manfaat cuka apel bagi kecantikan

11+ Manfaat Cuka Apel yang Luar Biasa (Rahasia Hidup Sehat)

Bagi sebagian orang yang sedang menjalankan diet, minum satu sendok cuka apel di pagi hari sudah menjadi rutinitas wajib. Cuka apel diyakini efektif membantu menurunkan berat badan. Namun, apakah manfaat cuka apel hanya itu saja?

Meski di Indonesia baru populer belakangan ini, di luar negeri cuka apel sudah dikenal luas. Bukan hanya untuk diet, tetapi juga untuk menjaga kesehatan. Nah, apa itu cuka apel dan apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Mengenal Cuka Apel dan Kandungannya

manfaat cuka apel dan kandungannya

Cuka apel dibuat melalui dua tahap fermentasi, yaitu sebagai berikut.

  • Tahap Fermentasi 1: apel dihaluskan dan diambil airnya, kemudian ditambahkan ragi yang akan memfermentasi gula yang terkandung dalam sari apel menjadi alkohol.
  • Tahap Fermentasi 2: ke dalam alkohol yang terbentuk kemudian ditambahkan bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter) yang akan mengubah alkohol menjadi cuka.

Kebanyakan cuka apel berwarna kuning kecokelatan dan bening, tetapi ada juga yang keruh, yang disebut induk cuka. Induk cuka adalah cuka apel yang tidak mengalami penyaringan sehingga mengandung protein, enzim, dan bakteri baik.

Satu sendok makan cuka apel mengandung 3 kalori. Seperti cuka lainnya, cuka apel mengandung sekitar 5% asam asetat dan 95% air. Selain itu, cuka apel juga mengandung asam amino, antioksidan, asam gallic, katekin, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, dan mangan.

Karena cuka apel mengandung asam asetat tinggi, Anda harus tahu cara menggunakannya dengan benar, yaitu:

  • Jangan minum cuka apel secara langsung karena membahayakan kerongkongan. Uap asam asetat juga sangat mudah terhirup dan masuk ke paru-paru, menyebabkan rasa terbakar di dada. Encerkan lebih dahulu 1-2 sendok makan cuka apel dengan segelas air agar.
  • Beberapa jenis makanan bisa menghilangkan manfaat cuka apel bagi tubuh atau justru meningkatkan efeknya. Supaya aman dan manfaatnya bisa Anda dapatkan secara optimal, minumlah cuka apel di pagi hari saat perut kosong.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

manfaat cuka apel bagi kesehatan

Khasiat cuka apel untuk kesehatan sudah dikenal sejak zaman Yunani. Zat aktif yang paling banyak berperan pada cuka apel adalah asam asetat dan inilah yang menyebabkan cuka apel memiliki banyak kegunaan untuk tubuh.

1. Menurunkan Gula Darah

Cuka apel mampu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin. Dibandingkan diet karbohidrat, cuka apel memberikan efek lebih baik dalam menurunkan kadar gula darah. Dua sendok makan cuka apel terbukti bisa menurunkan kadar gula darah hingga 4%.

2. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian pada tahun 2004 membuktikan manfaat cuka apel untuk mengobati kanker. Proses fermentasi pada pembuatan cuka apel membentuk senyawa neutral alpha-glycan yang mampu menurunkan jumlah sel kanker pada tikus dan diduga berlaku juga pada manusia.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Asam asetat sangat baik untuk jantung karena bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida serta tekanan darah. Asam chlorogenic di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang menghentikan proses oksidasi LDL. Dengan begitu, risiko penyakit jantung pun berkurang.

4. Mengobati Asam Urat

Cuka apel berguna untuk asam urat karena mengandung kalium, zat besi, dan kalsium yang meredakan nyeri dan radang, serta melancarkan perdaran darah sehingga mencegah pengkristalan asam urat.

5. Menyehatkan Pencernaan

Pada induk cuka apel, terdapat endapan di dasar botol. Endapan tersebut adalah prebiotik, yaitu serat khusus (pektin) yang merupakan makanan bagi bakteri baik di dalam usus. Pektin juga berguna memperlambat penyerapan glukosa dan mengikat kolesterol.

6. Menurunkan Berat Badan

Asam asetat bekerja melawan enzim yang bertugas mencerna pati sehingga tubuh tidak akan menyerap kalori dari karbohidrat. Cuka apel juga terbukti membuat perut terasa lebih kenyang sehingga Anda makan dalam porsi lebih sedikit.

7. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Anda bisa memanfaatkan cuka apel untuk gigi, yaitu untuk memutihkan. Caranya, gosokkan cuka apel ke gigi, lalu bilas dengan air. Cuka apel juga bisa dibuat obat kumur dengan cara melarutkan satu sendok teh cuka apel dalam satu gelas air.

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

manfaat cuka apel bagi kecantikan

Dengan kandungannya, cuka apel juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, baik untuk kulit, wajah, maupun rambut, seperti diuraikan berikut ini.

8. Mengobati Jerawat

Khasiat cuka apel untuk jerawat disebabkan kandungan asam asetat yang sangat ampuh membasmi bakteri, termasuk bakteri penyebab jerawat, seperti P. acnes. Mengoleskan campuran cuka apel dan madu terbukti bisa menyingkirkan jerawat dan bekasnya.

9. Mengatasi Sunburn

Cuka apel diketahui dapat mempercepat proses pemulihan kulit yang terbakar akibat terpapas sinar matahari (sunburn). Oleskan cuka apel yang sudah diencerkan ke wajah sambil dipijat lembut. Lakukan beberapa hari sekali selama beberapa hari sebelum Anda melihat hasilnya.

10. Menghaluskan dan Mencerahkan Wajah

Manfaat cuka apel yang lain adalah untuk kulit lembut dan cerah. Cuka apel mengandung alpha hydroxyl acid yang akan menyingkirkan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru. Campurkan cuka apel ke dalam bathtub dan berendamlah selama 15–20 menit.

11. Toner Wajah

Cuka apel juga bisa digunakan sebagai toner untuk wajah. Senyawa astringen di dalamnya akan membantu melancarkan aliran darah ke kulit dan mengecilkan pori-pori sehingga sangat baik untuk mengontrol minyak berlebih. Cuka apel juga berkhasiat mengatur pH kulit.

12. Mengusir Ketombe

Anda juga bisa menggunakan cuka apel untuk rambut, khususnya untuk mengusir ketombe. Cuka apel yang asam akan membunuh mikroba penyebab ketombe dengan menyemprotkannya ke kulit kepala dan biarkan selama 15 menit sebelum keramas.

Meskipun belum semuanya terbukti secara ilmiah, banya orang yang sudah merasakan manfaat cuka apel. Meski demikian, mengingat efeknya bisa berbeda pada setiap kondisi, Anda yang menderita penyakit tertentu harus berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter.

Leave a Reply