juga orang yang alergi terhadap gel lidah buaya. Jadi, pastikan Anda tidak alergi sebelum menggunakannya.
  • Minum jus lidah buaya bisa mengakibatkan kadar gula darah turun drastis sehingga terjadi ketidakseimbangan elektrolit. Kondisi ini sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Karena itu, jika Anda menderita diabetes, konsultasikan lebih dahulu dengan dokter.
  • Efek laksatif (pencahar) pada lidah buaya juga bisa menyebabkan dehidrasi jika dikonsumsi berlebihan.
  • Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya karena bisa mengakibatkan kontraksi dini.
  • Jus lidah buaya juga bisa menyebabkan kadar kalium dalam tubuh menurun dan hal ini bisa berbahaya karena akan mengganggu irama denyut jantung.
  • Senyawa bioaktif pada lidah buaya bisa memengaruhi proses detoksifikasi yang dijalankan oleh organ hati sehingga mengakibatkan komplikasi kesehatan.

Tanaman lidah buaya sangat mudah tumbuh di Indonesia yang beriklim tropis. Manfaatkan hal ini untuk menanam lidah buaya di rumah sehingga Anda bisa merasakan manfaat lidah buaya kapan pun dibutuhkan. Jadi, tunggu apa lagi? Tanam sekarang dan segera rasakan manfaatnya.

Leave a Reply