bahan spandek

Bahan Spandek: 6 Serba-Serbi Menarik (Layak Anda Ketahui)

Mencari kain yang cukup ketat untuk keperluan tertentu, seperti baju dalama, atau untuk jilbab yang bisa menempel di bagian wajah? Jawabannya tentu adalah dengan membeli bahan spandek atau spandeks.

Ya, bahan spandek merupakan jenis bahan yang mirip karet. Bahan ini cukup ketat, tetapi juga luntur. Kain spandeks sangat mudah ditemukan di berbagai toko kain terdekat. Nah, Anda tertarik dengan bahan yang satu ini? Yuk, kenali bahan ini lebih lengkap.

Pengertian Spandeks

Bahan Spandek

Pada dasarnya, spandeks merupakan bahan yang terbuat dari serat elastane. Serat ini merupakan bahan sintetis yang berasal dari polimer.

Saking elastisnya kain spandeks dari elastane ini, permukaan kain spandeks bisa melar hingga 500% dari ukuran normalnya. Benar-benar mirip dengan karet dan tentu saja akan mengikuti bentuk tubuh dengan sangat sempurna.

Di Inggris, spandeks seringkali disebut dengan nama Lycra. Sebetulnya, Lycra ini merupakan salah satu merek dagang spandeks. Namun, karena merek ini sudah terkenal, masyarakat lokal pun menyebut nama spandeks dengan Lycra.

Jenis-Jenis Spandeks

Kain Spandex Nylon

Di pasaran, ada berbagai jenis kain spandeks. Kenali beberapa di antaranya supaya Anda tidak salah memilih saat membeli kain.

  • Nylon Spandeks

Nylon spandeks biasa dipakai sebagai bahan utama untuk seragam, baju renang, baju olahraga atlet, dan sebagainya. Alasan yang mendasari hal tersebut adalah karena nylon spandeks dingin, lebih sejuk daripada bahan polyester.

  • Katun Spandeks

Tentu Anda tidak asing dengan dalaman baju wanita berupa tanktop atau you-can-see. Nah, bahan pembuatnya adalah spandeks katun. Bahan ini bisa dilapisi bahan lain yang menerawang seperti bahan organza.

  • Stretch Denim

Celana jeans yang agak ketat dan juga membentuk tubuh banyak diminati karena menimbulkan kesan modern. Nah, spandeks juga menjadi salah satu bahan pembuat busana yang satu ini.

Selama sebuah busana terlihat mudah ditarik dan melar, maka itu artinya busana tersebut mengandung spandeks di dalamnya.

Kelebihan Kain Spandeks

Bahan Katun Spandeks

Membicarakan kelebihan spandeks memang mudah. Kain ini adalah kain yang sangat menyenangkan untuk dipakai. Lalu, kelebihan lain apa yang dimilikinya?

  • Pertama, kain ini elastis. Kain yang elastis akan mudah mengikuti bentuk tubuh, dan tentu saja bisa dikenakan oleh siapa saja. Berat badan Anda bertambah? Tenang, karena baju spandeks Anda masih bisa dipakai.
  • Kedua, bahan ini dingin. Tipisnya bahan membuat udara begitu mudah masuk ke dalam tubuh Anda. Maka dari itu, kalau Anda sedang melakukan kegiatan luar ruang, pakailah kain spandeks.
  • Ketiga, bahan ini murah. Ya, spandeks cukup terjangkau karena bahan ini memang terbuat dari proses kimia, bukannya bahan alami.
  • Keempat, spandeks mudah menyerap sekaligus mengeluarkan air. Tinggal peras dan jemur sejenak, maka air yang ada di rongga-rongga bahan akan keluar.
  • Terakhir, bahan ini juga mudah dibersihkan. Tentu ini berbeda dengan bahan cordura yang sekali kotor, Anda harus berupaya keras membersihkannya. Bahkan detergen pun kadang sulit membersihkan kotoran pada cordura.

Kekurangan Spandeks

Layaknya bahan lainnya, sudah tentu spandeks ini memiliki kekurangan. Di antara kekurangannya adalah sebagai berikut.

  • Kurang elegan. Karena sangat mudah mengikuti bentuk tubuh, bahan ini terlihat kurang elegan. Pernah melihat spandeks di pesta yang sangat formal? Tentu tidak, karena biasanya, spandeks hanya menjadi dalaman karena sering dianggap kurang sopan. Seperti kata Miucca Prada: what you wear is how you present yourself to the world. Jadi, mengenakan spandeks seolah seperti tidak menghormati para tamu undangan formal.
  • Warnanya terlalu meriah. Berbeda dengan kain voal misalnya, warna yang tercetak pada spandeks ini terlalu meriah. Jadi, warna-warnanya tidak akan berkesan matte. Kurang apik untuk jilbab.
  • Tipis. Bahan kain spandeks memang terlalu tipis. Jadi, jangan harapkan bahan ini akan sanggup melindungi Anda dari hujan dan dingin. Bahan ini cukup hanya menjadi dalaman untuk membuat bahan yang menerawang tidak menampakkan tubuh Anda.

Pemanfaatan Spandeks

Bagaimana spandeks dimanfaatkan dalam keseharian? Banyak sekali. Misalnya, seperti dalam pembuatan baju renang, dalaman wanita, bahkan dalaman jilbab.

Spandeks yang melar ini memang sangat fleksibel sebagai busana untuk kegiatan yang membutuhkan fisik nan aktif. Jadi, kalau Anda mau tahu di mana celah bisnis spandeks, maka liriklah kegiatan-kegiatan olahraga dan luar ruang lain, seperti mendaki gunung, misalnya.

Merawat Kain Spandeks

Merawat kain spandeks sangatlah mudah. Anda bisa mencucinya secara manual atau bisa juga dengan mesin cuci. Memang cara manual lebih baik mengingat kain ini mudah melar.

Namun, sebaiknya jangan menyetrika kain yang satu ini. Hal ini karena spandeks mudah meleleh. Panas setrika bisa merusaknya. Lebih baik, keringkan dengan cara manual: dijemur di bawah terik sinar matahari.

Jangan lupa pula untuk menyimpan kain spandeks dengan hati-hati. Alasannya adalah karena kain ini mudah robek. Ini tentu sesuatu yang tak Anda inginkan bukan? Apalagi, bila spandeks yang Anda miliki berkualitas tinggi.

Pada dasarnya, merawat kain spandeks itu cukup mudah. Anda hanya memerlukan ketelitian dan tentu sedikit kesabaran, mengingat kain ini tidak bisa secara instan mengering dengan setrika.

Bila Anda ingin bahan spandek lekas mengering sehabis dicuci, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan hair dryer. Panasnya tidak akan merusak baju layaknya pada mesin setrika.

Sudah tahu, bukan, keistimewaan bahan spandek? Nah, gunakan kain ini sesuai dengan kebutuhan, ya. Atau, Anda juga bisa merambah bisnis olahraga yang menjanjikan dengan kain yang satu ini. Selamat mencoba berkreasi dengan kain spandeks.

Leave a Reply