manfaat bawang putih untuk kesehatan

11 Manfaat Bawang Putih si Obat Ajaib (dari Dapur Anda)

Tak lengkap rasanya jika memasak tanpa menggunakan bawang putih sebagai bumbu karena memberikan aroma dan rasa yang kuat pada masakan. Sejak beberapa tahun lalu, dilakukan penelitian mengenai manfaat bawang putih dan hasilnya sangat mengejutkan.

Bawang putih terbukti kaya akan senyawa-senyawa penting yang memiliki efek menyembuhkan untuk banyak penyakit, mulai dari yang ringan hingga ganas seperti kanker. Ingin tahu lebih jauh tentang khasiat bawang putih? Tulisan ini menyajikannya lengkap untuk Anda.

Kandungan Bawang Putih, si Bumbu Ajaib

manfaat bawang putih untuk kecantikan

Bawang putih bukanlah hal baru dalam dunia pengobatan. Sejak dahulu, bangsa Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi, dan Cina mengenalnya sebagai obat. Hasil penelitian modern semakin menguatkan fakta tentang khasiat bawang putih untuk kesehatan.

Manfaat ini terutama disebabkan senyawa sulfur yang keluar saat bawang putih dihancurkan atau dikunyah. Bawang putih juga mengandung vitamin B6 dan C, serat, mangan, kalsium, kalium, tembaga, fosfor, selenium, serta zat besi.

Bisa dikatakan, bawang putih mengandung semua senyawa penting yang dibutuhkan tubuh manusia. Selain untuk manusia. para pecinta burung pun biasa memberikan bawang putih untuk lovebird agar tak mudah sakit.

Jenis Bawang Putih dan Cara Mengonsumsinya

manfaat bawang hitam untuk kesehatan

Selain bawang putih yang selama ini Anda kenal, ada dua jenis bawang putih lain yang penggunaannya dikhususkan sebagai obat, yaitu sebagai berikut.

Bawang Putih Lanang

Tidak seperti bawang putih biasa yang memiliki banyak siung, bawang lanang hanya memiliki satu siung sehingga dikenal juga dengan nama bawang putih tunggal.

Keunggulan bawang ini adalah kandungan minyak atsirinya yang sangat tinggi sehingga aroma dan rasanya sangat tajam.

Bawang Hitam

Bawang hitam atau black garlic ini sebenarnya adalah bawang putih biasa, tetapi telah mengalami proses alami dengan cara mengontrol suhu dan kelembapan secara ketat. Proses inilah yang menyebabkan warna bawang berubah hitam.

Sebagai obat, bawang putih bisa dikonsumsi dalam bentuk bawang putih mentah, rebus, atau bakar. Mengunyah bawang putih mentah dianggap sebagai cara terbaik. Sayangnya, banyak yang kurang menyukai cara ini karena menyebabkan bau mulut kurang sedap.

Untuk mengurangi efek tersebut, bawang putih bisa direbus atau dibakar/dipanggang. Tak usah khawatir karena manfaat bawang putih yang akan Anda dapatkan tetap sama.

Setelah dikonsumsi, bawang putih akan mulai bekerja dalam tubuh dengan tahapan proses sebagai berikut.

  • Setelah 1 jam: tubuh mencerna dan menyerap semua nutrisi bawang putih.
  • Setelah 2–4 jam: zat antioksidan mulai bekerja melawan radikal bebas.
  • Setelah 4–6 jam: bawang putih menstimulasi sel T sehingga kekebalan tubuh meningkat.
  • Setelah 6–7 jam: zat antibakteri mulai bekerja membunuh semua bakteri dalam tubuh.
  • Setelah 6–10 jam: semua nutrisi bawang putih digunakan dan sudah mencapai tingkat sel sehingga dalam 24 jam, tubuh bersih dari racun.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

manfaat bawang putih untuk kesehatan

Konsumsi bawang putih mentah, rebus, maupun panggang memberikan manfaat yang sama. Berdasarkan hasil-hasil penelitian, bawang putih berkhasiat mengobati beberapa penyakit berikut ini.

1. Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung

Penyakit pembunuh nomor satu di dunia ini bisa dihindari dengan cara mudah. Bawang putih mampu melindungi jantung karena berfungsi menyingkirkan timbunan plak di dalam arteri.

2. Mengobati Kanker

Senyawa sulfur pada bawang putih akan menghambat pertumbuhan sel kanker. Sementara itu, senyawa antibakterinya berfungsi menghentikan produksi senyawa penyebab sel kanker, memperbaiki DNA yang rusak, dan membunuh sel kanker.

Penelitian membuktikan, terdapat hubungan antara konsumsi bawang putih dengan penurunan jumlah sel kanker, termasuk kanker usus, perut, tenggorokan, pankreas, dan payudara. Hal ini menunjukkan bawang putih bisa menjadi alternatif obat kanker yang patut dipertimbangkan.

3. Mengobati Hipertensi

Senyawa polisulfida dalam bawang putih melonggarkan pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar dan tekanan darah turun. Mengonsumsi 2 gram ekstrak bawang putih setiap hari selama tiga bulan bisa menurunkan tekanan darah sebanyak 10 poin.

4. Mengatasi Alzheimer dan Demensia

Bawang putih mengandung antioksidan yang membantu melindungi organ tubuh dari proses oksidatif yang merusak sel-sel otak penyebab alzheimer dan demensia.

5. Mengobati Diabetes

Mengonsumsi bawang putih mentah selama 7 minggu mampu menurunkan kadar gula darah hingga 57%, kolesterol 40%, dan trigliserida 35%. Dengan begitu, bawang putih juga mencegah terjadinya komplikasi penyakit lain, seperti aterosklerosis.

6. Mengobati Flu Ringan

Untuk mengusir flu ringan, Anda bisa mengonsumsi bawang putih rebus setiap hari. Bawang putih akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh, juga membunuh virus atau bakteri penyebab flu.

7. Bermanfaat untuk Telinga

Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk telinga. Meletakkan irisan bawang putih di telinga selama semalaman berkhasiat mengobati infeksi dan radang pada telinga.

8. Manfaat untuk Pria

Bawang putih juga memiliki khasiat khusus yang sangat penting untuk pria, yaitu menambah stamina tubuh, mencegah kanker prostat, dan bersifat afrodisiak.

Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

kandungan dan manfaat bawang putih

Tak hanya hebat untuk melawan penyakit, manfaat bawang putih juga bisa Anda rasakan untuk merawat kecantikan, baik kecantikan kulit maupun rambut.

9. Melembutkan Kulit Wajah

Bukan rahasia lagi bahwa banyak bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan untuk wajah, salah satunya bawang putih. Anda bisa membuat masker dari campuran bawang putih, minyak zaitun, dan madu. Gunakan masker ini selama seminggu, kulit wajah pun akan terasa lembut.

10. Mengatasi Jerawat

Bawang putih bisa Anda gunakan sebagai obat alami untuk jerawat. Caranya adalah dengan mengoleskan irisan bawang putih pada jerawat. Kandungan antioksidan pada bawang putih akan membunuh bakteri penyebab jerawat.

11. Menyuburkan Rambut

Kesal dengan rambut rontok? Stop dengan bawang putih karena mengandung senyawa allicin yang mampu membawa manfaat untuk rambut. Gosokkan irisan bawang putih ke kulit kepala sambil diperas. Lakukan secara rutin dan rambut Anda akan kembali subur.

Demikian ulasan mengenai manfaat bawang putih yang luar biasa. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyediakan bawang hebat ini di rumah. Dapatkan tubuh sehat dan wajah cantik hanya dari dapur Anda!

Leave a Reply