bahan moscrepe

Bahan Moscrepe: 7 Keistimewaan & Tips Merawat, Apa Saja?

Dahulu, permukaan yang halus atau motif-motif cantik menjadi kriteria kain yang bagus dan disukai konsumen. Namun, penilaian tersebut kemudian bergeser. Kehadiran kain dengan permukaan bertekstur seperti bahan moscrepe mampu menyaingi kain-kain yang sebelumnya ada.

Permukaan bertekstur pada kain moscrepe membuatnya terlihat unik dan tak kalah cantik dari kain halus atau bermotif. Tanpa banyak detail, busana yang dibuat dari kain ini tetap menarik. Lantas, apa saja keistimewaan kain moscrepe? Simak ulasannya.

Mengenal Bahan Moscrepe

Sebelum mengupas keistimewaannya, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu apa itu kain moscrepe yang saat ini menjadi primadona untuk membuat gamis dan jilbab.

Kain moscrepe merupakan salah satu jenis kain crepe, yaitu kain yang permukaannya memiliki tekstur berkerut atau seperti kulit jeruk, tidak seperti bahan sifon yang halus. Dalam bahasa Perancis, “crepe” berarti “kerut”. Tekstur berkerut pada kain crepe dihasilkan dari proses tenun yang sangat bervariasi.

Adapun jenis-jenis kain crepe yang dikenal saat ini, di antaranya:

  • Bubble Crepe: tekstur kulit jeruknya sangat terlihat jelas dan sangat terasa saat diraba, ringan, dan jatuh;
  • Moss Crepe (Moscrepe): teksturnya menyerupai butiran pasir yang tersusun rapi sehingga tampak seperti ada butiran-butiran pasir yang menempel pada permukaannya, kainnya tebal, dan seratnya rapat;
  • Arabian Crepe: hampir sama dengan moscrepe, tetapi dengan kualitas sedikit lebih tinggi;
  • Woll Crepe: tekstur kulit jeruknya paling halus, bahkan nyaris tidak tampak, kainnya tidak elastis, dan seratnya rapat;
  • Crezia Crepe: tekstur kainnya menyerupai objek wajik, lebih transparan dibanding moscrepe;
  • Diamond Italiano: tekstur kulit jeruk terlihat jelas, kainnya tipis dan menerawang; serta
  • Diamond Georgette: hampir sama dengan diamond italiano, tetapi tekstur kulit jeruknya samar-samar, meskipun masih terlihat.

Kain moscrepe dibuat dari serat rayon dan ditenun menggunakan mesin tenun dobby sehingga permukaan kain memiliki efek seperti lumut. Itulah sebabnya, kain ini dinamakan moscrepe (moss berarti lumut) dan inilah yang paling membedakannya dari jenis bahan crepe lainnya.

Kain moscrepe merupakan satu dari sedikit kain yang dibuat dengan mesin tenun dobby. Tenun dobby adalah tenun bermotif yang ditemukan tahun 1840. Salah satu karakteristiknya adalah adanya gambar-gambar kecil (biasanya bentuk geometris) yang dibentuk langsung oleh struktur tenun kain tersebut.

Dengan mesin tenun dobby dan bantuan dobby card, pola tersebut akan terbentuk secara berulang-ulang di seluruh permukaan kain. Pada kain moscrepe, pola berulang tersebut berupa butiran-butiran kecil seperti pasir halus.

Keistimewaan Kain Moscrepe

Meskipun sama-sama bertekstur, bahan moscrepe memiliki beberapa keistimewaan dibandingkan jenis lainnya sehingga membuat kain ini banyak dipilih untuk membuat berbagai jenis busana wanita. Berikut ini keistimewaan yang dimiliki kain moscrepe.

1. Tebal tetapi Ringan

Jika dibandingkan jenis bahan crepe yang memiliki ketebalan sama, kain moscrepe lebih ringan. Dengan begitu, gaun atau gamis dari kain moscrepe tidak terasa berat, walaupun menggunakan banyak bahan. Karena seratnya rapat, kain moscrepe juga tidak menerawang.

2. Tidak Melekat di Tubuh

Jika Anda termasuk yang menghindari pakaian yang melekat di badan, pilihlah busana dari kain moscrepe. Kain moscrepe bisa menutupi lekukan tubuh, tetapi bahannya jatuh sehingga tetap cantik. Sifat seperti ini juga dimiliki bahan toyobo, tetapi kainnya glossy dan licin.

3. Lentur

Bahan dari jenis crepe biasanya bersifat mati (tidak lentur) atau lentur hanya ke satu arah, vertikal atau horizontal saja. Namun, berbeda dengan moscrepe. Kain ini memiliki kelenturan ke arah vertikal maupun horizontal sehingga sangat nyaman.

4. Tidak Panas

Banyak orang mengira kain moscrepe tergolong panas, padahal tidak. Sensasi kasar dari teksturnya memang membuat pakaian seperti terasa panas. Untuk mengatasinya, kain dilapisi furing sehingga bagian yang kasar tidak bersentuhan langsung dengan kulit.

5. Harga Menengah, Sesuai Kualitas

Ada harga, ada rupa. Busana berharga murah biasanya dibuat dari kain berkualitas rendah, demikian pula sebaliknya. Kain moscrepe termasuk bahan dengan rentang harga medium sehingga cocok bagi Anda yang ingin memiliki busana yang berkualitas, tetapi harganya tidak terlalu tinggi.

6. Tidak Mudah Kusut

Salah satu keunggulan bahan yang dibuat dari benang rayon adalah tidak mudah kusut, termasuk kain moscrepe. Kalaupun ada sedikit kusut, tekstur kain akan menyamarkannya. Tanpa disetrika pun, pakaian selalu terlihat rapi.

7. Warnanya Lebih Hidup

Kain moscrepe bukan satu-satunya bahan yang memiliki banyak pilihan warna, tetapi warna kain ini lebih hidup. Hal ini disebabkan serat rayon mampu mengikat warna dengan baik dan tekstur khas pada kain moscrepe.

Tips Perawatan Busana dari Moscrepe

Setelah mengetahui keistimewaannya, Anda tentunya perlu juga mengetahui cara perawatan pakaian berbahan moscrepe, yang kurang lebih sama dengan cara merawat sweater dari bahan babyterry. Agar busana moscrepe awet, ikuti tips berikut ini.

Gunakan Detergen yang Tepat

Untuk mencuci pakaian dari bahan moscrepe, pilihlah detergen yang lembut. Untuk moscrepe berwarna putih, Anda bisa menggunakan pemutih pakaian jika diperlukan. Namun, cek label pakaian terlebih dahulu untuk memastikannya karena ada bahan yang menjadi kasar jika terkena pemutih kain.

Cuci Menggunakan Tangan

Kain moscrepe bersifat lembut sehingga sebaiknya dicuci secara manual dan dikucek dengan lembut. Untuk menghilangkan noda, gosok dengan spons basah atau gunakan air hangat. Jangan merendam kain terlalu lama karena akan merusak teksturnya.

Jemur di Tempat Teduh

Setelah dicuci, pakaian tidak perlu diperas agar teksturnya tidak rusak. Untuk mengeringkannya, gantung pakaian di tempat teduh yang tidak terkena sinar matahari langsung atau gunakan kipas angin.

Setrika dengan Suhu Rendah

Kain moscrepe dibuat dari serat rayon yang bisa meleleh jika terkena suhu panas. Jadi, gunakan suhu rendah saat menyetrika. Namun sebenarnya, moscrepe tidak mudah kusut sehingga tetap terlihat rapi, meskipun tidak disetrika.

Sekarang, sudah jelas, bukan, beberapa keistimewaan bahan moscrepe? Anda tidak perlu khawatir lagi membeli busana dari bahan unik yang satu ini. Mulai dari pakaian sehari-hari hingga gaun untuk acara khusus, bisa Anda koleksi.

Leave a Reply