manfaat kopi bagi pria

13 Manfaat Kopi si Minuman Ajaib (Seribu Jenis Antioksidan)

Selama berabad-abad, kopi menjadi minuman yang dipuja sekaligus dicela. Penelitian mengenai manfaat kopi mungkin sama banyaknya dengan bukti-bukti tentang efek buruknya. Kontroversi ini timbul karena begitu banyak zat yang dikandung dalam secangkir kopi.

Kandungan utama yang paling dikenal dari kopi adalah kafein. Namun, dampak yang ditimbulkannya terhadap tubuh bukan hanya disebabkan kafein, melainkan juga zat-zat lainnya. Untuk tahu lebih jelas kegunaan kopi dan efeknya bagi tubuh, simak uraian berikut ini.

Kandungan Nutrisi Kopi dan Waktu yang Tepat Meminumnya

manfaat kopi bagi wanita

Menurut sejarahnya, kopi pertama kali diminum oleh bangsa Yaman dalam sebuah upacara keagamaan. Namun, tanaman kopi saat ini sudah dibudidayakan di lebih dari 70 negara di dunia, termasuk Indonesia. Jenis yang paling banyak ditanam adalah kopi arabika dan robusta.

Meskipun kandungan vitamin dan mineralnya sangat sedikit, kopi tidak mengandung gula maupun karbohidrat. Selain kafein, kopi juga mengandung kalori, protein, riboflavin, pantothenic acid, kalium, mangan, magnesium, dan niasin.

Fakta lain akan kehebatan kopi adalah bahwa biji kopi mengandung lebih dari 1.000 macam antioksidan. Selain mengatasi peradangan dam menetralkan radikal bebas, antioksidan utama dalam kopi, chromogenic acid, terbukti mampu mencegah penyakit kardiovaskuler.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk minum kopi? Ternyata, minum kopi di pagi hari tidak disarankan karena akan terjadi “tabrakan” antara hormon kortisol dengan kafein. Keduanya sama-sama berfungsi meningkatkan kewaspadaan sehingga manfaat kopi menjadi tidak efektif.

Kopi disarankan untuk diminum antara pukul 09.30–11.30 pagi agar manfaat kopi lebih terasa. Pada jam-jam tersebut, hormon kortisol berada pada level terendah. Minum kopi akan menggantikan kortisol dalam mengembalikan tingkat kewaspadaan.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

manfaat kopi bagi pria

Banyak yang berpendapat bahwa minum kopi akan menyebabkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah, serta insomnia.

Namun, penelitian-penelitian terbaru membuktikan bahwa di balik rasanya yang pahit, kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu sebagai berikut.

1. Mempertajam Memori Jangka Pendek

Kafein dalam kopi baik bagi otak karena memengaruhi area otak yang bertanggung jawab untuk konsentrasi dan memori jangka pendek. Dengan minum kopi setiap hari, kemampuan otak untuk berkonsentrasi dan mengingat peristiwa akan meningkat.

2. Mengurangi Risiko Alzheimer dan Demensia

Minum 3-5 cangkir kopi sehari dipercaya akan menurunkan risiko demensia dan Alzheimer hingga 65%. Hal ini disebabkan kopi mencegah pembentukan plak beta-amyloid dan menurunkan gula darah yang merupakan pemicu terjadinya Alzheimer dan demensia.

3. Mencegah Beberapa Jenis Kanker

Polifenol di dalam kopi merupakan antioksidan yang bersifat antikarsinogen. Bagi pria, minum kopi setiap hari akan mencegah kanker prostat, dan bagi wanita, kopi dapat mencegah kanker endometrium. Minum kopi juga terbukti mencegah kanker payudara, usus, dan hati.

4. Mencegah Diabetes

Minum kopi tanpa gula terbukti menurunkan risiko diabetes sebesar 7%. Selain meningkatkan efektivitas insulin, kopi mencegah kerusakan jaringan dan mengurangi penumpukan zat-zat racun seperti amyloid fibril yang ditemukan pada penderita diabetes.

5. Baik untuk Jantung

Anda mungkin sering mendengar bahwa minum kopi berbahaya untuk jantung. Namun, sebuah penelitian yang melibatkan 37.000 orang menunjukkan konsumsi kopi dengan dosis sedang bisa menurunkan 20% risiko terjadinya penyakit jantung.

6. Menjaga Kesehatan Hati

Kopi mampu menurunkan risiko kanker dan sirosis hati hingga 20%. Studi yang dilakukan di Turki menunjukkan, kopi akan menurunkan produksi enzim hati yang merupakan indikator terjadinya kerusakan pada hati.

7. Meringankan Depresi

Menurut para ahli saraf, kopi dapat mengaktifkan neurotransmitter sehingga mood Anda menjadi lebih baik. Yang termasuk dalam transmitter adalah hormon serotonin dan dopamin yang membuat perasaan menjadi lebih gembira.

Manfaat Kopi untuk Kecantikan

manfaat kopi bagi kesehatan

Selain memberikan manfaat dari dalam tubuh, pemakaian kopi untuk perawatan dari luar juga punya manfaat menakjubkan untuk kecantikan. Bagaimana cara memanfaatkan kopi untuk merawat kecantikan? Ini dia ulasannya.

8. Mengangkat Sel Kulit Mati

Kopi giling tidak larut dalam air sehingga cocok digunakan sebagai eksfolian untuk wajah dan tubuh. Caranya, campurkan bubuk kopi atau ampas kopi baru dengan gula dan minyak zaitun, lalu gosokkan ke permukaan kulit. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas hingga bersih.

9. Merevitalisasi Kulit

Selain kopi hitam, Anda juga bisa menggunakan kopi hijau untuk merevitalisasai kulit. Caranya, campurkan 3 sendok teh kopi hijau, 1 sendok teh susu, dan air secukupnya sampai menjadi pasta. Gunakan sebagai masker, biarkan hingga kering, lalu bilas air dengan dingin.

10. Melenyapkan Mata Panda

Untuk melenyapkan mata panda, aplikasikan bubuk kopi yang sudah sedikit dibasahi di sekitar mata. Kafein dalam kopi akan merangsang darah mengalir ke area mata sehingga kulit di sekeliling mata kembali kencang dan antioksidannya melindungi dari pengaruh sinar UV.

11. Mengobati Jerawat

Ada tiga senyawa penting yang membuat manfaat kopi sangat efektif untuk mengatasi jerawat, yaitu antioksidan, stimulan, dan chlorogenic acid. Scrub dari kopi akan membersihkan sel kulit mati yang menyumbat pori dan chlorogenic acid mencegah peradangan.

12. Merawat Kaki

Bubuk kopi juga bisa digunakan sebagai scrub untuk kaki sehingga bersih dan halus. Kandungan kafein pada kopi akan memperlancar sirkulasi darah ke kaki. Untuk menggunakannya, lakukan cara berikut.

  • Seduh satu gelas besar kopi
  • Tuang kopi bersama ampasnya ke dalam ember kecil.
  • Setelah kopi dingin, rendam kaki sambil digosok perlahan.
  • Bilas dengan air bersih, keringkan, dan gunakan lotion.

13. Menghitamkan Rambut

Warna hitam pada kopi bisa digunakan untuk menghitamkan rambut. Buatlah seduhan kopi kental, tunggu hingga dingin. Aplikasikan ke seluruh rambut, diamkan selama 30 menit–3 jam, lalu bilas. Anda juga bisa mencampurnya dengan minyak zaitun sebagai masker rambut.

Banyak studi menunjukkan, Anda akan mendapatkan manfaat kopi secara maksimal jika minum 1-2 cangkir kopi setiap hari. Akan lebih baik lagi jika Anda menggiling sendiri biji kopinya dan segera menyeduh serta meminumnya saat itu juga. Selamat ngopi!

Leave a Reply