bahan monalisa

5 Motif Bahan Monalisa yang Recommended untuk Busana Anda!

Industri busana muslim di Indonesia kian semarak. Bukan hanya desainnya, penggunaan kainnya pun makin beragam. Di antara begitu banyak produk, busana muslim dari bahan monalisa adalah salah satu yang paling banyak diminati.

Ada beberapa alasan yang membuat kain monalisa banyak digunakan untuk busana muslim. Selain seratnya sangat rapat sehingga tidak transparan, motifnya dicetak dengan teknologi high-definition printing sehingga kualitas gambarnya sangat baik, seperti yang akan dikupas dalam tulisan ini.

Karakteristik dan Keunggulan Monalisa

kain monalisa

Kain monalisa, tidak seperti bahan wollycrepe, dibuat dari katun microfiber yang menghasilkan bahan yang teksturnya sehalus sutra dan seratnya sangat rapat. Dengan karakter seperti ini, bahan monalisa memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki bahan lain, yaitu:

  • Halus, jatuh, dan tidak mudah kusut, cocok untuk Anda yang aktif;
  • Tidak tembus pandang , tidak perlu melapisinya dengan kain furing;
  • Ketebalannya pas sehingga tidak membentuk tubuh;
  • Sejuk saat mengenai kulit;
  • Motifnya sangat beragam dengan kualitas gambar sangat baik.
  • Meskipun merupakan kain printing, warnanya tidak mudah luntur; dan
  • Sangat fleksibel digunakan untuk membuat busana wanita maupun pria.

Satu-satunya kekurangan kain monalisa adalah kurang tahan terhadap paparan panas. Kelemahan ini bisa dihindari dengan melakukan perawatan yang tepat. Karena karakternya hampir sama, Anda juga bisa membaca tips perawatan bahan satin.

Hindari pemakaian mesin cuci. Sebelum dicuci, rendam pakaian sebentar dengan deterjen secukupnya, dan kucek perlahan. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari dan saat disetrika, lapisi dengan kain tipis atau koran agar tidak terkena panas secara langsung.

Busana Muslim dari Monalisa

Keunggulan yang dimilikinya membuat penggunaan kain monalisa sangat luas, meliputi berbagai jenis busana. Bagi para pelaku bisnis busana muslim, karakteristik kain ini sangat memenuhi syarat, terutama untuk membuat produk berikut ini.

  • Gamis: sangat laku di pasaran karena terlihat elegan dengan harga yang sangat ekonomis.
  • Blus dan tunik: sangat menarik dengan perpaduan antara motif dengan desain unik.
  • Kemeja/baju koko: sifat bahan yang jatuh membuat kemeja tampak selalu rapi.
  • Jilbab dan khimar: adem, lembut, dan motifnya sangat cocok untuk dibuat menjadi fashion item wajib bagi muslimah.
  • Mukena: siapa pun menginginkan mukena yang dingin serta ringan dan keduanya dimilki oleh kain monalisa.

Rekomendasi Motif Monalisa

bahan monalisa

Motif kain menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam memilih busana karena sangat penting dalam menentukan kesan yang ingin ditampilkan. Inovasi motif-motif baru juga yang menyebabkan sebuah jenis kain bertahan lebih lama.

Bahan monalisa memiliki begitu banyak variasi motif. Teknik printing-nya yang menggunakan teknologi canggih memungkinkan kreasi motif yang tak terbatas. Di antara sekian banyak motif, beberapa motif berikut sangat direkomendasikan untuk membuat busana muslim yang trendi dan stylish.

1. Motif Garis

Motif ini memang tampak sederhana, tetapi tetap bisa memunculkan kesan modis, bahkan bisa dimanfaatkan untuk menutupi kekurangan postur tubuh. Contoh busana muslim yang cocok dibuat dari kain monalisa bermotif garis:

  • rok maksi dengan garis horizontal untuk memberi kesan tubuh lebih berisi,
  • celana kulot dengan motif garis vertikal untuk memunculkan kesan langsing, dan
  • kardigan yang sederhana tetapi membuat penampilan lebih chic.

2. Motif Geometris

Sama seperti garis, motif geometris juga cenderung simpel, tetapi berkesan modern dan kekinian. Kain monalisa bermotif geometris ini sangat pas untuk dibuat menjadi kerudung segi empat, hijab syar’i, atau pashmina. Motif yang sederhana akan tampak atraktif jika dipasangkan dengan gamis atau tunik polos.

3. Motif Daffodil

Busana jenis atasan, seperti kemeja, blus, maupun tunik sangat pas menggunakan motif daffodil ini. Motifnya yang kalem akan lebih menonjol jika dikenakan dengan bawahan polos dengan warna yang kontras, khususnya warna-warna gelap.

4. Motif Kembang Pelangi

Inilah motif yang paling tepat untuk gamis, khususnya bagi para “Mahmud” (mamah muda) zaman sekarang yang selalu ingin tampil santai, tetapi tetap modis. Bukan hanya itu, scarf monalisa bermotif kembang pelangi yang dipadu kemeja warna cerah juga bisa menyempurnakan penampilan Anda.

5. Motif Army

Busana muslim dengan motif army, kenapa tidak? Motif ini cocok bagi Anda yang ingin menampilkan kesan energik, muda, dan segar. Kombinasikan dengan bahan polos berwarna lembut atau dengan jaket trendi dari bahan taslan untuk gaya kasual.

Tips Padu Padan Atasan Monalisa Bermotif

Kain monalisa sangat mudah dipadupadankan dengan berbagai jenis bahan lain. Beberapa potong kemeja, blus, atau tunik monalisa sudah cukup sebagai “modal” untuk tampil stylish, asal Anda pintar memadupadankannya dengan bawahan yang tepat. Empat tips berikut bisa dicoba.

  1. Padukan blus monalisa dengan celana, rok, atau kulot bebahan jeans warna biru, hitam, atau putih. Jeans yang memiliki warna primer selalu cocok dikenakan dengan atasan motif apa saja. Jika ingin menampilkan kesan santai dan sporty, lengkapi dengan sneakers putih.
  2. Kenakan kemeja monalisa bersama celana palazzo berwarna terang yang kontras dengan warna dasar kemeja. Misalnya, kemeja berwarna dasar putih atau kuning dengan celana palazzo berwarna merah atau biru. Cobalah gaya ini saat pergi berlibur atau bersantai di akhir pekan.
  3. Ingin tampil manis ke kantor? Pasangkan tunik monalisa dengan bawahan berwarna pastel yang lembut atau natural, seperti abu-abu, cokelat, dan beige. Sempurnakan dengan hijab yang warnanya lebih pucat dari bawahan.
  4. Untuk kesan profesional, padukan kemeja monalisa dengan celana atau rok, lalu lengkapi dengan blazer yang kontras dengan bawahan. Pilih warna bawahan dan blazer yang kalem untuk mengimbangi motif kemeja monalisa yang meriah.

Setelah era monokrom berlalu, kini kain yang penuh motif dan warna kembali menjadi tren. Kehadiran busana muslim dari bahan monalisa yang kaya motif pun disambut baik oleh pasar. Hal ini juga berarti terbukanya peluang usaha busana muslim berbahan monalisa yang makin luas. Tertarik mencoba?

Leave a Reply