11+ Manfaat Kunyit yang Hebat (Rempah Asia yang Mendunia)

Indonesia kaya akan rempah-rempah yang tak hanya membuat makanan jadi terasa lebih lezat, juga bermanfaat bagi tubuh. Salah satu dari rempah-rempah tersebut adalah kunyit. Orang-orang zaman dahulu sudah mengenal manfaat kunyit untuk mengatasi berbagai penyakit.

Tak hanya di Asia, kini kunyit juga sangat populer di negara-negara Barat sana. Rupanya, ketenaran khasiat kunyit membuat mereka penasaran sehingga melakukan berbagai penelitian tentang kandungan kunyit dan hasilnya membuat mereka jatuh cinta pada rempah ini.

Keunikan Kandungan Nutrisi Kunyit

kandungan nutrisi kunyit

Kehebatan manfaat kunyit tentu tidak bisa dilepaskan dari kandungan yang ada di dalamnya. Anda akan tercengang mengetahui bahwa kunyit mengandung lebih dari 100 jenis senyawa yang berguna untuk mengatasi berbagai penyakit, mulai dari lambung hingga pernapasan.

Senyawa-senyawa tersebut membuat kunyit menjadi rempah yang sangat unik. Namun, senyawa yang paling berperang penting pada kunyit adalah curcumin. Senyawa ini termasuk ke dalam golongan polifenol, yaitu senyawa kimia yang sudah terbukti memiliki sifat antiradang.

Curcumin sering digunakan dalam suplemen untuk diet. Senyawa ini juga yang membuat kunyit memiliki warna kuning-oranye yang khas. Itulah sebabnya, curcumin juga banyak digunakan sebagai pewarna produk makanan dan kosmetik.

Secara umum, komposisi kunyit terdiri dari curcumin, vitamin, mineral, serat, asam amino, asam lemak, minyak alami, dan berbagai jenis senyawa fitokimia (senyawa kimia yang terdapat secara alami pada tanaman).

Kombinasi senyawa-senyawa tersebut membuat kunyit memiliki manfaat untuk hampir seluruh bagian tubuh, yaitu:

  • meningkatkan imunitas,
  • melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit,
  • mencegah penyakit serius, dan
  • menghancurkan sel-sel penyebab penyakit kronis.

Khasiat kunyit untuk kesehatan seperti di atas ternyata tak hanya berlaku untuk manusia, tetapi juga untuk lovebird. Para pemilik burung kicau ini biasa memberikan air rebusan kunyit saat burung terlihat sakit atau malas berkicau.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

manfaat kunyit untuk kesehatan

foodmatters.com

Orang Indonesia, khususnya Jawa, sudah mengenal manfaat kunyit bagi tubuh sejak lama. Anda pasti mengenal jamu kunyit asam untuk mengatasi nyeri haid. Kini, penelitian membuktikan bahwa khasiat kunyit untuk kesehatan sangat banyak, di antaranya:

1. Mengurangi Risiko Kanker

Pencegahan dan pengobatan kanker berkaitan dengan antioksidan. Kunyit mengandung banyak senyawa antioksidan sehingga dinobatkan sebagai salah satu obat paling efektif untuk kanker. Hanya dengan mengonsumsi 1 sendok makan kunyit, Anda terlindung dari kanker.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kunyit mengandung senyawa yang lengkap sebagai senjata untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit, yaitu antioksidan, antiradang, antivirus, antibakteri, dan antimikroba. Agar tubuh tak mudah terserang penyakit, cukup konsumsi ½ sendok teh kunyit setiap hari.

3. Mencegah Alzheimer

Tak seperti obat kimia, curcumin pada kunyit mampu menembus sekat yang membatasi aliran darah dan cairan otak. Hanya dengan mencampurkan 1 sendok teh kunyit ke dalam makanan atau minuman sehari-hari, Anda bisa terhindar dari alzheimer.

4. Memperbaiki Pencernaan

Kandungan serat, vitamin, mineral, antioksidan, dan senyawa antiradang pada kunyit dibutuhkan agar reaksi enzimatik, produksi asam, pergerakan otot, dan penyerapan nutrien berjalan dengan baik. Jadi, jangan lupa mengonsumsi 1 sendok makan kunyit setiap hari.

5. Mengatasi Tukak Lambung

Produksi asam lambung yang berlebihan menyebabkan tukak di selaput lendir lambung sehingga terasa nyeri. Minyak atsiri dalam kunyit terbukti baik untuk lambung karena bisa mencegah produksi asam lambung yang berlebihan tanpa efek samping.

6. Menguatkan Rahim

Rahim yang lemah membuat wanita sulit hamil atau mempertahankan kehamilan sehingga sering mengalami keguguran. Hal ini bisa diatasi dengan kunyit putih yang baik untuk rahim karena mampu melancarkan aliran darah pada rahim dan menjaga keseimbangan hormon.

7. Meningkatkan Kesuburan

Gangguan kesuburan pada wanita bisa disebabkan banyak hal, seperti siklus haid tidak teratur, ketidakseimbangan hormon, sel telur kurang berkualitas, dan gangguan pada rahim. Kunyit putih baik untuk kesuburan karena berkhasiat untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

manfaat kunyit untuk kecantikan

yogamatters.com

Sejak dahulu, kunyit sudah dikenal sebagai bahan lulur untuk kulit agar tampak bersih dan cerah. Sekarang, Anda pun bisa mendapatkan khasiat kunyit untuk kecantikan dengan cara yang sangat mudah seperti berikut ini.

8. Mencerahkan Kulit

Curcumin pada kunyit memiliki khasiat untuk wajah, yaitu mencerahkan, menyingkirkan noda hitam, dan mengatasi pigmentasi. Anda bisa membuat masker dari campuran kunyit, yoghurt, dan madu. Aplikasikan pada wajah selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

9. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak menyebabkan makeup sulit menempel dan rentan terhadap timbulnya jerawat. Untuk mengontrol minyak berlebih, gunakan campuran kunyit, air, dan perasan lemon. Selain mengurangi produksi minyak, kunyit juga berkhasiat mengelurkan kotoran dari pori-pori kulit.

10. Mencegah Kerutan

Curcumin pada kunyit juga berkhasiat mencegah penuaan dini karena menghambat terjadinya kerusakan akibat proses oksidasi pada lemak dan menyingkirkan radikal bebas dari kulit. Untuk mencegah penuaan dini, minumlah susu yang dicampur kunyit dan sedikit lada hitam.

11. Menghaluskan Kulit

Bubuk kunyit memiliki tekstur sedikit kasar sehingga bisa digunakan sebagai scrub untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati. Untuk mendapatkan kulit halus, campurkan bubuk kunyit dengan minyak zaitun dan gosokkan ke seluruh tubuh, lalu bilas dengan air dingin.

12. Memutihkan Gigi

Sebagian orang berpendapat bahwa makan makanan yang mengandung kunyit akan membuat gigi kuning. Faktanya, kunyit justru bisa memutihkan gigi. Warna kuning pada kunyit tidak akan menempel pada gigi.

Untuk mendapatkan gigi putih, buat pasta gigi dari campuran sejumput kunyit dengan ¼ sendok teh baking soda dan 1 sendok teh minyak kelapa.

Gosok gigi selama 2 menit, lalu berkumurlah. Lakukan 2 kali seminggu selama 1–2 bulan dan lihat hasilnya, gigi Anda jadi putih cemerlang!

Kunyit adalah salah satu tumbuhan asli Asia yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Harganya pun murah sehingga sayang sekali jika Anda tidak mencoba membuktikan manfaat kunyit untuk tubuh Anda. Bagaimana, siap mencoba?

Leave a Reply