bahan lotto

Bahan Lotto: 5 Karakter yang Perlu Anda Tahu!

Lotto adalah nama sebuah merek pakaian olahraga asli Treviso, Italia. Pabriknya berdiri pada 1973 dan mengawali kegiatan operasionalnya dengan memproduksi sepatu olahraga tenis. Hingga kemudian merambah ke cabang olahraga lainnya, seperti voli, atletik, serta sepak bola.

Lotto sampai ke Indonesia dan langsung disukai banyak orang. Tak sedikit produsen yang mulai mereplika material yang biasa dipakai Lotto dalam produk-produknya. Sebabnya, karena bahan lotto ini memiliki karakter khas yang cukup istimewa. Berikut lima di antaranya.

Berbobot Ringan

Lotto memiliki bobot relatif ringan. Pasalnya, material ini merupakan campuran dari serat katun dan serat sintetik, yang ketebalannya disesuaikan dengan maksud penggunaan. Dan sebagian besar produk dari bahan ini adalah pakaian olahraga atau busana kasual.

Meski tenunan kain lotto bisa menghasilkan ketebalan yang tidak sama, tetapi bobotnya masih ringan. Ini tidak terlepas dari tujuan dibuatnya kain lotto, yaitu untuk baju olahraga, di mana pemain olahraga harus memakai busana yang ringan agar leluasa bergerak.

Teksturnya Rapat

Serat kain lotto terlihat jelas dari permukaannya. Hasil tenunannya rapat, nyaris tidak ada celah cahaya yang dapat melaluinya. Hal ini serupa dengan ciri pada bahan balotelly.

Teksturnya tampak berongga jika dilihat dari luar, tetapi bagian dalamnya begitu rapat, menutup bentuk tubuh dengan sempurna.

Sebagian kalangan menilai bahwa kain ini tidak dapat menyerap kelembapan dengan baik. Namun ketika pemakainya berkeringat, basahnya akan segera kering. Tekstur tenunan lotto memberikan sirkulasi udara yang baik sehingga baju segera kering tanpa cepat berbau.

Relatif Halus dan Lembut

Ketika disentuh dengan tangan, kain lotto terasa halus dan lembut. Persentase serat katun menentukan halus dan lembutnya permukaan kain ini. Bahan lotto soft yang paling lembut berarti menggunakan campuran serat katun jauh lebih banyak daripada serat sintetik.

Kain lotto yang halus dan lembut menjadikannya selalu nyaman ketika dikenakan. Pemakainya bakal tetap merasa nyaman walaupun tubuhnya berkeringat deras karena aktivitas fisik yang cukup intens saat berolahraga.

Elastis

Kain lotto juga dikenal cukup elastis karena terdapat kandungan serat sintetik di dalamnya. Kandungan tersebut bisa berasal dari spandeks atau poliester, tergantung tingkat kelenturan kain yang diinginkan.

Oleh karenanya, busana dari lotto memiliki variasi ukuran yang sedikit. Banyak pula produk dari kain lotto yang mengaplikasikan model potongan busana unisex yang tidak memandang gender, sehingga bisa dipakai pria dan wanita.

Banyak Varian Warna

Produk-produk kain lotto hadir dalam begitu banyak pilihan warna. Untuk satu jenis warna saja, minimal terdapat tiga varian coraknya. Sebagai contoh kain lotto warna hijau, yang terdiri dari beberapa pilihan, seperti hijau lumut, hijau tosca, dan hijau fuji.

Sebagian besar produsen kain lotto hanya membuatnya dengan warna yang bervariasi. Material ini umumnya tidak bermotif, kecuali untuk kebutuhan tertentu. Ini menjadikan kain lotto terlihat simpel dikenakan, bahkan meski memilih warna-warna yang mencolok.

Sama seperti kain lotto, bahan wolfis juga memiliki banyak varian warna. Bukan hanya warna mencolok, tetapi juga warna-warna kalem dan berbagai jenis motif. Material ini populer dengan kemampuannya dalam menampilkan warna dan motif yang begitu kuat.

Lima karakteristik khas yang dimiliki kain lotto di atas sekaligus menjadi kelebihannya. Karena sifat-sifat unggul tersebut, kain ini banyak dipakai dalam produksi garmen. Bukan hanya pakaian untuk atlet, tetapi juga busana santai untuk semua kalangan.

Sampai saat ini, Lotto masih terus mewarnai kancah fashion olahraga. Jika produk pertama mereka setelah berdiri pada tahun 1973 adalah sepatu tenis, kini Lotto mulai merambah ke busana-busana kasual yang masih bertemakan olahraga.

Penggunaan Kain Lotto

Kain lotto juga populer di Indonesia sebagai bahan baku pakaian olahraga. Material ini paling mudah ditemukan pada produk jaket bomber berbahan lotto, yang merupakan replika dari keluaran resmi klub-klub sepakbola ternama di dunia.

Bisa dikatakan produk replika tersebut melanggar hak cipta, karena tanpa mengantongi izin resmi dari klub terkait. Bahkan sebenarnya, penamaan kain lotto sendiri tidak berdasarkan rekomendasi atau lisensi resmi dari pemilik aslinya.

Di Indonesia, masyarakat juga mengenal beberapa jenis material serupa dengan lotto yang juga sama-sama menggunakan nama merek dagang yang telah terdaftar untuk apparel olahraga. Di antaranya, bahan adidas, bahan diadora, dan bahan scott puma.

Semua jenis bahan tersebut lebih sering dimanfaatkan untuk membuat pakaian olahraga. Pasalnya, memang karakteristiknya dibuat semirip mungkin dengan material dari merek aslinya. Biasanya menjadi bahan baku kaos tim sepak bola, celana training, jaket, dan lain-lain.

Berbeda dengan lotto, bahan denim tidak menggunakan nama merek yang telah dipatenkan. Material ini sering ditemukan pada berbagai busana, seperti jeans, celana, dan sebagainya. Kelebihannya terletak pada kekuatan, ketebalan, dan umurnya yang tahan lama.

Tips Membedakan Lotto dengan Jenis Kain Sporty Lainnya

Kadang kala, orang sulit menemukan perbedaan bahan lotto dan parasut, serta jenis kain sporty lain, seperti adidas, diadora, dan puma. Untuk itu, berikut akan dijelaskan mengenai ciri-ciri dari empat jenis kain olahraga tersebut.

  • Kain parasut. Kain ini terbuat dari 100% serat sintetik poliester. Umumnya tipis, sehinga pakaian dari bahan parasut hampir pasti menggunakan lapisan furing pada bagian dalamnya. Keunggulan dari material ini adalah sifatnya yang antiair.
  • Kain adidas. Permukaannya mirip dengan kain lotto, sama-sama elastis dan tidak dapat menyerap kelembapan dengan baik. Hanya saja bahan adidas lebih tebal, paling tebal di antara kain sporty lainnya. Kain ini terbuat dari campuran akrilik dan serat poliester.
  • Kain diadora. Bahan ini memiliki inisial DDR, terbuat dari poliester tricot. Tampilannya sedikit mengilap karena permukaannya yang halus dapat memantulkan cahaya. Kain diadora dikenal hangat tetapi juga cukup mampu menyerap keringat.
  • Kain scott puma. Mengandung 100% serat sintetik, karakter kain scott puma mirip dengan kain parasut. Permukaannya sama-sama licin dan punya sifat kedap air. Namun material ini lebih tebal daripada parasut, dianggap sebagai bahan jaket bomber berkualitas tertinggi.

Nah, sekarang Anda telah mengetahui tentang bahan lotto dan jenis-jenis material kain untuk pakaian olahraga lainnya. Kain lotto dapat Anda temukan dengan mudah di toko-toko kain. Harganya pun bervariasi, di kisaran Rp40 ribu sampai Rp 85ribu-an per kilogramnya.

Leave a Reply