5 Penyanyi dan Musisi Jazz Indonesia Terpopuler

Penyanyi Jazz Indonesia – Jazz merupakan salah satu genre musik yang populer dan banyak kalangan yang menggemarinya. Bahkan, ada yang bilang Jazz adalah jenis musik “papan atas” karena keeleganan kualitas musiknya. Walaupun menurut pengertian seni musik dan sejarahnya genre ini berasal dari Amerika.

Namun banyak juga musisi atau penyanyi jazz Indonesia yang menghasilkan karya fenomenal dari musik Jazz. Yuk kita berkenalan dengan mereka satu per satu!


Musisi dan Penyanyi Jazz Pria Indonesia


1. Benny Likumahuwa

musisi jazz indonesia

alarabiya.net

Sosok pria yang lahir pada 18 Juni 1946 ini merupakan salah satu musisi jazz Indonesia. Benny dikenal piawai dalam memainkan beragam alat musik seperti bass, bongo, clarinet, saksofon dan trombon. Baca Juga : 36 Alat Musik Tradisional Indonesia

Awal karirnya dimulai saat ia bergabung dengan Cresendo band pada tahun 1966 di bandung. Dua tahun kemudian Benny direkrut oleh band rock legendaris, the Rollies. Bersama band rock ini, Benny sempat menelurkan beberapa album serta tur keliling Indonesia.

Karirnya semakin meroket ketian ia membentuk grup the Augersindo yang bermain di beberapa Negara Asia. Benny Likumahuwa turut berpartisipasi dalam berbagai event jazz yang diselenggarakan di Indonesia maupun di luar negeri, seperti The North Sea Jazz Festival, The Singapore Jazz Festival, The North Sea Jazz Festival, Java Jazz Festival dan lainnya.

Kita patut bangga bahwa musisi jazz Indonesia ini pernah meraih penghargaan dari Java Jazz Festival sebagai The Most Dedicated Indonesian Jazz Artist.

Baca Juga  5 Musisi Jazz yang Melegenda

Kini, selain masih aktif di dunia musik, Benny mengajar di sekolah musik Farabi yang ia bentuk bersama Jack dan Indra Lesmana.

2. Indra Lesmana

musisi jazz terbaik indonesia

republika.co.id

Putera musisi jazz kondang Indonesia Jack Lesmana ini lahir pada 28 Maret 1966, itulah Indra Lesmana. Bakat musik dari ayahnya turun sehingga ia bisa menjadi musisi jazz, produser, komposer dan sound engineer salah satu kebanggan Indonesia.

Indra Lesmana pernah mengenyam pendidikan di sekolah musik Australia. Selama di Negeri Kangguru ia mendapatkan banyak ilmu dari beberapa musisi jazz besar seperti Don Burrows, Roger Frampton dan Paul McNamara.

Kerja keras Indra Lesmana tidaklah sia-sia, banyak prestasi dan penghargaan yang ia hasilkan diantaranya The Immortals – 25 Artis Terbesar Sepanjang Masa oleh Majalah Rolling Stone Indonesia (2008), Favorite Jazz Player oleh Jak Jazz Festival (2008), The BrandLaureate Legendary Award : The Asia Pacific Brands Foundation (2012) dan masih banyak lagi.

3. Tompi

penyanyi jazz indonesia

borneonews.co.id

Penyanyi jazz Indonesia yang juga berprofesi sebagai dokter sudah berselancar di belantara musik sejak tahun 2003. Sosok pria yang bernama asli Teuku Adi Fitrian ini telah menghasilkan 9 album, diantaranya Sedari Dulu dan Menghujam Jantungku.

Lengkingan suara menjadi karakter khas ketika Tompi bernyanyi di atas panggung, sehingga dengan mendengar suaranya saja kita sudah tahu bahwa itu adalah Tompi.


Penyanyi Jazz Wanita Indonesia


4. Raisa

penyanyi jazz wanita indonesia

hipwee.com

Apakah ada yang tidak kenal dengan Raisa? Yup, ia adalah seorang musisi yang didapuk sebagai penyanyi jazz Indonesia paling populer.

Tidak membutuhkan waktu lama, Raisa mengeluarkan single yang enak untuk didengar dan terbukti digandrungi masyarakat Indonesia. Diantara single Raisa yang terkenal adalah Could It Be, Teka Teki dan Serba Salah.

Baca Juga  5 Musisi Jazz yang Melegenda

5. Andien

penyanyi jazz wanita indonesia terbaik

liriklaguandien.wordpress.com

Andien Aisyah Hariadi merupakan salah seorang yang dikenal publik sebagai penyanyi jazz Indonesia. Sosok yang lebih dikenal dengan nama Andien ini lahir di Jakarta, 25 Agustus 1985.

Bisa dibilang Andien adalah musisi yang cukup produktif. Sejak tahun 2000, ia telah menelurkan 6 buah album, yakni Bisikan Hati (2000), Kinanti (2002), Gemintang (2005), Kirana (2010), Andien (2013) dan Let It Be May Way (2014).

6. Syaharani

syaharani. sosok penyanyi jazz indonesia yang membanggakan di kancah international.

BeritaHati.com

Mempunyai nama lengkap Saira Syaharani Ibrahim. Ia lahir pada 27 Juli 1971 di Batu, Malang. Ia sudah akrab dengan musik jazz sejak masih kecil.

Walaupun demikian, penyanyi jazz Indonesia yang akrab disapa Rani ini baru berkiprah di dunia musik saat mengenyam bangku kuliah tepatnya di tahun 1990. Rani kerab tampil di pub dan berbagai acara kampus.

Saat menjadi pengisi di suatu acara pub, Rani berjumpa dengan seorang musisi jazz terkenal, Bubi Chen. Perjumpaan itulah yang membuka jalan bagi Rani untuk menjadi penyanyi jazz wanita profesional.

Seiring berjalannya waktu dan konsistennya Rani menjadi penyanyi jazz membuatnya menjadi sosok musisi yang luar biasa membanggakan Indonesia. Bagaimana tidak? Ia pernah mewakili bangsa ini di North Sea Jazz Festival pada tahun 2001.

Itulah beberapa musisi dan penyanyi Jazz Indonesia yang karya dan prestasinya bisa menjadi inspirasi sekaligus motivasi untuk terus berkarya. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima Kasih!!

Leave a Reply