manfaat jahe untuk kesehatan

11 Manfaat Jahe (dari Obat Mual hingga Mencegah Kanker)

Karena memiliki rasa pedas dan efek menghangatkan, jahe sering dipakai dalam ramuan minuman tradisional. Rasanya yang khas juga membuat rempah yang satu ini banyak dijadikan bumbu aneka masakan. Namun, sudahkah Anda tahu manfaat jahe selain kedua hal tersebut?

Berasal dari Asia, jahe sudah dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu tanaman rempah yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Hal ini didasarkan pada hasil-hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kandungan jahe.

Mengenal Jenis dan Kandungan Jahe

manfaat jahe untuk kanker

Ada tiga jenis jahe yang dikenal di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

  • Jahe emprit atau jahe putih: Bentuknya kecil dan pipih, seratnya lembut, dan aromanya tidak terlalu tajam. Rasanya pedas karena kandungan minyak atsirinya tinggi, 1,7%-8% berat kering, banyak digunakan untuk bumbu dan jamu.
  • Jahe gajah atau jahe kuning: Ukurannya besar dan gemuk, rasanya tidak terlalu pedas karena hanya mengandung minyak atsiri sebanyak 0,18%-1,66% berat kering. Jenis ini banyak digunakan untuk bahan permen, minuman, dan bumbu.
  • Jahe merah: Ukurannya kecil, seratnya kasar, dan rasanya sangat pedas karena kandungan minyak atsirinya sangat tinggi, 2,58%-9% berat kering. Jahe merah banyak digunakan untuk membuat minyak jahe dan sebagai obat.

Ketiga jenis jahe tersebut memiliki kandungan yang kurang lebih sama dengan kadar berbeda. Jahe mengandung kalori, karbohidrat, serat, protein, lemak, gula, vitamin C, B3, B6, besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, folat, riboflavin, dan niasin.

Jahe juga mengandung minyak alami gingerol yang memberikan aroma khas jahe. Gingerol merupakan senyawa utama yang membuat jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama karena bersifat antioksidan dan antiradang.

Cara Menggunakan Jahe

manfaat jahe untuk kesehatan

Tidak semua orang tahan dan menyukai rasa pedas jahe. Oleh karena itu, saat ini, jahe bisa Anda konsumsi dalam berbagai bentuk. Berikut ini enam bentuk jahe dan cara penggunaannya.

  • Jahe Segar

Jahe segar memiliki khasiat paling ampuh dan serbaguna. Jahe bisa direbus dan dibuat wedang, dijadikan bumbu tumisan, dibuat jus, ditambahkan pada smoothie, diisap, bahkan bisa dikeringkan dan dijadikan camilan.

  • Jahe Bubuk

Sama seperti jahe segar, jahe bubuk diseduh seperti teh, ditambahkan ke dalam makanan, atau sebagai penambah rasa pada kue.

  • Teh Jahe

Teh jahe adalah ekstrak jahe yang sudah dikemas di dalam kantung seperti teh celup. Tinggal diseduh, jahe sudah langsung bisa dinikmati. Praktis, bukan?

  • Permen Jahe

Mengunyah permen jahe juga sangat praktis. Namun, periksa lebih dahulu komposisinya. Jangan sampai bahan yang tidak diinginkan ikut masuk ke dalam tubuh.

  • Kapsul Jahe

Minum kapsul jahe adalah cara termudah dan teraman bagi Anda yang sama sekali tidak menyukai rasanya.

  • Minyak Jahe

Minyak jahe bisa diminum, dioleskan untuk meringankan rasa sakit, atau sebagai minyak pijat karena memberikan efek menenangkan.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

manfaat jahe dan kandungannya

Manfaat jahe dalam pengobatan tradisional sudah diketahui sejak lama, khususnya untuk mengatasi penyakit-penyakit ringan. Namun, penelitian-penelitian modern membuktikan, jahe juga bisa digunakan untuk mencegah atau mengatasi penyakit serius.

1. Mencegah Kanker

Rutin mengonsumsi jahe bisa melindungi tubuh dari kanker. Jahe sangat kaya akan antioksidan yang sudah terbukti sangat ampuh menangkal efek radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab kanker.

2. Menurukan Kolesterol Jahat

Mengonsumsi 3 gram (setengah sendok teh) jahe tiga kali sehari dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Cara lain untuk menurunkan kolesterol jahat adalah dengan minum air rebusan jahe dan bawang putih.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Senyawa gingerols mampu melawan peradangan serta bersifat antimikroba dan antijamur. Minum campuran jahe, lemon, dan madu yang diseduh air panas akan membantu tubuh melawan infeksi dan meningkatkan kekebalan.

4. Menyembuhkan Iritasi Kulit

Iritasi kulit bisa terjadi akibat cuaca dan hawa panas atau penggunaan bahan kimia dan menimbulkan gejala berupa ruam kemerahan. Anda bisa menggunakan jahe untuk mengatasinya karena mengandung senyawa antiradang.

5. Mengatasi Begah

Saat organ pencernaan tidak bekerja dengan baik, Anda akan merasakan begah setelah makan. Minum satu cangkir teh jahe adalah cara tepat mengatasinya. Rasa hangatnya akan membuat perut nyaman dan mencegah kembung.

6. Mengobati Flu

Pada umumnya, flu disebabkan oleh virus sehingga untuk melawannya, dibutuhkan senyawa yang bersifat antivirus, salah satunya terdapat di dalam jahe. Minumlah seduhan jahe, madu, dan jeruk nipis untuk meredakan gejala flu.

7. Menurunkan Berat Badan

Minum teh jahe sebelum tidur sangat baik untuk diet karena membantu menurunkan berat badan. Saat malam hari, teh jahe dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dalam membakar lebih banyak lemak.

8. Berkhasiat untuk Pria

Memadukan jahe dengan bahan lain juga akan memberikan manfaat yang tak kalah penting. Contohnya adalah kombinasi jahe dan sereh yang bermanfaat melancarkan peredaran darah. Ramuan ini penting untuk pria karena dapat meningkatkan vitalitas.

Manfaat Jahe untuk Wanita

manfaat jahe untuk wamita

Jahe dengan berbagai kandungan zat pentingnya juga memiliki beberapa khasiat khusus untuk wanita, baik untuk kecantikan maupun mengatasi gangguan menstruasi.

9. Merawat Kulit Wajah

Dengan kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakterinya, jahe memiliki banyak khasiat untuk wajah. Beberapa manfaat jahe untuk perawatan wajah adalah mengurangi minyak, mengobati jerawat, menghilangkan bintik hitam, dan mencegah penuaan dini.

10. Meredakan Mual pada Ibu Hamil

Jahe juga baik untuk ibu hamil untuk mengatasi rasa mual dan muntah akibat morning sickness. Mengunyah permen jahe atau minum secangkir jahe hangat mampu meredakan mual dan membuat lambung terasa nyaman.

11. Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri saat menstruasi adalah hal normal yang dialami hampir semua wanita. Namun, pada beberapa orang, nyeri yang dirasakan sangat hebat, bahkan menyebabkan kram perut. Agar tak terlalu sering minum obat pereda nyeri, tak ada salahnya Anda menggantinya dengan jahe.

Ternyata, manfaat jahe bukan hanya untuk manusia. Bagi Anda pecinta burung, cobalah berikan jahe sebagai tambahan pakan untuk lovebird. Jahe berkhasiat untuk mengatasi serak, menghangatkan tubuh, dan memperbaiki pencernaan. Selamat mencoba.

Leave a Reply