bahan supernova

Bahan Supernova: Pahami Sebelum Membeli, Apa Saja?

Murah tapi berkualitas, itulah kalimat paling tepat untuk mendeskripsikan bahan supernova. Karena harga yang ekonomis itulah, berbagai jenis pakaian berbahan supernova sangat mudah dijumpai, mulai dari gamis, celana, kemeja, hingga kerudung.

Harga memang menjadi alasan utama banyak orang dalam memilih busana dari supernova, padahal banyak faktor lain yang juga perlu diperhatikan. Karena itu, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu 5 fakta penting tentang kain supernova berikut ini sebelum membelinya.

Apa Itu Supernova?

Supernova adalah salah satu jenis kain katun, yaitu kain yang dibuat dari serat kapas alami. Salah satu ciri khas kain-kain yang dibuat dari serat kapas adalah menyejukkan saat cuaca panas dan menghangatkan di kala dingin.

Sebagaimana proses pembuatan kain katun, supernova pun melalui proses panjang untuk sampai menjadi kain. Prosesnya diawali dari tahap pembuatan benang dari serat kapas. Kapas dikeringkan, dibersihkan dari biji dan kotoran, lalu dipisahkan antara serat panjang dan serat pendeknya.

Dilihat dari panjang seratnya, kapas terdiri dari tiga jenis, yaitu serat panjang (kapas Mesir), medium (kapas Amerika), dan pendek (kapas India). Panjang serat menentukan tingkat kehalusan kain supernova yang dihasilkan. Makin panjang seratnya, makin halus pula hasil akhir kainnya.

Kapas selanjutnya dipintal menjadi benang, lalu dilakukan proses soft winder atau penggulungan disertai pencelupan benang ke dalam pewarna. Proses selanjutnya adalah weaving atau penenunan dan shiage, yaitu pemeriksaan akhir kain untuk menentukan grade-nya.

Tahap terakhir pembuatan bahan supernova adalah proses finishing, bisa berupa:

  • Scouring (pencucian kimia), yaitu tahap pembersihan kain untuk menghilangkan lilin alami dan kotoran nonserat;
  • Bleaching (pemutihan), yaitu proses yang bertujuan meningkatkan derajat warna putih pada kain katun dengan menghapus warna alami kapas; dan
  • Mercerizing, yaitu proses untuk meningkatkan kualitas kain agar lebih kuat dan daya serap warna lebih bagus.

Ciri Khas Supernova

Karena termasuk jenis katun, kain supernova pun memiliki ciri khas bahan katun pada umumnya, yaitu:

Tekstur Halus dan Lembut

Inilah ciri khas yang dimiliki semua jenis kain katun murni, termasuk kain supernova. Selain halus dan lembut, penggunaan serat kapas alami membuat kain supernova tidak menyebabkan alergi. Ketiga faktor ini membuat kain katun supernova sangat nyaman dipakai.

Sejuk dan Mudah Menyerap Keringat

Ciri khas ini disebabkan kain katun supernova memiliki rongga sehingga memungkinkan kulit untuk bernapas dengan mudah sehingga terasa sejuk saat dikenakan. Terlebih lagi, kain ini juga mampu menyerap keringat dengan baik, seperti ciri yang dimiliki bahan babyterry.

Tidak Terlalu Tebal

Salah satu alasan kain supernova banyak digunakan di Indonesia adalah karena bahannya tergolong tidak terlalu tebal. Meski tidak setipis bahan sifon, kain supernova juga cocok digunakan di daerah beriklim yang panas.

Tipis dan Ringan

Selain halus dan adem, kain supernova juga tergolong ringan dan tipis sehingga sedikit tembus pandang. Oleh karena itu, jika digunakan untuk membuat gaun atau gamis, kain supernova harus dilapisi bahan furing.

Kuat dan Tidak Mudah Luntur

Serat kapas terkenal sebagai serat yang cukup kuat sehingga kain yang dihasilkan pun tidak mudah robek, termasuk kain supernova. Pakaian dari supernova juga cenderung tidak mudah luntur atau pudar warnanya, meskipun sering dicuci.

Memiliki Motif Misty

Ada satu ciri khas yang dimiliki kain supernova dan membedakannya dengan jenis katun lain, yaitu memiliki motif misty, yaitu motif seperti kabut atau gerimis. Motif ini bisa tampak jelas jika diamati dari jarak cukup dekat.

Moif misty ini dihasilkan dari dua warna berbeda yang terdapat bersamaan dalam satu lembar kain supernova. Contohnya, kain supernova berwarna biru dongker akan mengandung campuran warna abu-abu muda atau tua.

Keistimewaan Supernova

Selain ciri-ciri khas di atas, kain supernova memiliki dua keistimewaan yang membuat kain ini digunakan secara luas untuk membuat berbagai jenis pakaian, yaitu sebagai berikut.

Ketebalan Bervariasi

Kain supernova memiliki ketebalan bervariasi. Kain yang tebalnya sedang cenderung jatuh dan ringan sehingga banyak dibuat menjadi kemeja, rok, baju koko, gamis, dan jilbab. Adapun kain yang lebih tebal sifatnya sedikit lebih kaku sehingga cocok digunakan untuk membuat kemeja formal dan celana panjang.

Motif Sangat Beragam

Ciri khas lain kain supernova adalah motifnya sangat beragam. Pilihan motif yang banyak dan menarik membuat kain supernova sering dipilih konsumen saat akan membuat baju keluarga, seragam pernikahan, dan sejenisnya.

Kekurangan Supernova

Sifat mudah kusut sebenarnya adalah salah satu ciri sekaligus kelemahan kain katun secara umum. Namun, tidak semua kain katun mudah kusut, hanya beberapa jenis saja dan bahan supernova adalah salah satu di antaranya.

Dengan sifat tersebut, busana dari kain supernova memang membutuhkan perhatian ekstra dengan rajin disetrika. Akan tetapi, ada juga yang menganggap bahwa sifat mudah kusut ini justru membuat kain supernova tampak natural dan keren. Jadi, penilaiannya kembali kepada Anda sebagai pemakai.

Cara Merawat Supernova

Merawat busana dari kain supernova sebenarnya tidak terlalu sulit. Perhatian ekstra dibutuhkan hanya pada saat proses menyetrika, sedangkan cara mencuci dan menjemur relatif mudah. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kain supernova.

  • Sebelum dicuci, kain supernova jangan direndam terlalu lama.
  • Kain supernova tidak perlu disikat karena penyikatan akan membuat seratnya rusak dan berantakan.
  • Jemurlah kain supernova di tempat yang teduh, tidak terpapar sinar matahari secara langsung.
  • Karena mudah kusut, kain supernova perlu disetrika, tetapi tidak perlu menggunakan suhu terlalu panas, cukup yang sedang saja. Lakukan saat kain sudah benar-benar kering. Untuk menyetrika kain supernova memang dibutuhkan kesabaran karena sifat kainnya sulit dirapikan.

Demikianlah lima hal penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli busana yang terbuat dari bahan supernova selain harga. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan busana dengan kualitas yang diinginkan.

Leave a Reply